earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Menikmati waktu santai selama libur dengan camping adalah pilihan yang tepat untuk Anda pemilik jiwa petualangan. Tapi kali ini Anda harus memilih lokasi camping yang tepat agar momen libur kali ini sangat berkesan. Cobalah camping di Ranu Regulo.

Sepintas, namanya sangat mirip dengan Ranu Kumbolo dan benar saja kedua danau alami ini berada di desa yang sama. Danau yang terletak di Desa Ranu Pani ini memang kurang begitu terkenal seperti Ranu Kumbolo.

Meski kalah tenar, danau ini tetap memiliki pesona alam yang menarik. Terlebih bagi Anda yang menyukai nuansa tenang dan hening; hanya suara-suara alam saja yang ingin Anda perdengarkan.

Sekilas Tentang Ranu Regulo

Ranu Regulo merupakan salah satu danau alami di Kabupaten Lumajang tepatnya di Desa Ranu Pani. Desa ini mempunyai 3 buah danau, yaitu Ranu Kumbolo, Ranu Pani, dan danau ini. Dan danau ini adalah danau paling dekat dengan desa.

Melansir dari laman resminya, danau ini memiliki air biru kehijauan yang sangat jernih. Secara visual danau ini tak kalah cantiknya dengan tempat wisata danau terdekat, Ranu Kumbolo.

Danau ini juga memiliki sisi menarik yang tak jauh beda dengan dua danau lainnya. Misalnya saja, danau yang terbentuk secara alami ini menawarkan area camping yang nyaman dan juga pemandangan yang elok di sekelilingnya.

Belum lagi view danau yang sangat memikat, terlebih saat dipandang dari kejauhan, dan masih banyak sisi menarik lainnya. Ketinggiannya yang mencapai 2.100 mdpl membuat area sekitar danau ini sangat sejuk dan bahkan cenderung dingin.

Luasnya sendiri hanya 0.7 Hektar dan merupakan bagian kecil dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Wisatawan biasanya menjadikan tempat ini sebagai alternatif saat tidak bisa mendaki ke Gunung Semeru.

Daya Tarik Ranu Regulo

Wisata Ranu Regulo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata Bromo Tengger Semeru ini bisa menjadi alternatif kedua bagi Anda yang tadinya hendak camping atau sekedar soft hiking ke Ranu Kumbolo. Atau sah-sah saja jika Anda jadikan danau ini sebagai destinasi utama untuk wisata alam Anda.

Tentu Anda tidak akan pernah menyesal dengan keputusan Anda kali ini karena tempat ini rupanya menyimpan banyak sekali daya tarik.

Tempat Camping

Bisa jadi ini akan menjadi tempat camping terbaik yang pernah Anda singgahi. Bagaimana tidak, tanahnya relatif rata dan landai. Area lapang untuk mendirikan tenda-tendanya juga sangat luas.

Yang membuat tempat ini sangat spesial adalah view alamnya yang begitu indah dan masih sangat asri. Hutan lebat tampak mengelilingi area danau; begitu hijau dan menyejukan mata siapapun yang memandangnya.

Terlebih ada danau yang sangat luas seolah menjadi pusat keindahan kawasan wisata alam ini. Anda dapat mendirikan tenda tepat di depan danau agar saat membuka pintu tenda, Anda akan langsung disambut oleh keindahan danau.

Bayangkan, di pagi hari, Anda begitu menikmati secangkir Kopi Bromo Tengger hangat dengan posisi tubuh duduk di batang kayu menghadap danau.

Momen ini pasti akan terasa syahdu. Terlebih jika dinikmati bersama orang terdekat seperti kawan sesama pendaki atau pasangan.

Kopi Bromo Tengger sendiri adalah salah satu produk biji kopi lokal yang berasal dari Bromo dan Semeru. Biji kopi ini memiliki citarasa yang sangat khas.

Anda pecinta kopi, wajib mencobanya. Dapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh khas Malang Bromo Tengger Semeru terdekat.

Keindahan Danau

Anda juga dapat menikmati keindahan danau secara dekat dari tepiannya. Tapi perlu diingat bahwa sebaiknya tidak berenang di area danau karena selain dalam, suhu airnya juga sangat dingin.

Danau dengan permukaan air yang tenang ini akan terlihat semakin indah saat pagi hari di mana permukaan airnya akan tampak keemasan. Hal ini terjadi karena permukaan air yang memantulkan sinar mentari pagi.

Pemandangan yang tak kalah cantik juga dapat Anda saksikan pada pagi buta  saat sinar matahari pagi pertama kali menyentuh area danau. Permukaan danau yang semula smokey akibat kabut, perlahan kabut-kabut tersebut tersibak dan menghilang.

Tentu saja pemandangan semacam ini tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Segera ambil kamera dan dapatkan momen indah berkesan yang tak terlupakan saat menikmati keindahan danau ini.

Objek Foto Alami

Momen terbaik di setiap tempat memang harus Anda simpan tak hanya di memori Anda. Melainkan juga di memori Smartphone atau memori kamera Anda.

Seperti view danau di siang hari yang permukaan airnya memantulkan langit biru dengan awan-awan putihnya. Atau bisa juga pemandangan danau dengan latar hutan lebat yang mengelilinginya.

Mundur lagi ke belakang, tepatnya menggunakan agle yang lebih jauh untuk memotret tenda Anda dengan objek alam berupa danau dan hutan.

Dengan bidikan dari angle yang tepat, pasti tangan terampil Anda mampu menghasilkan foto-foto yang keren layaknya fotografer profesional.

Dan akan banyak teman Anda yang tidak menyangka bahwa danau ini tak kalah eksotis dengan Ranu Kumbolo.

Fasilitas di Kawasan Wisata Alam Ranu Regulo

Tiket Masuk Ranu Regulo

Tak banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan di sini. Hanya ada beberapa saja mengingat lokasinya yang cukup dalam di area wisata pendakian Gunung Semeru.

Salah satu fasilitas yang ada adalah kamar mandi yang biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung, terutama mereka yang berkemah, untuk mandi.

Fasilitas lainnya adalah area camping atau camping ground. Area ini hanya berupa tanah lapang dan landai di tepi danau. Para pengunjung lalu menjadikannya sebagai lokasi untuk mendirikan tenda.

Tidak ada warung makan atau orang berjualan makanan di sini. Oleh karena itu, apabila Anda berniat untuk mendatangi tempat wisata alam ini, persiapkan fisik dan juga bekal makanan dan minuman yang cukup.

Anda bisa mampir sebentar di pusat wisata kuliner Malang terdekat untuk mengisi perut sebelum berkunjung. Jangan lupa juga untuk membungkus makanan atau jajanan dan juga minuman sebagai bekal perjalanan.

Khusus untuk Anda yang berniat untuk berkemah, urusan logistik wajib Anda perhatikan. Membawa logistik yang cukup tentu akan membantu Anda dalam hal pemenuhan kebutuhan makan dan minum selama camping.

Bawalah logistik yang praktis dan mudah dimasak agar kelak tak merepotkan Anda. Atau jika Anda ingin memasak makanan khas Malang dan Lumajang yang simpel di dekat danau cantik ini, sah-sah saja.

Kembali ke fasilitas, ada fasilitas tempat parkir kendaraan yang letaknya sangat jauh, tepatnya di pos awal Anda membeli tiket masuk. Meski begitu tidak mengurangi keseruan mengunjungi danau alami satu ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Ranu Regulo

Ada tarif retribusi tiket masuk untuk masing-masing pengunjung yang akan memasuki area danau di Desa Ranu Pani ini. Harga tiketnya tidak mahal bila dibandingkan dengan keindahan alam yang disajikan oleh alam ini.

Di samping biaya tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar biaya parkir dengan tarif standar layaknya tarif parkir di tempat wisata alam lainnya. Berikut ini adalah info biaya parkir dan HTM terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp29.000,00 (Weekday)

Rp34.000,00 (Weekend)

Parkir kendaraan Rp5.000,00 (Motor)

Rp10.000,00 (Mobil)

Rute Menuju Lokasi Wisata Ranu Regulo

Lokasi Ranu Regulo

Bagi Anda yang sudah tak sabar ingin menyaksikan pesona danau alami ini, cek lokasi dan rute-nya terlebih dahulu. Danau ini, bersama dengan dua danau lainnya, terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Apabila Anda berangkat dari Malang, rute yang Anda tempuh cukup rumit. Perjalanan dapat dimulai dari Malang langsung menuju ke Tumpang dan terakhir ke Desa Ranu Pani.

Durasi perjalanan dari Malang ke Tumpang cukup dekat. Hanya sekitar 30 menit sampai 40 menit. Sedang dari Tumpang ke Ranu Pani, waktu tempuhnya sekitar 1.5 jam hingga 2 jam.

Adapun urutan rute yang harus Anda lewati yaitu dari Malang menuju Tumpang melalui Daerah Pakis. Setelah sampai di Tumpang, lanjutkan perjalanan hingga ada pertigaan lalu belok kiri menuju Jalan Tulus Ayu.

Nanti Anda akan menjumpai RSU Kebon Sari masih lurus saja hingga menemukan perempatan. Lurus saja hingga mentok dan belok kiri menuju ke Daerah Tulus Ayu.

Dari jalan ini nanti Anda akan menemukan banyak papan petunjuk yang akan membimbing Anda ke Desa Ranu Pane. Permudah diri Anda dengan memanfaatkan jasa paket sewa mobil murah dari Salsa Wisata.

Team driver kami sangat profesional dan berpengalaman. Rata-rata mereka sangat hafal dengan rute menuju ke tempat-tempat wisata, tak terkecuali Desa Ranu Pani.

Jam Operasional Ranu Regulo

Wisata alam danau cantik ini tetap buka selama 24 jam setiap hari dan juga hari libur nasional. Anda bisa datang dan camping di sini kapan saja Anda bisa.

Namun jika Anda hanya ingin short trip saja ke sini lalu lanjut ke tempat wisata Bromo hits lainnya, bergabunglah menjadi peserta paket tour Bromo 2022 dari Salsa Wisata.

Dengan reservasi paket tour ini, Anda akan mendapatkan kenyamanan sempurna lengkap dengan transportasi dan akomodasi penginapan terbaik.

Impian liburan di Ranu Regulo dan sejumlah objek wisata Bromo paling terhits pun akan terwujud sempurna dengan dukungan paket tour dari kami.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)