earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung wisata yang paling terkenal dari jajaran pegunungan di daerah Kaldera Tengger. Pesona dari gunung setinggi 2.392 mdpl ini pun sampai ke mancanegara dan menjadi primadona pariwisata Jawa Timur.

Apa yang dimaksud dengan gunung? Gunung adalah sebuah permukaan tanah yang menjulang lebih tinggi dari daerah sekitarnya dan gunung lebih besar jika dibandingkan dengan bukit. Namun bentuknya hampir sama ya itu menjulang lebih tinggi.

Daya tarik utama dari Wisata Bromo ini berasal dari panorama indah pegunungan saat matahari terbit. Cahaya keemasan sinar matahari saat menyentuh gunung Bromo terlihat sangat epik dan eksotis.

Kepulan asap vulkanik dari kawah dan hamparan pasir di sekitar gunung juga ikut menghiasi pemandangan tersebut. Siapapun wisatawan yang datang akan takjub hingga rela berjam-jam menunggu momen terbaik di Bromo.

Gunung bromo terletak di provinsi jawa timur, tepatnya bromo dimana? Yaitu bedada di antara Kaputen Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kapupaten Lumajang.

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan alam dengan nuansa hutang bisa berkunjung ke bromo forest. Wisata bromo forest menawarkan keindahan yang luar biasa.

Rute Menuju Gunung Bromo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Lokasi gunung Bromo berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini termasuk dalam wilayah administrasi 4 kabupaten sekaligus yakni Probolinggo, Malang, Pasuruan dan Lumajang. Anda bisa menuju lokasi Bromo melalui salah satu kabupaten tersebut dengan rute seperti berikut ini.

Ke Bromo Dari Probolinggo

Dari Probolinggo, Anda bisa menuju desa Cemoro Lawang melalui Tongas. Jalurnya yang tidak terlalu curam bisa dilalui menggunakan motor atau mobil pribadi dengan mudah.

Rata-rata wisatawan yang datang memilih menginap terlebih dahulu di hotel atau homestay yang tersedia. Setelah itu, baru berangkat saat dini hari untuk menyaksikan sunrise melalui spot-spot terbaik yang ada seperti Penanjakan dan Bukit Kingkong.

Ke Bromo Dari Malang

Untuk menuju Bromo dari Malang, Anda bisa berangkat menuju daerah Tumpang. Di Desa ini tersedia banyak penyewaan Jeep yang siap mengantar atau bahkan menjemput Anda untuk melihat Bromo.

Dari Tumpang, Anda akan melewati berbagai keindahan alam dan objek wisata di sekitar Bromo. Jalur ini juga sering ditempuh oleh para pendaki Gunung Semeru karena langsung menuju basecamp pendakian Ranu Pane.

Ke Bromo Dari Pasuruan

Jika Anda berangkat dari Pasuruan, ambil jalan menuju desa Tosari. Dari Pasuruan menuju Tosari bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi.

Sampai di Tosari Anda harus menyewa Jeep untuk bisa sampai menuju Bromo karena jalurnya yang cukup sulit dilalui kendaraan biasa. Dengan melewati Tosari Anda bisa memilih banyak spot untuk melihat sunrise Bromo seperti Bukit Cinta atau Penanjakan.

Ke Bromo Dari Lumajang

Anda yang ingin menggunakan motor menuju Bromo juga bisa berangkat dari Lumajang. Jalur yang dilalui yakni melewati Senduro menuju arah Ranu Pane.

Setibanya di Ranu Pane Anda bisa melanjutkan ke pertigaan Jempalan sambil menyusuri lautan pasir Bromo menuju tempat parkir Watu Kutho. Anda juga bisa berhenti mampir di Puncak B29 yang ada di desa Senduro untuk melihat keindahan sunrise gunung Bromo.

Spot Terbaik Untuk Dikunjungi di Gunung Bromo

Spot Terbaik Untuk Dikunjungi di Gunung Bromo

Mungkin ada yang bertanya kira-kira dari malang ke bromo berapa jam, untuk menempuk ke bromo kurang lebih butuh 1.5 jam.

Keindahan Bromo bisa dinikmati dari berbagai tempat. Uniknya masing-masing tempat ini menawarkan pemandangan berbeda namun dengan pesona tetap indah menawan.

Berikut ini beberapa spot terbaik yang sering dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan sunrise Bromo.

Penanjakan 1

Tempat ini biasa disebut juga view point 1 dan bisa diakses dengan mudah dari arah Pasuruan. Untuk Anda yang datang dari arah Malang atau Probolinggo bisa juga menuju Penanjakan 1 menggunakan Jeep Sewaan.

View yang ditawarkan dari penanjakan 1 ini sangat menakjubkan. Lautan awan menyelimuti puncak gunung Bromo dan gunung lain terlihat dengan jelas, begitu juga dengan desa-desa di sekitar.

Penanjakan 2

Penanjakan 2 atau lebih dikenal dengan Seruni Point ini berada di daerah Cemoro Lawang, Probolinggo. Spot satu ini menjadi viewpoint alternatif sunrise Bromo jika tidak memungkinkan ke spot view yang lain.

Di Seruni Point Anda bisa menyaksikan sunrise Bromo dengan lebih dekat karena spot view yang tidak terlalu tinggi. Selain itu di Penanjakan 2 dibangun 4 Gapura bergaya Hindu yang menambah keindahan pemandangan gunung Bromo di pagi hari.

Lihat tempat wisata keluarga yang hits di Malang lainnya: Jatim Park 2.

Puncak B29

Selain Spot View Penanjakan, wisatawan juga sering mengunjungi Puncak B29 yang berada di Senduro Lumajang. Pemandangan dari Puncak B29 sangat pas dinikmati tidak hanya saat matahari terbit namun juga saat terbenam.

Barisan gunung Semeru, Arjuno, dan Argopuro dapat terlihat jelas menghiasi pemandangan gunung Bromo. Agar bisa menikmati keindahan pagi dan sore hari gunung Bromo, tidak jarang wisatawan memilih mendirikan tenda di Puncak B29.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Bromo

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah saat matahari terbit, Bromo juga memiliki tempat menarik seperti Bukit Teletubbies. Padang savana hijau ini selalu ramai wisatawan terutama setelah menyaksikan sunrise di Penanjakan 1, Kingkong Hill, atau Seruni Point.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar gunung Bromo dan bukit-bukit hijau yang terlihat unik. Tidak jarang Jeep yang mereka gunakan juga dimanfaatkan sebagai properti saat berfoto.

Masih banyak tempat wisata lain yang juga bisa Anda kunjungi saat berada di area gunung Bromo. Seperti misalnya kawah Bromo, Pasir Berbisik, lautan pasir dan Pura Luhur Poten yang ada di Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Sebagai bagian dari Taman Nasional, wisatawan yang datang ke area Bromo diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk terlebih dahulu. Berikut ini rincian harga tiket masuk Bromo terbaru untuk Anda yang ingin berkunjung.

Kategori Wisatawan Hari Libur Hari Kerja
Wisatawan domestik Rp34.000,00 Rp29.000,00
Wisatawan asing Rp320.000,00 Rp220.000,00

Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu mempersiapkan biaya retribusi kendaraan saat berada di Bromo dengan rincian seperti berikut:

Jenis Kendaraan Harga Sewa
Jeep Rp500.000,00 – Rp650.000,00
Naik kuda Rp150.000,00

Biaya Jeep ini berlaku untuk satu rombongan mobil Jeep selama perjalan berangkat dan pulang. Artinya biayanya dihitung bukan berdasarkan jumlah penumpang melainkan satu kali perjalanan Jeep bolak balik.

Untuk mendapatkan biaya yang lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan layanan agen perjalanan wisata. Ada Banyak pilihan paket wisata Bromo yang bisa Anda pilih dan sudah lengkap mengcover biaya perjalanan Anda menuju Bromo.

Jam Buka Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo beroperasi selama 24 Jam penuh, sehingga kapanpun wisatawan datang mereka tetap bisa menikmati Bromo. Meskipun begitu untuk mendapatkan pengalaman yang sempurna sebaiknya Anda datang pada saat waktu terbaik mengunjungi Bromo.

Biasanya pada saat musim panas atau cuaca cerah pemandangan Bromo dapat terlihat dengan indah. Dianjurkan juga datang saat sore atau pagi hari, Anda bisa menginap di hotel yang tersedia disekitar area Bromo.

Tips Mengunjungi Gunung Bromo

Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Bromo dengan aman dan nyaman.

  1. Persiapkan peralatan lengkap seperti Jaket, syal, sepatu, masker, kacamata, dan sunblock sebelum menuju Bromo agar terhindar dingin, pasir, dan panas.
  2. Usahakan menginap dekat dengan area Bromo karena perjalanan biasanya berlangsung saat dini hari agar mendapatkan sunrise terbaik.
  3. Jika Anda berencana menggunakan motor pastikan dalam kondisi terbaik karena jalur berpasir dan medan yang berat untuk menuju Bromo.
  4. Sewa jauh-jauh hari jeep yang ingin Anda gunakan supaya mendapatkan kepastian rute dan keberangkatan Anda.
  5. Jika menggunakan rental mobil Malang, pastikan menitipkan kendaraan di dekat penyewaan Jeep di Pasar Tumpang untuk keamanan.
  6. Gunakan jasa agen perjalanan dengan memilih paket wisata bromo murah agar mendapatkan rekomendasi penginapan, jeep, atau rute terbaik

Gunung Yang ada di malang

Ada banyak gunung yang ada pada kota wisata malang ini, sebagai kota bunga ini memang selalu memberikan keindahan yang tidak ada pada kota lain. Nah berikut ini rekomendasi gunung yang ada dimalang cocok banget bagi para pendaki gunung.

  1. Gunung Panderman
  2. Gunung Butak
  3. Gunung Semeru
  4. Gunung Anjasmoro
  5. Gunung kelud
  6. Gunung widodaren

Bromo masih menyimpan banyak pesona untuk Anda nikmati. Lakukan perencanaan yang tepat agar tidak menjadi perjalanan yang mengecewakan.

Jika Anda ingin mengunjungi Bromo dengan durasi waktu yang singkat, sebaiknya memilih paket wisata Bromo yang bisa Anda dapatkan di agen perjalanan. Selain lebih murah, Anda tidak perlu pusing dan bisa duduk tenang menikmati liburan di Bromo. Untuk info bromo hari ini yang terbaru anda bisa pantai website salsawisata.com.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)