SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Selasar Sunaryo Art Space merupakan salah satu objek wisata di Kota Bandung yang menampilkan keindahan karya seni. Pengunjung salah satu destinasi wisata di Kota Kembang ini akan melihat keindahan patung, lukisan, serta instalasi.

Objek wisata ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan ketika datang ke Kota Bandung, terutama bagi penyuka seni. Berikut ini ulasan lengkap mengenai galeri seni Bandung ini yang cocok Anda kunjungi ketika liburan.

Sekilas tentang Selasar Sunaryo Art Space

Sesuai dengan namanya, Selasar Sunaryo Art Space ini adalah galeri cetusan Sunaryo yang merupakan salah satu seniman kontemporer sekaligus dosen ITB. Pembangunan objek ini membutuhkan waktu selama 4 tahun mulai dari 1993 hingga 1997.

Tempat wisata ini resmi rilis untuk publik pada tanggal 5 September 1998 oleh direktur jenderal kebudayaan melalui pameran tunggal Sunaryo bertajuk Titik Nadir. Tujuan pameran tersebut adalah untuk menyuarakan kepedulian seniman pada situasi politik di Indonesia kala itu.

Salah satu objek wisata Jawa Barat paling hits ini berupa bagunan dua lantai dimana keduanya memiliki fungsi berbeda. Lantai pertama berfungsi sebagai ruang pameran karya seni kontemporer Indonesia. Sementara lantai dua terdiri dari bagian outdoor dan indoor .

Kedua area ini merupakan ruang pamer hasil karya seniman Sunaryo seperti karya seni instalasi, print, sculpture, dan lukisan.

Objek wisata yang populer dengan nama SSAS ini juga sering digunakan sebagai tempat mengadakan seminar tunggal atau bersama para seniman muda hingga senior.

SSAS mengusung model  instalasi multimedia yang menampung ide dan gagasan. Selain menjadi objek wisata seni, art space ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu pengolahan bahan lokal, lokasi kegiatan religius, tempat kegiatan sosial.

Daya Tarik Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space Bandung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Menghabiskan waktu liburan di destinasi terbaik Kota Bandung dengan mengunjungi galeri karya seni ini tidak akan mengecewakan karena tempat ini memiliki banyak koleksi menarik. Bagi yang baru pertama kali ke Bandung bisa menggunakan layanan rental mobil Bandung dengan supir murah dan request untuk mengunjungi SSAS .

SSAS memiliki daya tarik berupa beberapa spot yang layak untuk Anda datangi karena memiliki nilai seni tinggi. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan ilmu mengenai sastra, arsitektur, griya, hingga seni pertunjukan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik SSAS .

Stone Garden

SSAS tidak hanya memiliki galeri seni di dalam ruangan, tetapi ada juga area outdoor yang sangat berkesan. Salah satu area outdoor tersebut adalah Stone Garden yang berupa taman dengan hasil koleksi karya seni dari bahan batu seperti Wot Batu.

Hal ini sesuai dengan seniman Sunaryo yang banyak menghasilkan karya seni yang berasal dari bebatuan. Spot ini memiliki suasana asri karena banyak tanaman hias serta lengkap dengan pohon perdu.

Salah satu hasil karya yang menarik di Stone Garden, yaitu susunan batu dengan sandaran kaca transparan. Batu berukuran besar ini mengelilingi setiap sudut kaca berbentuk balok memanjang ke atas.

Amphitheater Mini

Amphitheater mini memiliki tema artistik yang terlihat seperti colosseum Italia apabila dilihat dari atas. Spot ini terletak tepat di tengah SSAS sehingga memiliki kesan yang artistik dan unik apabila dilihat dari segala sisi.

Titik amphitheater mini memiliki bentuk lingkaran simetris sempurna yang gunanya untuk menggelar pertunjukan outdoor.

Sesuai dengan namanya, spot ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga jenis pertunjukan di area ini biasanya berupa pemutaran film, pembacaan puisi, dan musik.

Galeri Instalasi Seni

Daya tarik terakhir dari SSAS adalah galeri instalasi seni yang merupakan spot utama di area wisata seni tersebut. galeri instalasi seni memiliki 4 bagian ruang yang berdekatan dan masing-masing fungsi tersendiri.

Ruang pertama atau Gallery A berguna untuk menyimpan beragam koleksi seni yang berasal dari seluruh Indonesia serta luar negeri. Koleksi yang ada di dalam ruangan seluas 177 meter persegi ini mayoritas merupakan hasil karya dari Sunaryo.

Wisatawan bebas memasuki Gallery A untuk melihat karya seni disana, akan tetapi tidak boleh menyentuhnya. Berikutnya, ada Gallery B untuk memamerkan hasil karya dari seniman muda dan masih pemula.

Lalu, ada juga Wing Gallery yang ditujukan untuk menyimpan benda seni dari seniman muda berbakat. Ruangan ketiga ini memiliki ukuran yang terbatas, yaitu hanya 50 meter persegi saja. Akan tetapi, dekorasi di dalam ruangan ini akan membuat kagum.

Titik terakhir di galeri instalasi seni SSAS disebut Bale Tonggoh atau Upper Hall yang memiliki luas 190 meter panjang. Upper Hall berupa bangunan semi permanen untuk memamerkan hasil karya seni, tetapi hanya bersifat sementara.

Fasilitas di Selasar Sunaryo Art Space

Tiket Masuk Selasar Sunaryo Art Space

Bangunan dengan luas 2.000 meter persegi ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa betah. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan ketika berkunjung ke art space Bandung ini.

SAAS menyediakan beberapa fasilitas umum, antara lain toilet yang bersih dan parkiran berukuran luas untuk pengunjung. Selain itu, ada juga beberapa gazebo yang bisa Anda jadikan sebagai tempat istirahat dengan daya tampung 5 orang.

Berikutnya, galeri milik Seniman Sunaryo ini juga memiliki mushola yang didesain dengan gaya artistik dan penuh nuansa seni. SSAS bisa menjadi destinasi liburan terbaik apabila sudah bosan menghabiskan waktu di wisata bernuansa alam atau wahana permainan.

Kopi Selasar merupakan fasilitas sekaligus spot wisata kuliner Bandung murah dan enak yang akan memanjakan lidah para pengunjung. Cafe ini mengangkat tema bangunan semi outdoor dengan berbagai pilihan makanan dan minuman.

Menu ikonik di tempat ini adalah racikan kopi susu dengan jahe yang mampu menghangatkan tubuh. Pengunjung Kopi Selasar bisa menikmati hawa sejuk karena disini tersedia bangku yang ditata rapi di bawah pohon rindang.

Tak hanya menikmati sajian kopi di cafe Kopi Selasar saja, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh Bandung selain makanan di  salah satu sudut area galeri ini. Terdapat sebuah toko cinderamata Selasar yang menjual aneka souvenir cantik, termasuk buku yang membahas mengenai seni.

Harga Tiket Masuk Selasar Sunaryo Art Space

Tiket yang harus dibayarkan pengunjung juga cukup terjangkau, jadi pengunjung yang mungkin sedang berhemat tapi ingin mengunjungi tempat ini, tak usah mengurungkan niat Anda. Berikut info harga tiket masuk Selasar Sunaryo Art Space yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp25.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00

Rute Menuju Lokasi Selasar Sunaryo Art Space

Lokasi Selasar Sunaryo Art Space

Lokasi Selasar Sunaryo Art Space ini berada di pusat Kabupaten Bandung, tepatnya di Jalan Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Rute yang dapat Anda tempuh untuk menuju ke SSAS cukup mudah karena galeri seni ini terletak di lokasi yang strategis. Wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 9 kilometer saja dari pusat Kota Bandung.

Perjalanan akan semakin mudah dengan kondisi kendaraan yang fit dan prima. Seperti unit Pajero Sport yang Anda booking melalui paket rental mobil matic dari Salsa Wisata yang terjamin kualitasnya.

Anda bisa mengarahkan Pajero yang Anda sewa ke Gedung Sate, lalu ambil jalur ke arah Jalan Cilamaya. Berikutnya, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Dago, lalu Jalan Ir. H. Juanda dan ikuti jalan utama. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Bukit Pakar Timur dan ikuti petunjuk yang ada hingga sampai ke SSAS .

Jam Buka Selasar Sunaryo Art Space

Gedung pameran seni di Bandung ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu. Jam buka Selasar Sunaryo Art Space mulai pukul 10.00 sampai 17.00. Semantara untuk hari Senin dan libur nasional, galeri ini tutup.

Selasar Sunaryo Art Space merupakan tempat wisata seni yang menarik karena koleksinya sangat banyak. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kota Bandung sekaligus singgah ke situs galeri ini, bisa menggunakan jasa Salsa Wisata Travel Organizer.

Tersedia banyak pilihan paket perjalanan wisata ke Bandung yang asik seperti paket outbound Bandung murah untuk Anda yang berminat jejak petualang bersama rekan-rekan kantor dan keluarga.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)