earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pasar Semawis Semarang terkenal sebagai pusat kuliner malam Kota Semarang di akhir pekan. Beragam jenis makanan mulai dari yang halal hingga berbahan dasar babi bisa Anda jumpai di pasar ini.

Anda bisa berjalan menikmati beraneka ragam jajanan khas Semarang dan juga jajanan kekinian di Pasar Malam Semawis. Petualangan kuliner di Semarang akan terasa sangat memuaskan saat datang mengunjungi kawasan Semawis Semarang.

Pasar Semawis Semarang bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan paket tour Semarang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai Pasar Semawis Semarang Berikut ini

Sekilas Tentang Pasar Semawis Semarang

Pada awalnya pasar malam ini merupakan pasar malam untuk menyambut perayaan tahun baru Imlek di tahun 2004. Hal ini karena pada tahun tersebut Presiden Abdurrahman Wahid meresmikan hari Imlek sebagai hari libur nasional.

Berselang setahun kemudian, perkumpulan Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata atau Kopi Semawis berinisiasi untuk mengadakan pasar malam secara rutin. Tujuannya supaya kawasan pecinan Semarang bisa hidup kembali dan ramai dikunjungi wisatawan.

Lalu dipilihlah hari Jumat, Sabtu, dan Minggu menjadi hari pelaksanaan pasar malam ini secara rutin. Sejak saat itulah pasar malam ini dikenal juga dengan Pasar Semawis Semarang atau Pasar Malam Semawis.

Area pecinan Semarang yang dipilih untuk menjadi tempat pelaksanaan pasar malam ini adalah Gang Warung. Dari lokasi nya ini pula membuat sebagian orang menyebut Semawis Semarang sebagai Waroeng Semawis.

Jalanan di sekitar Gang Warung pun ikut ditutup untuk menjadi lahan parkir para pengunjung yang datang. Misalnya seperti Gang Besen, Gang Tengah, Gambiran, Gang Baru, dan Gang Belakang yang salah satu ujung jalannya ditutup untuk kendaraan parkir.

Sepanjang 300 meter jalanan di Gang Warung tidak bisa untuk kendaraan dan berganti menjadi tempat tenda jajanan berdiri. Anda bisa puas menikmati puluhan tenda yang menjual berbagai jenis makanan enak.

9 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Pasar Semawis Semarang

kuliner semawis semarang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada puluhan jenis makanan dan minuman yang bisa Anda temukan di Pasar Semawis Semarang. Rata-rata menu yang tersedia merupakan menu Chinese, menu kekinian, dan makanan khas daerah.

Di sini Anda harus pandai memilih makanan mana yang lezat dan bisa Anda makan terutama bagi para muslim. Semua penjual dan pengunjung yang datang saling berbaur jadi tidak terpisah antara warung yang menjual babi dengan jajanan halal.

Jika ragu Anda bisa tanyakan apakah makanan yang ingin Anda makan mengandung babi atau tidak. Tapi daripada repot, silahkan coba sembilan kuliner rekomendasi yang sudah sangat terkenal di Pasar Semawis berikut ini

Pisang Plenet Pak Tuko

Jajanan sederhana merupakan hasil resep dari Pak Tuko yang sudah ada sejak tahun 1960 dan menjadi kiblat pisang plenet di Semarang. Terdapat 11 pilihan rasa yang bisa Anda campur atau nikmati satu-satu dari pisang bakar unik ini.

Keunikannya karena sebelum dibakar, pisang kepok ini di-plenet atau ditekan hingga pipih sehingga terlihat seperti pancake. Baru kemudian ditumpuk dan diberikan topping sesuai rasa yang diinginkan pembeli.

Rasa manis, gurih, dan aroma pisang bakar yang khas akan sangat menggugah selera makan Anda. Jajanan ini sering menjadi snack dan pencuci mulut setelah menikmati berbagi makanan di Pasar Semawis Semarang.

Es Hawa

Di Pasar Semawis Semarang ini Anda dapat menemukan jajanan langka yang sulit Anda temukan seperti es hawa misalnya. Jajanan khas pekalongan ini sudah sukar sekali terlihat di pinggir jalan kota Pekalongan begitu pula di Semarang.

Cita rasa gurih es berbahan kelapa dengan manisnya lapisan coklat beku ini hanya bisa Anda nikmati di Pasar Semawis Semarang. Anda pun bisa tahu bagaimana cara unik pembuatan es yang hanya mengandalkan hawa dingin dari wadah dan cetakannya.

Chok Dee Thailand Street

Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati jajanan seafood khas thailand, cukup datang saja ke tenda Chok Dee Thailand Street Pasar Semawis. Kedai ini menjual berbagai macam seafood bakar dan panggang dengan bumbu khusus Thailand.

Cumi bakar, sate bakso, sate gurita, dan aneka sate lainnya bisa Anda pilih di kedai ini. Chok Dee Thailand Street juga tidak pernah sepi dari pengunjung karena atraksi saat memasak yang unik dan mencolok.

Nasi Ayam Hainan

Salah satu makanan khas Tionghoa yang wajib Anda coba di Pasar Semawis ini adalah nasi ayam hainan. Di Malaysia dan Singapura, nasi ayam hainan ini sudah sangat populer dan jadi favorit banyak kalangan.

Nasi hainan yang gurih dengan pilihan kondimen seperti ayam, jamur, hati ayam, dan sosis sangat nikmat jadi santapan di malam hari. Makanan ini biasanya dilengkapi juga dengan kuah kaldu khas yang halal dan sambal pedas yang membuat rasanya semakin lezat.

Es Puter Cong Lik

Jajanan legendaris lain yang wajib Anda coba adalah Es Puter Cong Lik. Es puter ini sudah ada sejak tahun 1982 dan masih bisa bertahan dengan keaslian dan cita rasa yang tidak pernah berubah.

Prose pembuatannya masih menggunakan cara tradisional dan peralatan es puter yang sederhana. Terdapat beberapa pilihan rasa seperti durian, kopyor, alpukat, dan coklat yang bisa Anda pilih menjadi rasa dari es puter.

Nasi Bakar Kemangi

Makanan lezat lain yang bisa Anda coba di Pasar Semawis adalah nasi bakar kemangi. Nasi gurih dengan isian ayam dan kemangi ini sangat nikmat disantap saat masih hangat.

Aroma daun pisang pembungkus yang terbakar dan daun kemangi yang segar menambah selera makan Anda di malam hari. Apalagi Anda nikmati bersama timun, sambal, dan perkedel membuat nasi bakar kemangi ini mengeluarkan rasa gurih yang nikmat.

Sate Tulang Ayam

Jajanan unik lain yang wajib Anda coba di pasar Semawis adalah sate tulang ayam. Bagian tulang lunak ayam dibakar dengan bumbu rahasia yang mampu menggugah selera.

Sate tulang ayam ini sangat cocok dengan nasi bakar kemangi saat masih hangat. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis dari bumbu sate menjadi kenikmatan dari sate unik yang satu ini.

Jamu Jun

Bila pada umumnya jamu memiliki rasa pahit dan cair, jamu jun ini justru lebih terlihat seperti bubur. Dengan racikan dari 40 jenis rempah pilihan, jamu ini mampu menghangatkan badan dari udara dingin malam Pasar Semawis Semarang.

Jamu khas Demak ini bisa Anda seruput sambil menikmati jajanan lain. Sensasi hangat tanpa rasa pahit akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencoba Jamu tradisional ini.

Untuk masuk kawasan Pasar Semawis Semarang, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Cukup menyiapkan uang untuk parkir dan juga menikmati jajanan yang ada, supaya bisa membantu perhatikan tabel berikut

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung masing-masing penjual terlebih belum semua jajanan bisa masuk dalam daftar. Meskipun begitu, daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan biaya ketika ingin mengunjungi Pasar Semawis Semarang.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Semarang hits menggunakan paket wisata yang bisa Anda dapatkan dari biro perjalanan. Dengan paket tersebut segala urusan akomodasi Anda selama liburan sudah tercover dengan baik.

Lokasi dan Rute Menuju Pasar Semawis Semarang

Pasar Semawis terletak di kawasan pecinan Semarang tepatnya di Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Lokasinya sangat dekat dengan kawasan wisata lain seperti Kota Lama, Lawang Sewu dan juga pasar Johar.

Untuk menuju Pasar Semawis sebaiknya Anda tidak membawa kendaraan sendiri terutama mobil karena lahan parkir yang terbatas. Lebih baik bila menggunakan jasa sopir dari rental alphard Semarang atau Biro Perjalanan sehingga Anda tidak perlu pusing mencari lahan parkir dan jalan mana yang harus Anda lalui.

Jam Operasional Pasar Semawis Semarang

Pasar Malam Semawis hanya buka saat akhir pekan yakni hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Biasanya kawasan pasar mulai ramai sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Jika Anda ingin mencicipi makanan lezat khas Semarang dan paling laris di pasar Semawis sebaiknya datang sebelum pukul 18.00 WIB. Semakin malam, kios-kios yang ada akan makin ramai dan sudah pasti Anda harus antre menunggu pesanan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)