SalSari Resto & Coffee

Kota metropolitan Jakarta, kehadirannya memang tidak lepas dari budaya asli warganya, yakni Betawi. Setu Babakan bisa menjadi bukti bahwa Betawi memiliki perananan penting dalam kehidupan ibu kota.

Tentu saja, ada cukup banyak destinasi wisata hits di Jakarta yang berkonsep budaya dan sejarah Betawi. Tapi, yang satu ini secara resmi menjadi pusat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi.

Sejarah Setu Babakan

Setu Babakan Kampung Betawi adalah destinasi wisata budaya khas Betawi, suku asli Jakarta. Perkampungan ini masih sangat kental dengan unsur Betawi dari mulai bangunan, seni musik, tari, drama hingga bahasa.

Pemerintah DKI Jakarta secara resmi menetapkan lokasi ini sebagai tempat pelestarian sekaligus pengembangan budaya Betawi. Adapun luasnya mencapai 32 hektar yang terdiri dari lahan darat dan perairan.

Kawasan ini juga secara resmi telah menjadi cagar budaya Betawi sejak tahun 2004. Pengunjung akan belajar dan mengetahui banyak hal serta mengenal lebih dekat tentang suku Betawi.

Harga Tiket Masuk Setu Babakan

Tiket Masuk Setu Babakan

Tiket masuk Setu Babakan gratis, sehingga pengunjung tidak perlu membayar biaya apapun. Anda hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan dengam tarif yang sangat murah.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Setu Babakan

Lokasi Setu Babakan Kampung Betawi berada di di Jl. Moch. Kahfi II RT 009 / RW 008, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jika dari Jakarta pusat, jaraknya sekitar 22 km.

Lokasinya memang lebih dekat dari arah Depok karena di sebelah perbatasan. Jika dari Universitas Indonesia, maka jaraknya hanya 5 km atau sekitar 15 menit.

Jam Buka Setu Babakan

Jam Buka Setu Babakan

Setu Babakan buka setiap hari dari pagi hingga sore namun untuk beberapa tempat dan fasilitas ada jam operasionalnya. Biasanya jam operasional tersebut berlangsung antara pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Jadi sebaiknya Anda datang di atas jam 09.00 WIB dan sebelum pukul 15.00 WIB agar semua fasilitas masih beroperasi. Selain itu pastikan pula kapan waktu kawasan ini tutup dengan melihat update di sosial medianya.

Fasilitas Setu Babakan

Fasilitas Setu Babakan sangat lengkap untuk menunjang wisatawan yang berjumlah besar di akhir pekan. Ada area parkir yang luas, toilet, tempat ibadah hingga warung.

Bahkan ada juga tempat oleh-oleh khas Betawi yang bisa Anda datangi. Harganya pun terjangkau, jadi Anda bisa menghemat dan berbelanja lebih banyak barang yang Anda inginkan.

Daya Tarik Wisata Setu Babakan

Ada banyak sekali daya tarik dan destinasi yang bisa Anda kunjungi di sini. Dan berikut beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan selama berkunjung ke kawasan wisata budaya satu ini:

Zona A: Pelestarian Budaya Betawi

Pemerintah DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan hingga masyarakat Betawi turut serta dalam pelestarian tempat wisata Setu Babakan. Untuk kawasan pelestarian budaya ini berada di zona A.

Zoa A menjadi pusat pelestarian sekaligus pengembangan budaya Betawi. Area ini seluas 3,2 hektar. Pengunjung bisa melihat rumah adat khas Betawi di zona A.

Ada rumah adat gudang, joglo, kebaya, pesisir, bapang hingga pulau seribu. Zona ini juga memiliki museum sejarah dan purbakala. Semakin lengkap dengan adanya gedung teater dan gedung modern bernuansa Betawi.

Lokasi ini cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan wisata edukasi bersama rombongan. Sebab ada banyak pertunjukan seni seperti Lenong yang juga berlangsung di gedung serbaguna.

Zona B: Kuliner Khas Betawi

Kuliner Kampung Betawi Setu Babakan

Zona B ini khusus untuk kawasan wisata kuliner khas Betawi dengan tema Betawi untuk Indonesia. Luasnya sendiri sekitar 3.700 meter persegi dan sedikitnya ada sekitar 250 pedagang kuliner yang siap menyambut pengunjung.

Pihak pengelola telah menempatkan area kuliner di pinggir setu sehingga pengunjung bisa menyantap makanan sambil menikmati kesejukan setu. Di sini ada banyak sekali penjual dan beragam jenis makanan tradisional.

Untuk pengunjung yang ingin mencicipi berbagai menu makanan khas Betawi, cukup datang ke sini dan semua lengkap. Di sini ada beberapa makanan yang terkenal seperti soto Betawi, kerak telor dan banyak lagi.

Zona C: Pusat Budaya

Luas zona C sekitar 2,8 ha dan menjadi zona komersial serta studi alam. Pengunjung bisa melihat replika perkampungan Betawi di zona C. Replika ini lengkap dengan empang, rumah adat serta sawah.

Zona C ini juga memiliki pulau buatan yang berada di tengah Setu Babakan. Pulau buatan ini memiliki sejumlah bangunan yang merupakan replika perkampungan Betawi. Setidaknya ada 16 rumah tradisional di sini.

Pertunjukan Seni Budaya Betawi

Pertunjukan Seni Setu Babakan

Daya tarik selanjutnya adalah adanya pertunjukan seni budaya Betawi. Untuk bisa melihat pertunjukan seni ini, pengunjung harus datang di hari Minggu. Agendanya setiap hari Minggu, pukul 13.00 – 16.00 WIB.

Beberapa kesenian dalam pertunjukan ini seperti musik tanjidor, seni tari, lenong hingga ondel-ondel. Selain itu, ada pertunjukan Gambang Kromong serta pencak silat.

Sedangkan di hari Minggu dan Rabu sore, ada juga pelatihan seni tari, musik hingga beladiri khas Betawi, Silat Beksi. Masyarakat Setu Babakan Jakarta memang menjaga betul kebudayaan mereka sendiri.

Festival Budaya di Kampung Betawi

Pihak pengelola sering kali membuat acara atau festival di hari spesial seperti Hari Raya Idul Fitri. Pada perayaan ini ada berbagai gelaran budaya yang menarik wisatawan.

Beberapa di antaranya adalah Gambang Kromong, Silat Betawi, Lenong, Gambus, Keroncong hingga Rebana Biang. Ada juga Tari Samrah, Sohibul Hikayat, Palang Pintu, Qasidah, Prosesi Hantaran bahkan Marawis.

Museum Budaya Betawi

Museum Budaya Setu Babakan

Setu Babakan juga memiliki museum budaya Betawi. Ada beragam produk budaya yang pengunjung bisa lihat. Misalnya alat musik klasik, bir pletok, batik hingga sepeda onthel.

Beberapa lukisan tokoh Betawi juga dapat Anda lihat, seperti Benyamin Sueb, Ismail Marzuki dan lainnya. Bahkan lukisan Gubernur DKI Jakarta dari setiap periode juga ada di sini.

Di dalam museum, ada juga pakaian Betawi termasuk yang sudah bercampur dengan budaya Arab dan Cina. Produk budaya yang menjadi ikon juga ada di sini seperti Ondel-Ondel, Baju Sadariah dan lainnya.

Wisata Air di Setu Babakan

Wisata Setu Babakan semakin seru dengan adanya wahana rekreasi air. Selain di area pinggir setu yang menjadi tempat wisata kuliner, di area setunya pengunjung bisa seru-seruan bermain wahana air.

Pengunjung bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau dan menyusurinya secara perlahan. Udaranya sangat sejuk dan suasananya memang menyenangkan.

Ketika menaiki perahu ini, bisa Anda lihat deretan sajian kuliner dan pengunjung yang sedang menikmatinya di bibir setu. Bagi yang ingin bersantai, bisa juga menyewa sepeda air untuk berkeliling setu.

Salsa Wisata dapat menjadi partner perjalanan wisata ke Setu Babakan dan destinasi wisata lain di Jakarta dengan aman dan nyaman. Segera hubungi Salsa Wisata sekarang dan dapatkan paket wisata dengan harga menarik.



By Categories: Destinasi, Jakarta

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)