SalSari Resto & Coffee

Biasanya, kita harus rela mengeluarkan biaya cukup mahal hanya untuk dapat mengakses lokasi wisata yang terkenal dengan keindahannya. Apa lagi bila kita hendak berfoto. Tapi, ada satu lokasi wisata di Majalengka yang instagramable tapi tidak harus bayar mahal. Namanya adalah Situ Cipanten.

Di sini, Anda masih bisa menikmati pemandangan yang masih terjaga keasriannya untuk melepas penat dan stres setelah bekerja atau belajar. Anda juga bisa berburu foto-foto ciamik dengan wahana-wahana mengasyikkan yang ada di sini.

Sekilas Tentang Situ Cipanten

Situ Cipanten majalengka

Situ atau danau ini sebenarnya bukanlah tempat wisata baru. Sebaliknya, situ ini justru sudah ada sejak tahun 1970-an dan sejak saat itu pula sudah menjadi destinasi rekreasi masyarakat.

Akan tetapi, karena kurangnya pengelolaan, situ ini menjadi tidak terawat dan terkesan angker. Apa lagi karena di sekelilingnya ditumbuhi pohon-pohon besar nan rimbun.

Danau seluas kurang lebih 1 hektar ini dulunya digunakan sebagai pengairan dan tambak perikanan masyarakat sekitar. Hingga sekarang pun Anda masih bisa menemukan ragam jenis ikan di situ berair jernih ini.

Tidak seperti Situ Gintung, situ ini merupakan danau yang terbentuk secara alami. Airnya berasal dari tujuh mata air yang konon katanya tidak akan pernah kering walau pada musim kemarau sekalipun.

Seiring berjalannya waktu, situ ini pun dikelola oleh Karang Taruna di kecamatan setempat dan disulap menjadi salah satu tempat wisata yang hits dan kekinian.

Lokasi Situ Cipanten

Situ ini terletak di daerah Majalengka, lebih tepatnya di Jl. Gn. Kuning – Sindang, Gunung Kuning, Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Disarankan bagi para pengunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan lebih nyaman. Jika Anda datang dari luar kota, maka bisa memanfaatkan layanan rental mobil murah di daerah terdekat pada Salsa Wisata.

Jika Anda datang dari Kota Subang, maka Anda bisa mengikuti jalan yang menuju ke Kecamatan Tomo – Kecamatan Jatiwangi – Majalengka. Setelah tiba di pusat kota Majalengka, Anda bisa mengambil jalan menuju Bundaran Cigasong.

Dari sana, Anda hanya perlu mengambil arah ke Rajagaluh lalu berbelok ke kanan saat menemukan pertigaan. Dari sana, jarak menuju lokasi situ sudah tidak terlalu jauh lagi.

Sementara itu, jika Anda datang dari arah Bandung, maka Anda bisa mengambil arah menuju Majalengka di persimpangan Jatiwangi. Setelah itu, Anda bisa meneruskan perjalan sampai Bunderan Cisayong, dan langsung mengambil arah menuju Rajagaluh.

Jam Buka Situ Cipanten

Jam Operasional Pukul
Senin – Jumat 07.30 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu & Hari Libur Nasional 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Situ Cipanten

Seperti yang sudah dikatakan, Anda tidak perlu membayar mahal untuk dapat mengakses lokasi wisata ini dan berfoto sepuas hati. Berikut ini beberapa rincian biaya yang perlu Anda perhatikan sebelum datang berkunjung ke situ ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Perahu Dayung Rp10.000,00
Ayunan Rp5.000,00
Bebek Gowes Rp20.000,00
Sepeda Gantung Rp20.000,00
Pelampung Rp10.000,00

Daya Tarik di Situ Cipanten

wahana Situ Cipanten

Berenang dan Bermain Air

Para pengunjung bebas berenang di danau ini. Airnya sangat jernih hingga dasarnya yang berbatu dapat terlihat cukup jelas.

Eits! Tetap waspada! Sebab, situ ini lebih dalam daripada yang terlihat. Anak-anak kecil tentu saja tidak disarankan untuk berenang di sini. Tapi orang-orang dewasa yang sudah andal tentu bisa berenang sepuasnya.

Anda juga bisa bermain air di tepi situ sambil berpose untuk foto. Di tepiannya terdapat batu-batuan hitam yang bersih dan bisa menjadi pijakan karena dangkal.

Oleh karena dulunya situ ini merupakan lokasi tambak perikanan, maka jangan kaget jika saat berenang atau bermain Anda akan dihampiri ikan-ikan beragam warna. Ikan-ikannya tidak berbahaya kok!

Walau tidak menantang layaknya river tubing di Cikadongdong Rajagaluh, namun hal tersebut tidak mengurangi minat para pengunjung untuk berenang dan bermain air di danau ini.

Berdayung dan Mengayuh

Selain berenang, Anda juga bisa berdayung atau mengayuh perahu bebek yang tersedia di situ ini. Perahu-perahunya dicat dengan warna-warna cerah yang indah sehingga kerap kali dijadikan spot berfoto juga.

Jika Anda datang bersama pasangan, paling cocok bila berdayung dengan perahu. Suasana menjadi semakin romantis.

Sementara, jika Anda datang bersama keluarga atau sahabat, maka mengayuh perahu bebek akan memberikan pengalaman asyik sekaligus menguji kekompakan Anda.

Wahana dan Spot Selfie

Dan daya tarik yang paling menarik dari lokasi wisata ini adalah wahana dan spot selfie-nya yang instagramable.

Untuk spot selfie, Anda bisa mencoba Jembatan Cinta, Perahu Titanic, dan masih banyak lagi. Sementara untuk wahana, Anda bisa mencoba ayunan, sepeda air dan sepeda gantung.

Yang menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto adalah ayunan. Sebab, ayunan ini tergantung tepat di atas danau. Dan saat Anda berayun di sana, biasanya ikan-ikan akan datang mengerubungi. Seru kan?

Nah, jika Anda berniat untuk mengunjungi Situ Cipanten, jangan lupa untuk mengecek ramalan cuaca sebelumnya agar Anda tidak terjebak hujan atau cuaca buruk lainnya.

Pastikan juga Anda tidak datang terlalu siang agar suasana tidak terik. Dan, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan di situ ini!

Fasilitas di Situ Cipanten

fasilitas Situ Cipanten

Secara keseluruhan, wisata danau ini telah menyediakan fasilitas penunjang yang cukup lengkap sehingga mampu memanjakan para pengunjung. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di dalamnya.

  • Lahan parkir
  • Toilet umum
  • Gazebo
  • Wahana permainan
  • Spot foto
  • Warung makan
  • Sewa pelampung
  • Area outbound

Selain fasilitas yang ada di lokasi langsung, ada pula fasilitas berupa penginapan murah yang terletak di kawasan sekitar lokasi situ ini. Ada pula toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama.

Untuk kemudahan menikmati liburan di Majalengka, Anda juga bisa mengambil paket wisata yang disediakan beberapa agen travel organizer, seperti Salsa Wisata, yang sudah termasuk beberapa agenda kegiatan mengasyikkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)