SalSari Resto & Coffee

Kalau Anda jenuh dengan Bandung dan segala tempat wisatanya yang selalu penuh pengunjung, Anda mungkin harus mencari tujuan wisata alternatif di Jawa Barat. Majalengka adalah pilihan yang tepat kalau Anda ingin tempat yang sepi dan tidak banyak wisatawan. Ada banyak tempat wisata hits di Majalengka yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Telaga Herang.

Tempat wisata yang satu ini memiliki pesona yang unik, berbeda dengan tempat wisata alam lain yang rata-rata menyuguhkan pemandangan gunung atau pantai.

Dari namanya, Anda mungkin sudah tahu bahwa tempat ini adalah kolam alami dengan air yang sangat jernih tapi dingin. Anda bisa duduk santai di pinggirnya sambil menikmati panorama sekitar

Sekilas Tentang Telaga Herang

wisata Telaga Herang

Kalau dari etimologi bahasa, Telaga Herang itu berasal dari bahasa sunda. Talaga atau Telaga adalah mata air, sedangkan herang artinya jernih. Jadi, namanya memang tempat menggambarkan keadaan danau, atau yang dalam bahasa lokal juga disebut sebagai situ, yang jernih dan bersih.

Air di sini jernih karena berasal dari mata air alami di Gunung Ciremai. Namun, di balik keindahannya, telaga ini rupanya dianggap keramat. Ada mitos yang cukup mengerikan di baliknya.

Telaga ini juga menjadi kolam ikan alami, di mana Anda bisa melihat ribuan ikan yang berenang di dalamnya. Ikannya terlihat jelas, karena memang airnya sangat jernih. Namun, pengunjung tidak boleh menangkap atau memancing ikan-ikan air tawar yang ada di telaga ini.

Kalau datang ke sini, Anda bukan cuma sekadar disuguhi pemandangan saja. Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan. Itu karena pengelola menciptakan daya tarik yang lebih dari sekadar pemandangan.

Ada banyak wahana air yang bisa Anda jajal. Anda bisa merasakan langsung air di telaga ini, bukan cuma sekadar melihatnya saja. Selain itu, ada juga kolam renang yang terletak di salah satu sudut telaga.

Kolam renang ini tentunya untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berenang, karena Anda tidak disarankan untuk berenang di danau. Area kolam renang ini namanya Waterpark. Tidak kalah kok, dengan berbagai waterpark bagus di Bandung.

Jam Operasional Telaga Herang

Jam Buka Pukul
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Lokasi Telaga Herang

Lokasi Telaga Herang sendiri berada di Padaherang, Kec. Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sayangnya, sulit untuk mencapai tempat wisata ini dengan kendaraan umum.

Karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di  tempat rental mobil murah terdekat. Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk bisa sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Telaga Herang

Untuk bisa menikmati keindahan telaga, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Berikut ini rincian harga tiket masuk Telaga Herang.

Retribusi Tarif
Tiket masuk telaga Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Tiket masuk Wanda Waterpark dewasa Rp10.000,00
Tiket masuk Wanda Waterpark anak-anak Rp8.000,00
Wahana bola air Rp20.000,00
Wahana kursi air Rp20.000,00

Daya Tarik Telaga Herang

daya tarik Telaga Herang

Yang menjadi daya tarik di Telaga Herang bukan cuma sekadar pemandangannya saja, tapi juga berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini. Di antaranya adalah:

Menyelam

Anda bisa snorkeling lho di dalam telaga ini. Telaganya cukup dalam untuk Anda selami. Airnya sangat jernih, jadi Anda bisa melihat banyak pemandangan cantik saat menyelam ke bawah telaga. Ada penyewaan peralatan snorkeling yang bisa Anda manfaatkan.

Ada banyak ikan cantik yang akan Anda temui di bawah sana. Meskipun Anda bisa menyelam ke bawah danau, tetap patuhi peraturan masyarakat lokal, yakni tidak boleh sembarangan dan sembrono.

Berenang

Wanda Waterpark ini sudah berdiri dari sejak tahun 2016. Memang tempat ini istimewa, karena ada dua wahana wisata sekaligus yang bisa Anda kunjungi. Di waterpark ini, ada beberapa kolam, kolam dewasa dan kolam anak.

Sama seperti waterpark pada umumnya, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air, seperti seluncuran dan ember tumpah. Waterpark ini bisa jadi alternatif berenang, karena berenang di telaga tidak disarankan bagi Anda yang tidak bisa berenang. Memang Anda harus membayar lagi, tapi harga tiket masuk waterpark ini tidak mahal, kok.

Piknik

Kalau Anda tidak suka basah-basahan, Anda bisa juga piknik di pinggir danau. Ada beberapa bale yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat. Atau, Anda bisa juga menggelar tikar dan duduk-duduk di atas hamparan rumput.

Bersantai di pinggir danau itu juga bisa jadi cara untuk healing. Anda bisa menikmati pemandangan yang tersaji di depan sambil menghirup udara segar. Jangan lupa siapkan bekal dari rumah.

Mencoba Berbagai Wahana Seru

Bukan cuma menyelam dan duduk di pinggirnya saja. Kalau Anda ingin menikmati telaga, Anda bisa mencoba berbagai wahana permainan yang sudah disediakan oleh pengelola. Beberapa permainan yang bisa Anda coba antara lain ayunan, kursi air, dan bola air.

Yang jadi favorit adalah bola air, di mana Anda masuk ke dalam sebuah gelembung transparan besar. Nanti, Anda harus berjalan di dalam gelembung tersebut untuk menggerakkannya di atas air. Mencoba wahana ini dan kursi air memang dikenakan biaya tambahan, tapi tidak mahal.

Fasilitas Telaga Herang

ayunan Telaga Herang

Tempat wisata ini menyediakan banyak fasilitas pelengkap dan penunjang untuk memastikan kenyamanan pengunjung. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Parkiran
  • Ayunan
  • Toilet
  • Mushola
  • Peralatan sholat
  • Wahana permainan
  • Spot foto
  • Warung makan

Tertarik mengunjungi telaga ini? Anda bisa pesan liburan Anda ke Majalengka lewat Salsa Wisata. Ada paket wisata dari Salsa Wisata yang bisa Anda pilih, atau malah Anda buat sendiri tujuan destinasinya.

Mengapa harus ambil paket wisata? Pertama, harganya jauh lebih murah ketimbang kalau Anda memesan semuanya sendiri-sendiri. Kedua, jauh lebih simpel dan praktis.

Paket wisata kami sudah termasuk penginapan, tiket wisata, makan, dan transportasi. Anda bisa memilih sendiri tempat wisata yang hendak Anda kunjungi, dan kami yang membuat itinerary-nya untuk Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)