SalSari Resto & Coffee

Sukabumi memiliki beragam keindahan alam yang khas. Kini sebagian sudah berkembang menjadi objek wisata alam yang hits dan terkenal. Seperti Situ Gunung yang akan dibahas kali ini.

Tempat wisata Sukabumi yang lagi hits ini tengah viral karena berbagai daya tariknya. Salah satunya adalah jembatan gantung yang instagramable. Selain itu, pemandangan alamnya juga menakjubkan. Udaranya pun segar dan sejuk.

Sekilas Tentang Situ Gunung

situ gunung glamping

Situ Gunung Sukabumi merupakan kawasan wisata alam yang berada di dataran tinggi. Jadi tak mengejutkan bila panorama alam di sini menjadi daya tarik unggulan.

Banyak wisatawan yang kemudian menjadikan objek wisata ini sebagai target utama mereka. Sebagian pengunjung beralasan ingin segarkan pikiran dan merasakan atmosfer yang menenangkan di sini.

Sebagai tambahan, mereka juga sekaligus ingin mendapatkan pengalaman liburan yang memorable. Tentu melalui kegiatan berburu foto instagramable, mengikuti camping atau glamping, dll.

Tak bisa dipungkiri bahwa tempat ini suguhkan banyak fasilitas pendukung seperti fasilitas umum, resort, paket trip, dan fasilitas camping mewah atau terkenal dengan sebutan glamping.

Harga Tiket Masuk Situ Gunung

Bagaimana dengan biayanya? Harga tiket masuk Situ Gunung cukup terjangkau. Namun untuk mengikuti berbagai kegiatan di sini, ada biaya tersendiri. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp16.000,00
Camping Rp24.000,00 weekday, Rp29.000,00 weekend
Ojek Rp50.000,00
Jembatan Gantung – Anak Rp25.000,00
Jembatan Gantung – Dewasa Rp50.000,00
Flying Fox Rp75.000,00
Perahu Rp20.000,00

Tersedia juga paket wisata atau open trip dengan penawaran harga yang lebih murah lagi. Biaya ini sudah termasuk fasilitas penginapan dan juga transportasi dari pihak resort.

Paket wisata ini tentu recommended untuk Anda yang memiliki rencana liburan ke sini bersama rombongan. Baik untuk acara family gathering atau gathering kantor.

Umumnya rombongan gathering menggunakan transportasi bus pariwisata dari jasa rental bus pariwisata terdekat untuk menuju ke situ.

Rute Menuju Lokasi Situ Gunung

situ gunung sukabumi buka

Lokasi Situ Gunung berada di kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung, Kabupaten Sukabumi. Alamat Situ Gunung versi lengkapnya di Kadudampit, salah satu wilayah sejuk di Sukabumi.

Akses jalannya cukup baik dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan roda dua. Jalannya sudah beraspal dan langsung menuju ke area parkir tempat wisata.

Jarak situ ini dari alun-alun kita sekitar 16 KM dan dapat ditempuh sekitar 40 menit. Rute menuju lokasi wisata danau ini bisa melalui Jalan Nasional III dan Jalan Kadudampit.

Untuk wisatawan yang kurang familiar dengan rute di atas, solusinya bisa gunakan jasa rental mobil terdekat murah seperti Salsa Wisata.

Daya Tarik Wisata Situ Gunung

Wisata danau ini memiliki berbagai pesona alam menakjubkan yang bisa Anda saksikan. Selain itu, tempat ini juga mempunyai segudang daya tarik lain. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Berburu Wisata Kuliner

Tenang, bagi pecinta makanan khas Sunda yang unik, objek wisata ini juga sudah menyediakan fasilitas welcome snack and drink gratis. Selain itu, ada kafetaria yang menyajikan berbagai makanan berat.

Beberapa di antaranya ada nasi goreng, nasi ayam, Nasi Timbel, dan Nasi Liwet. Selain itu, ada juga tempat makan lain yang memiliki konsep prasmanan sehingga Anda bisa mengambil sendiri makanannya.

Bagi pecinta kopi, tempat ini sungguh cocok untuk ngopi lantaran suasananya yang dingin. Rasa hangat, pahit, dan legit secangkir kopi dapat memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.

Harga makanan dan minuman di sini juga masih murah. jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk memilih menu makanan dan minuman yang ada. Bahkan untuk menu makanan berat khas Jawa Barat sekalipun harganya terjangkau.

Jembatan Situ Gintung yang Viral

situ gunung suspension bridge

Jembatan gantung Situ Gunung adalah salah satu yang paling viral di media sosial. Kementerian Lingkungan Hidup bersama pihak swasta telah membangun jembatan gantung ini sejak Mei 2017.

Waktu pembangunannya hanya memakan 4 bulan. Walau cepat, bukan berarti tidak berkualitas. Justru jembatan ini sangat kuat karena berbahan dasar kayu Ulin dari Papua. Beban maksimalnya 44 orang atau 55 ton.

Wahana ini berada di atas lembah atau jurang dengan ketinggian mencapai 161 meter dan panjang 243 meter. Oleh sebab itu, jembatan ini juga menjadi jembatan gantung di hutan terpanjang di Asia.

Dari atas jembatan, pengunjung bisa melihat objek wisata Curug Sawer, Danau Situ Gunung dan pastinya jurang serta lembah antar bukit. Jangan lupa untuk berfoto di jembatan dan membagikannya ke media sosial.

Keindahan Danau Situ Gunung

Di tempat wisata Jawa Barat ini terdapat danau yang sangat cantik, indah, dan mempesona. Danau ini adalah danau buatan tapi karena sudah berumur ratusan tahun, danau ini tampak seperti danau alami.

Dulunya danau ini dibangun oleh Rangga Jagad Syahdana atau Mbah Jalun. Beliau adalah seorang bangsawan Mataram

Mbah Jalun membangun danau ini sebagai wujud syukur atas kelahiran puteranya, Rangga Jaka Lulunta.

Air di danau ini sangat jernih dan dingin. Di beberapa bagian ada semacam pulau-pulau kecil yang indah dengan rerumputan hijau di atasnya. Suasananya asri dan tenang. Udaranya juga sejuk.

Air Terjun Curug Sawer

curug situ gunung

Kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini memiliki air terjun bernama Curug Sawer. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari ujung jembatan gantung. Medannya pun cukup mudah.

Begitu sampai di kawasan curug, pengunjung akan takjub dengan keindahannya. Curug Sawer memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Di depannya terdapat jembatan untuk berfoto dan menikmati pesonanya.

Bahkan ada teras permanen yang ada di atas aliran sungai. Lokasinya beberapa ratus meter dari curug. Adapun jika ingin kembali, sudah ada ojek yang siap mengantar atau bisa juga memilih jalan kaki.

Namun bagi yang lebih memilih untuk jalan kaki, Anda akan mendapat banyak ‘bonus’. Seperti menjumpai keelokan alam hijau di tiap sudut objek wisata ini.

Berkemah di Camping Ground

situ gunung camping

Kawasan objek wisata alam ini memang cocok untuk berkemah. Tersedia camping ground luas untuk wisatawan yang ingin bermalam di area hutan ini.

Camping ground di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, termasuk toilet dan mushola. Hal ini tentu akan membuat para campers akan merasa nyaman selama camping.

Selain camping biasa, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas camping mewah alias glamping. Glamping di sini sudah berfasilitas mewah layaknya kamar hotel.

Fasilitas di Situ Gunung

Pihak pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain area parkir luas, kamar mandi, toilet, warung, dan cafe.

Fasilitas lain seperti camping ground, glamping, mushola, dan spot foto juga tersedia. Untuk fasilitas wahana, Anda akan menjumpai wahana flying fox dan perahu.

Jam Buka Situ Gunung

situ gunung resort

Objek wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Tapi, jika hari libur, baik libur akhir pekan maupun libur nasional, jumlah pengunjung bertambah.

Jumlah pengunjung yang meningkat tentu akan berpengaruh pada jam operasional tempat wisata ini.

Jika dalam kondisi normal, jam buka Situ Gunung akan dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. Namun selama libur, jam bukanya akan lebih lama, yaitu dari pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi hari saat masih sepi. Jika datang lebih pagi, Anda tidak perlu antri berfoto di jembatan gantung.

Selain itu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk wisata dan belanja oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat. Tak jauh dari tempat wisata ini ada cukup banyak referensi pusat oleh-oleh terkenal dan murah.

Segera agendakan perjalanan wisata ke Situ Gunung bersama dengan teman maupun keluarga. Salsa Wisata dapat membantu perjalanan wisata lebih aman, nyaman, sekaligus menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)