earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sering menjadi lokasi tujuan wisata bagi masyarakat Bogor, Bandung, dan sekitarnya. Kawasan taman nasional ini juga sempat viral beberapa waktu lalu berkat kegagahan gunung ini.

Gunung yang terletak di Kabupaten Bogor memang terkenal sebagai tujuan pendakian. Kendati demikian, kawasan gunung ini juga menawarkan daya tarik wisata yang cukup banyak.

Setidaknya terdapat 7 tempat wisata yang terkenal di gunung ini. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda simak informasi singkat mengenai gunung ini.

Sekilas Tentang Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu taman nasional terluas di Provinsi Jawa Barat yang penuh dengan area hutan tropis.

Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah dua gunung berapi yang masuk dalam cakupan area TNGGP. Masing-masing gunung ini memiliki ketinggian 2.958 mdpl dan 3.019 mdpl.

Kedua gunung besar ini terletak di 3 kabupaten sekaligus, yaitu Sukabumi, Cianjur, dan Bogor. Ketiganya menjadi titik awal pendakian alias basecamp bagi pendaki yang ingin ke puncak salah satu gunung tersebut.

Sejak tahun 1977, organisasi lingkungan PBB, UNESCO, menetapkan kawasan gunung ini sebagai Cagar Biosfer penting dunia.

Lalu, terkait dengan sejarah letusan, Gunung Pangrango masih memiliki puncak yang utuh hingga sekarang. Semua karena gunung ini belum pernah sekalipun meletus.

Namun fakta ini sangat berbeda dengan Gunung Gede yang pernah meletus, meski tak sesering Gunung Marapi di Kabupaten Agam.

Gunung Gede juga memiliki lebih banyak kawah yang masih berstatus aktif. Sebut saja Kawah Wadon, Kawah Ratu, Kawah Baru, dan Kawah Lanang.

Kedua gunung ini terhubung oleh sebuah punggung gunung yang ada di puncak. Punggung gunung ini terkenal dengan nama kawasan Kandang Badak.

Harga Tiket Masuk Gunung Gede Pangrango

Bagi Anda yang ingin memasuki kawasan wisata alam pegunungan ini, silahkan Anda siapkan budget untuk membeli tiket masuk. Tarif tiket masuk ke kawasan ini cukup bervariasi.

Berikut informasi tarif tiket masuk terbaru untuk kawasan wisata gunung ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp29.000,00/ orang
Tiket Masuk Wisatawan Asing Rp320.000,00/ orang
Tiket Masuk Pelajar Rp17.500,00/ orang

Tarif ini adalah tarif reguler atau tarif normal yang hanya berlaku untuk kunjungan wisata hari biasa (Senin sampai Jumat).

Umumnya tarif akan naik saat libur akhir pekan dan libur nasional.

Khusus untuk pelajar, mereka wajib menunjukan kartu pelajar mereka saat membeli tiket.

Daya Tarik Gunung Gede Pangrango

Wisata Gunung Gede Pangrango

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Dilansir dari laman resmi TNGGP, sedikitnya ada 7 tempat wisata yang masuk dalam kawasan taman nasional di Jabar ini. Berikut rangkumannya.

Curug Sawer

Curug yang terletak di Sukabumi ini adalah curug tertinggi kedua di Provinsi Jawa Barat. Ketinggiannya mencapai 35 meter.

Curug Sawer ini masuk dalam area Situ Gunung Kabupaten Sukabumi. Wisatawan yang datang ke tempat wisata alam ini akan terkejut sekaligus takjub dengan tebing batu yang tinggi.

Salah satu tebing batu ini terlihat dialiri oleh air yang berasal dari Sungai Cigunung.

Selama menikmati momen liburan di sini, Anda dan wisatawan lainnya dapat berburu foto dengan view alam terbaik. Salah satu spot paling direkomendasikan adalah jembatan yang dibangun di atas sungai.

Jembatan Gantung Situ Gunung

Masih dalam jalur yang sama dengan Curug Sawer, ada sebuah jembatan gantung yang sangat terkenal di sini, yakni jembatan gantung Situ Gunung.

Jembatan ini pertama kali beroperasi pada tahun 2019 dan langsung menarik perhatian pengunjung yang datang.

Jika Anda lihat jembatan ini melalui google maps, terlihat betapa panjangnya jembatan ini. Panjangnya mencapai 243 meter dan merupakan jembatan terpanjang di kawasan Asia Tenggara.

Setiap pengunjung yang ingin menjajal jembatan ini akan mendapat pengaman dengan saling serta sabuk pengaman. Jadi, sangat aman.

Curug Cikarak

Untuk curug ini memang lokasinya di Kabupaten Bogor, tepatnya di Dusun Cibeling, Desa Cinagara. Posisinya berada di antara dua tebing, atau lebih tepatnya dua sisi tebing batu.

Ragam pemandangan alam dapat Anda lihat dari sini. Mulai dari area persawahan, kebun, sungai, dan juga bukit.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum adalah satu dari total 17 curug yang ada di taman nasional ini.

Pengunjung harus rela jalan kaki melewati hutan tropis sejauh 3 KM untuk dapat sampai di sini. Sesampainya di titik lokasi, rasa lelah akan hilang saat menyaksikan keindahan curug ini.

Dengan tinggi air terjun 60 meter, curug ini merupakan curug tertinggi yang ada di kawasan taman nasional ini. Lokasinya sendiri ada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.300 mdpl.

Pasir Sumbul

Nah, tempat wisata Bogor yang terkenal ini sangat cocok untuk Anda pecinta aktivitas outdoor yang dapat memacu adrenalin. Pasir Sumbul namanya. Tempat wisata ini berada di area Puncak Pass, Cianjur.

Pasir Sumbul ini tak lain adalah spot untuk wahana ekstrem paralayang seperti Bukit Puncak Paralayang di kawasan wisata Pantai Parangtritis.

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Untuk spot wisata ini, Anda akan menjadi peserta tour yang akan menambah wawasan Anda. Anda akan berkesempatan untuk belajar tentang alam dan beragam satwa yang hidup di taman nasional milik Jawa Barat ini.

Dengan menggunakan CCTV, tingkah laku sejumlah satwa liar dapat Anda lihat dari kawasan ini.

Tempat wisata ini juga menawarkan banyak kegiatan outdoor menarik seperti camping, trekking, outbound, dan bahkan patroli bersama petugas.

Fasilitas Gunung Gede Pangrango

Puncak Gunung Gede Pangrango

Agar pengunjung merasa nyaman, kawasan wisata alam ini telah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Umumnya fasilitas-fasilitas ini bisa Anda jumpai di masing-masing spot wisata.

Adapun fasilitas yang ada di kawasan wisata berbasis alam ini antara lain:

  1. Pusat informasi
  2. Klinik
  3. Toilet
  4. Area parkir

Fasilitas-fasilitas di atas dapat Anda temui di area utama taman nasional. Selain itu, ada juga fasilitas pendukung pariwisata. Berikut daftarnya:

  1. Camping site
  2. Kebun Raya Cibodas
  3. Canopy Walk

Ada beberapa spot wisata seperti curug dan paralayang start point yang memiliki sejumlah warung makan dengan menu makanan dan minuman yang cukup bervariasi.

Dan jika Anda beruntung, Anda akan menemukan menu makanan khas Bogor yang enak dan kuliner Negeri Parahyangan lainnya di salah satu warung.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Gede Pangrango

Lokasi Gunung Gede Pangrango

Kawasan wisata alam pegunungan ini terletak di alamat sebagai berikut: Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Lokasi ini dapat diakses melalui rute Jalan Raya Ciawi – Cianjur. Rute ini terkenal dengan Ubi Cilembu, salah satu oleh-oleh khas Bogor untuk pacar.

Meski akses jalannya cukup mudah, namun waktu tempuh yang lama, yaitu sekitar 2 jam 43 menit pasti akan membuat tubuh Anda cepat lelah.

Nah, agar tidak lelah dan perjalanan tetap lancar dan aman, solusi terbaiknya yaitu menyewa mobil plus supir di Salsa Wisata.

Terdapat beberapa pilihan paket rental mobil matic yang kami tawarkan dengan harga sewa yang ramah di dompet. Kualitas kendaraan yang kami sewakan juga terbaik.

Untuk jenis perjalanan jarak jauh Bogor – TNGGP, ada satu paket yang kami rekomendasikan kepada Anda. Paket rental elf Bogor yang gagah dan prima pasti akan cocok untuk Anda.

Jam Operasional Gunung Gede Pangrango

Karena tempat ini adalah spot wisata untuk pendakian dan camping, kawasan wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam.

Untuk Anda yang berencana camping atau bahkan ingin melakukan pendakian, wajib mendaftar terlebih dahulu ke petugas.

Namun jika Anda hanya ingin liburan di tengah hijaunya Gunung Gede Pangrango, pastikan untuk cek HTM terbarunya dan jangan lupa juga menggunakan layanan travel organizer yang tepat.

Salsa Wisata dengan paket liburan terlengkap dan harga terjangkau, misalnya. Dengan menggunakan paket liburan dari kami, liburan Anda pun akan semakin mudah dan happy.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)