Situs Warungboto merupakan salah satu situs bersejarah berbentuk pemandian milik Keraton Yogyakarta yang terletak di dekat daerah Kotagede. Tempat wisata Jogja satu ini memiliki fungsi yang sama seperti Taman Sari yang menjadi tempat peristirahatan sultan dan keluarga kerajaan.

Arsitekturnya yang unik dan sejarah panjangnya menjadi daya tarik utama yang membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Anda bisa melakukan dan menemukan berbagai macam hal menarik saat berada di kawasan situs Warungboto.

Ada banyak pula paket tour Jogja yang menawarkan situs Warungboto sebagai salah satu destinasi yang akan dikunjungi dalam itenerarinya. Namun sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai situs di Jogja yang satu ini.

Sejarah Singkat Situs Warungboto Jogja

Situs Warungboto termasuk cagar budaya di Jogja yang sudah ada sejak zaman pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I sekitar tahun 1785. Pembangunan tempat ini pun terus berlanjut hingga masa Sultan Hamengkubuwono II dan menjadi tempat peristirahatan keluarga kerajaan yang sangat indah.

Nama asli dari situs ini adalah Pesanggrahan Rejowinangun yang selesai dibangun pada tahun 1877. Tidak jauh berbeda dengan Tamansari, pesanggrahan ini juga digunakan sebagai tempat mandi dan bermain air bagi sultan, permaisuri, dan selirnya.

Bahkan pada tahun 90-an tepatnya sekitar tahun 1935, pemandian ini sering digunakan masyarakat sekitar dan dikenal dengan nama Tuk Umbul. Hal ini karena terdapat mata air yang menjadi menyembur dan menjadi sumber air utama pesanggrahan ini.

Namun pada masa menjelang kemerdekaan, situs ini mulai terbengkalai dan ditinggalkan tidak terawat. Parahnya lagi saat terjadi gempa besar yang membuat bangunannya semakin hancur menjadi puing-puing hampir tidak berbentuk.

Prihatin dengan hal tersebut akhirnya pada tahun 2009 dilakukan pemugaran pertama untuk membentuk kembali situs yang sempat hancur ini. Pemugaran kedua yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya dilaksanakan pada tahun 2016 dan selesai tahun 2017.

Bentuk asli dari pesanggrahan ini pun tidak berubah sama sekali bahkan semakin terlihat cantik dibanding sebelumnya. Sejak saat itu situs warungboto Jogja menjadi salah satu objek wisata menarik yang keindahannya tidak kalah dengan Taman Sari.

Arsitektur Situs Warungboto Jogja

Arsitektur Situs Warungboto

Sebagai tempat peristirahatan keluarga raja, arsitektur dari bangunan pesanggrahan ini sangat menekankan keindahan dan kenyamanan. Terlihat dari banyaknya taman, kolam, serta kamar yang tampak megah dan indah saat dijelajahi.

Semua bagian pesanggrahan ini dibangun menggunakan batu bata yang disusun menjadi tembok tebal yang kokoh. Area inti situs ini terdiri dari dua kolam berbentuk lingkaran dan persegi yang dikelilingi bangunan berupa kamar, mushola, dan lainnya.

Pada kolam berbentuk lingkaran terdapat pancuran air yang menjadi tempat keluarnya sumber air dengan diameter kolam sekitar 4.5 meter. Sedangkan untuk kolam kedua memiliki ukuran 10 x 4 meter dan terhubung ke kolam pertama.

Di depan kolam terdapat kamar yang saling terhubung dengan lorong dan tangga-tangga sehingga membuat bangunan terlihat indah. Jendela di situs ini juga dihias dengan bentuk lengkungan yang menjadikannya tampak estetik.

Pada lantai atas bangunan, terdapat pelataran yang menurut beberapa sumber digunakan sebagai mushola karena terdapat ruang imam. Dari atas sini Anda bisa melihat dengan jelas kemegahan situs Warungboto yang tampak persis seperti pada masa kejayaannya.

Aktivitas Menarik di Situs Warungboto Jogja

Mengunjungi situs Warungboto tidak hanya sekedar melihat-lihat dan berkeliling saja. Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi salah satu cagar budaya di Jogja ini, berikut beberapa diantaranya:

Jelajah Ruangan Menarik

Seperti pesanggrahan pada umumnya, ada banyak ruangan menarik yang bisa Anda jelajahi saat berada di objek wisata ini. Kamar-kamar dan ruangan yang ada di sini rata-rata berbentuk kotak dengan tembok yang sangat tebal.

Setiap ruangan terhubung dengan lorong-lorong indah seperti yang terdapat di Tamansari dan bangunan tua keraton lainnya. Arsitektur bangunan yang bertingkat juga terhubung dengan banyak anak tangga yang membuat tempat ini terlihat semakin megah.

Salah satu ruangan yang cukup menarik adalah ruang mushola yang terdapat di sisi barat kolam di lantai paling atas. Selain itu ada pula bangunan tinggi di sebelah selatan situs yang memungkinkan Anda melihat sekitar area dengan lebih jelas.

Berfoto di Spot Instagramable

Foto Situs Warungboto

Keindahan dari destinasi wisata ini termasuk salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan terutama bagi para pencinta fotografi. Arsitekturnya yang megah dan eksotis membuat Pesanggrahan Rejowinangun atau Warungboto ini menjadi salah satu tempat paling instagramable di Jogja.

Kepopuleran tempat ini bermula saat foto keindahan situs warungboto muncul dan tersebar di sosial media. Sejak saat itu banyak anak muda yang mengunjungi situs ini untuk mendapatkan foto terbaik selama liburan bersama teman maupun pasangan.

Dinding-dinding tebal serta lorong-lorong yang ada menjadi salah satu spot terbaik yang sering dipilih wisatawan untuk berfoto. Area kolam serta tangga di sekitarnya juga tidak ketinggalan menjadi langganan jepretan kamera pengunjung yang datang.

Tidak jarang pula tempat ini menjadi spot foto untuk sesi prewedding atau sesi pemotretan profesional lainnya. Salah satu yang paling pertama mempopulerkan tempat ini adalah anak Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang melakukan prewedding di tempat ini.

Menikmati Kuliner di Sekitar Kawasan

Setelah puas berkeliling dan berfoto di kawasan bersejarah tersebut, Anda bisa mengisi kembali tenaga dengan menikmati kuliner di sekitarnya. Ada banyak sekali warung-warung dan cafe terkenal yang bisa Anda pilih untuk melepas dahaga dan mengobati lapar.

Contohnya seperti Warung Spesial Sambal SS yang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena harganya yang murah dan rasanya yang nikmat. Disini Anda bisa menikmati makanan khas Jogja yang enak dan lengkap dengan berbagai macam pilihan sambal pedas yang mampu menggugah selera makan.

Ada juga Susu Bangjo yang sering menjadi tempat favorit warga Jogja untuk bersantai dan menikmati segarnya susu. Selain susu menu-menu seperti nasi goreng, es dingin, dan camilan ringan juga bisa Anda pesan untuk mengisi perut sambil bersantai.

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Jogja

Untuk saat ini wisatawan yang ingin mengunjungi Pesanggrahan Rejowinangun tidak dikenakan biaya apapun atau gratis. Cukup membayar parkir dan Anda sudah bisa menikmati keindahan dari cagar budaya satu ini.

Retribus Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan sebelum mengunjungi Warungboto.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi destinasi wisata di Jogja dan sekitarnya menggunakan paket wisata dari biro perjalanan. Segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Jogja semua sudah ditangani biro perjalanan.

Lokasi dan Rute Menuju Situs Warungboto Jogja

Objek wisata ini terletak di Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta yang tidak jauh dari Gembira Loka. Jaraknya hanya sekitar 1.5 km dari pintu masuk timur Gembira Loka, dengan waktu tempuh kurang dari 5 menit berkendara.

Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps yang akan menunjukan rute terbaik untuk menuju lokasi. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari tempat sewa mobil innova venturer Jogja yang siap mengantar Anda kemanapun Anda inginkan.

Jam Operasional Situs Warungboto Jogja

Untuk mengunjungi tempat ini Anda bisa datang mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Namun waktu terbaik untuk datang tentu saja saat pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB untuk mendapatkan cahaya optimal.

Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau agar kunjungan Anda tidak terganggu dengan awan mendung atau hujan yang turun. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan foto terbaik saat mengunjungi situs Warungboto Jogja.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (1 vote)