SalSari Resto & Coffee

Sparks Forest Adventure adalah kawasan wisata yang berada di Cibadak, Sukabumi. Kawasan ini berdiri di atas lahan bekas hutan dengan luas lebih dari 12 hektar.

Di kawasan wisata ini, Anda dapat mengajak keluarga untuk menikmati suasana bermalam dengan nuansa asrinya alam yang sangat menyejukan.

Salah satu tempat wisata hits Sukabumi ini juga memiliki fasilitas water park dan bird park yang menjadi ikon. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengajak anak-anak untuk berlibur ke sini, sebab anak-anak bisa memilih banyak kegiatan yang tentunya tidak akan membosankan.

Sekilas tentang Sparks Forest Adventure

balon udara Sparks Forest Adventure

Sparks Forest Adventure berada di perbatasan antara Sukabumi dan Bogor. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai oleh wisatawan Bogor dan sekitarnya.

Selain wisata Puncak Bogor, kawasan wisata ini juga mengusung konsep alam terbuka. Dengan lahan yang terbilang sangat luas yaitu 12 hektar, Anda dan keluarga dapat mencoba berbagai kegiatan seru.

Mengunjungi tempat ini cocok bagi Anda yang menginginkan wisata alam. Udara segar dan pemandangannya yang cantik membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Apalagi jika Anda merupakan seseorang dengan aktivitas yang padat. Berkunjung ke kawasan ini bisa membuat Anda melepas lelah dan penat dari kegiatan sehari-hari.

Harga Tiket Masuk Sparks Forest Adventure

Seperti halnya wisata Telaga Pelangi Payang yang berada di Bogor, tarif masuk ke Sparks Forest Adventure juga terbilang murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp15.000,00 untuk masuk ke kawasan ini.

Namun, tiket tersebut hanya akses masuk ke dalam kawasan objek wisata saja, bila ingin bermain wahana permainannya masih harus membayar lagi. Nah untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Waterpark Rp35.000,00
Bird Park Rp35.000,00
Wahana Outbound Rp35.000,00 – Rp50.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Sparks Forest Adventure

lokasi Sparks Forest Adventure

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sparks Forest Adventure bisa datang ke Jalan Raya Nagrak, Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya 43 kilometer dari Pantai Pelabuhan Ratu.

Jika dari arah pusat Kota Bogor Anda bisa melalui Jalan Lawang Saketeng menuju ke Jalan Raya Tajur. Dari sana Anda menuju ke Jalan Tangkil dan belok kiri ke Jalan Raya Nagrak. Jarak tempuhnya dari pusat Kota Bogor sekitar 1 jam 30 menit perjalanan.

Rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin datang ke sini adalah menggunakan layanan sewa mobil Innova Zenix Bogor plus driver dari Salsa Wisata. Dengan pengemudi yang berpengalaman, Anda akan mendapatkan perjalanan yang aman dan nyaman.

Fasilitas Sparks Forest Adventure

Sparks Forest Adventure memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk para wisatawan. Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati di kawasan wisata ini yaitu hotel, waterpark, kolam renang, Treehouse, Bird Park, Foodcourt, Restoran, Playground, Outbound, Area glamping dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada pula gazebo besar yang bisa digunakan untuk acara berkumpul bersama. Ketika malam hari, suasananya menjadi lebih indah dengan hiasan lampu gantung di sekitar tempat menginap. Pengelola juga menyiapkan api unggun dan fasilitas BBQ untuk wisatawan.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Jawa Barat kekinian, maka Anda bisa membelinya di sekitar kawasan wisata. Terdapat beberapa toko yang menjual makanan, pakaian hingga souvenir cantik.

Jam Operasional Spark Forest Adventure

Sparks Forest Adventure beroperasi setiap hari selama 24 jam. Tetapi untuk menikmati beberapa wahana yang ada di sana Anda perlu datang pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Daya Tarik Sparks Forest Adventure

Objek wisata Sparks Forest Adventure memang menjadi favorit masyarakat perkotaan. Bukan tanpa alasan, panorama alam yang menakjubkan merupakan daya tarik utama tempat ini.

Namun, ada berbagai alasan lain mengapa tempat ini begitu terkenal di kalangan wisatawan. Nah, berikut adalah beberapa daya tarik dari wisata ini:

Bird Park

bird park Sparks Forest Adventure

Di kawasan wisata ini, salah satu kegiatan andalan yang sering dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung yaitu masuk ke Bird Park atau berinteraksi langsung dengan burung.

Bird Park berada di dalam sebuah bangunan kaca yang berbentuk setengah lingkaran. Ruangan kaca tersebut juga dilengkapi dengan air terjun dan kolam ikan.

Layaknya di Taman Safari, Bird Park ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai hutan. Di dalamnya terdapat delapan jenis burung yang dapat Anda lihat.

Biasanya, ada juga beberapa pengunjung yang mencoba memberi makan pada burung. Menariknya, Anda juga dapat membeli burung di Bird Park ini.

Flying Fox

flying fox Sparks Forest Adventure

Bagi Anda yang kegiatan menantang, kawasan wisata ini juga menyediakan kegiatan semacam outbound seperti Flying Fox. Flying Fox yang ada di kawasan wisata ini memiliki ketinggian sampai 9 meter.

Anda bisa menaiki wahana permainan ini dengan view pemandangan yang indah. Di sela kegiatan ini, Anda juga bisa menyantap makanan khas Jawa Barat lezat yang tersedia di warung makan di sekitar kawasan wisata.

Waterpark

waterpark Sparks Forest Adventure

Jika Anda berkunjung ke kawasan wisata ini bersama dengan anak-anak, maka perlu mencoba wahana waterpark. Wahana bermain air ini sangat cocok menjadi hiburan keluarga.

Anak-anak pasti akan sangat senang bermain air di waterpark ini. Selain airnya yang jernih dan suasananya yang sejuk, waterpark ini memiliki beberapa macam kolam renang.

Ada kolam dewasa, kolam untuk anak-anak, ada kolam arus, kolam ombak, air terjun buatan, air mancur, ember tumpah, seluncuran, tornado dan ada juga terowongan.

Camp Resto

resto Sparks Forest Adventure

Nah, setelah seharian berkeliling area wisata, melihat pemandangan alam, melihat berbagai macam jenis burung di Bird Park, kemudian bermain outbound dan waterpark, maka hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengisi perut bersama dengan keluarga.

Momen liburan memang waktu terbaik untuk dapat makan bersama dengan keluarga besar. Anda tak perlu khawatir, tempat ini memiliki restoran yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman lezat untuk para pengunjungnya.

Camp Resto menyediakan berbagai menu lokal dan seperti makanan khas Nusantara. Restoran ini memiliki konsep yang sangat menarik yaitu berbentuk sebuah tenda besar yang sangat cocok untuk dijadikan tempat makan besar bersama-sama.

Untuk menu makanannya, Anda dapat memesan makanan lokal seperti ikan gurame bakar, nasi liwet, jengkol, pete, lalapan, sambal dan masih banyak lagi menu yang wajib Anda dan keluarga cicipi.

Tree House

tree house Sparks Forest Adventure

Tempat ini juga menyediakan beberapa konsep penginapan, salah satunya yaitu tree house. Konsep treehouse ini menyuguhkan sebuah bangunan penginapan dengan material serba kayu jati.

Tidak lupa juga, di sekeliling treehouse ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang akan membuat Anda seperti tidur di rumah pohon.

Tidak kalah lengkap dengan penginapan lainnya, tree house juga dilengkapi dengan beberapa ruangan seperti ruang keluarga, kamar, dapur, kamar mandi, dan juga area santai untuk keluarga.

Tree house biasa ditempati oleh 4 sampai 8 orang wisatawan. Untuk biaya tarif penginapannya mulai dari Rp800.000 sampai dengan Rp1.300.000 per malam.

Camping atau Glamping

glamping Sparks Forest Adventure

Penginapan ini menyuguhkan konsep berbaur langsung dengan alam. Bagi Anda pecinta alam, maka tidak akan merasa kecewa untuk mengambil konsep penginapan model camping.

Untuk fasilitas yang dimiliki pada penginapan ini cukup lengkap, seperti tenda yang cukup besar, api unggun, makanan dan minuman, perlengkapan berkemah dan masih banyak lagi.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan biaya yang penginapan di sini, karena tarifnya mulai dari Rp500.00000 hingga Rp700.000,00 saja per malam.

Ada berbagai jasa travel yang bisa Anda pesan untuk berlibur ke tempat ini, salah satu yang terbaik adalah Salsa Wisata. Biro perjalanan ini memiliki paket gathering murah bagi Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)