SalSari Resto & Coffee

Di Indonesia, tidak sedikit destinasi wisata yang memiliki hubungan dengan cerita legenda. Misalnya di Jawa Timur, ada Srambang Park Ngawi yang memiliki kaitan erat dengan legenda Jaka Tarub.

Destinasi wisata Jawa Timur yang satu ini terbilang sangat lengkap karena memiliki taman, hutan pinus hingga air terjun eksotis. Pihak pengelola telah melakukan penambahan berbagai spot wisata seru untuk Anda jelajahi.

Sehingga wajar jika banyak wisatawan baik dari luar kota maupun sekitaran Ngawi mengunjungi tempat ini. Lalu apa lagi keseruan yang bisa Anda dapatkan di taman rekreasi ini? Baca selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Srambang Park Ngawi

Wisata Srambang Park Ngawi

Srambang Park Ngawi Jawa Timur mulanya hanya memiliki satu spot wisata yakni air terjunnya saja. Tapi saat ini ada banyak tempat yang menarik untuk wisatawan kunjungi.

Apalagi, lokasinya berada di sisi timur laut Gunung Lawu sehingga memiliki udara yang begitu sejuk dan bersih. Hutan pinus di sekeliling tempat wisata juga turut menyegarkan atmosfer kawasan wisata ini.

Anda bisa menikmati berbagai wahana permainan seru di kelilingi pepohonan pinus yang rindang. Mulai dari wahana outbound hingga taman bermain air pun bisa Anda coba berasama teman atau keluarga.

Selain itu, meski masih tergolong baru karena baru buka pada tahun 2017, fasilitas tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Sehingga, wisatawan yang datang bisa menikmati liburan seru bersantai hingga wisata kuliner dengan nyaman.

Harga Tiket Masuk Srambang Park Ngawi

Tiket masuk Srambang Park Ngawi masih sangat terjangkau sekitar Rp20.000,00 per orang. Dengan biaya tersebut Anda bisa menikmati keindahan air terjun dan berenang serta bersantai di bawah pohon pinus sepuasnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Jika Anda berencana menikmati liburan bersama rombongan, salah satu opsi terbaiknya dengan memanfaatkan layanan biro perjalanan. Melalui layanan seperti paket gathering murah Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dengan biaya terjangkau.

Rute Menuju Lokasi Srambang Park Ngawi

Lokasi Wisata Srambang Park Ngawi

Alamata Srambang Park Ngawi terletak di Desa Girimulyo, Kecataman Jogorogo,  Kabupaten Ngawi. Dari kota Ngawi, jaraknya hanya sekitar 30 km atau setara dengan perjalanan 1 jam berkendara.

Untuk rutenya Anda bisa mengikuti petunjuka Google Map atau menuju jalan yang mengarah ke Gunung Lawu. Kendaraan seperti mobil wajib berhenti di area parkir baru kemudian lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau menaiki ojek.

Bisa juga dengan memanfaatkan layanan sopir dari tempat rental mobil terdekat. Dengan layanan tersebut, Anda tidak akan merasa lelah berkendara sendiri untuk bisa tiba di lokasi, berkat sopir yang siap mengantar.

Jam Buka Srambang Park Ngawi

Srambang Park Ngawi memang buka setiap hari dari pagi pukul 08.00 WIB hingga sore hari pukul 17.00 WIB. Namun, untuk area air terjun tutup lebih awal sekitar pukul 15.00 WIB untuk menghindari pacet dan longsor saat musim hujan

Fasilitas Srambang Park Ngawi

Fasilitas Wisata Srambang Park Ngawi

Fasilitas Srambang Park Ngawi cukup lengkap untuk menunjang kegiatan wisata dan memberikan kenyamanan selama berada di sini. Ada area parkir yang luas, gazebo untuk istirahat, kamar mandi dan mushola.

Selain itu, ada beberapa warung yang menyajikan berbagai menu makanan khas Jawa Timur. Memang, paling nikmat setelah bermain air terjun atau berenang di kolam renang itu menyantap hidangan yang masih hangat di warung.

Daya Tarik Wisata Srambang Park Ngawi

Begitu masuk kawasan Srambang Park Ngawi, pengunjung dapat melihat dan merasakan suguhan keindahan alam yang ada. Pun dengan suasananya sangat mendukung untuk healing bersama teman dan keluarga.

Pesona dan Kesejukan Air Terjun

Air Terjun di Srambang Park

Air terjun di kawasan wisata ini adalah daya tarik utama dari objek wisata Ngawi Srambang Park. Air terjun ini memiliki debit air yang deras dengan ketinggian mencapai 40 meter. Dari kejauhan, air terjun ini sangat indah.

Untuk merasakan sensasi segarnya air di sekitar air terjun, cobalah untuk mendekat. Air yang jatuh dari ketinggian akan pecah dan menciptakan cipratan air mempesona. Cipratan ini bagai embun karena sangat lembut.

Ketika cipratan lembut ini mengenai kulit atau wajah, sensasi dinginnya terasa. Tentu saja, airnya jernih dan bening sekali. Apalagi, suasana di sekitar air terjun juga masih sangat alami dengan pepohonan dan semak.

Di bawah air terjun, terdapat bebatuan dengan berbagai ukuran. Hati-hati jika berniat ingin berenang atau bermain di bawah air terjun. Batu-batu di sekitar air terjun bisa saja licin.

Hanya saja, untuk bisa mencapai lokasi air terjun wisatawan harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 km dari area parkir. Jika tidak ingin capek, bisa menggunakan jasa ojek yang ada di sekitar lokasi wisata.

Legenda Jaka Tarub dan Sang Bidadari

Air terjun Srambang Park memiliki kaitan yang erat dengan legenda Jaka Tarub dan bidadari. Konon, air terjun ini adalah tempat para bidadari mandi, di mana salah satunya bernama Dewi Nawang Wulan.

Di lokasi inilah Jaka Tarub bertemu dengan sang dewi. Kemudian mereka menjalani kehidupan sebagai sepasang kekasih. Setelah sekian lama bersama, tiba waktunya sang dewi kembali ke Kahyangan.

Kemudian, di lokasi air terjun ini pula keduanya akhirnya berpisah. Itulah kenapa namanya adalah “Srambang” yang berarti menengok. Harapan dari Jaka Tarub agar sang dewi kembali untuk menengok dirinya dan anaknya.

Selain dari ceritanya, air terjun ini memang sangat indah. Bahkan jika Anda lihat dari kejauhan, tampak begitu mempesona.

Kolam Renang dengan Patung Dewi

Kolam Renang di Srambang Park

Di kawasan wisata ini ada kolam renang baik untuk dewasa maupun anak-anak. Kolam ini akan menyegarkan badan setelah menjelajah kawasan wisata. Desain kolamnya juga unik dengan cat warna-warni.

Anak-anak juga pasti akan menyukai berenang dan bermain di kolam renang Srambang Park Ngawi. Sebab ada seluncuran air yang akan membuat aktivitas berenang semakin seru sekaligus menyenangkan.

Menariknya lagi, seakan tidak mau lepas dari cerita legenda Jaka Tarub, ada beberapa patung bidadari di kolam renang. Patung ini akan turut mengingatkan pengunjung akan legenda dan kisah cinta Jaka Tarub.

Hutan Pinus

Kawasan wisata ini juga memiliki spot instagramable yang sejuk berupa hutan pinus dan taman. Kesegaran dan keindahan hutan pinus ini tidak jauh berbeda dengan hutan pinus Mangunan Jogja.

Berjalan di tengah hutan pinus ini akan memberikan efek relaksasi karena kualitas udaranya yang begitu segar. Pepohonan pinus ini begitu rimbun sehingga membuat lokasi wisata tidak terasa panas.

Ada beberapa hammock yang bisa menjadi tempat untuk istirahat wisatawan sambil merasakan sensasi hutan pinus. Aroma pinus juga terasa ketika menghirup udara bersih di hutan ini.

Taman Unik

Taman di Srambang Park Ngawi

Selain hutan pinus, wisata Srambang Park ini memiliki sejumlah taman dengan desain yang unik. Taman ini beberapa di antaranya terdapat di lereng bukit dengan bunga berbentuk unik seperti bentuk love.

Jika beruntung, maka Anda dapat melihat bunga yang mulai bermekaran dan warna-warni. Kondisi taman juga terawat dengan baik sehingga dapat memanjakan mata. Rasanya segar sekali melihat taman di sini.

Spot Foto Instagramable

Tidak lengkap jika datang ke sini tanpa berfoto. Ada banyak spot instagramable di kawasan wisata ini. Anda bisa berfoto di dekat air terjun, taman, hutan pinus dan lainnya. Hampir setiap sudutnya terasa indah.

Jika datang bersama teman, cobalah berfoto ketika sedang menggunakan hammock. Bisa juga berfoto di dekat air terjun sambil berdiri dan memejamkan mata sementara tangan membentang.

Spot foto di area ini semuanya gratis sehingga tidak perlu ragu untuk mengambil gambar sesukanya, sebanyak mungkin. Destinasi wisata ini memang cocok untuk hunting atau berburu foto instagramable.

Jika hendak berwisata ke Ngawi, sebelum ke objek wisata bisa membeli beberapa oleh-oleh khas yang ada. Oleh-oleh ini nantinya bisa Anda nikmati sendiri di rumah atau untuk keluarga di rumah yang tidak ikut wisata.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan jasa tour and travel dari Salsa Wisata. Salsa Wisata akan mengantarkan Anda ke Srambang Park Ngawi, sentra oleh-oleh dan beberapa destinasi wisata lain sesuai keinginan.



By Categories: Destinasi, Ngawi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)