SalSari Resto & Coffee

Anda yang suka olahraga, pasti ingin sekali mengunjungi stadion-stadion terkenal di dunia seperti Optus Stadium atau SoFi Stadium. Sekarang, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri lagi untuk merasakan sensasi megahnya stadion. Anda bisa mengunjungi Stadion Manahan di Jawa Tengah.

Anda tidak perlu bingung harus kemana setelah selesai mengunjungi stadion. Karena Kota Solo atau Surakarta ini memiliki banyak sekali tempat wisata Solo Instagramable yang wajib Anda kunjungi.

Tidak perlu pusing memikirkan budget, karena Salsawisata menyediakan paket wisata murah ke Solo. Jadi, tunggu apalagi? Anda pasti tidak akan menyesal jalan-jalan ke stadion dan tempat-tempat cantik di Solo!

Sekilas Tentang Stadion Manahan

Stadion Manahan

Stadion persembahan keluarga Cendana kepada Soekarno ini mulai dibangun pada tahun 1989 di lahan seluas 170.000 m2. Setelah sembilan tahun masa pembangunan, akhirnya Soekarno meresmikannya pada 21 Februari 1998.

Meskipun, awalnya stadion ini memang tempat berlatih memanah keluarga bangsawan Mangkunegaran. Asal nama Manahan bukan berasal dari memanah. Nama Manahan berasal dari tokoh legendaris Mataram yang pernah mengunjungi stadion ini, yaitu Ki Ageng Pamanahan.

Stadion langganan banjir ini mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2008. Setelah renovasi, stadion ini dibuka kembali pada Juli 2009 untuk perayaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, pada tahun 2011, stadion ini merupakan stadion pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah ASIAN Para Games. Pada tahun 2018, stadion ini kembali mengalami renovasi.

Dengan biaya lebih dari 300 milyar, dan memakan waktu 13 bulan, stadion ini berubah menjadi seperti stadion-stadion megah luar negeri. Lalu, pada 30 Juli, stadion ini kembali menjadi tuan rumah event Asian Para Games 2022.

Harga Tiket Masuk dan Sewa Stadion Manahan

Harga masuk komplek Stadion Manahan tidak dipungut biaya. Ada banyak alat kebugaran di sekitar komplek. Namun untuk masuk ke beberapa area di Stadion Manahan harus membayar biaya sewa. Kami akan mencantumkan harga retribusi fasilitas-fasilitas stadion.

Sementara, untuk harga tiket pertandingan beda lagi. Namun, biasanya harga menonton pertandingan berkisar dari Rp65.000,00-Rp100.000,00.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Sewa lapangan sepak bola 3 jam Rp8.413.000,00 – Rp100.605.000,00
Sewa lapangan atletik 3 jam Rp2.175.000,00- Rp25.756.000,00
Sewa velodrome 3 jam Rp50.000,00-Rp2.400.00,00
Sewa hall 1 bulan Rp24.400.000,00
Sewa lapangan basket 3 jam Rp228.000,00-Rp964.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Stadion Manahan

patung soekarno Stadion Manahan

Stadion ini terletak di Jl. Adi Sucipto No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Dari pusat kota Solo, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai stadion ini.

Agar memudahkan perjalanan, Salsa Wisata menyediakan jasa rental mobil plus driver Solo murah untuk wisatawan. Dari stadion, ambil Jl. Gajah Suranto ke Jl. DR. Radjiman.

Tetap di Jl. DR. Radjiman sampai Manahan, lalu Jl. K.S. Tubun. Stadion ini ada di sebelah kanan Anda. Salsa Wisata juga menyediakan rental mobil Grand New Innova di Semarang.

Dari Semarang, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Rutenya juga cukup mudah, Anda tinggal melewati Jl. Tol Semarang dan keluar di Solo.

Karena jam bukanya sempit, sebaiknya Anda memperhitungkan waktu dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan waktu Anda saat mengunjungi stadion ini. Setelahnya, Anda bisa mengunjungi Keraton Surakarta yang hanya berjarak 20 menit dari stadion.

Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke stadion-stadion di Eropa, Anda bisa mendapat pengalaman stadion bertaraf internasional di Stadion Manahan Surakarta. Agar bisa datang pagi-pagi kesini, Anda juga bisa menginap di sekitar hotel Jalan Solo yang nyaman, maupun yang berada di sekitar stadion.

Daya Tarik Stadion Manahan

Mirip Stadion Eropa

Setelah mengalami renovasi, stadion ini menjadi sangat mewah. Semua kursinya merupakan jenis single seat, dan bahkan kursi yang bukan VIP saja tetap terasa nyaman.

Pasti akan nyaman jika menonton pertandingan olahraga disini. Rumput stadion ini juga sudah menggunakan jenis rumput Zoysia Matrella yang merupakan jenis rumput stadion bertaraf internasional.

Stadion ini juga sudah menggunakan papan score digital yang terletak di sisi utara dan selatan. Terlebih lagi, ruang ganti pemain yang bersih dan memiliki fasilitas lengkap.

Tak hanya itu, baik di ruang ganti pemain tim sendiri maupun tim lawan, terdapat sebuah jacuzzi untuk pemain. Disini pemain bisa berendam air panas untuk melepas lelah.

Patung-Patung Khas

patung srikandi Stadion Manahan

Pertama, ada patung Ir. Soekarno yang sedang membaca buku. Patung ini memiliki tinggi sampai 7 meter dan berada di tengah-tengah air mancur berbentuk oval. Anda akan langsung menemukan pantai ini di pintu masuk stadion.

Selanjutnya, Anda juga akan menemukan patung Arjuna dan Sinta yang sedang memanah. Patung kebanggaan kota Solo ini juga akan mudah Anda temukan, karena letaknya yang berada di depan Stadion Manahan.

Tempat Olahraga yang Nyaman

trek lari Stadion Manahan

Anda bisa berolahraga santai tanpa membayar apapun di stadion ini. Anda bisa senam, bermain sepatu roda, serta jogging di lintasan jogging yang mengelilingi stadion. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan arena fitness dan basket secara gratis.

Wisata Kuliner

wisata kuliner Stadion Manahan

Setelah berolahraga, Anda juga bisa langsung sarapan. Di Jl. Menteri Supeno no 25, ada deretan pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Solo terkenal. Anda bisa memilih apa saja, mulai dari bubur, mie ayam, kupat tahu, nasi liwet, gudeg sampai nasi pecel.

Fasilitas Stadion Manahan

fasilitas wall climbing Stadion Manahan

Secara keseluruhan, Stadion Manahan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Markas Persatuan Sepak Bola Indonesia Surakarta (PERSIS) ini memiliki kapasitas 25.000 penonton.

Area parkir stadion ini dapat menampung sampai 2.300 motor dan 300 mobil. Di antara kursi-kursi di tribun, ada banyak soket, atau colokan untuk pengunjung. Di tribun, juga terdapat tujuh jenis kursi.

Ada dua jenis kursi biasa, kursi wartawan, kursi VIP, kursi VVIP, kursi untuk menonton bersama keluarga, bahkan kursi penyandang disabilitas. Selanjutnya, untuk pengunjung stadion ini juga menyediakan toilet dan mushola yang tersebar di segala penjuru.

Selain itu, stadion ini juga memiliki atap. Sayangnya, stadion ini masih minim penerangan, apalagi di area parkir. Pastikan baterai ponsel Anda masih ada, sehingga Anda bisa menyalakan penerangan ponsel Anda di malam hari.

Jam Buka Stadion Manahan

air mancur Stadion Manahan

Jam buka stadion ini dibagi ke dalam dua sesi, yaitu pagi dan sore. Pada sesi pagi, stadion ini buka dari pukul 06.00-10.00 WIB. Sementara pada sore hari, stadion ini buka dari pukul 15.00-17.30 WIB.



By Categories: Destinasi, Solo

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)