SalSari Resto & Coffee

Bandung memang terkenal dengan wisata alam. Dari mulai Tangkuban Perahu sampai Ciwidey, semua menawarkan daya tarik pesona alam yang berbeda-beda. Nah, rupanya, Bandung itu tidak melulu identik dengan keindahan. Kalau Anda ingin cari wisata alternatif di kota kembang ini, Anda bisa kunjungi Sudirman Street Day and Night Market.

Yang jadi daya tarik utama tempat ini bukan pemandangan alam, tapi kulinernya. Anda pasti sudah tahu bahwa Bandung itu beragam kuliner khasnya. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan beragam menu makanan khas Bandung kekinian, dan makanan-makanan lainnya juga.

Jangan bayangkan tempatnya bakal semrawut, penuh tenda penjual makanan yang sampai meluber ke jalan. Tempat wisata kuliner ini justru sangat rapi dan tertata.

Itulah salah satu alasan yang membuat pengunjung selalu datang lagi. Cocok untuk tempat hangout bersama teman atau kumpul keluarga.

Sekilas Tentang Sudirman Street Day and Night Market

area Sudirman Street Day and Night Market

Seperti yang sudah bisa Anda duga dari namanya, wisata kuliner yang satu ini letaknya di Jalan Sudirman, Bandung. Bukan cuma di Jalan Sudirman saja, stan penjual makananya bahkan mengular sampai ke Jalan Cibadak.

Sudirman Day and Night Market ini awalnya dibuka pada November 2015 silam. Meskipun namanya ada embel-embel day and night, tempat ini lebih seru jika dikunjungi di malam hari. Berbagai penjual makanannya pun lebih beragam di malam hari.

Lokasinya tempatnya sendiri sangat luas. Tentu saja untuk menampung banyak penjual dalam satu waktu. Anda pasti akan puas mengelilinginya dari ujung ke ujung, sambil sesekali mampir ke stan makanan yang Anda suka.

Ada tiga area di sini. Dulu, ketika pertama kali dibuka, cuma ada dua area yang dibuka di sini, yakni area kontainer permanen dan area gerobak semi-permanen. Namun, seiring semakin populernya tempat ini, kemudian dibuka area ketiga.

Lokasinya terpisah dari dua area yang pertama. Semua meja di sini sudah dilengkapi dengan kursi yang berjajar rapi. Bentuknya juga sama. Meskipun kedengarannya tempat ini padat dan sesak. Kenyataannya tidak begitu. bisa menemukan jalan yang lebar untuk bergerak. Jadi, pengunjung tidak pernah berdesakan.

Memang, tidak seperti tempat wisata hits di Bandung lainnya, di sini tidak ada taman bermain atau wahana-wahana permainan lainnya. Namun, dijamin seluruh anggota keluarga pasti betah di sini. Semua jenis makanan ada, dari mulai yang tradisional sampai yang kekinian.

Fasilitas Sudirman Street Day and Night Market

fasilitas Sudirman Street Day and Night Market

Tidak seperti tempat wisata, fasilitas di tempat ini memang tidak lengkap. Itu karena, di sini, Anda tidak dimaksudkan untuk berlama-lama. Meskipun begitu, Anda bisa menemukan lokasi parkir yang luas dan aman di sini.

Sementara untuk tempat ibadah seperti mushola atau masjid, bisa Anda temukan di sekitar tempat ini. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tidak ada toilet, tapi Anda bisa memanfaatkan toilet masjid yang ada di sekitar sini.

Harga Tiket Masuk Sudirman Street Day and Night Market

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Motor Rp2.000,00
Mobil Rp5.000,00

Lokasi Sudirman Street Day and Night Market

Alamat lengkap Sudirman Day and Night Market adalah di Jalan Jenderal Sudirman, Karanganyar, Bandung. Kalau Anda berangkat dari alun-alun kota Bandung, hanya butuh waktu sepuluh menit untuk sampai ke sini.

Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan layanan sewa mobil Stasiun Hall Bandung bila Anda dari luar kota dan datang menggunakan kereta. Salsa Wisata juga menyediakan berbagai jenis mobil, elf, dan bahkan bus pariwisata untuk disewa.

Jam Operasional Sudirman Street Day and Night Market

Jam Buka Pukul
Setiap hari 10.00 – 22.00 WIB

Meskipun begitu, warung-warung baru lengkap buka di malam hari. Nah, Anda bisa mulai ke sini dari pukul 18.00, ketika kuliner malam baru buka.

Daya Tarik Sudirman Street Day and Night Market

makan di Sudirman Street Day and Night Market

Berburu Makanan Lezat

Tahukah Anda bahwa tempat ini adalah pusat kuliner paling besar di Bandung? Sebagai pusatnya kuliner, Anda bisa berburu makanan dan minuman lezat di sini. Jangan khawatir, meskipun tempat ini selalu ramai pengunjung, harga makanan dan minumannya semua terjangkau dan tertulis dalam daftar menu.

Dari mulai makanan ringan sampai minuman tradisional, semua bisa Anda temukan di sini. Ada juga makanan-makanan non-halal bagi Anda penikmat olahan babi. Di antaranya adalah Sate Babi Wibisana dan Babi Panggang El Paso.

Makanan halalnya sendiri juga tidak kalah menggugah selera. Yang wajib Anda coba sih Ketan Duren Pattaya. Jangan lupa coba berbagai makanan dan minuman unik yang instagrammable.

Foto-foto

Memang di sini tidak ada spot foto buatan seperti yang biasa Anda temukan di tempat wisata alam. Meskipun begitu, arena makannya sendiri sudah bisa jadi latar belakang foto yang estetis. Apalagi desain tempat ini juga menarik dan rapi.

Suasana romantis dari jejeran lampu dinding dan ornamen-ornamen hiasan membuat tempat ini jadi terlihat syahdu. Berlibur ke Bandung kurang lengkap rasanya kalau belum jajan di pusat kuliner ini. Dan salah satu cara untuk membuktikannya adalah dengan foto-foto.

Menginap di Hotel

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, Jalan Sudirman ini ada di pusat kota. Yang berarti, ada banyak penginapan murah di Bandung yang tersedia. Jenis penginapannya pun bervariasi, tidak melulu hotel berbintang.

Kalau Anda berencana liburan ke Bandung, Anda bisa memesan hotel di sekitar Jalan Sudirman ini. Jadi, Anda cuma tinggal berjalan kaki kalau mau menikmati kuliner malam di sini. Anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Bingung memilih hotel yang bagus? Serahkan semua pada Salsa Wisata. Sebagai agen perjalanan terpercaya, Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan paket wisata di Bandung murah.

Anda bisa memilih paketnya berdasarkan destinasi wisata atau hotelnya. Anda juga bisa meng-custom hotel yang Anda mau di Jalan Sudirman ini.

Tertarik untuk plesiran ke pusat wisata kuliner Bandung murah ini? Anda bisa gunakan Salsa Wisata sebagai partner wisata Anda. Kami punya banyak paket wisata yang bisa Anda pilih di berbagai kota di Indonesia.

Anda bisa memilih paket wisata yang sudah ada atau membuat sendiri daftar tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, kami yang akan mengatur itinerary-nya.

Bahkan, Anda juga bisa memilih paket wisata yang disesuaikan dengan budget Anda. Harga sudah termasuk akomodasi, makan, tiket masuk wisata, dan transportasi plus sopir. Jadi, Anda tidak perlu rental mobil lagi.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)