SalSari Resto & Coffee

Anda pasti pernah menonton film Petualangan Sherina, kan? Ingat saat Sherina dan Sadam menyebrangi perkebunan teh untuk sampai ke Bosscha? Meskipun bukan perkebunan teh yang sama, tapi Sunrise Point Cukul menawarkan suasana alam yang sama!

Jika kelelahan dan bosan dengan aktivitas yang berulang, sudah saatnya Anda mencari suasana baru dengan mengunjungi wisata alam ini!

Dengan pemandangan gunung, bukit, kebun dan sawah, Anda akan merasa bebas dan bisa menikmati waktu dengan nyaman. Setelahnya, Anda juga bisa berkeliling mengunjungi banyak tempat wisata Bandung hits lainnya.

Bagaimana? Membayangkannya saja pasti sudah terasa menentramkan, kan? Anda tidak perlu khawatir masalah budget, karena Salsa Wisata menyediakan paket wisata murah Bandung 3 hari!

Sekilas Tentang Sunrise Point Cukul

kebun teh Sunrise Point Cukul

Perkebunan Nusantara VII mengelola objek wisata alam ini di tengah-tengah hamparan kebun teh miliknya. Dengan luas 9.800 m2, dan ketinggian 1.600 mdpl, pengunjung dapat menikmati sunrise di tengah suasana alam yang hijau.

Tak hanya itu, di pertengahan kebun teh ini juga terdapat sebuah bangunan bernama Villa Merah. Hanya karena namanya merah, bukan berarti villa ini berwarna merah. Villa yang juga biasa disebut dengan nama Villa Jerman ini, berwarna putih dan merupakan bangunan peninggalan Belanda.

Bangunannya yang klasik ala Eropa, seringkali mengundang sutradara untuk men-shoot filmnya disini. Dulunya, masyarakat juga bebas menjelajahi villa ini. Namun, sejak pemugaran akibat gempa di tahun 2009, waktu kunjungan ke villa ini dibatasi.

Konon katanya, meskipun terlihat aesthetic, bangunan ini menyimpan kisah menyeramkan. Menurut warga, villa ini pernah menjadi tempat pembunuhan sadis. Beberapa orang mengaku, pernah melihat sosok perempuan korban pembunuhan di villa ini.

Harga Tiket Masuk Sunrise Point Cukul

Seperti tempat wisata lainnya, Sunrise Point Cukul juga menerapkan retribusi tiket untuk setiap wisatawan yang ingin masuk. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Sunrise Point Cukul Rp10.000,00/orang
Harga Camping Rp40.000,00/orang
Harga Parkir Motor Rp5.000,00/motor
Harga Parkir Mobil Rp10.000,00/mobil

Rute Menuju Sunrise Point Cukul

pemandangan Sunrise Point Cukul

Wisata alam ini berada di Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jika berkendara dari Bandung, Anda akan membutuhkan waktu sekitar dua jam. Jika Anda liburan tanpa membawa mobil, Anda bisa menggunakan layanan rental Innova Bandung plus driver di Salsa Wisata.

Dari Bandung, Anda bisa memulai perjalanan dari ]Jl. Jend. Sudirman, lalu masuk ke Jl. Masuk Tol Pasir Koja. Setelahnya, bergabunglah ke Jl. Tol Soreang – Pasir Koja, lalu belok kiri ke Jl. Raya Gading Tutuka. Lewati Jl. Raya Pangalengan, sampai Jl. Cukul ke Sukaluyu, wisata alam ini ada di sebelah kanan Anda,

Setelah menikmati suasana kebun teh, Anda bisa merasakan suasana baru di Hutan Pinus Rahong Pangalengan. Untuk mencapai Hutan Pinus, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sama seperti wisata alam ini, wisata Hutan Pinus juga menyediakan area untuk berkemah, lho!

Jadi, apakah Anda mau berkemah dengan pemandangan kebun teh atau hutan pinus? Atau apakah Anda lebih memilih tidur di penginapan? Di sekitar area, ada banyak sekali hotel Bandung bagus dengan harga murah.

Daya Tarik Sunrise Point Cukul

Camping dan Melihat Sunrise

camping di Sunrise Point Cukul

Dari nama tempat wisatanya, Anda pasti sudah tahu bahwa tempat wisata ini merupakan titik terbaik untuk melihat sunset. Karena itu, aktivitas terbaik yang bisa Anda lakukan disini yaitu melihat matahari terbenam.

Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, dengan latar pegunungan serta suasana alam yang hijau. Tidak hanya saat terbenam, Anda juga bisa melihat keindahan matahari saat terbit.

Anda tidak perlu khawatir harus berkendara di malam hari karena terlalu lama menunggu sunset. Tempat wisata ini menyediakan area camping yang luas agar pengunjung dapat menikmati detik demi detik saat matahari terbit maupun terbenam.

Ada 5 blok area perkemahan yang bisa Anda pilih, yaitu Blok A, B, C, D dan E. Agar dapat melihat pemandangan terbaik, Anda bisa menginap di area Blok A, B dan C. Anda bisa membawa tenda sendiri ataupun mereservasi di 085974779204.

Vila Jerman/Merah

Meskipun sekarang waktu bukanya terbatas, tetapi tetap saja bangunan ini sangat menarik untuk Anda kunjungi. Dengan sejarah mistisnya, ditambah kenyataan bahwa vila ini merupakan tempat syuting film Pengabdi Setan, Anda pasti penasaran ingin melihatnya langsung!

Berburu Foto dan Selfie

spot foto Sunrise Point Cukul

Kalau Anda hobi fotografi, Anda wajib sekali mengajak kamera Anda berjalan-jalan ke tempat wisata ini. Tempat wisata ini berada di dataran tinggi, dari sini Anda bisa melihat hamparan perkebunan teh serta jalanan yang meliuk-liuk.

Anda tidak perlu lagi mencari gambar pemandangan aesthetic dari internet, karena Anda bisa memotretnya sendiri. Bukan hanya pemandangan hijau alamnya, Anda juga bisa memotret warna gradasi langit saat sunrise maupun sunset.

Bagi Anda yang gemar berfoto, disini juga ada banyak spot foto yang instagramable! Ada ayunan bambu, kursi dan meja imut-imut dari kayu, saung, serta beberapa rumah pohon.

Fasilitas Sunrise Point Cukul

Berbicara mengenai fasilitas, secara keseluruhan pihak pengelola telah menyediakan sarana prasarana yang cukup memadai dan lengkap.

Area parkir di tempat wisata ini tidak terlalu luas. Bahkan hanya dapat menampung motor. Namun, Anda tetap bisa membawa mobil, karena banyak warga yang menjadikan rumahnya sebagai tempat parkir wisatawan.

Selanjutnya, tempat wisata ini juga menyediakan dua area toilet. Ada toilet di dekat area kemah, ada juga toilet di belakang loket. Di dekat loket juga ada mushola bagi Anda yang ingin melaksanakan sholat.

Di tempat wisata ini, juga ada warung-warung yang menjual gorengan serta mie instan. Jika ingin memakan nasi, Anda bisa keluar area tempat wisata ini sejenak. Dengan jarak kisaran 3-10 menit, berjajar berbagai kedai yang menjual makanan berat, termasuk makanan khas Bandung kekinian.

Jika ingin berkemah, tempat wisata ini juga menyediakan tenda, serta kasur-kasur mini untuk pengunjung. Di malam hari, tempat wisata ini juga menyediakan kayu bakar untuk memasak ataupun membuat api unggun.

Jam Buka Sunrise Point Cukul

jam buka Sunrise Point Cukul

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dari pukul 08.00-18.00 WIB. Jika datang untuk berkemah, sebaiknya Anda mengunjungi tempat wisata ini di sore hari. Namun, jika Anda hanya ingin menikmati pemandangan serta berburu foto, sebaiknya datang sejak pagi.

Sebelum datang ke Sunrise Point Cukul, sebaiknya Anda memakai lotion anti nyamuk. Jika ingin menginap juga Anda tidak boleh lupa membawa jaket serta selimut. Nanti, di jalan pulang, Anda juga wajib mampir ke pusat oleh-oleh khas Bandung makanan yang hanya berjarak setengah jam dari sini!

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)