SalSari Resto & Coffee

Hampir semua kategori pariwisata bisa wisatawan temukan di Bali. Mulai dari budaya, kesenian hingga wisata alam baik itu pantai, pegunungan maupun air terjun seperti Suwat Waterfall yang masih alami dan terjaga.

Objek wisata ini tidak kalah menakjubkan dengan Air Terjun Tegenungan maupun wisata air terjun lainnya di Bali. Salah satu pesona dari Air Terjun Suwat adalah pemandangan alamnya dan suasananya yang sangat tenang.

Sekilas Tentang Suwat Waterfall

gerbang Suwat Waterfall

Suwat Waterfall Gianyar menawarkan keindahan air terjun dengan view yang instagramable. Tempat wisata ini memang masih sepi pengunjung, tapi justru itu yang menjadi daya tarik, khususnya yang tidak suka keramaian.

Suasana di sekitar air terjun begitu alami dan hawanya sejuk sehingga sangat cocok untuk healing. Tidak heran jika yang datang ke sini bukan hanya wisatawan lokal saja melainkan wisatawan asing juga.

Ajaklah teman atau keluarga untuk merasakan kesegaran air terjun ini dengan menyewa hiace murah di Bali. Mereka pasti akan menyukai tempat ini, belum lagi fasilitasnya juga cukup lengkap termasuk wisata kulinernya.

Salah satu yang bisa wisatawan lakukan di sini selain berenang adalah melompat dari tebing. Jumping cliff ini hanya untuk yang bisa berenang dan tentu saja yang berani untuk melompat dari ketinggian.

Fasilitas Suwat Waterfall

Suwat Waterfall memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang akan membuat pengunjung merasa nyaman. Ada area parkir kendaraan, toilet dan tempat kuliner Bali halal yang sangat nikmat apa lagi dengan suguhan pemandangan air terjun.

Di salah satu sudut lokasi wisata ini terdapat tempat kuliner yang menyediakan berbagai makanan dan minuman khas. Setelah bermain air dan menikmati keindahan air terjun, Anda bisa datang ke tempat kuliner ini.

Ada meja panjang dan kursi-kursi untuk pengunjung. Anda bisa memesan makanan khas Bali yang lezat dan minumnya es kelapa. Pemandangan di sekitar tempat makan ini sangat sejuk dan asri. Gemericik air terjun juga bisa Anda dengar.

Harga Tiket Masuk Suwat Waterfall

loket Suwat Waterfall

Harga tiket masuk Suwat Waterfall masih tergolong murah. Antara tiket masuk orang dewasa dan anak-anak berbeda. Berikut ini rincian lengkap tarifnya.

Retribusi Tarif
Dewasa Rp 15.000,00
Anak-anak Rp10.000,00

Lokasi dan Rute Suwat Waterfall

Lokasi Suwat Waterfall beralamat di Jalan Pura Dalem, Desa Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Rute paling mudah adalah dengan mengikuti arahan dari Google Map karena dekat dengan pusat kota Gianyar.

Jarak dari Gianyar hanya 8,5 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Jadi dari manapun, arahkan kendaraan menuju Gianyar. Kemudian ikuti Jln Raya Siangan hingga sampai ke lokasi air terjun.

Daya Tarik Wisata Suwat Waterfall

Suwat Waterfall dapat menjadi alternatif dari wisata hits Bali lainnya terutama bagi pecinta wisata alam. Ada beberapa daya tarik wisata yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan berkunjung ke air terjun eksotis ini.

Lokasinya Tenang, Cocok untuk Healing

Suwat Waterfall Gianyar

Lokasi air terjun berada di tengah hutan. Oleh sebab itu, untuk sampai ke lokasi membutuhkan usaha ekstra. Di sepanjang perjalanan, Anda akan mendapati alam yang masih terjaga dengan baik.

Suasana di air terjun pun begitu tenang dan damai sehingga siapapun yang ada di sini bisa menenangkan pikiran. Udaranya sejuk dan hawanya cukup dingin karena di area sekitar air terjun lembab.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar. Sehingga wisatawan pun bisa bermain air di bawah air terjun. Di bawah air terjun ini juga terdapat semacam kolam alami yang bisa untuk berenang.

Menikmati Keindahan Alam di Air Terjun

berfoto di Suwat Waterfall

Keindahan air terjun Suwat ini memang tiada duanya. Anda bisa menikmati keindahannya dengan berbagai cara. Misalnya dengan melihatnya dari bebatuan di depannya dan merasakan sensasi cipratan airnya.

Bisa juga dengan duduk santai di pinggir aliran airnya yang dingin. Anda juga bisa berdiri dan memejamkan mata menikmati suara-suara alam dari air terjun, pepohonan yang terkena angin, serangga hingga burung.

Suara-suara alam ini menandakan kehidupan yang masih terjaga. Di sekitar air terjun terdapat banyak tanamanan dan pepohonan yang berumur puluhan tahun. Rindang dan teduh berada di sekitar air terjun karena pepohonan ini.

Bermain Air dan Berenang

bermain air di Suwat Waterfall

Kegiatan seru berikutnya yang bisa Anda lakukan di Suwat Waterfall Bali adalah bermain air dan berenang. Bagi yang tidak bisa berenang bisa memilih bermain air di tepiannya yang lebih dangkal.

Airnya dingin dan segar sehingga bisa memberikan sensasi relaksasi. Sedangkan bagi yang bisa berenang, bisa memilih untuk berenang di kolam yang ada di bawah air terjun. Tapi harus hati-hati karena kolamnya dalam.

Kedalaman kolam antara 5-7 meter dan yang paling dalam ada di bagian tengah. Sedangkan tepiannya dangkal. Bermain air di sini tak kalah menyenangkan dengan bermain air di Pantai Seminyak Bali.

Keseruan Jumping Cliff

Suwat Waterfall

Selanjutnya, yang tak kalah seru adalah sensasi melompat dari ketinggian. Jumping cliff menjadi aktivitas seru yang bisa wisatawan coba. Anda akan melompat dari ketinggian dan terjun bebas menuju kolam di bawah air terjun.

Area kolam untuk kegiatan melompat ini cukup aman karena tidak ada bebatuan di bawah atau sampingnya. Di sisi lain, ada petugas dari warga sekitar yang akan mengawasi wisatawan yang melompat atau berenang.

Mulanya, Anda mungkin akan takut atau tidak yakin melompat dari tebing. Tapi begitu melakukannya satu kali, kemudian ingin melakukannya lagi dan lagi. Sensasi terjun dari ketinggian ini memang luar biasa menyenangkan.

Singgah di ‘Gua’ di Balik Air Terjun

gua Suwat Waterfall

Seperti di film-film di mana di balik air terjun ternyata ada gua, wisata Suwat Waterfall juga memilikinya. Tapi sebenarnya ini bukan gua yang memiliki ruangan, hanya sebatas cekungan yang cukup untuk beberapa orang.

Wisatawan bisa duduk atau berdiri di cekungan ini tanpa terkena air terjun. Sedangkan tepat di depannya adalah air terjun. Sensasi berada di gua ini sangat menyenangkan dan akan menjadi pengalaman berharga.

Untuk bisa sampai ke lokasi cekungan ini adalah dengan berenang menuju kolam di bawah air terjun. Selanjutnya adalah dengan mendekat ke air terjun dan memanjat naik ke atas. Anda harus berhati-hati ketika memanjat naik.

Spot Foto Instagramable

spot foto Suwat Waterfall

Suwat Waterfall menyediakan berbagai spot foto unik dan menarik yang layak untuk Anda bagikan di media sosial. Anda bisa berfoto di dekat air terjun atau di atas batu yang ada di depan air terjun.

Spot foto ini paling favorit bagi wisatawan lokal maupun asing. Batu ini sedikit menjorok ke tengah sehingga sangat pas untuk menjadi spot foto. Anda bisa pose sambil duduk atau berdiri tidak menjadi masalah.

Spot foto berikutnya adalah berfoto dengan rakit bambu. Ada yang memilih berfoto sambil naik rakit bambu ada juga yang berenang di sampingnya. Berfoto dengan rakit ini memunculkan kesan eksotis dan estetik.

Opsi berikutnya adalah berfoto dengan latar patung kura-kura dari batu. Patung kura-kura ini sangat ikonik karena menjadi ikon wisata air terjun. Patung ini penuh dengan lumut di atasnya sehingga terkesan otentik.

Jam Buka Suwat Waterfall

Objek wisata ini buka setiap hari dari pagi pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WITA. Jika ingin lebih sepi, datanglah di hari biasa dan pagi hari. Jika datang siang hari pun tak masalah karena lokasinya teduh dan sejuk.

Selain air terjun Suwat ini, masih banyak destinasi wisata di Gianyar termasuk wisata oleh-oleh khas Bali tahan lama. Pusat oleh-oleh ini bisa Anda temukan di berbagai kabupaten di Bali terutama di pusat kotanya.

Anda bisa menggunakan jasa dari Salsa Wisata yang dapat mengantarkan ke hotel dan ke berbagai tempat wisata seperti Suwat Waterfall. Salsa Wisata juga memiliki banyak pilihan paket wisata di Bali dengan harga murah.

 



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)