SalSari Resto & Coffee

Tak perlu jauh-jauh untuk berwisata saat berada di Purwakarta, di pusat kota terdapat taman kota yang begitu fenomenal dengan atraksi air mancurnya. Obyek wisata tersebut bernama Taman Air Mancur Sri Baduga.

Meski mendapat julukan sebagai Kota Pensiunan lantaran suasana kotanya yang cenderung sepi dan jauh dari hiruk pikuk industri, Purwakarta masih menyimpan aneka obyek wisata yang patut Anda kunjungi ketika singgah di kota ini.

Sembari menyaksikan air mancur yang sedang menari dengan cantik, wisatawan bisa sekaligus mencicipi aneka wisata kuliner khas Purwakarta enak yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Penasaran dengan pesona kenikmatan berwisata di taman wisata ini? Inilah penjelasan detailnya.

Sekilas Tentang Taman Air Mancur Sri Baduga

Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga berada pada sebuah danau luas bernama Situ Buleud. Obyek wisata ini punya sejarah panjang yang berkaitan dengan peristiwa perpindahan ibu kota Karawang pada masa itu.

Pada masa kepemimpinan Bupati R.A. Suriawinata, Situ Buleud mulai dibangung pada pertengahan tahun 1830 sampai 1831. Pembangunan danau tersebut memiliki dua tujuan, yaitu sebagai sumber air bagi masyarakat Kota Purwakarta dan sebagai wahana rekreasi.

Sebab terdapat tujuan sebagai taman wisata, maka pengelola wisata mendirikan pesanggrahan atau tempat peristirahatan semacam gazebo tidak tidak memiliki dinding.

Seiring berjalannya waktu, taman wisata air ini mengalami perbaikan dan perluasan bersamaan dengan renovasi pendopo tahun 1854. Kemudian pesanggrahan-pesanggrahan dihilangkan dan diganti dengan wisata air mancur yang beratraksi indah.

Situ Buleud berganti nama menjadi Taman Air Sri Baduga karena mempunyai air mancur sebagai landmark utama tempat wisata hits Purwakarta ini. Kabarnya, air mancur Sri Baduga masuk nominasi sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara.

Harga Tiket Masuk Taman Air Mancur Sri Baduga

Rupanya wisata air mancur ini tidak menarik biaya masuk. Sama seperti wisata Taman Balai Kota Bandung yang juga menawarkan aneka daya tarik di taman kota tetapi pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk.

Namun, bila Anda datang membawa kendaraan, Anda harus membayar retribusi parkir kendaraan. Walaupun begitu tarifnya masih sangat murah meriah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Dengan biaya yang gratis, pengunjung dapat dengan bebas melakukan eksplorasi taman atau sekedar berfoto cantik di tengah-tengah taman hijau. Terlebih ketika malam Minggu, Anda tidak perlu mencari tempat mahal untuk melakukan family time. Karena wisata rekreasi air ini sudah bisa memberikan pengalaman malam Minggu yang indah.

Manfaatkan kesempatan liburan gratis di Purwakarta ini dengan maksimal. Jadi Anda tak perlu menyiapkan budget liburan yang begitu besar. Anda hanya menyiapkan biaya untuk mencicipi wisata kuliner atau berbelanja oleh-oleh khas Purwakarta tahan lama.

Rute Menuju Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman wisata air ini terletak di kawasan Situ Buleud. Lokasi tepatnya berada di Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Air Mancur ini berlokasi di pusat kota. Karena posisinya strategis, Anda bisa datang dengan transportasi umum semacam ojek online atau kendaraan pribadi.

Titik poin yang memudahkan Anda untuk menemukan obyek wisata ini adalah Alun-Alun Purwakarta. Karena keberadaan Situ Buleud tidak jauh dari area tersebut.

Kalau menggunakan sewa mobil mingguan Purwakarta, Anda akan lebih fleksibel menyusuri kota Purwakarta sekaligus mampir ke taman wisata ini.

Fasilitas Taman Air Mancur Sri Baduga

fasilitas Taman Air Mancur Sri Baduga

Fasilitas tempat rekreasi favorit warga Purwakarta ini sudah memadai cukup baik. Karena atraksi air mancur sebagai daya tarik utama, sudah pasti kursi-kursi untuk tempat duduk menonton pertunjukan tersedia.

Bahkan pintu masuk khusus ibu hamil, lansia, dan disabilitas juga tersedia cukup ramah untuk mereka. Toilet dan mushola adalah fasilitas umum yang wajib Anda di tempat wisata ini.

Area parkirnya cukup luas untuk menampung berbagai kendaraan wisatawan seperti mobil, motor, hingga bus pariwisata. Anda bisa menggunakan layanan rental bus murah bila berancana ingin datang secara berombongan.

Jejeran warung makan dan kampung kuliner di sekitar wisata ini tersedia cukup lengkap. Anda bisa cicipi semua kulineran yang tersedia sesuai dengan selera.

Daya Tarik Taman Air Mancur Sri Baduga

Adanya destinasi wisata ini, masyarakat domestik atau para pelancong berlomba-lomba datang ke sini untuk menyaksikan keindahan air mancur.

Meski begitu, taman hijau yang berada pada lahan seluas 4 hektar ini menawarkan berbagai aktivitas mengasyikkan selain air mancur.

Sehingga pengunjung betah berlama-lama liburan ke area wisata ini. Nah apa saja daya tarik wisata ini, berikut ulasannya.

Atraksi Air Mancur

atraksi Taman Air Mancur Sri Baduga

Pertunjukkan air mancur di Taman Sri Baduga ini seolah menjadi waktu penantian panjang bagi para wisatawan atau warga lokal. Pasalnya keindahannya hanya bisa Anda nikmati satu minggu sekali, tepatnya malam Minggu.

Bagaimana tidak menarik, atraksi air mancur ini memadukan pencahayaan dengan gerakan air mancur yang cepat. Air mancur menari elok dengan ketinggian mencapai 6 meter.

Wisatawan harus datang tepat waktu sesuai jadwal pertunjukan air mancur ini mulai. Pasalnya, wisata ini hanya menampilkan dua kali atraksi air mancur saja.

Pada air mancur berbentuk lingkaran, di tengah-tengah terdapat ikon bunga raksasa yang berkilau cahaya lampu. Wisata malam yang indah ini tampak semakin meriah dengan hiasan lampu kelap-kelip yang berada di sejumlah titik danau dan taman.

Panorama Matahari Terbit

Selain wisata malamnya yang fenomenal dengan air mancur dan gemerlap cahaya lampu, pengunjung juga bisa menikmati destinasi wisata ini saat pagi hari.

Semburat warna kuning menyelimuti langit di atas taman ini menambah keagungan wisata ini. Terlebih ketika Anda melihat siluet sunrise dari depan patung Sri Baduga, seolah nampak begitu indah pemandangannya.

Patung Sri Baduga Mahara

Patung Sri Baduga

Kalau di Bali, Anda akan menemukan taman dengan Patung Satria Gatotkaca, sedangkan di Purwakarta terdapat taman wisata yang berdiri Patung Sri Baduga Mahara.

Sri Baduga Mahara adalah nama lain dari Prabu Siliwangi, raja besar yang memimpin Kerajaan Pajajaran. Untuk mengenang jasanya, Purwakarta juga mengabadikan sejarahnya melalui sebuah patung dengan gaya sedang duduk di atas bunga raksasa.

Patung ini berada di sekeliling air mancur dengan cahaya warna-warni yang terus memancarkan air untuk membasahi kolam. Di bagian kanan dan kiri patung terdapat pula patung semacam hewan kuda yang seolah mengawal dan menjaga Sang Baginda.

Sebagai ikon wisata ini, Anda tak boleh melewatkan kesempatan berfoto begitu saja. Patung Sri Baduga Mahara adalah spot incaran para wisatawan saat malam hari sebab begitu indah.

Piknik

Ketika langit cerah, Anda bisa mengadakan piknik bersama keluarga. Dengan menggelar karpet di atam rerumputan hijau dan membawa berbagai makanan sebagai teman ngemil.

Aktivitas bersantai di taman saat akhir pekan banyak wisatawan lakukan bersama keluarga. Adanya pepohonan rindang dan rerumputan hijau yang tumbuh subur menambah keasrian wisata ini.

Menyantap Sate Maranggi

sate maranggi

Biasanya pasca menonton pertunjukkan air mancur, wisatawan akan pergi ke Kampung Sate Maranggi yang berada di depan Danau Situ Buleud. Sate Maranggi adalah makanan khas Purwakarta kekinian yang punya cita rasa saus kacang lezat.

Sate khas Sunda ini begitu enak karena menggunakan bumbu rendaman sebelum dibakar. Anda wajib mencicipi makanan ini ketika berada di Purwakarta. Sembari melihat pesona malam air mancur, santap Sate Maranggi untuk menambah kesempurnaan liburan Anda.

Jam Operasional Taman Air Mancur Sri Baduga

Anda bisa menyaksikan pertunjukkan air mancur yang menawan ini hanya pada Sabtu malam saja atau malam Minggu, tepatnya buka menjelang maghrib mulai pukul 17.30 WIB sampai selesai pada pukul 21.00 WIB.

Namun bila Anda ingin berwisata ke area taman wisatanya tanpa melihat atraksi air mancur, wisatawan bisa datang kapan saja, dari hari Senin sampai hari Minggu. Karena taman wisata ini adalah fasilitas umum, maka buka selama 24 jam.

Demikian ulasan lengkap terkait Taman Air Mancur Sri Baduga. Daya tarik yang jarang Anda jumpai di obyek wisata lain. Sehingga ketika berada di Purwakarta, Anda harus mampir untuk menikmati keindahannya.

Sebenarnya Purwakarta masih menyimpan berbagai wisata unik lainnya. Supaya Anda tidak terlewat begitu saja, sebaiknya konsultasikan perjalanan liburan Anda bersama Salsa Wisata. Ambil paket wisata Purwakarta untuk solusi biro perjalanan anti ribet dan lengkap dengan wisata tour-nya.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (8 votes)