SalSari Resto & Coffee

Taman selalu menjadi pilihan wisata yang murah namun mengasyikkan. Pemandangan yang asri dan suasana yang sejuk selalu bisa membuat para pengunjung merasa rileks dan tenang. Sangat cocok untuk melepas penat. Jika Anda berkunjung ke daerah Surakarta, maka wajib mengunjungi Taman Balekambang Surakarta yang indah dan sejuk.

Selain bisa bersantai, Anda juga bisa mencoba beberapa wahana mengasyikkan. Ada pula tempat-tempat menarik yang cocok Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Tak lupa pula spot-spot foto menarik karena taman ini dihiasi dengan pepohonan rindang. Tentu membuat siapa pun betah berlama-lama di sini!

Sebelum Anda mengunjungi tempat wisata hits di Jawa Tengah ini, silakan simak ulasan kami berikut ini.

Sejarah Taman Balekambang Surakarta

danau Taman Balekambang solo

Taman Balekambang pada awalnya bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch. Taman ini dibangun oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921 sebagai hadiah cinta untuk kedua putrinya, Gusti Raden Ayu Partini Husein Djayaningrat dan Gusti Raden Ayu Partinah Sukanta.

Konsep bangunannya mengambil memadu padankan nuansa Eropa dan Jawa dan terdiri dari dua area. Area pertama bernama Partini Tuin atau Taman Air Partini. Area ini berfungsi sebagai penampungan air untuk membersihkan taman dan kawasan sekitarnya.

Sementara itu, area kedua bernama Partinah Bosch artinya Hutan Partinah. Area ini ditanami pepohonan langka dan berfungsi sebagai resapan dan paru-paru kota. Pada awalnya, taman ini tidak buka untuk umum. Tentu saja, karena taman ini merupakan hadiah berharga dari KGPAA Mangkunegara VII untuk putri-putrinya.

Tapi, pada era KGPAA Mangkunegara VIII, taman ini mulai dibuka untuk umum. Dan sejak saat itulah mulai ada beragam acara kesenian untuk rakyat. Pada tahun 2008, taman ini direvitalisasi dan mulai beralih menjadi tempat wisata yang mencakup taman seni budaya, taman botani dan taman edukasi.

Taman ini lalu digadang-gadang sebagai taman termewah di Asia Tenggara. Jadi, wajar jika taman ini menjadi salah satu destinasi wisata hits di Surakarta.

Rute Menuju Lokasi Taman Balekambang Surakarta

Taman ini berlokasi di Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum karena letaknya di kawasan pusat Kota Solo dan berdekatan dengan beberapa destinasi wisata lainnya.

Agar perjalanan lebih praktis dan mudah, Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil Pajero Solo murah melalui agen terpercaya seperti Salsa Wisata. Armada mobilnya pun selalu dalam kondisi prima.

Jam Operasional Taman Balekambang Surakarta

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Surakarta

Retribusi Tarif
Tiket Masuk (pada event tertentu) Mulai dari Rp10.000,00
Bebek Kayuh (per orang) Rp10.000,00
Parkir kendaraan Rp3.000,00

Agar pengalaman berwisata di Solo lebih menyenangkan dan memuaskan, maka Anda juga bisa mengambil paket tour Solo murah di Salsa Wisata. Paket ini sudah mencakup kunjungan ke beberapa tempat wisata hits.

Daya Tarik Taman Balekambang Surakarta

daya tarik Taman Balekambang solo

Taman Hutan Partinah

Bagian utama dari taman ini adalah Taman Hutan Partinah atau Partinah Bosch. Area ini ditumbuhi beragam pohon yang langka, seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang dan apel cokelat.

Fungsi taman ini adalah sebagai area resapan sekaligus paru-paru kota. Tak heran bila area ini sangat sejuk dan teduh.

Para wisatawan dapat bersantai di area taman hutan ini sambil belajar mengenal pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya. Di tengah taman juga terdapat patuh Gusti Raden Ayu Partinah Sukanta.

Selain itu, taman ini juga menjadi habitat rusa-rusa yang cukup jinak. Anda bisa mengelus dan berfoto dengan rusa-rusa ini.

Namun, tetap hati-hati ya. Sebab, saat musim kawin, rusa-rusa ini bisa menjadi agresif. Jangan pula memberi sembarang makanan kepada rusa-rusa ini.

Bale-bale dan Kolam

Selain Taman Air Partini, di taman ini juga terdapat kolam besar dan kolam renang. Di dekat kolam-kolam ini juga ada dua buah balai atau bale.

Bale pertama bernama Bale Apung. Pada zaman dulu, bale ini memang untuk tempat bersantai dan berkumpulnya anggota keluarga kerajaan. Bale ini jugalah yang menjadi asal usul nama Taman Balekambang Surakarta.

Balekambang artinya adalah balai yang mengambang. Karena terletak di dekat sebuah kolam besar, balai ini seolah mengapung atau mengambang di atas air jika Anda lihat dari kejauhan. Maka, dinamakanlah Balekambang.

Kemudian, bale yang lain bernama Bale Tirtayasa. Bale ini dulunya berfungsi sebagai tempat berganti pakaian para anggota kerajaan yang ingin berenang. Sebab, di depan balai ini, terdapat kolam renang.

Namun, sekarang kolam renang itu tidak lagi berfungsi. Jadi, Anda hanya bisa mengaguminya dari jauh.

Taman Reptil

Daya tarik lainnya yang wajib Anda kunjungi di taman ini adalah Taman Reptil. Taman ini terletak di bagian bagian barat Bale Apung.

Di sini, Anda bisa mengajak anak-anak untuk melihat berbagai macam hewan reptil yang ditangkar. Tidak perlu khawatir sebab keamanan taman ini terjaga. Jadi buah hati bisa mengagumi hewan-hewan reptil dengan aman.

Seluruh koleksi hewan reptil di taman ini merupakan sumbangan dari komunitas pecinta reptil yang sering berkumpul di Taman Balekambang.

Taman Kelinci

Satu lagi taman edukasi yang menarik untuk Anda kunjungin bersama si kecil. Yaitu Taman Kelinci. Taman ini baru pada 25 Januari 2019. Di sini, ada sekitar 80 ekor kelinci, 10 ekor domba merino dan ratusan ekor kura kura, serta biawak.

Para wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ini sekaligus belajar tentang jenis, cara merawat dan mengembangbiakkannya. Tidak perlu khawatir sebab Anda akan didampingi oleh petugas khusus yang sudah terlatih.

Panggung Pertunjukan

Satu lagi daya tarik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah panggung-panggung pertunjukan. Di sini, terdapat dua jenis panggung, yaitu panggung indoor dan outdoor. Panggung outdoor bisa menampung sekitar 1.000 penonton.

Sementara panggung indoor dapat menampung sekitar 300 penonton. Di panggung outdoor, pada malam bulan purnama, biasanya ada pertunjukan Sendratari Ramayana yang bisa Anda nikmati tanpa biaya.

Selain itu, panggung ini juga sering untuk pertunjukan musik keroncong, tembang kenangan, serta musik-musik lainnya. Sementara itu, setiap Sabtu malam, panggung pertunjukan indoor rutin untuk pagelaran Ketoprak Lesung.

Fasilitas di Taman Balekambang Surakarta

fasilitas Taman Balekambang solo

Berwisata ke Taman Balekambang memang sangat seru dan bisa lebih seru lagi bila Anda memanfaatkan layanan biro travel berpengalaman seperti Salsa Wisata. Sebab Anda bisa mengunjungi lebih banyak tempat wisata hits di Jawa Tengah khususnya di Solo dengan lebih mudah melalui layanan yang ada.

Layanan seperti paket wisata, rental mobil, dan lainnya siap memenuhi segala kebutuhan Anda selama liburan. Dengan begitu, momen liburan yang Anda dapatkan akan sangat berkesan baik sendiri maupun bersama keluarga.



By Categories: Destinasi, Solo

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)