SalSari Resto & Coffee

Saat Anda sedang mencari destinasi wisata di Jawa Barat untuk keluarga yang seru, maka Taman Kota Kuningan adalah jawabannya. Taman kota ini berada di pusat kota Kuningan sehingga mudah untuk Anda jangkau.

Objek wisata yang satu ini cocok untuk liburan ‘tipis-tipis’ bersama keluarga saat weekends. Anak-anak juga pasti menyukainya dengan banyaknya wahana permainan yang bisa mereka gunakan.

Sedangkan bagi orang tua, mereka bisa bersantai, olahraga hingga menikmati berbagai makanan khas Jawa Barat sambil memantau anak-anak bermain. Sehingga cocok untuk menghabiskan akhir pekan di sini bersama keluarga.

Sekilas Taman Kota Kuningan

Wisata Taman Kota Kuningan

Wajah baru Taman Kota Kuningan kini telah berubah menjadi lebih segar dan cocok sebagai tempat untuk berlibur. Ya, sebelumnya lokasi ini adalah plaza dengan berbagai game dingdong, bioskop dan tempat nongkrong.

Setelah alami proses revitalisasi, di bekas gedung plaza ini pihak pemerintah setempat membuat ruang terbuka hijau untuk masyarakat. Dengan taman ini, tentu fungsinya jauh lebih bermanfaat dan siapapun bisa merasakannya.

Untuk proses revitalisasi ini sendiri memakan biaya hingga 15 miliar. Kini, Taman Kota Kuningan telah menjadi ikon Kota Kuningan. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Kuningan, sebaiknya mampir ke sini.

Harga Tiket Taman Kota Kuningan

Tiket Taman Kota Kuningan ini gratis karena merupakan fasilitas umum dari pemerintah daerah untuk masyarakat. Namaun biaya gratis ini hanya untuk akses masuknya saja.

Anda tetap harus membayar parkir atau wahana permainan. Berikut ini rincian biaya fasilitas yang harus Anda keluarkan saat mengunjungi taman kota satu ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Naik Kuda Rp10.000,00 – Rp15.000,00
Naik Delman Rp10.000,00 – Rp15.000,00
Naik Mobil Gowes Rp25.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Lokasi Taman Kota Kuningan

Lokasi Wisata Taman Kota Kuningan

Lokasi Taman Kota Kuningan terletak di pusat kota, yakni di Jl. Veteran No. 36, Kuningan, Jawa Barat. Anda bisa langsung menggunakan Google Map atau arahkan saja kendaraan ke Masjid Syiarul Islam.

Tempat ini juga bisa Anda akses dari arah mana saja dengan menggunakan angkot atau kendaraan pribadi. Untuk Anda yang datang dari arah Cirebon, saat tiba di terminal Cirendang, bisa lurus ke arah kota.

Lalu, ikuti papan penunjuk arah di jalan raya yang mengarah ke alun-alun kota. Dengan petunjuk jalan tersebut, Anda bisa dengan mudah tiba di lokasi, namun lebih mudah lagi bila menggunakan layanan rental mobil Avanza Cirebon.

Sebab sopir yang bertugas, sudah sangat hafal jalan dan siap mengantar kemana pun tujuan Anda. Sehingga liburan bisa jadi lebih mudah dan tidak terlalu melelahkan.

Fasilitas Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan memiliki fasilitas yang lengkap untuk melengkapi kegiatan wisatawan seperti:

  • Area parkir luas
  • Toilet
  • Tempat duduk
  • Warung dan pedagang
  • Masjid

Jam Buka Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, Anda bisa datang kapan saja dan jam berapa saja jika ingin mengunjungi taman di tengah kota ini.

Namun biasanya, waktu terbaik berkunjung saat malam hari terutama ketika akhir pekan. Pada waktu tersebut pedagang serta wahana permainan seru mulai bermunculan dan bisa Anda nikmati.

Daya Tarik Taman Kota Kuningan

Bukan hanya karena lokasinya yang berada di pusat kota, tetapi taman kota ini juga memiliki sejumlah daya tarik wisatawan. Apalagi saat mulai menjelang malam dan akhir pekan, jumlah pengunjung taman ini sangat banyak.

Patung Kuda ‘Ikon’ Kota Kuningan

Kota Kuningan memiliki ikon berupa kuda. Oleh sebab itu, jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Kuningan atau beberapa wisata lainnya, terdapat patung kuda di dalamnya. Begitu juga dengan taman kota ini.

Dari kejauhan saja, Anda sudah bisa melihat gagahnya patung kuda yang berada persis di depan taman. Bagi warga luar Kuningan, patung kuda ini mungkin tidak memiliki arti lebih, tapi tidak bagi masyarakat setempat.

Patung kuda di Kuningan memiliki arti tersendiri. Kuda itu bernama si Windu, kuda kesayangan Adipati Ewangga, seorang panglima perang Kuningan. Kegagahan sang Adipati di medan perang, tak lepas dari aksi heroik Windu.

Bagi wisatawan, jangan sampai lupa untuk berfoto di depan atau sebelah patung kuda ini. Rasanya seperti belum berkunjung ke Kuningan jika tidak berfoto bersama si ‘Windu’.

Jembatan Layang Pelangi

Jembatan Layang Pelangi di Taman Kota Kuningan

Di sudut taman kota ini terdapat sebuah jembatan dengan warna-warni yang mencolok seperti pelangi. Inilah alasan kenapa nama jembatan ini adalah Jembatan Layang Pelangi, karena warnanya menyerupai warna pelangi.

Bukan hanya karena catnya saja, tetapi juga lampunya yang bersinar cantik penuh dengan warna. Ya, di malam hari jembatan ini terlihat sangat cantik dan eksotis dengan lampu warna-warni.

Banyak wisatawan menghabiskan beberapa waktu di sini untuk mengabadikan momen. Ya, di malam hari, jembatan ini dapat menjadi latar foto yang eye-catching dan tentu saja instagramable.

Olahraga di Taman Kota

Taman Kota Kuningan memiliki ukuran yang sangat luas sehingga cocok untuk menjadi tempat berolahraga. Ada yang berjalan kaki, jogging atau lari dan bersepeda. Anak-anak juga ada yang menggunakan sepatu roda.

Taman kota ini memang memiliki konsep sebagai area terbuka untuk umum sehingga siapapun bisa menggunakannya. Untuk kegiatan olahraga ini sebaiknya Anda lakukan di pagi hari saat masih segar.

Bisa juga datang sore hari saat cuaca sudah tidak terlalu panas. Tapi, di sore hari saat matahari mulai bergeser ke barat, pedagang sudah mulai berdatangan. Mereka menjual berbagai macam barang di malam hari.

Bersantai dengan Keluarga

Taman Kota Kuningan sekarang memang ramah untuk keluarga dan anak-anak. Anda semua bisa bersantai di taman kota ini sambil menikmati suasananya. Anda bisa membawa tikar atau alas dan duduk santai.

Untuk lebih menikmati suasana, Anda juga bisa menyantap aneka makanan khas Jawa Barat. Selain itu, Anda juga sekedar berkeliling atau memantau anak-anak yang sedang bermain di taman. Bersantai tak harus mahal.

Wahana Permainan Anak

Taman kota ini memang sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Anak-anak juga pasti betah menghabiskan waktu di sini karena ada banyak wahana permainan. Wahana ini berbayar tapi tetap terjangkau.

Naik Kuda

Naik Kuda di Taman Kota Kuningan

Kuda di sini bisa untuk anak-anak dan dewasa. Anda bisa menaiki kuda dengan seorang pawang yang menuntun kuda berjalan. Rute naik kuda ini adalah berkeliling taman kota

Naik Kereta Kuda

Revitalisasi Taman Kota Kuningan juga telah menciptakan lapangan kerja baru bagi mereka yang memiliki delman. Delman atau kereta kuda di sini memiliki hiasan unik dengan berbagai lampu cantik.

Naik Mobil Gowes

Naik Mobil Gowes di Taman Kota Kuningan

Jika masih belum puas, Anda dan keluarga atau teman-teman bisa menaiki mobil gowes. Jika Anda tahu Alun-Alun Kidul Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan wahana yang ini. Satu mobil gowes bisa untuk ramai-ramai.

Wisata Kuliner Lezat

Lokasi taman yang berada tepat di pusat kota membuat banyak orang menggantungkan hidup di sekitarnya. Ada yang menjual oleh-oleh khas dan  ada juga yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Bagi pecinta kuliner, di sekitar taman ini Anda bisa menikmati sajian lezat dengan harga merakyat. Ada banyak sekali pilihan menu baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jadi, tak perlu khawatir jika perut lapar.

Selain ke taman kota ini, pastikan juga untuk menjelajahi tempat wisata Kuningan lainnya. Salah satu cara termudahnya tentu dengan memanfaatkan layanan dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Salsa Wisata menyediakan berbagai armada yang bisa Anda sewa untuk berbagai keperluan termasuk wisata ke Taman Kota Kuningan. Untuk paket wisata juga ada banyak dan melayani seluruh Indonesia.



By Categories: Destinasi, Kuningan

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)