SalSari Resto & Coffee

Kota Bandung memang tidak pernah kehilangan cara untuk memanjakan warganya. Seperti Taman Lansia Kota Bandung yang satu ini. Taman kota ini merupakan salah satu rekomendasi destinasi liburan akhir pekan yang dekat dan murah.

Selain murah dan juga dekat dengan kota, taman kota ini juga lengkap akan fasilitas. Tak hanya berupa taman saja, melainkan ada banyak fasilitas umum yang membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah.

Sejarah Taman Lansia

sejarah taman lansia bandung

Taman Lansia Bandung rupanya memiliki sejarah yang cukup unik. Taman kota ini sebenarnya adalah sebuah taman biasa di mana salah satu sudutnya terdapat area khusus terapi refleksi.

Area ini berupa area lapang berlantaikan batu-batu kecil yang tertata rapi. Banyak pengunjung dari kalangan lansia kerap mendatangi area ini untuk terapi kelancaran peredaran darah. Caranya dengan berjalan santai di atas area khusus tersebut.

Seiring berjalannya waktu, taman ini lalu ramai oleh pengunjung dari berbagai kalangan usia. Terutama saat libur akhir pekan tiba. Para pengunjung ini umumnya adalah keluarga.

Layaknya taman pada umumnya, tempat wisata Bandung yang sejuk ini sangat cantik dan asri. Kawasan wisata tengah kota ini juga masuk dalam kategori objek wisata tertua di Kota Bandung. Mengingat taman ini sudah ada sejak tahun 1885.

Harga Tiket Masuk Taman Lansia

Kawasan taman di Bandung ini adalah bagian dari fasilitas umum. Sebagai pengelola, Pemkot Bandung tidak memberlakukan harga tiket masuk Taman Lansia kepada para pengunjungnya. Alias taman ini gratis.

Taman ini tentu dapat Anda jadikan selingan di sela-sela kunjungan ke berbagai destinasi city tour via paket tour Bandung. Di sini, Anda dapat santai sejenak, sesederhana duduk di tengah taman sembari nikmati kesejukan taman.

Rute Menuju Lokasi Taman Lansia

alamat taman lansia bandung

Alamat Taman Lansia Bandung berada di Jalan Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan, Bandung. Lokasi ini cukup strategis karena berada di tengah kota dan hanya berjarak 2 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Namun jika Anda adalah warga luar Kota Bandung, patokan untuk sampai ke tempat ini adalah Gedung Sate. Taman ini berada di dekat gedung yang fenomenal tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menuju Museum Geologi Bandung sebagai patokan alternatif. Jika masih belum yakin, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik, yaitu via Jalan Bangka dan Jalan Lombok.

Anda juga bisa menggunakan layanan rental mobil Bandung terbaik dari Salsa Wisata. Anda akan dipandu oleh sopir profesional sehingga perjalanan berlangsung aman dan nyaman.

Daya Tarik Taman Lansia

Taman kota Bandung ini memiliki banyak daya tarik sehingga menjadi area wisata yang hits di Kota Bandung. Taman ini mempunyai kelestarian dan keasrian yang tetap terjaga meski usianya telah capai ratusan tahun.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga jika sedang berada di sini, seperti jalan santai, olahraga, piknik, berfoto dan lain sebagainya.

Wisata Kuliner dan Wisata Belanja

wisata kuliner di taman lansia di bandung

Jika Anda sudah puas berkeliling taman, maka bisa mengisi perut dengan berbagai wisata kuliner Bandung legendaris. Anda bisa menemukan banyak penjual makanan dan minuman di sekitar taman.

Ada banyak menu yang tersedia mulai dari kuliner asli Sunda hingga kuliner kekinian seperti burger atau pizza. Semua kuliner tersebut dijamin akan membuat Anda kenyang dan senang.

Selain makanan, Anda juga bisa menemukan gerai aksesoris dan pakaian yang selalu ada setiap hari. Namun jika Anda ingin harga yang lebih murah, disarankan agar berbelanja pada akhir pekan.

Melihat Kecantikan Danau

Terdapat dua danau yang memiliki ukuran dan kedalaman yang berbeda. Danau yang pertama berukuran 1.300 meter persegi dengan kedalaman 4 meter. Sedangkan danau kedua berukuran 700 meter persegi dengan kedalaman 3 meter.

Kedua danau tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan untuk akses pengunjung dari danau satu ke danau lainnya. Pengunjung bisa menikmati keindahan danau dari gardu pandang yang terletak di tepian.

Olahraga Ringan

terapi refleksi

Waktu pagi dan sore hari memang menjadi saat yang tepat untuk berkunjung ke taman ini. Anda yang hobi berolahraga juga bisa melakukan olahraga ringan di sekitar taman.

Olahraga ringan tersebut biasanya jogging dan senam. Namun, ada pula yang memilih untuk melatih pernapasan dengan menghirup udara segar dan berjalan mengelilingi taman. Pilihan lainnya adalah bersepeda menyusuri taman.

Piknik Bersama Keluarga

Jika Anda datang bersama rombongan keluarga, salah satu aktivitas yang asik di sini adalah piknik. Ada banyak bangku taman yang sudah disediakan. Bahkan Anda bisa menjumpai bangku-bangku tersebut di setiap sudut lokasi.

Sembari menyaksikan anak-anak bermain di taman, Anda bisa menyantap bekal makanan khas Bandung hits yang sudah dibawa dari rumah. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Berfoto di Spot Instagenic

spot foto taman lansia kota bandung

Mengunjungi taman kota belum lengkap jika tidak berfoto. Apalagi di tempat ini banyak spot foto yang instagramable dan keren jika Anda upload ke media sosial.

Salah satu spot foto favorit di sini adalah patung Dinosaurus berjenis T-Rex. Di depannya terdapat sepeda Onthel yang dipasang permanen agar pengunjung bisa berfoto di sana.

Fasilitas di Taman Lansia

Ragam fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap, mulai dari bangku untuk tempat duduk, area parkir, warung hingga toilet. Fasilitas lain yang cukup berguna dan menjadi nilai plus di sini adalah akses WiFi.

Jam Buka Taman Lansia

jam buka taman lansia

Taman kota ini bisa diakses setiap hari karena taman ini buka setiap hari. Jam buka Taman Lansia ini 24 jam. Jadi, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah lengkap dengan berbagai fasilitasnya setiap hari.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Bandung, sebelum pulang ke rumah, di sarankan untuk membeli makanan ringan khas Jawa Barat. Anda bisa dengan mudah menjumpai pusat toko oleh-oleh di sini karena Anda tepat di tengah kota.

Semakin mudah lagi bila Anda liburan dengan dukungan paket wisata dari Salsa Wisata. Ada banyak opsi paket wisata yang bisa Anda pilih. Semua dibanderol dengan tarif yang lebih murah.

Soal kualitas pelayanan dan fasilitas, Salsa Wisata tetap jadikan prioritas. Bersama paket wisata, liburan ke Taman Lansia di Bandung dan tempat-tempat wisata Bandung lainnya akan jauh lebih mudah dan hemat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)