earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung sering menjadi tempat pelarian dari hiruk pikuk kebisingan kota. Suasana tenang, udara sejuk, dan pemandangan alam yang asri nan hijau menjadi daya tarik utama sebuah gunung. Tak terkecuali Taman Nasional Gunung Ciremai.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda nikmati di kawasan gunung ini. Mulai dari hiking, belajar sejarah, hingga sekedar menikmati keindahan alam dari ketinggian, semua siap membuat liburan Anda semakin asyik.

Bahkan banyak biro perjalanan yang menawarkan paket liburan murah mereka menikmati keindahan gunung ini. Pesona dan daya pikatnya mampu melepas penat Anda dari rutinitas sehari-hari.

Sekilas Tentang Gunung Ciremai

Gunung dengan nama asal ‘Cereme’ ini kerap kali disebut sebagai atap Bumi Pasundan oleh sebagian besar masyarakat lokal. Alasannya, karena gunung ini adalah gunung tertinggi yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.900 mdpl. Di bagian tengah puncak gunung, terdapat dua buah kawah, yaitu Kawah Barat dan Kawah Timur.

Jika dilihat dari bentuk kawahnya, tipe kawah ini sangat berbeda dengan tipe kawah yang ada di Gunung Ijen. Hal ini dikarenakan oleh jenis letusan yang berbeda.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai ini menawarkan atraksi wisata alam yang menarik. Jadi, bukan hanya para pendaki saja yang kerap berkunjung ke sini.

Wisatawan lokal dan wisatawan asing terlihat sering memenuhi beberapa spot untuk berekreasi.

Tiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Cirebon ini pastinya akan dikenai biaya untuk pembelian tiket masuk.

Tarif yang ditetapkan juga berbeda, sesuai dengan kategori jenis wisatawannya. Berikut adalah tabel yang menginformasikan harga tiket masuk lengkap dengan wahana/ aktivitas wisatanya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk wisatawan domestik Rp5.000,00 (Weekday)

Rp7.500,00 (Weekend)

Tiket masuk wisatawan asing Rp150.000,00 (Weekday)

Rp.225.000,00 (Weekend)

Berkemah Rp2.500,00(Weekday)

Rp5.000,00 (Weekend)

Hiking Rp2.500,00(Weekday)

Rp5.000,00 (Weekend)

Outbound Rp75.000,00(Weekday)

Rp150.000,00 (Weekend)

Paket Video Rp1.000.000,00
Paket Foto Rp250.000,00

Selama masa pandemi, wisatawan yang melakukan kunjungan wisata atau ingin melakukan aktivitas di atas wajib mematuhi protokol kesehatan.

Wisatawan juga wajib melakukan scan barcode via Aplikasi Peduli Lindungi. Hal ini wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona.

Daya Tarik Taman Nasional Gunung Ciremai

Puncak Gunung Ciremai

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tentu ada banyak daya tarik yang disuguhkan oleh taman nasional ini. Beberapa diantaranya adalah sunrise di puncak, telaga, air terjun, dan beberapa spot wisata sejarah.

Adapula aktivitas luar ruangan yang dapat Anda coba di sini seperti pendakian atau hiking, trekking, camping, dan outbound. Untuk informasi detailnya, simak ulasannya berikut ini:

Habitat Edelweis

Habitat Edelweis Gunung Ciremai

Gunung tertinggi se-Jawa Barat ini merupakan salah satu habitat asli bunga abadi, Bunga Edelweis.

Bunga ini dapat dijumpai di beberapa lokasi di sepanjang jalur pendakian. Di jalur summit, misalnya. Ada juga taman Bunga Edelweis di puncak gunung ini.

Bunga ini masuk dalam daftar flora yang dilindungi ya. Jadi sebaiknya Anda tak perlu memetiknya jika melihat bunga cantik ini. Cukup memandangnya saja atau berfoto saja.

Sunrise di Puncak

Sunrise di Puncak Gunung Ciremai

Tak bisa dipungkiri bahwa puncak adalah spot terbaik untuk menikmati sunrise. Ingat sunrise di puncak Kawah Ijen? Tepat sekali! sunrise di sana memang menjadi salah satu yang terbaik.

Demikian juga dengan sunrise di puncak gunung ini. Benar-benar memukau. Tepat di atas titik tertinggi ini, Anda dapat menikmati detik demi detik sang fajar yang tengah menyisingsing. Indah sekali.

Panorama Pesona Alam

Panorama di Sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai

Di lereng gunung terdapat beberapa air terjun alami yang masih sangat asri. Salah satunya adalah Jurug Putri yang ada di Daerah Kuningan. Air terjun yang satu ini memiliki julukan populer, yaitu Cigugur.

Ada juga Curug Sawer dan Curug Sabuk yang lokasinya masih di wilayah Kuningan.

Anda juga akan disuguhkan dua jurug lainnya, yaitu Curug Tonjong dan Curug Sawer. Akan tetapi kedua curug ini terletak di Kabupaten Majalengka.

Wisata Budaya dan Sejarah

Wisatawan di sini juga dapat mengunjungi beberapa situs wisata sejarah dan budaya. Situs-situs ini memang terkenal dengan nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Aktivitas Alam yang Menantang

Pendaki Gunung Ciremai

Anda juga bisa menantang diri Anda dengan aktivitas-aktivitas seru ini: hiking, trekking, camping, dan outbound.

Anda yang suka sekali dengan hiking, jalur-jalur pendakian di gunung bisa menjadi jalur pendakian baru bagi Anda.

Meski memang tak sesulit track pendakian Gunung Raung, setidaknya track di gunung ini juga cukup menantang. Ada beberapa titik yang jalurnya terjal dan berupa tanjakan ekstrem.

Nah, trekking bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin berpetualang  namun di jalur yang sudah tersedia. Biasanya jalur trekking memiliki kondisi track yang bagus dan cenderung mudah untuk dilewati.

Camping dan outbound menjadi aktivitas menarik lainnya yang sebaiknya Anda coba. Pastinya aktivitas ini akan menambah pengalaman liburan Anda.

Fasilitas di Sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai

Setiap tempat wisata, termasuk tempat-tempat wisata di gunung pasti dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti toilet, area parkir, warung, dan mushola.

Di tempat tertentu seperti bumi perkemahan, pusat trekking, dan outbound, fasilitas yang disediakan lebih lengkap. Pusat persewaan perlengkapan camping dan outbound juga bisa dijumpai di sini.

Kemudian di situs-situs keramat atau tempat ziarah, pengunjung dapat membeli perlengkapan untuk berziarah di sekitar lokasi ziarah. Ada beberapa di antaranya juga menjual souvenir yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Cirebon.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Nasional Gunung Ciremai

Letak gunung berapi yang masih aktif ini berada di kawasan perbatasan 3 kabupaten di Jawa Barat. Ketiga wilayah kabupaten tersebut adalah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Nah, untuk sampai di lokasi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau motor). Lokasi ini juga bisa diakses dengan menggunakan moda transportasi umum. Hanya saja akan lebih rumit.

Dengan menggunakan bus, sesampainya di Terminal Cilimus, silahkan Anda gunakan jasa angkot atau ojek hingga sampai di lokasi tujuan.

Jika Anda berangkat dari Cirebon menggunakan kereta, silahkan turun di Stasiun Prujakan, lalu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkot.

Selain akan rumit dan tidak praktis, Anda juga akan boros dalam hal biaya.

Akan berbeda kondisinya jika Anda menyewa mobil di Salsa Wisata. Selain akan merasakan kendaraan yang super-nyaman, Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan lainnya.

Mendapat mobil sewaan yang pas sesuai dengan kapasitas adalah salah satu keuntungannya.

Misal, Anda akan pergi mendaki berdua saja dengan sahabat Anda, sejumlah kendaraan berkapasitas 2 sampai 4 orang jadi kendaraan yang tepat untuk Anda..

Rental Innova Cirebon adalah salah satu pilihan terbaiknya. Jenis mobil ini tersedia juga untuk Anda yang ingin sewa mobil lepas kunci sehingga dapat berkendara full private.

Jam Operasional Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung sekaligus taman nasional ini buka setiap hari (Senin-Minggu). Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Namun khusus untuk basecamp pendakian dan camping, petugas siap melayani pengunjung selama 24 jam.

Secara keseluruhan, gunung berapi ini menawarkan banyak sekali tempat dan aktivitas seru.

Tak hanya ragam wisata alam saja; pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas Cirebon seperti Sego Jamblang atau Empal Gentong yang dijual di warung-warung kaki lima di sekitar taman nasional.

Jadikan pengalaman liburan Anda semakin tak terlupakan bersama Salsa Wisata. Berbagai tempat menarik bisa Anda kunjungi dengan biaya murah dan pelayanan terbaik.

Tidak perlu lagi pusing mengurus hal-hal tidak penting yang dapat mengganggu liburan Anda. Semua telah kami sediakan untuk Anda nikmati selama perjalanan.

Mulai dari aktivitas menarik, pilihan destinasi, hingga akomodasi hotel dapat langsung Anda gunakan tanpa basa-basi. Dengan begitu liburan Anda akan semakin mudah dan sempurna.

Jadi tunggu apalagi segera hubungi kami untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)