earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sebagian besar orang yang hobi mendaki pasti kenal dengan gunung berapi yang satu ini: Gunung Raung. Trek pada gunung di Jawa Timur ini terkenal sangat ekstrem. Hampir di semua jalurnya berupa tebing bebatuan yang terjal dan sempit.

Bahkan ada seorang pendaki yang bernama Dwi Riyanto menyamakan jalur pendakian dengan Jembatan Shiratal Mustaqim. Statementnya ini pernah ia unggah melalui akun TikTok-nya.

Selain terkenal dengan jalur pendakian yang ekstrem, gunung ini juga terkenal dengan beberapa fakta yang menarik untuk disimak. Apa saja fakta-faktanya? Simak terus informasinya di bawah ini.

Sekilas Tentang Gunung Raung

Fakta mengatakan bahwa gunung ini adalah gunung dengan puncak tertinggi ketiga di Jawa Timur. Titik puncak pada gunung ini memiliki ketinggian 3.344 mdpl. Angka ketinggian masih berada di bawah titik puncak Gunung Semeru dan Gunung Arjuno.

Meski masih kalah tinggi dengan Semeru dan Arjuno, gunung ini mendapat julukan sebagai gunung tertinggi di rangkaian pegunungan Ijen.

Kemudian, secara geografis dan administratif, gunung ini mencakup 3 wilayah kabupaten, yaitu Banyuwangi, Besuki, dan Bondowoso.

Gunung berapi ini mempunyai empat titik puncak. Masing-masing puncak bisa didaki dari jalur yang berbeda. Puncak pertama adalah Puncak Bendera. Ketinggian puncak ini mencapai 3.159 mdpl.

Puncak kedua dan ketiga adalah Puncak 17 dan Puncak Tusuk Gigi dengan ketinggian masing-masing 3.108 mdpl dan 3.300 mdpl. Sedang puncak yang keempat adalah Puncak Sejati. Puncak ini menjadi titik puncak tertinggi dengan ketinggian mencapai 3.344 mdpl.

Harga Tiket Masuk Gunung Raung

Sebelum kalian merealisasikan rencana pendakian ke gunung berapi ini, tidak ada salahnya kalian lakukan riset kecil-kecilan terkait dengan budget. Termasuk budget untuk membeli tiket masuk, parkir, belanja logistik, sewa alat, transportasi, dll.

Nah, berikut kami bagikan informasi harga tiket masuk basecamp 2022:

Retribusi Tarif
Harga Tiket Perorangan Rp15.000,00
Sewa Ojek Rp35.000,00
Sewa Pemandu Rp750.000,00
Biaya Porter Sekitar Rp600.000,00
Parkir Kendaraan Sukarela
Sewa Ojek Gerobak Rp100.000,00 – Rp200.000,00

Tak sedikit juga pendaki yang menginap di sekitaran basecamp. Kalian juga boleh menginap jika memang diperlukan. Ada sedikit biaya tambahan jika kalian menginap. Biayanya tak mahal. Hanya Rp15.000,00 per orang saja.

Sekedar info tambahan, basecamp gunung ini sangat sederhana. Bangunan basecamp tak lain adalah rumah warga yang kemudian beralih fungsi sebagai basecamp. Di sini kalian dapat mengurus SIMAKSI sebelum mendaki.

Rute atau Jalur Pendakian Gunung Raung

Puncak Gunung Raung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bukan rahasia lagi bahwa tiap gunung memiliki karakteristik jalur pendakian yang berbeda-beda. Demikian juga dengan gunung berapi yang satu ini. Gunung tipe stratovolcano ini termasuk gunung dengan tipe jalur pendakian yang istimewa.

Bagaimana tidak, baru awal pendakian saja, pendaki langsung disambut dengan trek menanjak. Fisik akan langsung terkuras karena trek ini sangat panjang bak tak berujung.

Medan trek yang berupa tanah berubah jadi licin ketika musim hujan tiba. Rintangan selanjutnya berupa tebing-tebing tinggi dengan rasio kemiringan yang tak masuk akal.

Bahkan ada beberapa tebing yang tegak lurus. Sehingga selain memerlukan fisik yang super-fit dan prima, perlengkapan pendakian juga harus disiapkan dengan matang untuk mengatasi ekstremnya jalur pendakian.

Beberapa item peralatan ini wajib Anda siapkan sebelum melakukan pendakian. Sebut saja tali karmantel, tali Kern, webbing, figure8, carabiner screw, tali prusik, harnezt, dan peralatan lainnya

Selain peralatan super-lengkap di atas, sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide profesional atau leader yang sudah berpengalaman.

Skill yang mumpuni menjadi modal utama berikutnya. Akan sangat berisiko jika kalian mendaki gunung berapi tanpa skill sama sekali.

Skill teknis yang wajib dimiliki oleh tiap pendaki gunung ini antara lain:

  • Ascending
  • Anchoring
  • Belaying
  • Moving Together
  • Descending Rappelling

Meski demikian, perjuangan pendakian akan menghasilkan ending yang manis. Betul sekali. View dari puncak yang sungguh menawan.

Jalur Summit Attack yang Wow!

Memang tak bisa dipungkiri bahwa jalur summit attack gunung ini sangat wow! Sudah pasti akan membuat pendaki merinding disko. Jika dari Puncak Bendera, kalian bisa melihat langsung di depan mata akan kekokohan tebing ini. Kalian pasti akan berdecak kagum.

Setelah itu, kalian akan bertanya-tanya, “Lantas, kita akan lewat mana?” Karena memang tidak ada jalur lain selain harus melewati tebing tersebut. Sebab inilah jalur summit attack gunung ini terkenal spesial dan unik. Pendaki harus jeli dan cerdik untuk melaluinya.

Sulitnya Sumber Air

Berbeda dengan wisata Puncak Bogor yang berlimpah akan sumber air, gunung berapi ini tidak memiliki sumber air. Rasanya akan cukup sulit untuk menemukan sumber air di sepanjang jalur pendakian.

Oleh karena itu, semua pendaki diwajibkan untuk membawa perbekalan air sekitar lima sampai enam liter. Air ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk minum dan memasak selama camping dan selama perjalanan.

Gunung Berapi dengan Kaldera Terbesar di Pulau Jawa

Salah satu ciri khas gunung berapi adalah terdapatnya kaldera atau kawah. Nah, kaldera pada gunung berapi yang satu ini merupakan kaldera terbesar di Pulau Jawa. Atau kaldera terbesar kedua di Indonesia. Sedang predikat kaldera terbesar di Indonesia disematkan pada Gunung Tambora.

Menurut info dari situs resmi taman wisata alam pegunungan Ijen, ukuran kaldera pada gunung cantik ini mencapai 2 km. Sementara itu, kedalamannya mencapai 500 meter.

Erupsi Besar pada Tahun 1580-an

Melansir situs Kementerian ESDM, gunung berapi ini pernah meletus sekitar tahun 1580-an. Ini adalah peristiwa erupsi pertama dari gunung ini. Saat itu, gunung berapi meletus hebat hingga memuntahkan abu vulkanik dalam jumlah besar.

Dampak erupsi tersebut dirasakan oleh warga di beberapa daerah di sekitar gunung. Kabarnya juga ada cukup banyak korban jiwa pada saat itu. Setelah peristiwa erupsi perdana tersebut, gunung ini kembali erupsi pada tahun 1597 dan 1638.

Erupsi yang terakhir dibarengi dengan banjir lahar hingga menerjang daerah aliran Kali Klatak dan Kali Stail. Erupsi kembali terjadi pada tahun 1973.

Jalur Pendakian Shirathal Mustaqim

Sepertinya bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa jalur pendakian gunung ini sangat ekstrem. Bahkan saking ekstrem-nya, tak sedikit pendaki menyebut jalur pendakian ini mirip dengan Jembatan Shirathal Mustaqim.

Konon jalur pendakian yang paling ekstrem adalah jalur-jalur menuju Puncak Bendera dan Puncak Sejati. Sepanjang jalur, pendaki harus melewati jalan setapak yang sempit dengan jurang di kanan-kiri mereka. Salah langkah sedikit saja, nyawa jadi taruhannya.

Fasilitas di Gunung Raung

Basecamp ini juga memiliki fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, dan mushola sederhana. Soal urusan perut, di area basecamp juga terdapat warung makan lengkap dengan menu makanan khas Banyuwangi yang nikmati.

Ada juga stand jasa sewa porter dan pemandu. Kalian dapat memeriksa tarif sewa porter dan pemandu secara langsung di tempat ini. Oh iya, basecamp juga memiliki area parkir yang cukup luas. Mampu menampung puluhan sepeda motor dan beberapa mobil.

Lokasi Gunung Raung

Gunung berapi ini berada di Provinsi Jawa Timur. Tepatnya di perbatasan 3 Kabupaten: Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso. Kalian bisa cek secara digital melalui aplikasi Google Map (untuk pengguna Android).

Dengan panduan dari Google Map, mungkin akan cukup membantu kalian dalam mengenali rute yang dilewati nantinya. Silahkan cek sekarang juga.

Sebenarnya ada beberapa pilihan rute untuk tiba di basecamp gunung berapi ini. Salah satunya adalah rute ini. Jika kalian dari Stasiun Kalibaru (Kabupaten Banyuwangi), kalian bisa gunakan jasa bang ojek untuk menuju ke titik awal pendakian alias basecamp.

Pilihan rute lainnya adalah via Waringin (Kabupaten Bondowoso). Nah, rute kedua ini sedikit lebih rumit. Sebab, kalian harus menuju ke Wonosari terlebih dahulu, tepatnya di pertigaan Gardu Atta. Kalian bisa gunakan angkot untuk sampai di pertigaan ini.

Setelah tiba di pertigaan Gardu Atta, lanjutkan perjalanan kalian menuju ke Desa Sumber Waringin. Tentu dengan transportasi angkot yang berbeda. Baru kemudian Anda tiba di Pos Pesanggrahan yang tak lain adalah basecamp gunung ini via jalur Waringin.

Jam Operasional Basecamp Gunung Raung

Semua basecamp gunung di Indonesia beroperasi selama 24 jam, termasuk basecamp gunung ini. Jadi kalian datang jam berapa saja dan hari apa saja akan tetap mendapat pelayanan di masing-masing basecamp.

Tips Mendaki di Gunung Raung

Pendakian Gunung Raung

Karena aktivitas pendakian gunung bukanlah aktivitas main-main, kalian wajib baca dan perhatikan tips-tips penting berikut ini:

  1. Pilih waktu pendakian yang tepat, yaitu saat musim kemarau. Trek atau jalur pendakian akan sangat licin dan berbahaya saat musim hujan
  2. Siapkan dan wajib membawa peralatan naik gunung yang standard. Pastikan semua peralatan sudah tersimpan dan bahkan sudah terpasang dengan baik
  3. Gunakan beragam peralatan keselamatan seperti helm, sepatu gunung, jaket dry fit, dan celana cargo. Pastikan semua peralatan safety ini berlabel SNI
  4. Siapkan fisik dengan baik. Bahkan jauh-jauh sebelum hari H pendakian. Sebaiknya rutin lakukan olahraga minimal satu minggu sebelum pendakian
  5. Bentuk tim yang solid dan skillful
  6. Pilih waktu mendaki pagi hari atau siang hari
  7. Siapkan budget yang cukup
  8. Gunakan jasa pemandu dan porter jika memang diperlukan.

Oh iya, agar energi kalian tidak terkuras akibat perjalanan jauh dari kota kalian menuju basecamp, ada satu tips yang mungkin bisa kalian coba. Sewa kendaraan, terutama sewa mobil di Salsa Wisata. Ide ini akan menjadi opsi terbaik. Apalagi jika kalian pergi bersama rombongan.

Biaya akan jauh lebih hemat dengan memanfaatkan layanan sewa hiace Banyuwangi dari Salsa Wisata. Temukan juga penawaran menarik lainnya dengan mengunjungi situs resmi Salsa Wisata.

Penginapan di Sekitar Basecamp Gunung Raung

Soal penginapan, ada beberapa rekomendasi tempat menginap di sekitar basecamp. Tentu saja hadirnya penginapan-penginapan membawa angin segar terutama bagi para pendaki yang ingin melepas lelah usai mendaki.

Berikut ada 3 referensi tempat menginap terdekat dengan basecamp, baik yang berlokasi di Banyuwangi maupun Bondowoso:

Villa Kendi

Jaraknya cukup jauh, yakni 19 km dari basecamp. Akan tetapi view dan suasana yang disuguhkan worth it. Harga sewa per malam nya juga relatif murah. Fasilitas-fasilitas di penginapan ini cukup memadai.

Tamu yang menginap akan berkesempatan untuk menikmati fasilitas-fasilitas ini:

  • Layanan resepsionis 24 jam
  • Check in dan check out mudah dan cepat
  • Layanan penyimpanan barang
  • WiFi gratis
  • Area parkir luas
  • Kolam renang
  • Taman

Informasi Harga Sewa dan Alamat Lengkap:

Alamat Jl. Putri Gunung No.99. Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi
Harga Sewa/ Malam Mulai dari Rp390.000,00

Margo Utomo Agro Resort

Hotel bintang dua ini juga cukup recommended. Lokasinya sangat strategis. Hotel ini juga cukup populer. Jaraknya yang hanya 19 kilometer saja dari basecamp menjadikan hotel ini sering ramai jadi tempat peristirahatan para pendaki.

Lokasinya sama-sama di Kalibaru, Banyuwangi. Pihak pengelola hotel tentunya telah menyiapkan segala fasilitas dan pelayanan terbaik untuk para tamu yang menginap.

Tamu yang pernah menginap di sini rata-rata memberikan komentar yang positif, terutama soal fasilitas dan kualitas pelayanan. Tiap kamar dilengkapi dengan fasilitas dan dekorasi yang homey.

Tujuannya agar tamu merasa nyaman layaknya berada di rumah sendiri. Bahkan hal detail seperti ketersediaan handuk dan perlengkapan mandi pun benar-benar diperhatikan di sini.

Selain fasilitas kamar yang memadai, pihak pengelola hotel juga menyediakan sarana rekreasi. Sebut saja kolam renang, layanan pijat, dan juga taman.

Kalian yang hendak naik gunung, jadikan Margo Utomo Agro Resort menjadi pilihan utama tempat menginap.

Alamat Jl. Lapangan No. 10 Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Harga Sewa/ Malam Mulai dari Rp693.000,00

Kalibaru Cottages

Rekomendasi tempat menginap yang terakhir adalah Kalibaru Cottages. Lokasinya juga sama-sama strategis; di tengah-tengah kawasan wisata di Kabupaten Banyuwangi. Hotel kecil ini menawarkan beragam fasilitas yang dapat membuat para tamu nyaman dan santai selama di sini.

Fasilitas yang tersedia, antara lain:

  • Room service 24 jam
  • Layanan resepsionis 24 jam
  • WiFi
  • Area parkir valet
  • Area parkir mobil

Para tamu hotel juga dapat menikmati fasilitas hiburan seperti kolam renang, pijat, playground, taman, dan tempat bermain bilyar.

Alamat Jl. Raya Jember, Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi
Harga Sewa/ Malam Mulai dari Rp491.000,00

Objek Wisata di Sekitar Basecamp Gunung Raung

Objek Wisata Gunung Raung

Jika kalian penasaran, adakah destinasi wisata di sekitar gunung yang akan kalian daki? Tentu saja ada. Bahkan jumlahnya tak hanya satu, melainkan ada beberapa. Objek wisata ini biasanya menjadi opsi bagi pengunjung yang hanya ingin berekreasi saja atau melakukan acara gathering.

Nah, berikut akan kami jelaskan secara singkat beberapa referensi tempat menarik yang ada di kaki gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur ini.

Air Terjun Lereng Gunung Raung

Objek wisata alam ini berada di Daerah Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Lebih spesifiknya lagi berada di kaki gunung ini. Daya pikat utama tempat ini adalah view alam yang sungguh elok. Dan pastinya air terjun yang hingga kini menjadi ikon utamnya.

Memang tak mudah untuk sampai di spot ini. Pengunjung harus berjalan di atas trek yang menanjak. Semakin tinggi trek yang dilalui, semakin sulit karena berbatu dan cukup licin. Namun ketika sampai di lokasi, kalian akan takjub melihat kesempurnaan ciptaan Tuhan ini.

Umbul Puncak Aga (UAP)

Tempat wisata Banyuwangi ini kerap menjadi opsi favorit masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya. Terkadang, tempat ini juga ramai oleh kunjungan dari wisatawan yang berasal dari daerah di luar Banyuwangi.

Umbul Puncak Aga ini pertama kali diresmikan pada tahun 2016. Hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja tempat ini menjadi super ramai dan terkenal hingga sekarang. Lantas apa sebenarnya daya tarik dari tempat ini?

Memetik buah naga sendiri menjadi kegiatan seru selama liburan di sini. Menariknya lagi, tiket masuk objek wisata ini dapat ditukar dengan satu buah naga. Tak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, UAP juga berperan sebagai pusat agrowisata di Banyuwangi.

Satu lagi daya tarik wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola UAP. Benar sekali! Kolam renang di puncak area wisata ini. Kolam renang ini dirancang untuk anak-anak. Akan tetapi, orang dewasa juga diperbolehkan bermain air di sini.

Kolam renang ini sama sekali tidak menggunakan kaporit sebagai penjernihnya. Air jernih pada kolam ini berasal dari 9 mata air artesis yang ada di sekitar objek wisata. Jadi memang sangat aman bagi anak-anak.

Air Terjun Tirto Kemanten

Air terjun ini juga tak kalah menarik untuk dijadikan tempat wisata selain UAP. Tapi sekali lagi kami sampaikan bahwa tak mudah untuk sampai di lokasi air terjun ini. Pengunjung harus siap lelah fisik untuk melewati jalan setapak yang tak mudah dilalui.

Air Terjun Tirto Kemanten sangat cocok menjadi spot foto bagi kalian yang hobi berfoto. View alam di sekitar air terjun ini memang sungguh eksotik. Dijamin hasil jepretan kamera kalian tidak akan jelek. Sebaliknya, kalian akan mendapatkan koleksi foto baru terbaik.

Memang selalu seru ketika sedang membahas tempat-tempat wisata di daerah. Akan tetapi terkadang kita sering menemukan kendala seperti salah satunya adalah soal ketersediaan transportasi.

Seringnya hidden gems ini berada di lokasi terpencil sulit dijangkau. Bahkan dengan kendaraan pribadi sekalipun. Itu saja kendala tersesat sangat sering terjadi karena tak tahu jalan menuju lokasi.

Tapi, kini ada banyak biro perjalanan yang siap memberikan Anda solusi. Salsa Wisata termasuk salah satu penyedia jasa paket tour Banyuwangi murah dengan pilihan paling lengkap.

Layanan dari kami siap mengantar Anda kemanapun destinasi yang Anda mau. Semua kebutuhan seperti kendaraan, akomodasi, driver, dan fasilitas lain tersedia untuk kenyamanan Anda liburan.

Jadi tidak ada lagi masalah dan hal ribet yang mengganggu waktu tenang Anda berlibur. Sebab semua sudah siap untuk Anda nikmati. Jadi tunggu apalagi, percayakan liburan Anda bersama Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)