SalSari Resto & Coffee

Taman Nasional Meru Betiri termasuk salah satu taman nasional terbaik yang ada di pulau Jawa. Pesona alam kawasan hutan yang terdiri dari berbagai macam flora dan fauna ini sering dimanfaatkan untuk berbagai tujuan.

Mulai dari kegiatan penelitian, pendidikan, hingga pariwisata dan rekreasi bisa dilakukan di Taman Nasional Meru Betiri. Hal itulah yang membuat Meru Betiri ini menjadi destinasi yang sayang untuk Anda lewatkan.

Sekilas Tentang Taman Nasional Meru Betiri

Taman Meru Betiri terletak di antara dua kabupaten yakni Banyuwangi dan juga Jember. Namun secara pengelolaan, taman nasional ini berada dibawah tanggung jawab Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kabupaten Jember.

Kawasan hutan Meru Betiri sudah menjadi area hutan lindung sejak tahun 1931 pada masa pemerintahan Belanda. Kemudian pada tahun 1972, tempat wisata ini ditetapkan sebagai suaka margasatwa untuk harimau Jawa dengan luas lahan mencapai 50.000 hektar.

Baru di tahun 1997, Suaka Margasatwa Meru Betiri diresmikan menjadi Taman Nasional Meru Betiri. Selain itu lahan taman nasional ini pun semakin luas yakni sekitar 58.000 hektar yang terbagi di dua kabupaten.

Ketinggian kawasan ini berkisar antara 900 – 1.223 mdpl dan menjadi habitat dari berbagai macam flora dan fauna dilindungi. Nama Meru Betiri sendiri berasal dari nama gunung Betiri yang berada di dalam kawasan taman nasional.

Tempat ini terkenal berkat berbagai kegiatan seru yang dapat Anda lakukan untuk lebih dekat dengan alam. Bunga bangkai langka, Rafflesia Zollingeriana, hingga penyu hijau terkadang bisa Anda jumpai di Taman Nasional Meru Betiri.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri sangat murah, mulai dari Rp3.000,00 saja untuk rombongan. Biaya simaksi ini berbeda-beda tergantung kategori dan tujuan berkunjung, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Wisatawan Lokal Weekdays Rp5.000,00
Wisatawan Lokal Weekends Rp7.500,00
Rombongan Pelajar Lokal Weekdays Rp3.000,00
Rombongan Pelajar Lokal Weekends Rp4.500,00
Wisatawan Asing Weekdays Rp150.000,00
Wisatawan Asing Weekends Rp225.000,00
Rombongan Pelajar Asing Weekdays Rp100.000,00
Rombongan Pelajar Asing Weekends Rp150.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pihak pengelola. Namun Anda bisa memanfaatkan daftar ini sebagai persiapan sebelum berkunjung ke sini.

Pemesanan tiket SIMAKSI ini bisa Anda lakukan secara online melalui aplikasi dari website resmi pengelola Meru Betiri. Jadi sebelum Anda berangkat bisa memastikan terlebih dahulu hal yang perlu Anda persiapkan.

Tiket rombongan ini hanya berlaku untuk rombongan yang berjumlah minimal 10 orang, kurang dari jumlah tersebut berlaku harga normal. Khusus untuk penelitian, perlu ada izin tambahan seperti pembuatan video dan juga pemanfaatan kawasan.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini tanpa perlu ribet dengan perizinan bisa manfaatkan paket wisata Banyuwangi yang ada. Banyak biro perjalanan wisata yang menawarkan Taman Nasional ini ke dalam paket perjalanan mereka.

Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Meru Betiri

Kawasan Taman Nasional ini terletak di daerah Andongrejo, Tempurejo, Kabupaten Jember dengan sebagian wilayah yang masuk ke kabupaten Banyuwangi. Sedangkan kantor pengelola taman nasional berada di Jl. Sriwijaya, No. 53, Jember.

Untuk bisa berkunjung ke taman nasional Anda bisa memilih beberapa pintu masuk yang tersedia seperti desa Andongrejo dan Pantai Rajegwesi. Desa Andongrejo biasanya menjadi pintu masuk bagi wisatawan dari arah barat.

Agar lebih mudah untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil terdekat. Misalnya saja seperti layanan sewa hiace Banyuwangi yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi/

Dari kota Jember Anda bisa langsung menuju arah selatan menuju desa Andongrejo yang berjarak sekitar 38 kilometer. Waktu yang Anda perlukan untuk perjalanan ini sekitar 1 jam lamanya dengan melewati beberapa desa.

Sedangkan dari arah Banyuwangi, Anda bisa langsung menuju desa Sarongan yang berjarak sekitar 79 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Setelah melewati 2.5 jam perjalanan Anda akan tiba di pintu masuk Taman Nasional melewati gerbang Pantai Rajegwesi.

Banyak keuntungan bila Anda masuk melalui gerbang Pantai Rajegwesi ini, salah satunya dekat dengan beberapa tempat wisata di Banyuwangi. Anda bisa mengunjungi Pulau Merah maupun Pantai Pandansari yang berada tidak jauh dari  jalur yang akan Anda lewati.

Aktivitas Seru di Taman Nasional Meru Betiri

Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri. Berikut ini beberapa diantaranya yang bisa Anda coba.

Menjelajah Pantai

Pantai Taman Nasional Meru Betiri

Di dalam area taman nasional terdapat banyak pantai yang masih belum banyak terjamah manusia salah satunya adalah pantai Teluk Hijau. Pantai ini berada di sisi timur taman nasional, tepatnya di wilayah kabupaten Banyuwangi.

Keindahan pantai Teluk Hijau ini bahkan mampu menyaingi pantai-pantai yang ada di Lombok. Pasir putih dan air laut berwarna hijau kebiruan menjadi pemandangan yang akan Anda nikmati di Pantai Teluk Hijau.

Selain Pantai Teluk Hijau, masih ada pantai lain seperti pantai Sukamade yang menjadi habitat dari Penyu hijau. Ada juga pantai Rajegwesi dan Bandealit yang semua nya masih sangat ‘perawan’ dan sepi pengunjung.

Melihat Beragam Flora dan Fauna

Mengamati berbagai hewan dan tumbuhan yang ada di Meru Betiri bisa menjadi kegiatan yang tak terlupakan. Anda  bisa melihat secara lebih dekat hewan-hewan langka seperti penyu hijau, harimau Jawa, macan tutul, dan rusa di dalam hutan.

Selain itu Anda juga memiliki kesempatan menyaksikan bunga Rafflesia endemik Meru Betiri berbunga. Taman Nasional Meru Betiri juga terkenal sebagai tempat konservasi tanaman obat yang bisa digunakan sebagai obat alternatif.

Dengan mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri, Anda akan mengenal dan belajar berbagai hal baru tentang kelestarian alam. Kapanlagi untuk bisa berlibur sambil belajar sekaligus mendapatkan pengalaman baru tak terlupakan.

Seperti halnya salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sedang hits yakni Pulau Merah.

Berpetualang

Kawasan hutan yang masih asri membuat pihak pengelola menawarkan berbagai kegiatan wisata edukatif bagi para pengunjung. Contohnya seperti camping, jelajah hutan, gunung, dan goa, hingga kegiatan outbound training untuk Anda dan rombongan.

Dari semua kegiatan tersebut, bermain kano bisa jadi salah satu yang paling menarik untuk Anda lakukan. Anda bisa menyusuri area muara dengan menggunakan kapal kano sambil melihat flora fauna yang ada.

Mengunjungi Taman Nasional  ini bisa menjadi paket wisata yang lengkap seperti halnya mengunjungi little Africa Taman Nasional Baluran. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan kegiatan seru sambil belajar dan tetap menjaga kelestarian alam.

Jam Buka Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri buka untuk para pengunjung setiap hari selama 24 jam. Jadi, kapanpun Anda ingin berkunjung bisa langsung mengikuti prosedur yang berlaku untuk bisa masuk ke dalam taman nasional.

Namun waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah saat musim kemarau tiba sekitar bulan Februari hingga Juli. Pada waktu tersebut curah hujan akan berkurang sehingga Anda bisa terhindar dari bahaya longsor dan banjir yang rawan terjadi.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (4 votes)