SalSari Resto & Coffee

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah salah satu pantai indah yang bisa Anda jumpai di pesisir selatan Banyuwangi. Pantai ini memiliki banyak potensi keindahan dan keseruan khas wisata Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan.

Terutama bagi Anda yang senang aktivitas seru seperti berselancar atau memancing. Penasaran dengan daya tarik serta keunikan pantai di pesisir selatan Banyuwangi ini? simak ulasannya berikut ini:

Sejarah Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi merupakan kawasan pantai dengan pasir putih yang terkenal dengan spot surfing dan view instagramablenya. Lokasinya terletak di daerah Pesanggaran, Banyuwangi tidak jauh dari Teluk Hijau.

Namanya sendiri berasal dari bukit setinggi 200 meter yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Bukit ini memiliki tanah yang berwarna merah namun saat ini tidak terlalu terlihat karena tertutup tanaman hijau.

Pada awalnya nama pantai ini adalah Pantai Ringin Pintu dan masih belum terlalu terkenal. Namun setelah cukup ramai wisatawan yang datang, pihak pengelola mengganti nama pantai ini dengan nama Pantai Pulau Merah.

Selain nama, pemerintah juga melakukan berbagai macam upaya pembangunan dan perbaikan terutama fasilitas penunjang. Terbukti dari akses menuju pantai yang lebih mudah serta banyaknya fasilitas umum seperti toilet dan penginapan yang ada di sekitar pantai.

Sejak tahun 2001, Pantai Pulau merah terus berkembang menjadi tempat wisata yang berkelas Internasional. Meskipun sempat hancur akibat diterjang tsunami pada tahun 1990-an, pantai ini tetap menjadi bagian dari destinasi unggulan Banyuwangi.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Tiket masuk Pulau Merah termasuk murah karena hanya Rp8.000,00 per orang. Selain itu, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas dengan biaya kurang dari seratus ribu, berikut ini rinciannya:

Kategori / Fasilitas Harga Tiket
Tiket Masuk Pantai Rp8.000,00
Homestay Mulai dari Rp100.000,00
Kursi Pantai Rp25.000,00
Sewa Peralatan Snorkeling Rp50.000,00
Sewa Peralatan Surfing Rp50.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum pada tabel di atas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola. Namun daftar harga tiket ini bisa jadi referensi untuk Anda jika ingin mengunjungi Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Tidak sedikit juga wisatawan yang memanfaatkan paket liburan ke Banyuwangi agar bisa berbagai destinasi lain dengan lebih hemat. Alas Purwo, Kawah Ijen, Blue fire bisa dikunjungi tanpa ribet karena semua sudah diurus agen perjalanan

Rute Menuju Lokasi Pantai Pulau Merah

Lokasi Pantai Pulau Merah

Pulau merah berada di dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, wilayah selatan Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya sekitar 67 kilometer dari pusat kota Banyuwangi dengan waktu tempuh selama kurang lebih 90 menit.

Jalan menuju Pulau Merah termasuk sangat mulus meskipun harus melalui bukit dan pedesaan. Selain itu sudah banyak penunjuk arah yang tersedia di setiap persimpangan yang dilalui.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus dan ojek untuk bisa sampai ke lokasi pantai. Bagi Anda yang ingin datang menggunakan kendaraan umum dapat langsung mencari bus atau angkutan menuju Pesanggaran, lalu dilanjutkan menggunakan ojek.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi Anda bisa memanfaatkan petunjuk dari Google Maps agar bisa sampai ke Pulau Merah dengan cepat. Anda yang tidak memiliki mobil juga bisa sewa mobil dari tempat rental hiace Banyuwangi terdekat yang siap mengantar.

Daya Tarik Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah menawarkan banyak keindahan dan kegiatan yang bisa Anda nikmati selagi mengisi waktu liburan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi keunggulan dari salah satu pantai sisi Selatan Banyuwangi.

Keindahan Pantai

Pesona pantai ini tergolong sangat unik, pertama karena keberadaan bukit Pulau Merah yang jadi penghias pantai. Saat air laut surut, Anda bisa berjalan menuju lokasi bukit dan melihat secara dekat bukit ini.

Hamparan pasir yang ada di pantai sepanjang 3 kilometer ini berwarna putih kemerahan yang semakin jelas saat sore hari. Tekstur pasir yang lembut sangat pas bagi anak-anak bermain di pinggir pantai.

Lalu pantai yang landai sangat cocok untuk bersantai  pemandangan di bawah payung dan kursi yang nyaman. Ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu kencang dan aman jika Anda ingin bermain air bersama anak-anak.

Di sekitar pantai juga banyak terdapat pedagang yang siap memanjakan waktu bersantai Anda dengan jajanan yang nikmat. Jadi Anda tidak perlu pusing lagi mencari makanan saat berencana camping menikmati indahnya sunset pantai ini.

Snorkeling

Snorkeling

Kawasan pantai yang tidak terlalu dalam memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas snorkeling di pantai Pulau Merah. Terumbu karang yang indah serta ikan-ikan kecil yang berenang bebas jadi pemandangan bawah laut dari pantai ini.

Anda bisa leluasa melihat ikan-ikan berenang menggunakan peralatan snorkeling yang disewakan di sekitar pantai. Pemandangan bawah laut Pantai Pulau merah akan menjadi pemandangan indah yang tidak terlupakan.

Keindahannya pun tidak kalah dari Pantai Cemara salah satu pantai tekenal di Banyuwangi. Liburan Anda bersama anak-anak ke tempat ini pasti jadi sangat berkesan apalagi sambil berenang atau snorkeling bersama.

Surfing

Surfing

Meskipun tidak setenar Pantai Plengkung atau G-Land, Pantai Pulau Merah juga jadi favorit wisatawan untuk menunggangi ombak. Pada waktu yang pas gelombang ombak yang ada di pantai ini dapat mencapai lima meter tingginya.

Ditambah lagi kawasan perairan yang memiliki sangat sedikit batu karang, membuat pantai ini cukup aman untuk peselancar. Tempat wisata Banyuwangi ini juga sering menjadi arena lomba berselancar bertaraf internasional di samping spot surfing lainnya di Banyuwangi.

Spot Memancing

Memancing

Selain menjadi spot surfing, pantai ini

juga sering menjadi destinasi bagi para wisatawan yang hobi memancing. Terdapat banyak macam ikan yang bisa dipancing baik dari pinggir pantai maupun tengah laut.

Anda yang ingin memancing di tengah laut pun bisa menyewa kapal nelayan yang ada. Namun untuk peralatan pancingnya harus Anda persiapkan sendiri karena tidak ada tempat penyewaan peralatan pancing di sekitar pantai.

Pura Segara

Tidak jauh dari lokasi terdapat sebuah Pura bernama Pura Segara yang menjadi tempat ibadah umat Hindu di sekitar pantai.  Setiap tahun rutin berlangsung upacara di kawasan pantai ini seperti upacara Mekiyis, Melasti, dan lainnya.

Keberadaan pura ini sendiri menambah daya tarik Pantai Pulau Merah karena serasa seperti di pantai Bali. Sebab Anda juga bisa mengikuti dan menyaksikan prosesi upacara yang berlangsung.

Selain beberapa daya tarik di atas, masih banyak hal seru lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Apapun itu, mengunjungi Pantai Pulau Merah sudah pasti jadi pengalaman seru Anda saat berada di Banyuwangi.

Jam Buka Pantai Pulau Merah

Anda yang berencana mengunjungi Pulau Merah bisa datang saat loket buka mulai jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun setelah membeli tiket, meskipun sudah lewat pukul 17.00 WIB Anda bisa tetap menikmati keindahan sunset Pantai Pulau Merah ini.

Waktu-waktu terbaik mengunjungi Pantai Pulau Merah ini tergantung apa yang ingin Anda dapatkan. Jika Anda berencana menikmati sunset Pulau Merah bisa datang saat musim kemarau mulai dari pukul 16.00 WIB.

Pada waktu tersebut, Anda dapat melihat pemandangan pantai berubah warna seiring matahari yang terbenam tanpa terganggu awan mendung ataupun hujan. Tapi jika Anda ingin menjajal ombak pantai Pulau Merah bisa datang saat musim pancaroba sekitar bulan Mei.

Mengunjungi Pulau Merah akan menjadi pelengkap liburan Anda di Banyuwangi. Jelajahi juga berbagai destinasi wisata lain yang ada di Banyuwangi, Pesona Indah di ujung timur Pulau Jawa.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)