SalSari Resto & Coffee

Indonesia memiliki kekayaan laut yang luar biasa besar. Sebagian besar kehidupan bawah lautnya masih terjaga, terutama di kawasan terlindung seperti Taman Nasional Wakatobi.

Destinasi wisata ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia, bahkan di dunia. Tak heran jika pengunjungnya bukan hanya turis lokal saja, melainkan juga dari mancanegara.

Sekilas Tentang Taman Nasional Wakatobi

balai taman nasional wakatobi

Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara merupakan pusat biosfer di mana ragam flora dan fauna hidup di area seluas 1.39 juta hektar ini. Area ini secara resmi menyandang predikat taman nasional sejak tahun 1996 silam.

Letaknya sendiri berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Daerah ini memang terkenal akan keindahan bawah lautnya. Jika Anda menyelam ke dalam wilayah perairan Wakatobi, Anda pasti akan berdecak kagum.

Pasalnya, area di mana terumbu karang tumbuh sangat luas dan tentunya menjadi rumah bagi ribuan jenis biota laut. Berkat ini, perairan Wakatobi diklaim menjadi salah satu spot diving dan snorkeling terbaik di dunia.

Apalagi wilayah ini dikelilingi 4 pulau cantik, yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Keempat pulau ini sekarang menjadi area pusat pelestarian flora, fauna, dan juga sumber daya laut.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Wakatobi

Seperti Taman Nasional Komodo, wisatawan yang akan memasuki area taman ini juga akan dikenai biaya tiket masuk. Untuk kelas sebuah taman wisata yang memiliki sejuta daya tarik, harga tiket masuk Taman Nasional Wakatobi cukup terjangkau.

Tiap wisatawan hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp160.000,00 saja. Namun untuk bisa menikmati atraksi wisata lainnya seperti diving, snorkeling, dll, ada biaya tersendiri.

Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Wakatobi

rute ke wakatobi

Lokasi Taman Nasional Wakatobi berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju taman ini, ada beberapa cara yang bisa pengunjung tempuh, yaitu via jalur laut ataupun udara.

Untuk jalur udara, Anda bisa berangkat dari Makassar atau Kendari dengan menggunakan jasa rental mobil murah. Kemudian menuju Bandara Matahora yang terletak di Wangi-Wangi.

Sedangkan untuk jalur laut, titik keberangkatan bisa dari Kendari lalu ke Wanci alias Wangi-Wangi. Wanci atau Wangi-Wangi ini merupakan pintu gerbang taman nasional ini.

Daya Tarik Taman Nasional Wakatobi

Ada cukup banyak aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di taman nasional ini. Sebut saja kegiatan snorkeling, diving, bersantai di pantai, dan berpetualang di alam bebas.

Sejarah Taman Nasional Wakatobi

Berbicara soal sejarah Taman Nasional Wakatobi, sebenarnya sudah ada usulan sejak tahun 1989. Ketika itu, Wakatobi masih menjadi pusat konservasi laut berdasarkan survey.

Kemudian setelah melihat banyaknya sumber daya laut, kawasan ini lalu berubah menjadi taman nasional yang kaya akan terumbu karang, flora dan fauna, dan ribuan spesies biota laut. Peresmian ini terjadi pada Bulan Juli tahun 1996 lalu.

Diving

peta taman nasional wakatobi

Taman nasional ini mulai terkenal sejak Ekspedisi Wallacea di tahun 1995. Kawasan wisata ini menjadi idaman para pecinta olahraga diving. Namun hanya para penyelam berlisensi saja yang boleh menyelam di area perairan Wakatobi.

Terkait dengan kegiatan diving, ada tipe diving yang paling terkenal yang bisa diver lakukan di sini. Ya, wall diving namanya. Wall diving ini memiliki teknik yang berbeda dan cenderung berbahaya. Hanya diver profesional saja yang bisa melakukanya.

Saat menyelam, penyelam akan dibuat kagum dengan pemandangan surga terumbu karang lengkap dengan biota lautnya. Sungguh indah dan sangat eksotis.

Snorkeling

Seperti berada di Pulau Seribu, aktivitas lain yang menjadi andalan di Wakatobi adalah snorkeling. Kegiatan menyelam di perairan dangkal ini bisa menjadi opsi bagi wisatawan yang tak bisa melakukan diving karena terkendala lisensi.

Meski hanya di perairan dangkal, jangan salah, pemandangan bawah lautnya juga sangat cantik. Ikan warna-warni terlihat lalu-lalang dengan bebasnya. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk berfoto underwater bersama ikan-ikan cantik tersebut.

Cagar Biosfer Dunia

flora dan fauna di taman nasional wakatobi

Taman nasional ini memiliki beberapa atol atau gugusan karang. Terdapat 3 atol yang resmi menjadi bagian dari Jaringan Cagar Biosfer Dunia sejak tahun 2012. Ketiga atol tersebut adalah Tomia, Kapota dan Kaledupa.

Atol Kaledupa, misalnya, memiliki panjang mencapai 48 KM dengan berbagai ciri khas dan spesies laut yang menakjubkan. Dua atol sisanya juga tak jauh berbeda. Hanya berbeda pada luas dan panjang fisik atolnya saja.

Pusat Pelestarian dan Penelitian Terumbu Karang

Taman Nasional Kepulauan Wakatobi adalah bagian dari jantung atau pusat Segitiga Terumbu Karang Dunia. Oleh sebab itu, keanekaragaman hayati lautnya merupakan prioritas tertinggi di pusat konservasi laut Indonesia ini.

Kedalaman terumbu karang mencapai 1.044 meter dengan 112 jenis karang dari sekitar 13 famili. Paling tidak, terdapat 80% spesies koral dunia. Inilah yang menjadi alasan utama perairan Wakatobi menjadi pusat pelestarian dan penelitian terumbu karang dunia.

Kemeriahan Festival Wakatobi

festival wakatobi

Satu lagi daya tarik dari Wakatobi, yaitu aneka festival Wakatobi. Festival tahunan ini menjadi kesempatan bagi para wisatawan untuk mengenal dekat masyarakat asli Wakatobi.

Di sini, Anda akan mengenal adat, cara hidup, budaya, dan tradisi Suku Bajoe jauh lebih dekat. Anda juga akan mencicipi kuliner khas Wakatobi yang masuk dalam daftar makanan khas Nusantara Indonesia.

Ada beberapa festival yang terkenal di sini. Sebut saja ada Wakatobi Wave. Kemudian ada Barata Kahedupa. Dua festival lainnya yaitu Festival Kepulauan Tukang Besi dan Festival Pulau Tomia.

Eksotisme Pantai

Wakatobi juga memiliki pantai yang masuk dalam list wisata pantai terindah di Indonesia. Pantainya berpasir putih, berair jernih dan dari kejauhan berwarna toska.

Lanskap bibir pantainya landai dan luas serta ombak lautnya cenderung tenang. Cocok untuk bersantai, bermain pasir, atau berenang di area pantai. Kemudian jika Anda lihat dari kejauhan, pantai ini sungguh eksotis.

Habitat Penyu dan Burung Laut

konservasi penyu wakatobi

Taman nasional ini merupakan habitat dari berbagai jenis satwa. Terutama dua satwa ini, yaitu burung laut dan penyu. Bila beruntung, para wisatawan bisa menjumpai mereka di area pantai atau di antara gugusan pulau.

Tentu ini akan menjadi momentum yang tepat untuk memotret burung laut atau penyu karena ini akan menjadi momen yang cukup langka. Tentu hasil potret Anda akan menjadi kenang-kenangan yang sulit Anda lupakan.

Kemunculan Kawasan Paus

Dan yang paling menarik adalah Wakatobi juga sering kedatangan ‘tamu’ istimewa yang berupa mamalia paus. Kawanan paus ini dari jenis Paus Sperma. Mereka berenang ke kawasan perairan Wakatobi yang menjadi arena bermain mereka.

Biasanya kawanan paus ini akan muncul di Bulan November di mana wilayah perairan lain dalam kondisi dingin. Kawanan paus ini lalu bermigrasi ke wilayah perairan yang lebih hangat seperti perairan di Wakatobi.

Fasilitas di Taman Nasional Wakatobi

sejarah taman nasional wakatobi

Fasilitas di taman wisata ini terbilang sangat lengkap dan juga memadai karena untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata di Sulawesi.

Mengingat kawasan ini masih memiliki potensi wisata yang sangat besar plus masih menjadi perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Khususnya mereka yang tertarik dengan aktivitas diving dan keindahan alam bawah laut Wakatobi.

Wisatawan bisa dengan mudah menjumpai fasilitas penginapan seperti hotel. Fasilitas pusat sewa alat diving dan snorkeling juga tersebar di berbagai lokasi. Bagi yang ingin berjelajah ke pantai, ada perahu dan speedboat yang bisa Anda sewa.

Selain itu juga ada pusat informasi, beragam oleh-oleh, dan pusat wisata kuliner yang tawarkan banyak pilihan makanan khas daerah di Indonesia.

Jam Buka Taman Nasional Wakatobi

Taman wisata ini menerima kunjungan wisata setiap hari, termasuk saat hari libur nasional. Jam buka Taman Nasional Wakatobi ini 24 jam. Artinya, Anda dan wisatawan lainnya boleh berkunjung kapan saja.

Namun rata-rata fasilitas di sini hanya beroperasi dari pagi sampai sore sebelum gelap. Jadi, pertimbangkan kembali waktu kunjungan Anda agar Anda nantinya tidak kecewa.

Opsi yang paling tepat adalah menggunakan paket wisata. Salsa Wisata kini tawarkan layanan paket wisata ke sejumlah wilayah Indonesia Timur, termasuk ke Wakatobi.

Dengan dukungan layanan paket wisata ini, liburan Anda di objek wisata Taman Nasional Wakatobi akan lebih terorganisir. Anda juga tak perlu memikirkan tiket masuk dan juga aktivitas berbayar lainnya. Cukup dengan reservasi dan tunggu waktu keberangkatan Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)