SalSari Resto & Coffee

Jogja memiliki banyak tempat instagramable yang cantik serta menarik untuk dikunjungi salah satunya Taman Sari, istana air dari Keraton Yogyakarta. Arsitektur bangunan yang unik dengan kolam air yang jernih berwarna biru jadi daya tarik tersendiri dari Taman Sari Jogja.

Pesona indahnya itulah yang membuat Taman Sari menjadi destinasi wisata Jogja yang selalu ramai oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Anda bisa melihat langsung bentuk bangunan khas zaman dulu yang megah dan indah.

Taman Sari dan berbagai tempat wisata lain bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan paket tour Jogja yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Taman Sari berikut ini.

Sekilas Tentang Taman Sari Jogja

Taman Sari merupakan taman miliki Keraton Yogyakarta yang sudah dibangun sejak tahun 1758 dan selesai bulan September 1765. Pada awalnya taman yang dibangun atas perintah Sultan Hamengkubuwono I ini memiliki nama The Fragrant Garden dengan luas 10 hektar.

Pembangunan Taman Sari ini dipimpin oleh Tumenggung Mangundipuro dan berlokasi di bekas keraton lama yakni Pesanggrahan Garjitawati. Dengan luas total 10 hektar tersebut terdapat sekitar 57 bangunan mulai dari gedung, kolam, jembatan gantung, hingga lorong bawah tanah.

Namun saat ini hanya tersisa sedikit bangunan Taman Sari yang bisa Anda lihat karena sudah berbaur dengan masyarakat dan lainya. Meski begitu keindahan dari Taman Sari tetap bisa Anda nikmati dengan puas terutama pada area kolam dan juga Sumur Gumuling.

Keindahan dari Taman Sari membuatnya dijuluki Water Castle Jogja dan sering menjadi spot fotografi bagi banyak wisatawan. Mengunjungi Taman Sari bisa jadi pilihan terbaik terutama untuk Anda yang ingin mendapatkan foto apik selama liburan.

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Untuk masuk Taman Sari Jogja, Anda harus mempersiapkan biaya yang cukup terutama jika ingin melakukan sesi pemotretan. Lebih jelasnya mengenai biaya yang Anda butuhkan untuk masuk Taman Sari silahkan perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp5.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Asing Rp15.000,00
Izin Kamera Rp3.000,00
Sesi Foto Rp150.000,00 – Rp500.000,00
Guide Rp25.000,00 – Rp30.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tergantung pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya  jika ingin mengunjungi Taman Sari.

Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat menarik lain di Jogja dengan menggunakan paket wisata yang tersedia di  Biro Perjalanan. Paket ini akan memudahkan perjalanan Anda terutama yang ingin menikmati makanan khas Jogja atau membeli oleh-oleh khas jogja selama liburan.

Rute Menuju Lokasi Taman Sari

Lokasi Taman Sari Jogja

Kampung Wisata Taman Sari terletak di di daerah Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta sekitar 750 meter dari Alun-Alun kidul. Untuk menuju Taman Sari tidak terlalu sulit karena hanya berjarak sekitar 5 menit perjalanan dari titik 0 KM Jogja.

Jika Anda ingin mengunjungi Taman Sari dengan mudah bisa manfaatkan petunjuk dari Google Maps yang akan memberikan Anda rute terbaik. Bisa juga dengan menggunakan jasa sopir dari rental mobil murah di Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari terbuka untuk kunjungan wisatawan mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB setiap harinya. Tempat ini selalu ramai saat musim liburan tiba dan Anda akan cukup kesulitan mencari tempat parkir yang dekat.

Meski begitu bila Anda datang saat musim kemarau, Anda tetap bisa puas menikmati keindahan dari Taman Sari dengan sempurna. Sehingga liburan Anda di Jogja akan menjadi liburan terbaik yang bisa Anda dapatkan.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)