earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jika Anda mencari tempat menarik untuk berfoto dan sangat instagramable, Taman Ujung yang ada di Karangasem Bali ini bisa jadi pilihan tepat. Taman tersebut merupakan water palace peninggalan kerajaan Karangasem yang kini menjadi destinasi wisata populer di Bali Timur.

Arsitektur bangunannya yang unik serta taman dan kolam indah di sekitarnya membuat tempat ini jadi salah satu spot favorit kunjungan wisatawan. Banyak wisatawan menjadikan Taman Ujung Bali sebagai tempat untuk melakukan sesi pemotretan pre wedding yang romantis.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata bersejarah yang romantis ini dengan memanfaatkan paket wisata Bali dari sejumlah agen wisata. Berbagai keseruan pun bisa Anda dapatkan bersama orang terkasih tanpa harus repot sendiri mempersiapkan rencana perjalanan.

Sejarah Taman Ujung Bali

Taman Ujung atau dikenal juga dengan nama Taman Sukasada merupakan taman milik keluarga Puri Karangasem yang sudah ada sejak lama. Keberadaan taman ini bermula dari pembangunan kolam Dirah pada tahun 1901 yang selanjutnya kembangkan lagi menjadi Taman Sukasada.

Perluasan taman tersebut diprakarsai oleh raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Anak Agung Anglurah pada tahun 1909. Dengan bantuan arsitek Belanda dan Cina, van Den Hentz dan Loto Ang, water palace ini selesai di tahun 1921.

Selain itu Taman Ujung Karangasem ini juga sempat beberapa kali direnovasi setelah terkena gempa tahun 1976 dan tahun 1968. Luas taman yang dulunya mencapai 400 hektar pun menyusut menjadi 10 hektar karena sebagian besar lahan dibagikan untuk masyarakat.

Harga Tiket Masuk Taman Ujung Bali

Meski berstatus sebagai milik Puri Karangasem, wisatawan tetap bisa datang berkunjung dengan membayar karcis terlebih dahulu. Biaya karcis yang dipatok juga tidak terlalu mahal terlebih lagi untuk wisatawan dalam negeri, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Wisatawan Domestik Rp15.000,00
Wisatawan Asing Rp50.000,00
Izin Shooting/Pemotretan Rp1.000.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan sebelum berkunjung ke Taman Ujung Karangasem Bali.

Dapatkan pula kemudahan mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik lain di Bali dengan menggunakan paket tour dari biro perjalanan. Di dalam paket ini segala kebutuhan Anda selama berlibur di Bali akan terpenuhi sehingga Anda bisa tenang menikmati waktu bersantai.

Daya Tarik dan Aktivitas Menarik Taman Ujung

Meski tidak setenar Tirta Gangga, objek wisata ini memiliki banyak sekali hal menarik yang bisa membuat liburan Anda berkesan. Berikut ini beberapa diantaranya:

Menikmati Pemandangan Sekitar

Sebagai tempat beristirahat para raja pada masanya, pemandangan yang tersaji di Taman Sukasada ini tentu sangat menawan. Anda bisa melihat pemandangan pantai dan laut yang berada di sisi timur taman dengan sangat jelas dari salah satu bangunannya.

Lalu di sisi barat laut, Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Gede yang menjulang tinggi dengan gagah berselimut awan. Bunga beraneka warna dan tanaman hias yang tumbuh di sekitar taman pun ikut menambah keindahan panorama tempat ini.

Berkeliling Taman dan Kolam Indah

Selain dapat menikmati keindahan pemandangan yang tersaji, Anda juga bisa puas berkeliling taman-taman indah yang ada di tempat ini. Tanaman hias yang ada di sini tertata dengan sangat baik sehingga tampak cantik dan elok dipandang.

Suasana rindang dan sejuk dari pepohonan sekitar semakin membuat wisatawan yang datang merasa betah bersantai. Hal unik lain yang membuat tempat ini istimewa adalah keberadaan 3 kolam besar yang memenuhi sebagian besar kawasan taman.

Tiga kolam tersebut masing-masing memiliki fungsi dan keunikannya sendiri seperti kolam Bale Bengong yang memiliki pendopo di tengah kolam. Di salah satu kolam lainnya Anda juga bisa mengunjungi Bale Gili, tempat peristirahatan raja yang juga berada di tengah-tengah danau buatan.

Lalu kolam terakhir merupakan kolam ikan atau kolam renang sehingga ukurannya relatif lebih kecil dibanding kolam yang lain. Meski begitu lokasi kolam ini sangat dekat dengan jalan raya dan juga laut sehingga pemandangan yang terlihat cukup menarik.

Berfoto dengan Arsitektur Unik

Arsitektur bangunan yang unik menjadi salah satu daya tarik yang membuat objek wisata ini banyak diminati wisatawan. Di sini Anda bisa melihat perpaduan antara arsitektur bergaya Eropa, Cina, dan Bali berpadu dengan harmonis.

Contohnya di kolam Bale Gili, gerbang jembatan menuju bale tersebut memiliki bentuk kubah gaya Eropa yang khas. Di atas jembatan tersebut juga terdapat sejumlah gapura yang menjadi ciri khas dari kerajaan Karangasem Bali.

Selain itu di pintu masuk sebelah barat taman terdapat reruntuhan bangunan yang berada di posisi paling tinggi. Dari sini Anda bisa melihat dengan jelas setiap sisi Taman Ujung Karangasem yang asri dan indah dengan berbagai bangunannya.

Konsep bangunan dan arsitektur yang unik pun sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto dan mengabadikan momen seru saat liburan. Tidak jarang sesi foto pre-wedding atau pemotretan profesional juga dilakukan di tempat wisata satu ini.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Ujung

Taman Ujung Karangasem terletak di kawasan Ujung Water Palace, Br. Dinas, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem. Jaraknya sekitar 13 kilometer dari Pura Lempuyang Bali yang terkenal dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini bisa gunakan Google Maps agar bisa mendapatkan rute terbaik dengan cepat. Namun jika Anda tidak ingin repot, sopir dari rental mobil innova di Bali siap mengantar Anda kemanapun tempat yang Anda inginkan.

Jam Operasional Taman Ujung

Untuk waktu operasionalnya, objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WITA hingga 19.00 WITA. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini tentu saja saat pagi hari dimana udara masih segar dan matahari belum terlalu panas.

Dengan begitu saat siang hari dan sore hari Anda bisa melanjutkan ke tempat lain atau berbelanja berbagai oleh-oleh khas Bali. Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau agar perjalanan Anda tidak terganggu dengan hujan yang turun atau cuaca mendung.

Hotel Dekat Taman Ujung

Jika Anda berencana menjelajah Karangasem dalam waktu yang cukup lama, menginap di hotel sudah jadi kebutuhan. Berikut ini beberapa rekomendasi hotel di dekat Taman Ujung yang bisa Anda pilih dengan harga yang murah dan berkualitas:

Taman Surgawi Resort & Spa

Hotel bintang 3 ini terletak paling dekat dengan Taman Ujung karena hanya berjarak sekitar 1.5 km saja. Untuk fasilitas, setiap kamar yang ditawarkan memiliki fasilitas lengkap yang pasti membuat liburan Anda nyaman.

Terdapat tiga tipe kamar yang disediakan Taman Surgawi Resort & Spa yakni Deluxe One Bedroom, Executive Room, dan Double Bedroom. Untuk harganya juga sangat terjangkau, satu guestroom disini disewakan mulai dari Rp750.000,00 per malamnya.

Lempuyang Boutique Hotel

Hotel ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana penginapan yang asri dan alami ala pedesaan. Fasilitas seperti kolam renang, hammock, pelayanan kamar, restoran serta berbagai fasilitas lain semua tersedia lengkap untuk kenyamananAnda.

Pemandangan ala pedesaan yang teduh bisa Anda nikmati langsung dari pintu kamar hotel tempat Anda menginap. Biaya yang diperlukan untuk menginap di tempat ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp680.000,00 per malamnya.

Villa Hidden Jewel

Villa ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang datang berlibur ke Bali bersama rombongan besar keluarga atau teman. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap mulai dari 5 kamar tidur ukuran besar hingga kolam renang infinity pool semua ada.

Selain itu Anda juga akan dilayani oleh private chef yang siap menyajikan berbagai macam menu mulai dari makanan khas Bali yang enak hingga Western. Harga yang dibanderol untuk menginap di tempat ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp1.500.000,00 per malamnya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)