SalSari Resto & Coffee

Akhir pekan atau hari libur adalah momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama. Anda bisa memilih Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru sebagai tempat wisata sekaligus ajang refreshing bersama keluarga atau teman.

Apalagi, tempat ini memiliki sejumlah daya tarik dengan nuansa alamnya yang menyegarkan. Ada banyak wahana permainan dan pastinya bisa tamasya atau piknik di atas rumput hijau dan di bawah pohon.

Sekilas Tentang Taman Wisata Alam Mayang

Taman Wisata Alam Mayang Kota Pekanbaru adalah tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits dan sudah beroperasi sejak tahun 1988. Meski sudah berusia puluhan tahun, jangan bayangkantempat ini tak terawat atau menjenuhkan.

Sebaliknya, taman wisata ini masih memiliki pesona yang mampu menjadi daya tarik wisatawan. Kondisinya sangat terawat, rapi, bersih, dan pastinya asri alami. Sungguh mampu segarkan mata dan pikiran.

Pihak pengelola terus mengembangkan area seluas 24 hektar ini menjadi tujuan wisata favorit warga Pekanbaru. Konsepnya sendiri adalah ruang terbuka hijau yang sangat nyaman untuk berakhir pekan.

Udaranya segar, banyak pepohonan, dan tanaman hijau. Ada wahana permainan dan pastinya cocok untuk segala usia. Anak-anak dan orang dewasa pun akan menyukai tempat istimewa ini.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Alam Mayang

alamat alam mayang pekanbaru

Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Mayang sangat terjangkau. Meski ada perbedaan harga tiket untuk pengunjung anak-anak dan orang dewasa, tentu tidak akan jadi masalah. Sebab, selisih harganya tak seberapa.

Selain tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar parkir kendaraan khusus untuk mereka yang membawa kendaraan ke tempat wisata ini. Berikut info harga tiket dan tarif parkir kendaraan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Anak Rp13.000,00
Tiket Masuk – Dewasa Rp18.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Taman Wisata Alam Mayang

Alamat Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru terletak di Jln. Imam Munandar km 8, Kel. Tanggerang Timur, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Dari pusat kota hanya berjarak 9 KM dan membutuhkan waktu sekitar 16 menit.

Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Pekanbaru 24 jam dan murah untuk berkunjung ke tempat ini bersama dengan keluarga. Jika jumlah bersama rombongan cukup banyak, bisa memilih tipe Hiace atau Elf agar lebih nyaman.

Rutenya yaitu dari pusat Kota Pekanbaru langsung menuju Jln. Harapan Raya di Jalan Lintas Sumatera. Kemudian belok ke arah Jln. Ambon dan masuk ke Jln. Alam Mayang.

Daya Tarik Taman Wisata Alam Mayang

Taman rekreasi keluarga ini masih menjadi primadona warga Pekanbaru untuk berakhir pekan. Sebab tempat ini menawarkan banyak hal mulai dari pemandangan, suasana tenang, hingga wahana permainan.

Danau Buatan

danau buatan pekanbaru

Suasana di wisata Pekanbaru ini semakin sejuk dengan adanya danau buatan. Ukuran danau buatan Pekanbaru ini sangat besar sehingga bisa untuk berbagai aktivitas seru.

Bisa untuk jadi lokasi bermain sepeda air, becak air, bebek air, camper boat, dan karpet ajaib. Ada juga area kolam yang bisa pengunjung pakai untuk memancing ikan.

Anda bisa menikmati danau buatan ini dengan berbagai cara. Misalnya duduk di dekat danau, piknik di sebelah danau, bermain wahana, atau memancing.

Suasana Alam Menyejukkan

Objek wisata yang berjarak sekitar 12 KM dari Masjid Raya Pekanbaru ini memiliki daya tarik utama berupa suasana alam menyejukkan. Sejauh mata memandang, semua terasa indah, hijau, dan sangat asri.

Konsep tempat wisata ini memang spot wisata ruang terbuka hijau. Sudah pasti tempat ini sangat nyaman untuk nikmati momen liburan. Anda bisa duduk di dekat taman, menghirup udara segar, atau bahkan mengadakan piknik kecil-kecilan.

Jika berencana piknik, sebaiknya bawa alas duduk sendiri dan juga bekal makanan dan juga minuman. Bekal makanan bisa berupa makanan ringan, makanan berat, atau buah.

Wahana Permainan

taman wisata alam mayang buka jam berapa

Selain wahana air, destinasi wisata yang jaraknya cukup dekat dengan Mall SKA Pekanbaru ini juga memiliki wahana lainnya. Di antaranya ada bom bom car, tembak reaksi, tembak tujuan, dan masih banyak lainnya.

Bahkan di taman wisata ini terdapat badut yang siap menghibur anak-anak. Untuk orang dewasa, ada pertunjukan pagelaran seni dari berbagai komunitas yang sering mengadakan kegiatan di sini.

Jika ingin menonton film, ada Studio 3D yang sangat seru. Tentu saja, wahana permainan lain juga masih ada baik yang untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Ada juga arena playground dengan perosotan dan ayunan. Pengunjung juga dapat menikmati kereta wisata. Ada juga wahana trampolin yang dapat memacu adrenalin dan mengasah keberanian anak-anak.

Festival Malam

festival air mancur menari

Jika Anda datang di waktu yang tepat, taman wisata alam ini juga mengadakan festival yang sangat seru. Paling tidak, festival yang menjadi tujuan wisatawan adalah Festival Lampu dan Festival Air Mancur Menari.

Anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada pihak pengelola perihal jadwal festival. Ketika sedang ada Festival Lampu, para pengunjung dapat melihat banyak lampu warna-warni yang cantik dan menarik.

Ada juga area taman lampu di mana area ini dipenuhi lampu-lampu yang terpasang di area rerumputan. Alhasil, area rerumputan ini berubah menjadi areawarna-warni.

Festival Air Mancur Menari juga tak kalah menarik. Air mancur di taman wisata ini terlihat menari-nari dengan indahnya. Lampu warna-warni juga turut mempercantik pertunjukan air mancur tersebut.

Wisata Kuliner

Selesai bermain, wisatawan juga bisa menikmati makanan yang ada di area foodcourt. Ada cukup banyak jenis makanan yang bisa Anda beli. Tapi jika membawa makanan sendiri, Anda bisa menikmatinya sambil piknik.

Adapun jika ingin membeli makanan Pekanbaru yang enak, Anda bisa mencarinya di dekat lokasi wisata. Saat perjalanan menuju tempat wisata ini, akan Anda temui beberapa penjual makanan khas dengan rasa otentik.

Spot Foto Instagramable

festival lampu taman di taman wisata alam mayang kota pekanbaru riau

Tentu saja, taman wisata alam ini juga menyuguhkan berbagai spot foto instagramable. Beberapa di antaranya ada semacam gapura unik, foto dengan kapal, patung ikonik, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk berfoto dengan menaiki wahana bebek air, berfoto di taman sambil piknik dan lainnya. Sebelum lanjutkan safari selfie Anda, jangan lupa singgah terlebih dahulu ke taman kuliner Pekanbaru yang ada di area wisata ini.

Fasilitas di Taman Wisata Alam Mayang

Fasilitas taman wisata alam ini terbilang sangat lengkap sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Beberapa di antara seperti area parkir yang luas, toilet, toko oleh-oleh Pekanbaru, dan mushola.

Selain itu ada warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Kemudian, anak-anak bisa bermain wahana air, ruang terbuka hijau untuk piknik, aneka festival, dan masih banyak lagi.

Jam Buka Taman Wisata Alam Mayang

harga tiket masuk taman wisata alam kota pekanbaru

Bagi yang belum pernah mendatangi tempat ini, pasti penasaran Taman Wisata Alam Mayang buka jam berapa. Berdasar info terkini dari pengelola, taman wisata alam ini buka setiap hari sejak dari pagi hingga petang hari. Tepatnya dari jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB.

Jadwal ini berlaku baik untuk hari biasa maupun akhir pekan dan masa liburan. Namun demi kenyamanan, memang ada baiknya berkunjung saat hari biasa karena akan lebih sepi dan tentunya nyaman.

Silahkan agendakan liburan bersama keluarga ke Taman Wisata Alam Mayang Kota Pekanbaru Riau di akhir pekan ini. Salsa Wisata dapat membantu Anda untuk memfasilitasi liburan Anda dengan pelayanan terbaik kami. Liburan pun akan nyaman dan tentunya lebih hemat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)