SalSari Resto & Coffee

Banyak wisatawan lebih suka menghabiskan waktu liburan di Bandung, karena Bandung memang terkenal dengan beragam tempat wisata, baik yang bersejarah maupun yang kekinian. Padahal, provinsi Jawa Barat itu punya banyak kota dengan segudang tempat wisata. Salah satunya yaitu Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau di Purwakarta.

Banyak yang bilang Purwakarta sebagai kota pensiun, karena kota ini cenderung tenang dan jauh dari hiruk-pikuk. Namun bukan berarti tempat ini jadi membosankan.

Tempat wisata hits di Purwakarta juga beragam. Batu Apung Alam Hijau ini buktinya. Selain menawarkan panorama yang cantik, tempat ini juga merupakan restoran. Cocok untuk dikunjungi rombongan.

Sekilas Tentang Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau Purwakarta

Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau adalah salah satu destinasi wisata kuliner terkenal di Purwakarta. Salah satu hal yang membuat tempat wisata ini populer yaitu lokasinya yang strategis.

Itulah yang membuat pengunjung selalu berdatangan, terutama di saat lIburan. Lokasinya ada di Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

Dari namanya, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa tempat ini memang sebuah taman wisata. Seperti layaknya taman, tentu ada tanaman-tanaman cantik, pemandangan indah, dan spot foto yang instagramable. Dan semua itu memang bisa Anda nikmati di sini.

Namun, yang paling diincar di sini yaitu wisata kulinernya. Tentu saja, pada dasarnya bisnis ini adalah sebuah rumah makan. Namun, Anda juga bisa berwisata di sini setelah puas menyantap hidangan tradisional khas Jawa Barat lezat.

Yang membuat wisata ini terkenal salah satunya yaitu cita rasa makanannya yang sangat memanjakan lidah Area tempat makannya sendiri cukup luas.

Area tersebut terbagi menjadi beberapa setting tempat makan. Secara keseluruhan, tempat ini cukup luas. Jadi, Anda yang datang bersama rombongan tentu bisa memanfaatkannya.

Yang membuat tempat makan ini beda dengan yang lainnya yaitu pemandangan sekitar yang memukau. Pemandangan alam di sekitar tempat ini sangat indah.

Wajar, karena lokasinya sendiri cukup jauh dari pusat kota, jadi tidak bising dan tidak terkena polusi. Udaranya segar dan sejuk. Sawah-sawah yang menghijau bisa meneduhkan mata juga.

Fasilitas Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

miniatur liberty Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Secara keseluruhan, fasilitas yang ada di tempat wisata ini cukup lengkap. Setiap tahun, selalu ada review dari pengelola dan perbaikan jika ada yang harus diperbaiki.

Fasilitas standarnya antara lain toilet dan kamar mandi yang bersih, tempat ibadah yang sudah dilengkapi dengan peralatan ibadah, dan area parkir yang luas.

Kalau untuk wahana, di sini Anda bisa menemukan berbagai spot foto cantik, kurang lebih sama seperti di Ujung Aspal Purwakarta. Selain itu ada juga penyewaan kostum busana tradisional Jepang dan Korea untuk kelengkapan foto Anda. Ada kolam renang, mini zoo, dan playground juga.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Anda bisa kok mengunjungi tempat wisata ini tanpa harus makan di rumah makannya. Berikut ini adalah rincian harga tiket masuk Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau.

Retribusi Column 2
Tiket masuk anak Rp30.000,00
Tiket masuk dewasa Rp40.000,00
kolam renang Rp10.000,00
terapi ikan Rp10.000,00
sewa alat pancing Rp10.000,00
wahana permainan Rp15.000,00 – Rp30.000,00
menu makanan & minuman Rp5.000,00 – Rp100.000,00

Rute Menuju Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

rute Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Taman Wisata ini lokasinya dekat dengan Situ Wanayasa dan Pasar Wanayasa. Kalau Anda hendak datang ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Namun, untuk alasan kepraktisan, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil plus driver terpercaya.

Kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi atau rental, Anda bisa berkendara menuju Jalan Wanayasa. Dari Wanayasa, Anda bisa banyak menemukan petunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda ke tujuan.

Kalau Anda memilih untuk naik angkutan umum, Anda bisa naik kendaraan jurusan Pasar Rebo. Dari Pasar Rebo, naik lagi angkutan kuning tujuan Wanayasa.

Daya Tarik Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Berbagai Spot Foto Menarik

spot foto Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Ada banyak spot foto unik yang bisa Anda temukan di sini, bentuknya juga beragam. Anda bisa memanfaatkan spot-spot tersebut untuk mengabadikan momen.

Beberapa spot popularnya yaitu patung liberty buatan yang membuat seolah Anda ada di New York. Atraksi ini sekilas mirip dengan yang di Cimory Ungaran dan Merapi Park.

Ada juga patung Merlion, yang merupakan ikon negara Singapura. Ada banyak tiruan landmark dari berbagai negara yang bisa Anda jadikan objek foto ciamik.

Anda bahkan bisa menyewa kostum, seperti pakaian adat Jepang dan Korea, untuk kemudian berfoto di landmark negaranya. Seolah-olah Anda sedang berlibur ke luar negeri, padahal hanya di Purwakarta.

Main di Mini Zoo, Playground, dan Kolam Renang

wahana anak Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Untuk anak-anak, tentu saja mereka akan betah di sini, karena tempat wisata yang memang khusus untuk keluarga ini memiliki banyak wahana ramah anak.

Di sini ada mini zoo dengan koleksi hewan kecil nan jinak, seperti ayam, burung, kuda, sapi, domba, dan sebagainya. Hewan-hewan tersebut bisa diajak berinteraksi, lho.

Selain itu, ada juga area outdoor playground yang bisa anak-anak nikmati. Di sini, ada ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan. Ada juga berbagai patung lucu yang bisa jadi spot foto anak-anak.

Terakhir, ada kolam renang khusus anak juga. Meski kolamnya tidak besar, tapi pasti bisa membuat anak Anda senang.

Taman Cantik

Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Bukan cuma pemandangan alaminya saja yang indah, pemandangan buatannya pun sama cantiknya. Pemandangan buatan ini terdiri dari taman-taman yang indah. Beragam taman ini disusun dan dirawat oleh pengelola, sehingga bisa jadi spot foto cantik.

Rata-rata taman tersebut bentuknya unik. Yang berbentuk hati itu yang jadi favorit kebanyakan pengunjung. Bunga-bunga yang mekar di taman ini pun menambah nilai estetika tamannya. Tak heran kalau taman-taman ini sering jadi lokasi pemotretan.

Kolam Terapi Ikan

kolam Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Selain kolam renang, di sini juga ada kolam terapi ikan. Anda bisa mencelupkan kaki Anda sampai sebetis ke dalam kolam ini, lalu biarkan ikan-ikan kecil yang ada di sana menggigiti dan memakan sel-sel kulit mati permukaan kaki Anda.

Konon, gigitan ikan-ikan yang terasa geli ini juga merupakan terapi penyakit. Katanya, titik-titik tubuh yang digigiti oleh ikan-ikan tersebut bisa menjadi semacam pemijatan yang menyehatkan badan. Kolam ini selalu ramai pengunjung yang ingin merasakan sensasi digigit ikan kecil.

Jam Operasional Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau buka dari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB setiap harinya. Kalau Anda datang di jam makan siang atau makan malam, kami sarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, supaya bisa kebagian tempat.

Pulangnya, jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh khas makanan Jawa Barat terdekat yang ada di sekitar Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau.

Bagaimana? Tertarik untuk datang ke sini? Kalau ya, Anda bisa pesan liburan Anda ke Purwakarta di Salsa Wisata. Di sini, Anda bisa menemukan banyak paket wisata.

Paket wisata tersebut sudah termasuk hotel, transportasi, makan, dan tiket wisata. Harganya ramah di kantong, bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Tentu liburan jadi lebih praktis kalau pakai sistem paket. Jatuhnya pun lebih murah. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (9 votes)