SalSari Resto & Coffee

Berlibur bersama keluarga ke Bandung belum terasa lengkap apabila belum mengunjungi Taman Wisata Bougenville. Apa lagi bila Anda ingin melepas penat di tengah alam yang asri, sejuk dan indah.

Di sini, Anda bisa menginap, bermain air, hiking, menikmati ragam kuliner dan bersantai di tengah alam terbuka bersama keluarga dan teman tercinta.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak ulasan kami berikut ini.

Sejarah Singkat Taman Wisata Bougenville

Villa Taman Wisata Bougenville

Taman wisata ini terletak di kaki Gunung Puntang, Bandung. Gunung terkenal dengan sejarah panjangnya yang unik.

Berabad-abad yang lalu, di daerah Bandung, berdiri sebuah kerajaan yang disebut Nagara Puntang. Nah, terdapat sebuah gunung yang termasuk dalam kerajaan ini sehingga dinamakanlah gunung tersebut Guntung Puntang.

Kompleks Pegunungan Malabar ini terdiri dari Gunung Malabar, Gunung Puntang dan Gunung Puncak Besar.

Gunung Puntang merupakan salah satu gunung bersejarah di Bandung. Sebab, di gunung ini terdapat Goa Belanda, dan dulu merupakan basis stasiun pemancar Radio Malabar yang menyebarkan berita ke seluruh dunia.

Selain digunakan untuk berkemah, Gunung Puntang juga sering digunakan sebagai tempat wisata alam. Tentu saja salah satunya adalah Taman Bougenville.

Rute Menuju Lokasi Taman Wisata Bougenville

Taman ini berlokasi di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamata Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk mencapainya, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun layanan rental mobil Innova Zenix Bandung murah.

Jam Operasional Taman Wisata Bougenville

Jam Operasional Pukul
Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 – 17.00 WIB
Penginapan Check in 14.00 – Check out 10.00 WIB

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Bougenville

Retribusi Tarif
Tiket masuk reguler Rp35.000,00
Tiket masuk Terusan 1 Rp55.000,00
Tiket masuk Terusan 2 Rp75.000,00
Sewa Villa Rp1.750.000,00 – Rp8.000.000,00
Outbound Rp145.000,00 – Rp215.000,00

Daya Tarik Taman Wisata Bougenville

daya tarik Taman Wisata Bougenville

Berpose di Tengah Alam yang Hijau

Oleh karena taman ini terletak di kaki gunung, maka pemandangan sekitar tentu saja sangat menawan. Terdapat pepohonan rindang dan tanaman hijau. Ada pula bunga-bunga berwarna-warni. Sangat cocok dijadikan latar belakang untuk foto instagramable!

Selain itu ada beberapa spot foto favorit wisatawan yang wajib Anda kunjungi untuk berfoto. Salah satunya adalah jembatan kayu dan Skywalk. Jembatan kayu sepenuhnya terbuat dari kayu dengan sangkar-sangkar burung hias yang bergantung di dahan pohon dan tanaman rambat Air Mata Pengantin.

Jembatan ini sebenarnya merupakan penghubung antara villa-villa dan Sungai Cigeureuh. Tapi kerap kali wisatawan mengunjungi jembatan ini hanya untuk berfoto. Tak heran bila taman ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bandung.

Taman Bunga Mempesona dan Danau Jernih

Spot foto selanjutnya yang tak kalah mempesona adalah taman bunga. Di sini, Anda bisa berpose di tengah bunga-bunga warna-warni. Pemandangan di taman bunga ini sangat indah seakan Anda sedang berada di negeri peri ajaib!

Kemudian, terdapat danau buatan yang luas dengan air jernih bernama Mooi Lake. Di sini juga terdapat villa atau kabin kayu yang merupakan favorit para wisatawan.

Danau ini juga merupakan spot foto favorit lainnya, jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen di lokasi ini ya!

Kolam Renang dan Sungai Cigeureuh

Nah, jika Anda ingin bermain air, maka Anda bisa melakukannya di kolam renang atau Sungai Cigeureuh!

Kolam renang ini tidak terlalu dalam sehingga bisa dinikmati oleh wisatawan dari berbagai usia. Namun, kolam ini tidak seperti Waterboom, sebab hanya dilengkapi dengan seluncuran landai.

Walau begitu, hal tersebut tidak mengurangi minat para wisatawan untuk bersantai atau sekadar berfoto di tepi kolam. Selain itu, kolam renang ini juga bersebelahan dengan Cafe Bougenville sehingga Anda bisa langsung menikmati hidangan hangat setelah puas bermain di kolam renang.

Jika menginginkan pengalaman yang unik dan lain dari biasanya, Anda bisa mencoba bermain air di Sungai Cigeureuh. Di sini, airnya memang deras, namun karena tersebar bebatuan besar, Anda tidak perlu khawatir terseret arus. Walau begitu, para orang tua harus tetap waspada terhadap anak-anak mereka.

Anda bisa duduk di tepi sungai, bermain air atau berfoto ria. Semuanya mengasyikkan dan tentu tidak akan terlupakan!

Menginap di Villa dan Berkemah

Anda ingin bermalam di taman wisata yang indah ini? Tidak masalah. Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil.

Pertama, Anda bisa menyewa salah satu villa yang disediakan oleh Taman Bougenville. Ada yang terletak di tengah taman bunga, di tepi hutan kecil, di tepi kolam renang, di tepi sungai hingga di tepi danau.

Villa-villa ini bisa menampung 5 hingga 20 orang, tergantung tipe villa yang Anda pilih. Harganya pun bervariasi dan sudah termasuk beberapa fasilitas, seperti tempat tidur, dapur, peralatan memasak, kayu bakar, akses ke taman dan kolam renang, juga sarapan.

Jika Anda tidak ingin menyewa villa, Anda bisa berkemah di area yang sudah disediakan. Area ini bisa menampung hingga 750 orang. Namun, harga sewa belum termasuk peralatan berkemah. Jadi, ada baiknya bila Anda membawa peralatan sendiri.

Flying Fox, Children’s Playground dan Outbound

Anda bisa juga bermain flying fox di taman wisata hits di Bandung ini! Wahana ini paling diminati para wisatawan, baik yang hanya berkunjung maupun yang menginap.

Dengan wahana ini, Anda akan meluncur sambil menikmati pemandangan taman dan pegunungan yang menakjubkan. Untuk bisa menikmati wahana ini, Anda perlu membeli tiket terusan.

Selain flying fox, ada pula taman bermain anak-anak yang tak kalah seru. Di sini, anak-anak bisa bermain ayunan, perosotan dan trampolin. Ada pula meja dan kursi berbentuk jamur yang lucu sehingga dapat menambah kegembiraan buah hati.

Anda juga bisa melakukan kegiatan outbound di taman wisata ini loh! Pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam paket outbound yang bisa Anda dipilih. Dari mulai paket dewasa hingga anak-anak.

Fasilitas di Taman Wisata Bougenville

fasilitas Taman Wisata Bougenville

Secara keseluruhan, fasilitas di Taman Wisata Bougenvile sudah memadai. Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Area parkir yang luas
  • Wahana outbound
  • Waterpark
  • Toilet umum
  • Kamar mandi bilas
  • Gazebo
  • Cafetaria
  • Camping area
  • Penginapan

Para wisatawan kami untuk bermalam setidaknya satu malam agar dapat menikmati semua fasilitas dan keindahan di taman wisata ini sepuasnya. Setelah itu, Anda bisa juga sekalian menikmati wisata kuliner enak di Kota Bandung!

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berwarna, gaet biro travel berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk membantu membuatkan itinerary explorasi tempat wisata Bandung yang terkenal.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)