SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Anda sedang liburan singkat di Kota Kembang Bandung? Cobalah jelajahi wisata alam Gunung Puntang Bandung. Wisata alam yang ada di Bandung Selatan ini pasti akan membuat Anda kagum dengan keindahannya.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan Kota Bandung dan sekitarnya dari puncak gunung ini. Keasyikan lainnya bisa dengan mendirikan tenda dan bermalam di salah satu camping ground di sini.

Keesokan harinya, sambil menikmati kesejukan udara pegunungan, Anda dapat menyaksikan sunrise yang perlahan muncul dan memancarkan sinar mentari hangatnya.

Ini hanya sebagian kecil saja daya tarik yang disuguhkan oleh tempat wisata alam ini. Masih banyak hal menarik lainnya yang sebenarnya masih bisa Anda gali dari tempat ini.

Namun agar tidak berlama-lama, sebaiknya Anda simak langsung informasi berikut ini

Sejarah Gunung Puntang

Gunung ini menjulang dengan ketinggian 2.224 mdpl. Di salah satu sudut lerengnya terdapat sebuah kawasan perkemahan khusus yang berada di ketinggian 1.300 mdpl.

Lokasi bumi perkemahan ini memang tidak terlalu tinggi, tapi masih memiliki nuansa sejuk dan asri layaknya nuansa khas pegunungan.

Selain sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah siswa dan pecinta alam, kawasan ini juga kerap menjadi lokasi trekking dan downhill.

Mungkin Anda akan cukup terkejut saat mengetahui sejarah dari tempat wisata Bandung yang lagi viral satu ini. Wisata alam ini dulu adalah titik lokasi untuk siaran radio loh.

Hal ini karena lokasinya yang sangat baik untuk menangkap sinyal radio. Berkat sinyal yang sangat kuat, informasi siaran yang berasal dari stasiun radio di gunung ini bisa terdengar hingga ke Belanda.

Sekedar informasi, dulu di gunung ini terdapat sebuah stasiun radio yang sudah ada sekitar tahun 1923. Dengan adanya stasiun radio tersebut, kawasan ini kemudian menjadi jalur komunikasi komunikasi penting.

Bahkan kerennya lagi, stasiun radio ini pernah menyandang label sebagai stasiun radio terbesar di dunia pada saat itu.

Namun sayang, kini stasiun radio tersebut tidak ada jejaknya sama sekali. Bahkan reruntuhannya pun sudah tidak ada lagi. Yang masih tersisa hanyalah reruntuhan bekas pemukiman warga yang ada di sekitar lokasi stasiun radio.

Daya Tarik Gunung Puntang

Sejarah Gunung Puntang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Terletak di salah satu kawasan Kabupaten Bandung, gunung ini sering sekali menjadi rujukan untuk para mahasiswa pecinta alam Kota Bandung.

Lokasinya yang dekat dengan kota membuat mereka tidak sulit untuk mengaksesnya.

Masih satu rangkaian dengan Pegunungan Malabar, hawa udaranya masih sangat sejuk. Bentang alamnya juga masih sangat asri dan asli.

Selain itu, ada sejumlah spot wisata yang turut menjadi magnet bagi para wisatawan. Berbagai kegiatan alam pun bisa Anda lakukan. Berikut akan kami bagikan beberapa aktivitas asik yang sering dilakukan di gunung ini.

Pendakian

Jika Bali punya Gunung Agung yang sering menjadi lokasi favorit, Bandung punya gunung ini sebagai salah satu target pendakian selain Papandayan. Mega, puncak tertinggi gunung ini tentu menjadi sasaran utama bagi para pendaki.

Puncak Mega ini selain menawarkan lokasi untuk menyaksikan lukisan alam dari ketinggian, puncak ini juga memiliki sesuatu yang istimewa.

Dari titik yang lebih tinggi, Puncak Mega ini menyerupai bentuk punggung naga. Bentuk punggung naga ini sering menjadi spot untuk menyaksikan sunrise dan sunset terbaik.

Camping

Sejauh ini, wisata alam ini adalah kawasan yang paling tertata se-Bandung Raya. Hal ini dapat Anda lihat dari area camping ground yang rapi dan nyaman.

Area untuk camping ini terbagi menjadi beberapa blok dan tiap blok ini menawarkan pemandangan dan suasana yang berbeda.

Setiap blok juga telah memiliki jalur tersendiri untuk kendaraan. Tak hanya itu saja, masing-masing blok juga telah memiliki fasilitas umum standar seperti toilet dan pusat sewa perlengkapan camping.

Dengan dukungan fasilitas dan akses ini, tentu berkemah dengan keluarga, bahkan dengan si kecil pun dapat Anda realisasikan.

Eksplorasi Berbagai Jurug

Kawasan wisata alam ini juga mempunyai hidden gem yang pasti akan membuat Anda berdecak kagum. Di beberapa spot di lereng gunung, ada sejumlah curug yang bisa Anda jangkau dengan bantuan pemandu.

Salah satunya adalah curug tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Curug Siliwangi yang tingginya mencapai 150 meter.

Bentuk curug ini menyerupai bentuk Air Terjun Sri Gethuk yang berundak-undak bak desain dekorasi air terjun taman buatan.

Habitat Owa dan Situs Sejarah

Tidak banyak orang yang tahu bahwa gunung ini rupanya habitat asli dari satwa langka Owa. Jika Anda beruntung, saat sedang hiking atau trekking, Anda dapat menjumpai satwa langka ini.

Bagi yang tidak pernah sekalipun melihat Owa secara langsung, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas khusus, yaitu Bioskop Alam Owa Jawa.

Anda boleh bertanya apapun seputar satwa langka ini kepada pemandu yang bertugas.

Anda juga dapat membeli souvenir bertema Owa. Lumayan bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung murah yang tak akan dijumpai di tempat lain.

Untuk situs sejarah, ada beberapa spot yang berisikan situs sejarah di kawasan kaki gunung ini. Adapun situs sejarah yang masih eksis hingga sekarang adalah sebagai berikut:

  1. Stasiun Radio Malabar
  2. Kolam Cinta
  3. Goa Belanda

Fasilitas Gunung Puntang

Gunung Puntang Malabar

Mudah sekali untuk mengakses berbagai jenis fasilitas di kawasan wisata alam ini karena fasilitas-fasilitas di sini begitu lengkap.

Fasilitas umum yang tersedia antara lain area parkir, mushola/ masjid, toilet, dan kamar mandi.

Terdapat juga fasilitas pendukung seperti beberapa warung makan yang seringnya menjual banyak jenis makanan khas Bandung yang terkenal enak. Tempat sewa perlengkapan camping juga ada di sini.

Villa untuk menginap juga bisa Anda manfaatkan jika Anda ingin menginap bersama keluarga. Fasilitas terakhir adalah jasa guide atau pemandu yang siap memandu Anda untuk mengunjungi spot-spot dengan akses tersembunyi.

Harga Tiket Gunung Puntang Bandung

Tiket masuk untuk pengunjung lokal dan asing berbeda, terutama dari HTM-nya. Demikian juga dengan tiket untuk keperluan kunjungan wisata biasa, camping, dan kegiatan khusus seperti pemotretan, dll.

Berikut ini adalah informasi lengkap HTM terbaru di wisata alam gunung ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp25.000,00 per orang
Tiket Masuk Wisatawan Asing Rp55.000,00 per orang
Camping Rp35.000,00 per orang
Pendakian ke Puncak Rp30.000,00 per orang
Downhill Rp25.000,00 per orang
Camping per Blok Area Rp300.000,00 per group
Parkir Sepeda Motor Rp7.000,000 per unit
Parkir Mobil/ Minibus Rp12.000,00-Rp17.000,00 per unit
Parkir Bus/ Kendaraan Besar Rp35.000,00 per unit

HTM di atas berlaku untuk kegiatan atau kunjungan di hari biasa. Sementara selama liburan, baik liburan akhir pekan maupun libur nasional, HTM di atas kemungkinan akan mengalami kenaikan.

Sistem semacam ini sepertinya umum diberlakukan di hampir semua wisata gunung, termasuk Gunung Papandayan.

Lokasi & Rute Menuju Gunung Puntang

Wisata Gunung Puntang

Wisata alam gunung ini berada di Kampung Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Ada rute termudah untuk sampai di lokasi ini dengan cepat, yaitu via Tol Soreang atau Tol Buah Batu. Kondisi jalannya sudah beraspal halus namun cukup sempit.

Demi kelancaran perjalanan Anda untuk menuju lokasi ini, memang jauh lebih baik untuk gunakan kendaraan sewa dari Salsa Wisata. Dengan kondisi kendaraan super fit, kami siap antarkan Anda ke lokasi tersebut tepat waktu.

Silahkan Anda pilih paket sewa yang Anda inginkan. Misal Anda ingin liburan bersama rombongan, paket sewa mobil Hiace Premio Bandung akan menjadi opsi paling recommended.

Jam Operasional Gunung Puntang

Tidak ada jam operasional di kawasan wisata alam ini karena tempat ini buka setiap hari. Meski begitu, untuk fasilitas warung makan dan pusat sewa perlengkapan camping biasanya akan mulai tutup saat sore hari.

Bagaimana, kira-kira apa tanggapan Anda tentang Gunung Puntang ini? Apakah usai membaca informasi ini Anda semakin tak sabar untuk camping di wisata alam ini?

Kapanpun Anda akan merealisasikan agenda camping Anda, pastikan Anda telah menyiapkan segala keperluan liburan Anda dengan baik.

Namun kini ada cara praktis agar Anda tak perlu repot memikirkan transportasi, akomodasi, dan hal lainnya.

Caranya dengan menggunakan paket gathering Bandung murah dari Salsa Wisata. Cukup dengan melakukan reservasi via online, perjalanan wisata Anda bersam rombongan akan siap terlaksana. Simpel dan enjoyable.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bandung, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)