Telaga Madirda mungkin belum terlalu akrab bagi para pelancong bila dibandingkan dengan tempat wisata di Solo lainnya. Namun danau alami yang berada di kaki Gunung Lawu ini sangat layak untuk Anda kunjungi selama liburan.

Keindahan alamnya yang asri menjadi salah satu daya tarik terbaik yang bisa Anda dapatkan di Telaga Madirda. Selain itu masih banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Telaga ini ketika berlibur ke Solo.

Anda bisa mengunjungi Telaga ini dengan menggunakan paket wisata Solo yang ditawarkan oleh biro perjalanan. Sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Telaga Madirda berikut ini:

Sekilas Tentang Telaga Madirda

Telaga Madirda merupakan danau alami yang berada di kaki gunung Lawu dan memiliki keindahan alam yang begitu menawan. Terletak pada ketinggian 1.050 mdpl hawa segar udara pegunungan bisa langsung terasa saat Anda memasuki Telaga.

Pada awalnya telaga seluas 3.5 hektar ini hanya dimanfaatkan sebagai sumber air untuk mengairi persawahan sekitarnya terutama kawasan Karanganyar. Namun setelah tahun 2018, objek wisata ini memiliki wajah baru yang menarik untuk jadi destinasi wisata.

Berbagai fasilitas menarik telah ditambahkan di sekitar kawasan telaga seperti spot berfoto, villa, toilet, dan lainnya. Taman-taman bunga juga ditanam di sekeliling telaga sehingga semakin menambah keindahan alam sekitar.

Cerita Rakyat Tentang Telaga Madirda

Penduduk sekitar Telaga Madirda memiliki cerita tersendiri mengenai terbentuknya telaga satu ini. Mereka mempercayai Telaga ini memiliki keterkaitan dengan kisah Dewi Indradi dan Resi Gotama serta ketiga anaknya.

Dikisahkan Dewi Indradi memiliki sebuah mustika bernama Cupu Manik Astagina dan diberikan kepada putrinya yakni Anjani. Kedua saudara Anjani yakni Subali dan Sugriwa yang mengetahui hal tersebut kemudian menjadi iri dan terjadi perselisihan.

Resi Gotama yang tidak ingin terjadi perpecahan diantara anak-anaknya akhirnya membuat mustika Cupu Manik Astagina. Ajaibnya dari tempat terbuangnya mustika tersebut muncul sumber air yang sangat deras dan menjadi sebuah telaga.

Nama Madirda yang memiliki arti memabukkan pun diberikan kepada telaga tersebut. Pesona indah telaga ini sangat memabukkan bagi siapapun yang melihat sebagaimana keindahan pusaka Cupu Manik Astagina.

Hal Menarik di Telaga Madirda

Sesuai dengan legenda tentang Telaga Madirda, tempat ini memiliki pesona yang begitu indah. Ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan dari Telaga ini dan berikut beberapa diantaranya:

Keindahan Alam

Objek wisata ini terkenal dengan keindahan telaga yang tenang serta dikelilingi dengan pohon-pohon rindang khas pegunungan. Airnya yang jernih membuat ikan-ikan yang berenang di dalamnya dapat terlihat dengan jelas.

Halaman rumput hijau luas di sekeliling telaga menjadi tempat yang pas untuk bersantai menikmati keindahan alam. Ditemani dengan angin sepoi-sepoi yang bertiup, sejuknya udara pegunungan Lawu seperti membawa hilang lelah dan penat Anda.

Saat pagi hari, kabut yang turun semakin menambah kesan magis dan eksotis dari Telaga ini. Suasananya yang asri dan sejuk serta panorama alam yang menawan membuat siapapun yang datang betah berlama-lama di Telaga Madirda.

Camping dan Piknik Santai

Hamparan padang rumput di tepi telaga sering kali dimanfaatkan pengunjung untuk mendirikan tenda dan berpiknik bersama. Pohon pinus yang rindang memberikan keteduhan saat matahari berada di atas langit.

Anda bisa menikmati momen romantis di tempat wisata ini pada malam hari bersama bintang yang bertaburan menghias malam. Saat pagi udara sejuk kaki gunung Lawu akan memberikan semangat baru untuk Anda memulai hari.

Sambil menggelar tikar dan menikmati pemandangan, Anda bisa menyantap makanan khas Solo yang sudah dibawa atau dibeli di warung sekitar telaga. Keindahan dan keseruan yang Anda dapatkan di Telaga Madirda ini akan menjadi pengalaman paling berkesan selama Anda liburan.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Setelah dikelola dengan baik oleh pemerintah desa, Telaga ini semakin terlihat cantik. Ada banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan objek berfoto yang apik di Telaga ini salah satunya terowongan bambu.

Terowongan yang terbuat dari bambu ini disusun sedemikian rupa menjadi bentuk yang menarik dan instagramable. Selain itu Anda juga bisa berfoto di tengah telaga dengan menggunakan perahu kayuh berbentuk angsa yang lucu.

Taman-taman dengan berbagai bunga serta hiasan menarik penuh warna juga bisa menjadi latar foto menarik bersama pemandangan alam sekitar. Foto Anda pun bisa semakin menarik saat dikelilingi oleh ikan di kolam air yang berada di Telaga Madirda.

Menyaksikan Upacara Keagamaan

Telaga Madirda juga termasuk telaga penting bagi umat Hindu di sekitar kawasan Karanganyar. Tempat ini sering diadakan upacara umat Hindu seperti Melasti menjelang hari raya Nyepi.

Biasanya saat upacara ini umat hindu melakukan penyucian diri menggunakan air telaga yang dikeramatkan. Dengan begitu badan dan pikiran mereka bisa suci saat pelaksanaan Upacara Catur Brata saat Nyepi berlangsung.

Menyaksikan upacara keagamaan ini akan menambah wawasan Anda tentang keberagaman. Selain itu, momen langka pelaksanaan upacara Melasti ini bisa menjadi warna menarik yang menghiasi waktu berlibur Anda di Telaga ini.

Harga Tiket Masuk Telaga Madirda

Untuk masuk kawasan Telaga Madirda, Anda tidak harus merogoh kocek yang dalam karena biayanya sangat terjangkau. Hanya dengan beberapa ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan panorama alam dari Telaga ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp15.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan biaya yang diperlukan jika akan mengunjungi Telaga Madirda.

Dapatkan juga kemudahan berkeliling tempat wisata di Solo dengan menggunakan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Dengan paket ini Anda juga bisa mencicipi berbagai Makanan Khas Solo sekaligus membeli oleh-oleh khas Solo yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Telaga Madirda

Telaga Madirda terletak di area persawahan daerah Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar di kaki Gunung Lawu. Lokasinya sekitar 40 km dari Kota Surakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit.

Rute terbaik menuju Telaga Madirda bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa mobil innova Solo atau biro perjalanan yang siap mengantarkan Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Telaga Madirda

Anda bisa mengunjungi Telaga ini setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.30 WIB. Namun jika Anda berencana camping di Telaga ini, Anda bisa menikmati keindahan telaga ini selama 24 jam penuh.

Usahakan untuk datang saat musim kemarau agar perjalanan Anda bisa terhindar dari cuaca mendung atau hujan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan liburan yang sempurna tanpa terganggu cuaca yang kurang mendukung.