SalSari Resto & Coffee

Tlatar Boyolali adalah sebuah destinasi wisata yang mengusung konsep ekowisata berbasis edukasi dan pelestarian alam. Kawasan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengajak keluarga rekreasi.

Meluangkan waktu bersama keluarga dengan mengunjungi tempat wisata memang sangat menyenangkan. Terlebih jika rekreasi tersebut menyediakan keindahan alam yang sangat bagus.

Nah, tunggu apa lagi, mari atur jadwal untuk berkunjung ke area rekreasi ini bersama dengan keluarga. Anda tidak akan kecewa dengan suguhan panorama yang begitu mempesona.

Sekilas Tentang Tlatar Boyolali

taman asri tlatar

Tlatar Boyolali adalah tempat wisata yang juga terkenal dengan nama Umbul Tlatar. Kawasan ini bertempat di Jalan Pangeran Diponegoro, Dusun 2, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Jarak dari kawasan wisata yang satu ini dengan tempat rekreasi lainnya seperti New Selo adalah 21 kilometer saja. Jarak tersebut bisa Anda capai dengan perjalanan sekitar setengah jam untuk sampai di lokasi.

Area dengan luas lahan sekitar 5 hektar ini menyimpan banyak pemandangan indah. Tempat ini juga didominasi oleh banyak pepohonan dan tumbuhan yang membuat nuansa di sini begitu asri, sejuk dan bikin betah.

Wisata berbasis alam ini sangat populer dan kerap menjadi tujuan utama para wisatawan. Sejak resmi beroperasi pada 2002 silam, namun tempat ini masih eksis hingga pernah sepi pengunjung.

Meski berada di Boyolali, ada berbagai tempat wisata Instagramable Solo yang bisa menjadi destinasi wisata berikutnya. Tempat yang eksotik akan membuat kawasan wisata tersebut semakin indah.

Lokasi dan Rute Menuju Tlatar Boyolali

Objek wisata Tlatar berlamatkan di Jl. Pangeran Diponegoro, Dusun 2, Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Mengunjungi Tlatar Boyolali bisa Anda lakukan dengan mengendarai kendaraan pribadi atau juga umum. Jika Anda berangkat dari Solo, maka membutuhkan waktu kira-kira 1 jam perjalanan.

Akses yang bisa Anda pilih adalah jalur Tol Salatiga-Kertasana atau juga bisa memilih Jalan Raya Solo-Boyolali. Dari pusat Kota Boyolali, tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 9 kilometer.

Dari arah Alun-alun Boyolali, Anda perlu menuju ke Jalan Senopati kemudian belok kiri ke Jalan Pandanaran. Setelah itu, belok kanan menuju Jalan Soeharso lalu ke Jalan Diponegoro. Dari situ, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah hingga sampai tujuan.

Pilihan terbaik bagi Anda yang ingin pergi ke tempat ini adalah menggunakan layanan rental mobil Avanza Solo murah dari Salsa Wisata. Anda akan mendapatkan layanan yang memuaskan dengan pengemudi berpengalaman.

Harga Tiket Masuk Tlatar Boyolali

Berlibur di objek wisata Tlatar Boyolali tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Tiket masuknya saja terbilang murah meriah. Bahkan anak-anak usia di bawah lima tahun tak perlu membayar tiket masuk, alias gratis. Nah, untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa Rp10.000,00
Tiket masuk balita Gratis
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp3.000,00

Semua informasi tarif yang telah kami sebutkan di atas, tentunya masih dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pengelola. Oleh karenanya, kami akan rutin mengecek dan mengupdate informasi harga sesuai dengan yang terbaru resmi dari pengelola wisata.

Fasilitas di Tlatar Boyolali

Air terjun mini di Wisata Air Tlatar

Sebagai tempat rekreasi yang hits di kalangan masyarakat Jawa Tengah, Tlatar Boyolali memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Anda akan menemukan berbagai layanan yang memanjakan And dan keluarga.

Di depan kawasan wisata, Anda akan menemukan tempat parkir yang cukup luas. Kemudian, ada juga toilet, kamar mandi dan ruang ganti yang tersedia bagi Anda yang telah menikmati permainan air.

Di sini juga tersedia area memancing, outbound arena, flying fox, motor ATV hingga gedung serba guna. Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas tersebut bersama keluarga atau rekan kerja.

Menariknya, di sini juga tersedia kios yang menyediakan aneka souvenir. Jadi, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah kekinian sebelum memutuskan untuk pulang ke rumah.

Daya Tarik Tlatar Boyolali

Tlatar Boyolali akan sangat ramai oleh pengunjung saat akhir pekan dan hari libur. Alasannya tentu saja karena ada banyak daya tarik dari tempat wisata yang satu ini.

Di sini Anda akan menemukan banyak keseruan yang tidak ada di berbagai tempat lainnya. Anda bisa menikmati berenang di kolam air, flying fox, memancing dan masih banyak lagi.

Sumber Mata Air

berenang di Tlatar Ekowisata Boyolali

Area wisata ini memiliki ikon yaitu sebuah sumber mata air jernih yang menyembur. Ekowisata tersebut memiliki air yang terus mengalir.

Anda dapat menikmati keindahan sumber mata air tersebut sesampainya di tempat wisata ini. Menikmati pemandangan di sini bersama keluarga atau rekan akan sangat menyenangkan.

Sumber mata air yang menyembur tersebut juga melatarbelakangi penamaan Umbul Tlatar. Hal itu karena Umbul memiliki makna menyembur, sedangkan Tlatar artinya adalah sumber airnya.

Dengan demikian, Umbul Tlatar memiliki arti berupa sumber mata air yang selalu menyembur. Nama yang sangat cocok untuk menggambarkan kondisi alam di tempat ini.

Alam yang Asri

Hal pertama yang akan Anda rasakan jika berkunjung ke tempat ini adalah alam yang sejuk dan asri. Kesegaran alam ini dapat Anda nikmati karena kawasan wisata tersebut berada di kaki Gunung Merbabu.

Anda akan merasakan suasana pedesaan yang nyaman dan sunyi. Membuat siapapun yang berada di sini akan merasakan ketenangan dan betah untuk berlama-lama.

Bermain Bersama Anak-anak di Wahana Permainan

wahana taman air tlatar boyolali

Bagi Anda yang membawa anak-anak maka bisa mengajak mereka untuk bermain di berbagai wahana permainan. Di sini tersedia beberapa permainan yang pastinya sangat menyenangkan.

Anda bisa mengajak si kecil bermain air di kolam yang dangkal. Di kolam tersebut juga terdapat ikan-ikan yang menambah keseruan bermain.

Selain itu, ada juga kolam untuk berenang anak-anak. Para pengunjung biasanya merekomendasikan kolam tersebut untuk anak-anak mereka agar bisa bermain air dengan puas.

Kolam tersebut tidak terlalu dalam sehingga cocok dan aman untuk anak-anak. Mereka bisa bermain air dan bertengger di atas batu yang berada di tengah kolam.

Anda juga bisa menikmati keindahan kolam di tempat tersebut sembari menaiki perahu. Ada perahu yang tersedia untuk pengunjung. Perahu tersebut bisa mengantarkan Anda untuk berkeliling kolam menikmati keindahan alam di sana.

Berfoto Bersama Keluarga

Hal wajib yang harus Anda lakukan ketika berkunjung ke tempat wisata adalah berfoto. Berfoto adalah salah satu cara untuk mengabadikan momen terbaik bersama keluarga.

Di kawasan wisata ini, Anda dapat memilih berbagai spot foto yang instagramable. Anda bisa berpose dengan latar belakang pemandangan alam dan berbagai wahana permainan.

Namun, spot foto yang paling menjadi incaran pengunjung adalah sisi kolam yang memperlihatkan air terjun kecil. Di tempat tersebut, pemandangan kolam yang dipadukan dengan keindahan alam akan sangat padu dan indah.

Menikmati Wisata Kuliner

gubug makan Tlatar Ekowisata Boyolali

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan bersama keluarga adalah menikmati wisata kuliner Solo lezat atau juga Boyolali. Jadi, setelah lelah berkeliling dan bermain, Anda bisa bersantai sekaligus mengisi perut agar tenaga kembali terisi.

Jam Operasional Tlatar Boyolali

Tlatar Boyolali buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.30 WIB. Jadi, jika Anda yang memiliki kesibukan di hari kerja maka bisa berkunjung pada akhir pekan atau hari libur. Waktu yang tepat untuk berkunjung yaitu pada pagi hari saat matahari belum terik dan belum ramai wisatawan.

Jika Anda ingin rekreasi ke berbagai wilayah di Jawa Tengah seperti Boyolali, Solo dan beberapa daerah lainnya maka bisa menggunakan layanan Salsa Wisata dengan berbagai paket wisatanya. Selamat berlibur, semoga liburan Anda menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)