SalSari Resto & Coffee

Ujung Aspal Purwakarta adalah kawasan wisata berupa hutan pinus yang sangat segar dan sejuk. Pemandangan alamnya juga menakjubkan berupa hamparan perbukitan.

Ujung Aspal Purwakarta memiliki nama lain Ujung Aspal Wanayasa atau Pasir Langlang Panyawangan. Tempat wisata ini menawarkan hutan pinus yang segar, hijau dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang elok.

Letaknya berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu sehingga tempatnya sangat tenang dan dingin. Objek wisata alam ini sangat cocok untuk segala umur baik orang dewasa hingga anak-anak termasuk lansia.

Sekilas Tentang Ujung Aspal Purwakarta

Jembatan gantung ujung aspal purwakarta

Ujung Aspal Purwakarta Jawa Barat sangat populer di kalangan masyarakat Purwakarta. Bahkan tidak sedikit yang dari luar kota sengaja datang ke sini bersama keluarga atau teman untuk menikmati suasananya.

Tempat wisata alam ini sangat cocok untuk healing dan menenangkan pikiran. Alam termasuk pohon pinus dapat memberikan efek relaksasi yang luar biasa serta meregangkan otot-otot termasuk mengurangi stress.

Aroma hutan pinus yang sangat khas begitu terasa di hidung saat Anda berada di wisata alam Purwakarta kekinian ini. Udaranya bersih dan sangat bagus untuk kesehatan sehingga sangat pas untuk melarikan diri dari perkotaan.

Harga Tiket Masuk Ujung Aspal Purwakarta

Bagi pengunjung yang hendak masuk ke kawasan wisata, perlu membayar tiket. Harga tiket masuk Ujung Aspal Purwakarta sangat murah. Untuk anak yang usianya masih balita, tidak perlu membayar. Tarif tiket masuk hari biasa dengan hari libur dibanderol dengan harga yang sama. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000
Parkir Mobil Rp5.000
Parkir Motor Rp2.000

Lokasi Ujung Aspal Purwakarta

Spot foto ujung aspal purwakarta

Lokasi Ujung Aspal Purwakarta beralamat di Desa Babakan, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta. Jaraknya hanya 30 km atau waktu tempuh kendaraan hanya 1 jam dari pusat kota Purwakarta.

Akses jalan dari pusat kota sudah beraspal dan mudah untuk Anda lalui. Sedangkan begitu aspal terakhir, Anda harus sedikit berusaha ekstra untuk melewati jalanan bebatuan dan tanah.

Meskipun begitu Anda tetap bisa datang menggunakan mobil pribadi atau layanan rental mobil mingguan plus driver terdekat. Anda bisa datang menggunakan bantuan Google Maps bila tidak tahu jalan. Nantinya, aplikasi tersebut akan memberikan rute terbaik sesuai dengan kondisi lalu lintas saat ini.

Daya Tarik Wisata Ujung Aspal Purwakarta

Di Purwakarta, masyarakatnya lebih mengenal nama Wisata Pasir Langlang Panyawangan dari pada Ujung Aspal Wanayasa. Tapi semuanya mengacu pada tempat wisata alam yang sama.

Di Balik Nama Ujung Aspal

Seperti namanya dan mungkin Anda bisa menebaknya, bahwa nama tempat ini berdasarkan lokasinya. Memang, akses jalan menuju objek wisata sudah aspal dan mulus.

Akan tetapi tepat memasuki gang ke lokasi wisata aspal ini sudah berhenti. Jadi, di ujung aspal adalah jalan ke arah tempat wisata. Nah, setelah jalan beraspal ini wisatawan akan melewati jalan berupa tanah dan berbatu.

Kondisi jalannya cukup menantang karena tidak beraturan. Mungkin ini sebabnya wisatawan menamainya dengan Ujung Aspal Purwakarta. Walau demikian, semua akan terbayar ketika Anda sampai di tempat wisata.

Kesegaran dan Keindahan Kawasan Hutan Pinus

Camping ujung aspal purwakarta

Jika Anda pernah mendengar atau mengetahui Cikole Bandung, maka objek wisata ini pun tidak jauh berbeda. Kawasan wisatanya penuh dengan hutan pinus yang lebat. Suasananya sejuk walau di siang hari.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini. Pertama, tentu saja dengan menikmati kesegaran dan keindahan alamnya. Anda bisa duduk dan menghirup udara dalam-dalam, keluarkan perlahan.

Berjalan-jalan di sekitar hutan pinus juga menyenangkan sambil melihat ke kawasan perbukitan yang ada di sebelah lokasi wisata. Tentunya, kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menaiki gardu pandang.

Dari gardu pandang ini Anda bisa menyaksikan betapa indahnya karya Sang Maha Kuasa dan betapa kecilnya manusia. Keindahan panorama ini semakin indah ketika terdapat kabut tipis.

Kegiatan menarik lainnya yaitu camping kecil-kecilan bersama keluarga. Walaupun tidak menginap, mendirikan tenda untuk bersantai sambil menikmati bekal makanan yang dibawa dari rumah bersama keluarga adalah quality time yang berkesan.

Spot Foto Instagramable

Spot Foto ujung aspal purwakarta

Sama halnya dengan Hutan Pinus Mangunan Jogja, Ujung Aspal Wanayasa ini juga menawarkan berbagai spot foto instagramable. Apalagi lokasinya berada di ketinggian sehingga pemandangan alamnya menakjubkan.

Ada cukup banyak spot foto termasuk gardu pandang yang akan menampilan latar perbukitan hijau penuh pepohonan. Selain itu, di area wisata ini hampir semuanya bisa menjadi spot foto eksotis.

Tapi, yang paling banyak menjadi incaran wisatawan adalah spot foto berupa jembatan gantung. Anda bisa merasakan sensasi melewati jembatan gantung yang berada di ketinggian.

Anda bisa mengambil foto dari ujung jembatan ini sedangkan Anda sendiri berada di tengah jembatan. Kesannya seperti sedang berada di dalam hutan belantara dengan jembatan yang unik.

Tapi, kawasan jembatan ini hanya boleh untuk 4 orang saja. Sehingga jika pengunjung sedang ramai, Anda harus rela antri bergantian dengan yang lain untuk berfoto.

Jika sedang sepi, bisa sepuasnya berfoto dan menikmati keindahan dari atas jembatan. Anda bisa datang di hari biasa atau saat pagi sebelum wisatawan lain berdatangan.

Rekreasi Alam ke Gua Jepang dan Curug

Curug ujung aspal purwakarta

Ada cukup banyak destinasi wisata yang memiliki Gua Jepang karena memang tidak bisa lepas dari sejarahnya di zaman dulu. Di sini juga terdapat gua Jepang yang bisa Anda datangi.

Lokasinya tidak cukup jauh dan masih ada di dalam kawasan wisata hutan pinus ini. Anda bisa berfoto dengan latar gua Jepang yang usianya sudah sangat tua ini. Kesannya sedikit angker memang tapi itu sensasinya.

Tidak jauh dari gua Jepang, sekitar 500 meter terdapat wisata alam lain yakni Curug Panyileukan. Keindahan curug ini tak kalah eksotis dengan daftar curug cantik di Bogor. Maka, pastikan untuk mengunjunginya.

Anda bisa berfoto di dekat air terjun atau jika mau basah-basahan bisa bermain air dan berenang di sekitar air terjun. Airnya dingin dan udaranya begitu sejuk. Jadi, jangan lupa untuk membawa baju ganti ketika ke sini.

Wisata Kuliner di Tengah Hutan Pinus

Wisatawan yang berkunjung ke sini akan merasakan sensasi yang begitu nikmat ketika menyantap makanan di bawah pohon pinus. Wisata kuliner di Ujung Aspal Purwakarta juga menjadi daya tarik yang luar biasa.

Di salah satu sudut, terdapat beberapa warung yang dapat menjadi incaran para pecinta wisata kuliner. Menu makanan dan minumannya juga beragam mulai dari makanan berat hingga jajanan.

Rasanya sangat nikmat ketika hawa yang dingin ini berpadu dengan secangkir kopi panas. Belum lagi pemandangan di depan mata juga begitu damai penuh ketenangan.

Fasilitas Ujung Aspal Purwakarta

Fasilitas ujung aspal purwakarta

Objek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Ada area parkir luas yang bisa menampung sejumlah kendaraan baik mobil maupun sepeda motor.

Spot foto, toilet, jembatan gantung hingga gazebo, mushola dan warung. Gazebo ini berdekatan dengan warung, sehingga Anda bisa menikmati sajian makanan khas Purwakarta di dalam gazebo sambil bersantai.

Selain itu tersedia pula bus pemberian pemerintah setempat untuk digunakan berkeliling area hutan pinus. Tentu sangat menyenangkan bukan, berkeliling dengan bus sambil menikmati udara hutan pinus yang segar.

Jam Buka Ujung Aspal Purwakarta

Ujung Aspal Purwakarta buka setiap hari tanpa hari libur dan tanpa jam tutup. Bagi yang camping atau berkemah bisa datang mulai dari pagi atau sore hari. Sedangkan yang tanpa menginap biasanya dari pagi sampai sore.

Puas dengan menikmati keindahan alam hutan pinus serta berfoto, saat kembali ke Purwakarta, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh. Oleh-oleh khas Purwakarta tahan lama bisa berupa makanan, jajanan, kaos atau souvenir.

Selain Ujung Aspal Purwakarta, ada cukup banyak destinasi wisata terdekat lainnya. Anda bisa menggunakan layanan dari Salsa Wisata yang akan mengantarkan Anda ke berbagai objek wisata hits di Purwakarta.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (7 votes)