SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Umbul Manten termasuk salah satu umbul atau kolam air terkenal yang berada di daerah Klaten selain Umbul Ponggok. Suasana yang lebih asri berkat pepohonan yang tumbuh di sekitar umbul membuatnya jadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Objek wisata ini bisa menjadi destinasi alternatif bila Anda sudah bosan mengunjungi tempat wisata di Solo dan sekitarnya. Kesegaran air dari destinasi wisata ini dapat menghilangkan penat Anda setelah menjalankan rutinitas.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dan tempat lainnya dengan memanfaatkan paket wisata Solo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Umbul Manten berikut ini:

Sekilas Tentang Umbul Manten

Umbul Manten merupakan kolam alami kecil yang berada di Karesidenan Surakarta tepatnya kabupaten Klaten. Ukuran kolam ini hanya memiliki lebar 40 meter dan panjang kolam sekitar 70 meter dengan kedalaman sekitar 1.5 meter.

Meski kecil, tempat ini tidak kalah ramai dengan Umbul Ponggok terutama saat kegiatan padusan sedang berlangsung. Hal yang membedakan objek wisata ini dengan Umbul Ponggok adalah suasana alami umbul manten berkat pohon ipik yang tumbuh di sekitarnya.

Menurut beberapa sumber umbul ini diberi nama Umbul Manten karena terdapat kisah hilangnya pasangan pengantin di sekitar sumber mata air. Dikisahkan pasangan suami istri ini merupakan pengantin baru yang melanggar pantangan keluar 40 hari setelah menikah.

Mereka berdua pergi keluar setelah petang dan saat beristirahat sang suami terkejut tidak melihat istrinya yang berada di belakang. Begitu juga dengan sang istri yang kaget suami di hadapannya hilang begitu saja saat beristirahat di sumber mata air.

Sumber lain menyebutkan sumber air Umbul Manten ini berasal dari dua umbul berbeda yakni Umbul Peteng dan Umbul Pelem. Masyarakat sekitar juga sering menyebut Umbul Peteng ini sebagai Umbul Lanang dan Umbul Pelem sebelum Umbul Wadon.

Pertemuan kedua sumber air inilah yang membuatnya dikenal sebagai umbul manten, atau sumber air pengantin. Keindahan dari sumber air ini pun membuatnya sangat menarik untuk Anda kunjungi saat berada di Klaten dan sekitarnya.

Daya Tarik Umbul Manten

Daya Tarik Umbul Manten

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Umbul Manten menyimpan banyak sekali hal menarik yang bisa Anda temukan saat berkunjung. Berikut ini beberapa daya tarik yang membuat destinasi wisata ini selalu ramai oleh wisatawan yang datang setiap hari:

Menikmati Keindahan Kolam

Destinasi wisata ini terkenal dengan suasana kolamnya yang asri dan alami bila dibandingkan dengan Umbul Ponggok yang terlihat seperti kolam renang. Pohon ipik yang tumbuh di sekitar kolam juga membuat suasana dari Umbul Manten terasa teduh.

Air dari umbul yang jernih membuat Anda dapat dengan mudah melihat bebatuan serta pasir yang ada di dasar kolam. Akar pohon ipik yang menancap kuat di dasar kolam juga menjadi tempat bermain bagi ikan-ikan kecil yang lucu.

Umbul Manten juga memiliki beberapa kolam namun tidak semua bisa dimanfaatkan untuk berenang. Suara gemericik air dari sungai kecil yang berada tepat di sebelah kolam utama dapat menghilangkan penat yang Anda rasakan.

Pemandangan sawah di sekeliling tempat wisata ini pun ikut menambah asri suasana dan membawa sensasi tersendiri saat berenang. Suasana nya yang tenang, asri, dan sejuk sangat nyaman untuk Anda yang ingin bersantai menyegarkan badan dan pikiran.

Bersantai di Sekitar Kolam

Hawa sejuk umbul manten yang teduh berkat tumbuhnya pohon ipik di sekeliling kolam sering kali dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai. Beberapa pengunjung menggelar tikar di bawah pohon rindang untuk bersantai dan beristirahat menikmati pemandangan.

Ada pula pengunjung yang memilih bersantai di atas hammock yang digantung di antara pepohonan. Angin semilir yang bertiup semakin menambah syahdu waktu bersantai Anda di tengah suasana sejuk Umbul Manten.

Rasa penat dan lelah Anda setelah beraktivitas seolah hilang bersama tiupan angin segar serta suara aliran air yang terdengar. Berlibur ke objek wisata ini bisa menjadi kegiatan relaksasi terbaik yang Anda pilih lakukan.

Berenang dan Bermain Air Sepuasnya

Sumber air alami Umbul Manten yang jernih dan segar selalu dimanfaatkan pengunjung untuk berenang dan bermain air. Ada tiga tempat yang bisa Anda dijadikan tempat berenang di tempat wisata ini yakni kolam utama, kolam dangkal, dan sungai.

Kolam utama ini memiliki kedalaman sekitar 1.5 meter dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun bersih. Anda bisa menyelam bersama ikan melihat dasar kolam yang dihiasi batu dan juga akar pohon ipik yang indah.

Tidak jarang pengunjung juga salto dan melompat dari atas bangunan yang ada di dekat kolam utama agar semakin seru. Sedangkan untuk anak-anak biasanya bermain di kolam dangkal atau aliran sungai yang relatif lebih aman.

Jika Anda ingin berenang di Umbul manten usahakan untuk membawa sarung untuk mengganti baju karena belum ada fasilitas yang memadai. Meski begitu berenang di objek wisata ini bisa menjadi kegiatan seru dan wajib untuk dilakukan saat berkunjung.

Berfoto di Dalam Air

Sama seperti Umbul Ponggok, air jernih Umbul Manten ini sering kali dimanfaatkan pengunjung untuk foto underwater. Tidak sedikit wisatawan yang sengaja membawa properti sendiri untuk mendapatkan foto dalam air yang menarik.

Batu kali dengan berbagai bentuk serta akar pohon ipik serta ikan kecil yang berenang jadi latar foto menarik untuk Anda. Tidak jarang fotografer profesional juga melakukan sesi pemotretan seperti prewedding di destinasi wisata ini.

Cukup membawa action cam atau kamera bawah air, Anda sudah bisa mendapatkan foto apik yang menarik. Semua hasil foto Anda di tempat wisata ini pun sangat layak untuk menghiasi sosial media Anda.

Menikmati Makanan Khas

Setelah puas berenang Anda bisa menikmati berbagai santapan lezat di warung-warung yang tersedia di sekitar umbul. Makanan yang dijual juga beragam namun yang wajib Anda coba adalah Pecel Cenil makanan khas dari Klaten.

Rasa pecel ini tidak kalah dengan makanan khas Solo lain seperti Cabuk Rambak atau makanan lainnya. Perut lapar Anda pun dapat terobati dengan rasa nikmat dari Pecel Cenil yang dijual dengan harga murah.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten

Untuk masuk kawasan Umbul Manten Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal. Cukup dengan beberapa ribu rupiah saja Anda sudah bisa menikmati keindahan alam objek wisata ini dan bersantai dengan tenang.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Hari Biasa Rp6.000,00
Tiket Masuk Libur Panjang Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan referensi perkiraan biaya yang diperlukan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai destinasi menarik lain di Solo dan sekitarnya dengan menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh Khas Solo.

Lokasi dan Rute Menuju Umbul Manten

Umbul Manten ini terletak di Jl. Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten dan tidak terlalu jauh dari Umbul Ponggok. Jaraknya sekitar 23 km dari Kota Surakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 41 menit.

Rute terbaik menuju objek wisata ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan petunjuk dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir rental innova Solo atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Umbul Manten

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Tempat ini akan ramai pada saat menjelang bulan ramadhan karena banyak warga yang datang untuk melakukan padusan.

Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau agar Anda bisa terhindar dari awan mendung atau hujan yang turun. Dengan begitu Anda bisa puas bersantai menikmati segarnya air Umbul Manten Klaten.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Solo



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)