SalSari Resto & Coffee

Anda mungkin sudah tahu bahwa Klaten itu terkenal dengan umbulnya. Yang paling viral adalah Umbul Besuki. Namun ada juga Umbul Sigedang dan Umbul Brondong. Kini, ada lagi umbul lainnya yang bisa Anda nikmati, yakni Umbul Siblarak.

Kemunculan umbul yang satu ini tetap disambut baik oleh masyarakat, meskipun sudah ada umbul-umbul lainnya. Dalam bahasa lokal sendiri, umbul itu berarti mata air.

Yang ditawarkan oleh umbul yang satu ini yaitu kolam pemandian yang berpadu dengan kesejukan suasana dan kejernihan airnya.

Kolam pemandian alam ini tidak pernah sepi pengunjung, karena sumber airnya memang alami, Umbul ini sumber airnya berasal dari umbul Doyo dan umbul Manten. Cocok menjadi tempat untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Asal-usul Umbul Siblarak

asal-usul kolam pemandian Umbul Siblarak

Tempat wisata ini memiliki dua kolam. Salah satunya dibangun persis seperti kolam buatan, lengkap dengan keramik lantai sebagai alasnya. Sedangkan kolam yang satunya dijaga keasliannya. Kolam yang alami masih terlihat alami.

Sementara kolam yang dikeramik tampak sangat biru dan jernih. Yang membuat umbul ini menarik minat banyak pengunjung yaitu sensasi berendam dan berenang di kolam sambil dikelilingi pemandangan alam. Lokasinya memang ada di pedesaan, jauh dari kota.

Pembangunan umbul siblarak ini sendiri memanfaatkan sawah yang di Desa Sidowayah yang kurang produktif. Airnya berasal dari umbul manten dan doyo menggunakan pipa langsung ke kolam-kolam di umbul ini.

Jadi, kolam di sini tidak bisa dibilang seratus persen buatan juga, karena toh airnya menggunakan sumber air alami. Jarak umbul manten ke siblarak sendiri cuma sekitar 200 meter, jadi mudah mengalirkan airnya.

Asal-usul pembangunan umbul ini datang dari sejumlah tokoh masyarakat termasuk kepala desa yang ingin memanfaatkan dana desa dari pemerintah di tahun 2017. Dari dana tersebut, Rp600.000.000,00 untuk pembangunan siblarak.

Tentu saja dibangunnya umbul ini tidak lepas dari kesuksesan umbul Ponggok sebelumnya. Meski belum seterkenal Ponggok, perlahan umbul yang satu ini mulai terkenal.

Sejak awal buka pada bulan Juni 2019 silam, tempat ini sudah secara resmi masuk ke dalam satu satu daftar tempat wisata hits di Klaten.

Jam Operasional Umbul Silblarak

Jam Buka Pukul
Setiap Hari 07.30 – 17.00 WIB

Lokasi Umbul Siblarak

Umbul Siblarak ini letaknya ada di perbatasan Klaten dan Boyolali tepatnya di Gondang, Jatirejo, Sidowayah, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Akses jalannya juga mudah. Jalannya besar dan mulus. Kalau dari pusat kota Klaten, jaraknya cuma 18 km. Anda bisa menempuhnya dalam waktu setengah jam.

Kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi kalau datang ke tempat wisata ini, karena tidak ada kendaraan umum yang melintas.

Lebih baik lagi bagi wisatawan rombongan untuk menggunakan jasa sewa bus pariwisata Klaten murah. Jadi, Anda sekalian mengeksplor kota Klaten.

Harga Tiket Masuk Umbul Siblarak

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Flying byur Rp10.000,00
Sewa ATV Rp25.000,00
Sewa mini trail Rp15.000,00

Daya Tarik Umbul Siblarak

berenang di Umbul Siblarak

Umbul Siblarak menawarkan banyak aktivitas seru. Ada banyak wahana yang bisa Anda nikmati di sini. Beberapa diantaranya adalah:

Kolam Renang

Kolam renang buatannya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kolam anak-anak dan kolam dewasa. Untuk kolam anak dalamnya cuma 50 cm, sedangkan kolam dewasnaya sedalam kira-kira 150 cm.

Tenang saja, meskipun kolam renang di sini buatan, airnya tidak mengandung kaporit. Kejernihan dan kebersihan air di sini benar-benar alami.

Outbound

Bukan cuma sekadar berenang dan main air, Anda juga bisa outbound di sini. Berbagai fasilitas dan atraksinya juga cukup menantang. Wahana outbound ini bukan cuma bisa dinikmati oleh anak-anak, tapi oleh orang dewasa juga.

Flying Byur

Pastinya Anda sudah tahu soal atau bahkan sudah penah naik flying fox. Namun bagaimana dengan flying byur?

Di sini, Anda bisa merasakannya. Landasannya adalah tanah lapang. Anda akan dibawa melayang di udara seperti naik flying fox, tapi Anda tidak akan mendarat di tempat yang lebih rendah, melainkan terjun langsung ke dalam air.

Camping Ground

Kalau Anda ingin lebih dekat dengan alam, Anda bisa coba berkemah di tempat wisata ini. Tendanya sudah disediakan oleh pengelola, jadi Anda bisa datang saja langsung. Biasanya, camping ground di sini sering dimanfaatkan oleh para siswa sekolah yang mengadakan acara sekolah dengan berkemah.

Pendopo

Tempat ini juga bisa Anda sewa kalau ingin mengadakan acara-acara tertentu, seperti family gathering. Kapasitas ruangannya cukup besar, bisa sampai 30 orang. Untuk bisa mengadakan acara di sini, Anda hanya harus menyewa tempat dengan harga sekitar Rp300.000,00.

Rumah Kayu

Ini adalah salah satu spot foto buatan yang instagramable. Di rumah kayu ini, Anda bisa mengabadikan momen-momen Anda berwisata ke Siblarak dengan berpose di depannya. Bentuknya unik dan klasik, tentunya bisa jadi latar belakang foto yang elok.

ATV dan Trail

Ingin mengelilingi area wisata ini tanpa capek? Anda bisa sewa ATV atau mobil mini trail. Anda bisa mengajak anak-anak untuk naik kendaraan yang memompa adrenalin ini. Anak-anak pun bisa menikmatinya sendiri, asal tetap ada di bawah pengawasan orangtua.

Fasilitas Umbul Siblarak

fasilitas mushola Umbul Siblarak

Secara keseluruhan, fasilitas di tempat wisata ini cukup komplit untuk memanjakan pengunjung. Berikut ini beberapa fasilitas umum yang bisa Anda manfaatkan:

Bagaimana menurut Anda? Apakah tempat wisata ini layak menjadi destinasi liburan? Kalau Anda tertarik. Anda bisa pesan perjalanan Anda ke Klaten lewat Salsa Wisata.

Ada banyak pilihan paket wisata yang bisa Anda pilih. Semua paket sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, transportasi, dan makan. Harganya juga sangat terjangkau dan bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)