SalSari Resto & Coffee

Malang, Jawa Timur, memang tidak ada habisnya dalam soal tempat wisata. Dari mulai wisata alam, wisata sejarah dan budaya, sampai wisata kuliner, semua ada. Satu lagi kini yang lagi hits, Umbulan Tanaka. Wisata ini mulai dilirik para wisatawan untuk berlibur melepas penat.

Objek wisata yang berada di kecamatan Wonosari, kabupaten Malang ini sejatinya masih belum dibuka lama. Wisata ini baru diresmikan di tahun 2020 silam.

Seperti layaknya wisata alam Malang lainnya, yang satu ini juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Kalau Anda cari tempat unuk healing murah meriah di Malang, jangan lewatkan tempat wisata ini.

Konsepnya yang unik, dipadu dengan panorama cantik, membuat wisatawan betah. Anda bisa membawa keluarga tercinta berlibur di sini sebagai bagian dari eksplorasi Malang.

Sekilas Tentang Umbulan Tanaka

wisata Umbulan Tanaka

Pada awalnya, Umbulan Tanaka hanya sumber air biasa. Warga sekitar memanfaatkannya untuk irigasi sawah dan keperluan rumah tangga. Namun kemudian, penduduk merasa bahwa tempat ini punya potensi untuk jadi objek wisata yang menarik.

Tidak salah, karena air yang mengalir di sini berasal dari mata air alami. Jadi, airnya sangat sejuk dan jernih. Untuk membuatnya lebih menarik, pengelola setempat kemudian membangun konsep pedesaan Jepang di tempat ini.

Suasana khas pedesaan Jepang bisa terlihat dari bentuk bangunannya, bahkan jembatannya. Tak lupa ditambahkan dengan dekorasi-dekorasi bertuliskan huruf kanji. Anda juga bisa melihat replika bunga sakura yang tersebar di beberapa titik.

Yang paling menarik, ada cafe-cafe outdoor yang didirikan di tepi sungai. Jadi, pengunjung dimanjakan dengan dua atraksi wisata; wisata alam dan wisata kuliner.

Bayangkan Anda bisa menikmati kuliner khas Malang enak sambil mendengar gemericik air jernih dari sungai. Saking jernihnya air sungai tersebut, Anda bisa melihat dengan jelas ikan-ikan yang berenang.

Begitu melihat, Anda pasti langsung ingin menceburkan diri ke dalam air. Tenang saja, ada kolam alami yang memang disediakan untuk bermain air. Kolam-kolam tersebut memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Lengkap juga dengan ikannya.

Lelah bermain air, Anda bisa langsung ambil posisi di salah satu tempat duduk yang tersedia. Tempat duduk dan mejanya berada di dalam air. Jadi, Anda bisa mencelupkan kaki sambil menikmati pemandangan sawah yang menghijau di sekitar. Kalau cuaca cerah, Anda juga bisa melihat gunung Kawi di kaki langit.

Jam Operasional Umbulan Tanaka

Jam Buka Pukul
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Rute Menuju Umbulan Tanaka

Umbulan Tanakan letaknya dekat dengan Kebun Teh Wonosari. Terletak di Arjomulyo, Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Anda harus berkendara sekurangnya satu jam ke arah selatan dari alun-alun kota Malang.

Jaraknya dari pusat kota Malang sendiri 36 km. Agak sulit untuk mencapainya jika Anda berkendara pakai kendaraan umum.

Maka dari itu, jika Anda berwisata ke Malang tanpa membawa kendaraan pribadi, amat disarankan untuk menggunakan layanan rental mobil Innova Reborn Malang mura dari Salsa Wisata.

Selain lebih efektif, perjalanan liburan Anda juga jadi lebih nyaman.

Harga Tiket Masuk Umbulan Tanaka

Retribusi Tarif
Tiket per orang Rp5.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00

Penting untuk Anda ketahui, bahwa harga tiket dan parkir bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Daya Tarik Umbulan Tanaka

berenang di Umbulan Tanaka

Berfoto

Dengan pemandangan alam menghampar indah di sekeliling Anda, mustahil Anda tidak tergoda untuk mengambil foto. Air yang jernih, persawahan menghijau, sampai ornamen khas Jepang semuanya memanggil Anda untuk mengabadikan momen liburan Anda.

Hunting foto di tempat ini tidak sulit, karena memang semua sudutnya cantik sebagai latar belakang. Jangan lupa untuk kenakan baju yang mencolok supaya terlihat bagus di depan kamera.

Bermain Air

Untuk Anda yang berwisata membawa keluarga, kesempatan untuk bermain air ini jangan disia-siakan. Anak-anak pasti suka kegiatan yang satu ini. Kolam-kolam untuk bermain airnya juga bisa jadi spot yang instagramable.

Boleh juga bawa jaring dan ember kalau mau menangkap ikan kecil-kecil. Jangan lupa bawa baju ganti, karena rasanya tidak mungkin jika tidak basah jika datang ke sini.

Berenang

Bukan cuma main air, Anda juga bsa lho, berenang di umbul ini. Pengelola membuat beberapa modifikasi, sehingga aliran air dibuat menuju ke bawah. Dari situ, jadilah air terjun mini yang menantang sebagai tempat renang alami.

Tenang saja, airnya tidak dalam dan arusnya pun cukup tenang. Jadi, jika anak-anak Anda bermain air, Anda bisa coba berenang di sungai. Tempat ini mengusung konsep waterpark alami dengan sentuhan Jepang.

Menikmati Pemandangan Air Terjun

Umbul ini bukan sungai biasa, tapi ada air terjunnya juga. Meski Anda tidak bisa berendam dan berenang di sekitar air terjunnya, Anda masih bisa merasakan keindahannya. Duduk-duduk di dekat air terjun akan terasa sejuk dan segar.

Cari sudut foto yang tepat, dan Anda bisa befoto dengan latar belakang air terjun. Di atas air terjun ini, terdapat jembatan berwarna merah dengan desain khas Jepang. Bisa juga berfoto di atas jembatan berlatarkan air terjun.

Wisata Kuliner di Cafe Atas Sungai

Berbagai gazebo beratap ijuk dan tempat duduk kayu di sekeliling sungai memang disediakan pengelola. Di sini, Anda bisa menikmati makanan khas Malang kekinian yang tersedia di cafe-cafe outdoor sekitar.

Pilihan menunya lengkap dan beragam, dari mulai camilan sampai makanan berat. Beraneka minuman segar juga ada. Wisata kuliner di pinggir sungai adalah sesuatu yang baru.

Itulah mengapa umbul ini selalu berhasil menarik minat pengunjung. Banyak orang ingin merasakan sensasi menikmati santapan khas Malang sambil menikmati alam sekitar nan indah.

Fasilitas Umbulan Tanaka

fasilitas Umbulan Tanaka

Untuk membuat pengunjung nyaman, pengeolola Umbulan Tanaka menambah sejumlah fasilitas di sini. Beberapa fasilitas umum yang bisa Anda gunakan yaitu.

  • Parkiran
  • Toilet
  • Kamar mandi bilas
  • Mushola
  • Cafe
  • Kolam pemandian
  • Gazebo
  • Wahana permainan

Kami sarankan untuk menikmati Umbulan Tanaka di musim kemarau. Hari berhujan tentu bisa merusak kegiatan liburan Anda. Pemandangan sekitar pun jadi tidak terlihat jelas.

Menikmati objek wisata hits Malang, tidak terkecuali umbulan ini, lebih efektif jika pakai paket wisata. Itulah sebabnya Salsa Wisata hadir untuk Anda. Sebagai penyedia layanan jasa wisata terbaik, Salsa Wisata ada untuk membuat liburan Anda jadi makin berkesan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)