earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawasan karesidenan Surakarta yang luas menyimpan banyak destinasi wisata bagus untuk Anda kunjungi salah satunya Waduk Cengklik. Waduk indah yang berada di Kabupaten Boyolali ini memiliki banyak hal menarik yang bisa Anda temukan.

Pemandangan alam sekitar waduk saat sore hari menjadi panorama indah yang selalu dinanti pengunjung dan masyarakat sekitar. Berbagai kegiatan menarik seperti memancing dan bermain perahu juga bisa Anda lakukan di tempat ini.

Waduk ini bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan paket wisata Solo yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum berangkat, mari simak terlebih dahulu informasi lengkap mengenai Waduk Cengklik berikut ini:

Sekilas Tentang Waduk Cengklik

Waduk Cengklik termasuk salah satu waduk peninggalan Belanda yang sudah berusia lebih dari 90 tahun. Belanda memerlukan waktu sekitar 2 tahun untuk menyelesaikan proses pembangunan waduk ini dimulai dari tahun 1926 hingga 1928.

Objek wisata ini memiliki luas lahan mencapai 250 hektar dan berada di dua wilayah desa yakni Desa Sobokerto dan Desa Ngargorejo. Air pada bendungan ini dimanfaatkan warga untuk mengairi perkebunan dan juga sebagai tempat tambak ikan dalam keramba

Pada awalnya kapasitas waduk ini sekitar 17 juta meter kubik namun kapasitasnya terus menurun hingga menjadi 9 juta meter kubik. Hal ini juga berdampak pada pertanian di tiga kecamatan yakni Sambi, Nogosari, dan Ngemplak yang sudah tidak bisa dialiri air.

Meski begitu Waduk ini tetap bisa eksis dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya. Pemandangan pulau-pulau kecil di tengah danau, gunung-gunung yang terlihat menjulang tinggi, menjadi salah satu daya tarik dari Waduk Cengklik.

Bahkan tidak jauh dari Waduk ini dibanguna taman bermain Waduk Cengklik Park diatas lahan seluas 1.2 hektar. Di taman ini Anda bisa berfoto dengan properti unik seperti di luar negeri yang terlihat sangat apik.

Kawasan tempat wisata ini bisa menjadi destinasi wisata Solo menarik untuk Anda dan keluarga menghabiskan waktu liburan. Kegiatan seru serta pemandangan cantik alam sekitar akan memberikan warna baru pada liburan Anda di Kota Solo.

Aktivitas Seru di Waduk Cengklik

Waduk Cengklik menyimpan potensi keindahan serta keseruan yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Ada banyak cara untuk menikmati setiap potensi yang ada di Waduk ini dan berikut ini beberapa diantaranya:

Menikmati Pemandangan

Daya tarik utama dari Waduk ini adalah keindahan alam sekitarnya yang begitu menawan. Permukaan air yang tenang tampak seperti sebuah cermin besar yang memantulkan pemandangan sekitarnya.

Tumbuhan eceng gondok yang tumbuh di atas air semakin membuat pemandangan Waduk Cengklik terasa asri. Dari tepi waduk Anda dapat melihat kemegahan Gunung Merapi dan Merbabu yang berdiri kokoh di arah barat.

Kapal-kapal kecil yang berlalu lalang serta tambak dari bambu menjadi pemanis pemandangan dari Waduk ini. Panorama alam waduk ini pun terlihat begitu mempesona saat sore hari pada waktu matahari terbenam.

Langit dihiasi mega senja berwarna jingga tampak begitu cantik bersama dengan siluet gunung yang apik di ufuk barat. Pemandangan indah ini lah yang membuat Waduk Cengklik selalu ramai ketika sore hari terutama di akhir pekan.

Berkeliling Waduk

Keindahan waduk ini pun bisa Anda nikmati sambil berkeliling kawasan waduk yang luas. Ada berbagai cara yang bisa Anda pilih untuk berkeliling salah satu yang cukup populer tentu saja menggunakan kapal.

Kapal-kapal kecil yang disewakan penduduk sekitar siap mengantar Anda menjelajah wilayah perairan waduk yang luas. Dari atas kapal Anda dapat melihat dengan lebih dekat eceng gondok yang tumbuh dan tambak-tambak ikan warga.

Selain kapal Anda juga dapat menyewa rakit bambu untuk merasakan sensasi menantang menelusuri Waduk Cengklik. Tidak sedikit juga wisatawan yang datang memanfaatkan kawasan Waduk ini sebagai tempat berolahraga.

Jalanan di tepi waduk yang cukup luas menjadi jogging track gratis bagi para pengunjung yang ingin berlari sambil menikmati pemandangan. Apapun cara berkeliling yang Anda pilih, setiap sudut dari Waduk ini menawarkan pesona indah yang sayang untuk dilewatkan.

Memancing Ikan

Banyaknya tambak ikan di Waduk ini membuat populasi ikan di perairannya cukup banyak. Ikan-ikan tersebut biasanya lepas dari tambak sehingga berkembang biak bebas di kawasan danau buatan ini.

Anda bisa membawa pancing dari rumah untuk berburu ikan-ikan seperti nilai, mujair, ikan mas, hingga ikan lele. Banyak spot memancing yang bisa Anda pilih baik di tepian maupun di pulau-pulau kecil yang ada di tengah waduk.

Kapal motor kecil milik warga juga siap mengantar Anda menuju lokasi memancing terbaik di Waduk Cengklik. Bila ingin lebih puas dan mudah mendapatkan ikan, Anda bisa meminjam jala ikan dari nelayan di sekitar.

Sensasi baru menjala dan memancing ikan di tengah waduk jadi pengalaman seru yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan. Ikan yang didapat pun bisa Anda bawa pulang dan dinikmati bersama keluarga.

Mengunjungi Waduk Cengklik Park

Waduk Cengklik Park

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

 

Tidak jauh dari lokasi waduk, Anda bisa menemukan Waduk Cengklik Park yang menjadi tempat rekreasi menarik untuk Anda dan keluarga. Tempat ini menawarkan berbagai permainan seru dan spot menarik untuk dinikmati bersama-sama.

Anak-anak dapat mencoba permainan seperti bombom car, komidi putar, hingga kereta monorel untuk berkeliling kawasan. Mereka juga bisa bebas bermain air di kolam renang dengan berbagai perosotan air yang pasti menyenangkan.

Waduk Cengklik Park juga dikenal sebagai spot berfoto kekinian yang viral terutama di kalangan anak muda. Di tempat ini Anda bisa berfoto seperti sedang berlibur di luar negeri berkat miniatur landmark yang ada.

Namun tempat favorit untuk berfoto disini adalah deretan bunga sakura di kastil jepang berwarna merah cerah. Anda bisa berfoto menggunakan yukata ala Jepang bersama pasangan dengan pemandangan indah dari bunga sakura.

Menikmati Makanan di Restoran Terapung

Setelah puas beraktivitas dan menjelajah Waduk Cengklik, saatnya untuk mengisi kembali tenaga Anda di warung makan terapung Waduk ini. Warung makan disini menawarkan berbagai menu makanan khas Solo dan juga olahan ikan yang lezat.

Sambil bersantap, Anda dapat menikmati pemandangan indah Waduk ini. Makan di tempat ini dapat menjadi pengalaman baru dengan sensasi terapung diatas air waduk yang tenang. Liburan Anda menjadi senang dan perut pun ikut kenyang.

Harga Tiket Masuk Waduk Cengklik

Wisatawan yang ingin datang mengunjungi Waduk Cengklik harus membayar biaya masuk terlebih dahulu. Namun biaya yang dibebankan sangat murah dan terjangkau, sehingga Anda tidak perlu  merogoh kocek dalam-dalam.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Waduk Rp2.000,00
Tiket Masuk Waduk Cengklik Park Rp30.000,00
Sewa Kostum Jepang Rp25.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda gunakan sebagai bahan perkiraan biaya yang diperlukan jika berkunjung ke Waduk ini.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di Solo dengan mudah menggunakan paket liburan dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda mulai dari datang hingga pulang membawa oleh-oleh khas Solo yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Cengklik

Waduk Cengklik berada di Ngargorejo, Ngemplak, Kabupaten Boyolali dan sangat dekat dengan bandara. Jaraknya sekitar 2.5 km dari Bandara dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit dengan menggunakan mobil.

Rute terbaik menuju Waduk ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan petunjuk dari Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa hiace premio Solo atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Waduk Cengklik

Waduk ini bisa Anda kunjungi setiap hari tanpa batasan waktu tertentu karena terbuka untuk umum selama 24 jam. Tapi jika Anda ingin mengunjungi Waduk Cengklik Waterpark bisa datang mulai pukul 08.00 WIb hingga 16.00 WIB.

Usahakan untuk datang saat musim kemarau agar liburan Anda terhindar dari awan mendung dan hujan. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan Waduk ini dengan lebih sempurna.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)