SalSari Resto & Coffee

Purwakarta memiliki Waduk Jatiluhur dengan keindahan alam menakjubkan. Di waduk ini, ada bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan ini berfungsi sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Purwakarta, waduk ini sangat populer di kalangan masyarakat Purwakarta. Nuansanya begitu alami, menenangkan dan cocok untuk relaksasi atau healing.

Sejarah Waduk Jatiluhur

Sejarah Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur adalah waduk terbesar yang ada di Indonesia karena luasnya mencapai 8.300 hektar. Bahkan dengan luasnya tersebut membuat bendungan ini termasuk yang paling besar di Asia Tenggara.

Pembangunan waduk ini sendiri berlangsung selama 10 tahun mulai tahun 1957 hingga peresmiannya tanggal 26 Agustus 1967. Untuk biayanya sendiri bendungan ini menghabiskan hingga 230 juta dollar.

Pemandangan di sekitar waduk benar-benar mengesankan, apalagi ada Gunung Cilembu yang menjadi background. Dari kejauhan, perpaduan antara waduk dan gunung ini bak sebuah lukisan.

Kawasan wisata ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk menunjang kegiatan wisatawan. Bahkan, ada wahana rekreasi air untuk berkeliling menyusuri area sekitar waduk. Pasti sangat menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Waduk Jatiluhur

Tiket masuk Waduk Jatiluhur masih sangat terjangkau karena hanya sekitar Rp20.000. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Namun harga ini belum termasuk sewa area berkemah, menggunakan wahana kano, jet ski, perahu atau juga tiket waterboom. Jadi, sebaiknya siapkan uang lebih agar lebih seru dalam bermain.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp5.000,00
Tiket Masuk Weekends Rp20.000,00
Tiket Masuk Jatiluhur Waterworld Rp20.000,00 – Rp65.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Waduk Jatiluhur

Lokasi Waduk Jatiluhur

Lokasi Waduk Jatiluhur berada di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Jarak dari pusat Kota Purwakarta hanya 11 km atau 30 menit dengan menggunakan kendaraan.

Jika menggunakan jalur tol, maka keluar di exit tol Jatiluhur dan melanjutkan perjalanan ke Purwakarta via jalan raya. Ikuti saja arah dari Google Map. Akses jalan juga sangat bagus sehingga mudah Anda jangkau.

Jam Buka Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur buka setiap hari selama 24 jam sehingga wisatawan bebas mau datang kapan dan jam berapa saja. Tenang, walau datang di akhir pekan dan ada banyak pengunjung, kawasan ini tetap tenang.

Ini karena wisata ini menempati area yang sangat luas sekali sehingga walau ada banyak pengunjung, Anda bisa mendapatkan spot healing.

Sebaiknya datang di pagi hari, kemudian mampir ke pusat oleh-oleh Purwakarta. Pusat oleh-oleh ini ada di lokasi wisata maupun di pusat Kota Purwakarta.

Fasilitas Waduk Jatiluhur Purwakarta

Fasilitas Waduk Jatiluhur sangat lengkap sehingga membuat siapapun betah menghabiskan hari libur di sini. Area parkir luas hingga dapat menampung puluhan bus besar, toilet bersih, camping area dan mushola.

Ada juga gazebo, perahu wisata, waterboom, jet ski, kano hingga lapangan olahraga. Selain itu ada pusat informasi untuk membantu pengunjung dan pastinya ada warung dan kios souvenir.

Daya Tarik Waduk Jatiluhur

Destinasi wisata ini memang menyajikan keindahan alam berupa waduk, gunung dan hijaunya pepohonan di sekitar. Belum lagi, waduk ini juga sangat penting bagi para petani dan warga sekitar.

Pembangkit PLTA dan Irigasi

Pembangkit PLTA Waduk Jatiluhur

Waduk memang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan air dan untuk saluran irigasi pertanian. Tapi, Waduk Jatiluhur memiliki peranan yang lebih apalagi dengan ukuran bendungan raksasanya.

Bendungan ini memiliki luas hingga 8.300 hektar dan dibangun pada tahun 1957. Selain menyajikan panorama yang indah, ternyata dari bendungan ini pula menghasilkan ribuan jutaan kwh listrik setiap tahunnya.

Tercatat jika bendungan ini memiliki 6 turbin berdaya 187 MW. Daya tersebut kemudian menghasilkan sekitar 1.000 juta kwh setiap tahun.

Selain itu, air yang ada di waduk ini mampu mengalirkan air ke 242.000 hektar sawah. Dengan ini pula masyarakat sekitar bisa melakukan 2 kali masa tanam dalam setahun.

Keindahan Panorama Alam

Alasan utama kenapa banyak pengunjung datang ke sini adalah karena keindahan alamnya. Suasana begitu tenang dan damai sehingga membuat siapapun betah berlama-lama.

Pengunjung bisa menikmati keindahan ini dengan duduk di sekitar waduk, atau menikmati bekal yang sudah mereka siapkan dari rumah. Objek wisata ini memang cocok untuk wisata keluarga dan gathering.

Jika hendak datang ke sini bersama rombongan, manfaatkan layanan jasa bus pariwisata terbaik di Purwakarta. Pastinya mereka akan suka dengan view landscape yang instagramable dan menenangkan ini.

Pemandangan indah berpadu dengan angin sejuk sepoi-sepoi, sungguh menyenangkan berada di sini. Cobalah sesekali pejamkan mata dan rasakan sensasi yang begitu menenangkan.

Gunung Cilembu

Pemandangan Gunung Cilembu dari Waduk Jatiluhur

Dari kejauhan, gunung ini menjulang tinggi menambah kesan eksotis pada objek wisata Waduk Jatiluhur. Ketinggian gunung ini mencapai 729 mdpl. Gunung ini memang tidak terlalu besar sehingga mudah untuk Anda daki.

View dari atas gunung ini sangat menakjubkan dan bisa menjadi spot foto terbaik. Pengunjung bisa melihat hijaunya pepohonan, waduk dan bendungan dalam satu frame yang indah.

Memancing

Waduk juga menjadi tempat budidaya ikan. Siapapun boleh memancing dan hasil tangkapan untuk sendiri. Nah, bagi pengunjung yang memiliki keahlian , patut mencoba memancing ikan di sini.

Suasana yang tenang, damai, dan sejuk akan menemani Anda selama memancing. Jika berhasil, ikan bisa Anda bakar di tempat. Tentu rasanya lebih nikmat karena ikan masih segar.

Waterboom Jatiluhur

Waterboom Jatiluhur

Pengunjung memang tidak boleh berenang di kawasan waduk. Tapi, di dekat waduk ini ada waterboom yang siap memanjakan putra dan putri Anda. Di dalam waterboom ini, ada banyak wahana permainan air.

Baik anak-anak maupun orang dewasa, bisa mencoba bermain wahana yang ada. Semua seru dan sangat menyenangkan. Apalagi tiket masuknya juga terjangkau.

Outbound

Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat juga menyediakan paket lengkap untuk kegiatan outbound. Kegiatan ini cocok untuk acara outing class, gathering kantor dan keluarga, hingga komunitas.

Semua peralatan dan perlengkapan outbound juga lengkap. Untuk ini, perlu melakukan reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi pengelola outbound.

Berkemah

Berkemah di Pinggir Waduk Jatiluhur

Kegiatan seru yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan, khususnya bagi para pecinta alam. Bermalam di dekat waduk memberikan sensasi tersendiri. Di malam hari, pemandangan langit juga indah.

Bukan hanya itu, jika mengadakan camping di sini, Anda berkesempatan untuk menyaksikan sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari. Keduanya terlihat sangat indah. Di malam hari bisa bakar ikan hasil memancing.

Wisata Kuliner

Di kawasan waduk, terdapat warung makan atau restoran yang menjadi tempat wisata kuliner khas Purwakarta. Untuk bisa sampai ke restoran ini ada dua pilihan, menggunakan perahu motor atau melalui bendungan.

Jika menaiki perahu, akan menempuh waktu sekitar 20 menit. Biaya sewanya cukup Rp20.000 per orang dan minimal 10 orang. Begitu sampai, pengunjung bisa merasakan sensasi makan di atas waduk.

Warung ini berada di atas waduk, sedikit menjorok dari jalan. Ada banyak menu makanan khas Purwakarta dan pastinya seafood. Harga untuk setiap makanan dan minuman masih terjangkau.

Manfaatkan layanan perjalanan wisata yang aman dan menyenangkan ke Waduk Jatiluhur dan destinasi lain dari Salsa Wisata. Buatlah perjalanan kali ini lebih menyenangkan dan mengesankan bersama Salsa Wisata.



By Categories: Destinasi, Purwakarta

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)