earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tempat wisata di Sumatera Utara memang tak banyak yang menawarkan situs wisata alam sekaligus wisata religi. Hanya ada dua saja, yaitu Bukit Gibeon di Sibisa dan patung Yesus tertinggi yang ada di Bukit Sibea-Bea.

Namun pada kesempatan kali ini, kami tidak akan membahas keduanya karena patung Yesus di Bukit Sibea-Bea sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Kali ini kami akan mengulik potensi wisata alam di sebuah bukit cantik yang letaknya dekat dengan Parapat, yaitu Gibeon. Ada hal menarik apa saja di sana, dan seperti apa keseruan yang akan didapatkan jika liburan di sana, simak informasi selengkapnya.

Sekilas Tentang Bukit Gibeon

Bukit Gibeon merupakan sebuah objek wisata alam yang berupa air terjun dengan kolam renang di bawahnya. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu situs wisata religi di daftar wisata Medan.

Pasalnya, ada cukup banyak tempat ibadah dengan desain bangunan yang unik di tempat ini.

Lokasinya yang dekat dengan wisata Parapat membuat spot wisata bukit ini terus ramai oleh wisatawan ‘kiriman’ dari tempat-tempat wisata yang ada di Parapat.

Dengan luas lahan 20 Hektar, wisata bukit yang lagi hits ini mulai populer sejak pertama kali rilis, yaitu 2016 lalu. Popularitas ini tak muncul begitu saja, melainkan banyak hal yang menarik yang disajikan oleh tempat wisata ini.

Contohnya saja keindahan bukit yang hijau yang memagari Kaldera Toba. Lalu kolam renang buatan yang airnya berasal dari air pegunungan.

Tak cukup itu saja, terdapat bangunan-bangunan tempat peribadatan yang desainnya sangat mewah seperti bangunan kastil dan istana, dan masih banyak hal menarik lainnya. Untuk info detailnya, mari kita simak daya tarik objek wisata yang telah kami rangkum untuk Anda.

Daya Tarik Bukit Gibeon

Wisata Bukit Gibeon Sibisa

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Anda pasti akan terkejut dengan daya tarik wisata yang ada di objek wisata alam bukit ini. Pasalnya tak hanya sebatas pesona alam saja yang dipamerkan, melainkan ada beberapa daya tarik lainnya. Sebut saja beberapa daya tarik yang telah kami bagikan di bawah ini.

Lanskap Alam Perbukitan yang Memukau

Poin daya tarik utama pada tempat wisata di Medan Toba ini sebenarnya terletak pada pesona lanskap alamnya. Terlihat bukit-bukit cantik dekat sekali dengan bukit yang menjadi tempat wisata keluarga ini.

Durasi waktu tempuh ke Danau Toba, salah satu objek wisata paling terkenal seantero Medan, hanya 30 menit saja. Maka dari itu, akan sayang rasanya jika melewatkan objek wisata tersebut begitu saja.

Dan tahukah Anda, faktor jarak yang cukup dekat dengan Danau Toba inilah menjadikan wisata bukit ini dijuluki sebagai gerbang wisata Toba.

Area Spiritual Ikonik dan Sakral

Wisata bukit yang dicetuskan oleh Luceria Siagian ini memiliki sejumlah situs spiritual yang sangat ikonik dan juga sakral. Sebut saja situs menara doa dan juga gereja.

Sebagian situs peribadatan ini juga berfungsi sebagai pusat seminari. Tentu saja dengan adanya program Seminari ini, Anda wisatawan Kristiani dapat berkesempatan untuk mengadakan suatu kegiatan keagamaan di gereja-gereja ini. Anggap saja sebagai aktivitas retreat bersama teman-teman gereja.

Tawaran program keagamaan semacam ini mungkin baru satu-satunya di Indonesia; bahkan tempat wisata terdekat atau tempat wisata manapun tidak memilikinya.

Selain gereja, ada sebua bangunan yang dinamakan Menara Doa Segala Bangsa. Sepintas, bangunannya mirip sekali dengan gereja. Fasad bangunannya didominasi warna putih terang dengan aksen warna ungu di bagian atap.

Kolam Renang

Anda pastinya akan sangat kerasan di sini karena selain pesona alamnya yang paripurna, fasilitas rekreasinya juga sangat lengkap. Sebut saja fasilitas kolam renang yang ada cukup banyak pilihannya.

Fasilitas kolam renang ini terbagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan usia penggunanya. Ada kategori kolam renang anak, dewasa, dan perenang profesional.

Air Terjun dari Bukit

Yang tak kalah mengejutkan lagi adalah air terjun alami setinggi 7 meter yang airnya langsung mengguyur ke area kolam renang. Pemandangan inilah yang sontak membuat Gibeon ini langsung viral.

Tak heran jika air pada kolam renang di sini bersuhu dingin karena airnya langsung disuplai dari sumber mata air pegunungan.

Meski dingin, banyak wisatawan yang menikmati kesegarannya. Airnya sangat jernih dan tentunya baik untuk kesehatan kulit.

Sama sekali tidak membuat kulit kering dan mata pedih akibat zat kaporit yang biasa ada di air kolam renang pada umumnya.

Wahana Air

Kini telah hadir daya wahana air yang menambah daftar daya tarik yang telah ada. Wahana air ini berupa perahu bebek yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengelilingi kolam.

Fasilitas di Kawasan Wisata Bukit Gibeon

Bukit Gibeon Sibisa

Soal daftar fasilitas, tentu sangat lengkap. Anda saat berada di sini akan mudah sekali menjumpai fasilitas-fasilitas umum seperti toilet umum, ruang ganti, kamar bilas, loker, dan area parkir.

Untuk fasilitas penunjang wisata, di sini ada resto atau warung wisata, spot foto Instagenic, kolam renang, wahana air, dan situs-situs religi.

Jadi mudah sekali bagi Anda nantinya untuk menemukan pusat wisata kuliner Medan terdekat apabila Anda ingin recharge tenaga setelah lelah wisata. Khusus untuk fasilitas ini, pilihan menu makanan dan minumannya cukup banyak, mulai dari menu Nusantara hingga kuliner khas Medan.

Akan tetapi yang paling mendominasi adalah menu-menu klasik orang Medan seperti Soto Medan, Lontong Medan, dan Laksa Medan. Hidangan berkuah ini akan menjadi pilihan makanan khas Medan saat hujan yang paling pas.

Menu-menu ini juga recommended sekali untuk disantap saat tubuh sedang merasa kedinginan usai berenang di kolam di wisata bukit ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Gibeon

Segala macam fasilitas dan daya tarik yang disuguhkan oleh objek wisata alam bukit ini sangat lengkap.

Tapi harga tiketnya tergolong sangat terjangkau. Anda sendiri pasti akan terkejut setelah mengetahuinya.

Berikut kami bagikan info HTM terbaru wisata bukit di Parapat ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Dengan tarif retribusi tiket masuk yang murah ini tentu Anda bisa menggunakan sisa uang liburan Anda untuk keperluan liburan lainnya.

Sebagai contoh untuk membeli oleh-oleh khas Medan berupa barang atau makanan ringan.

Alternatif lainnya yaitu untuk disimpan sebagai dana tabungan untuk agenda liburan berikutnya.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Gibeon

Lokasi Bukit Gibeon Sibisa

Destinasi wisata alam ini secara administratif masuk dalam wilayah Desa Parsaoran Sibisa, Ajibata, Lumban Julu, Sionggang Utara, Kabupaten Toba Samosir.

Silahkan Anda pilih rute Parapat lalu Jalan Lintas Tengah Sumatera lanjut lagi ke Jalan Siborong-Borong hingga sampai di Sibisa.

Anda bisa gunakan kendaraan pribadi atau mobil sewa dari paket sewa mobil Alphard di Medan. Pastikan Anda memilih agen rental mobil terpercaya dan berpengalaman seperti Salsa Wisata.

Jam Operasional Wisata Bukit Gibeon

Objek wisata alam ini memberlakukan jadwal buka dan jam operasional yang sama dengan tempat-tempat wisata di Parapat.

Rata-rata tempat wisata di kawasan perbukitan ini buka setiap hari dengan jam operasional jam 08.00 sampai jam 18.00 WIB.

Sedang untuk waktu terbaik untuk kunjungan, sebaiknya konsultasikan saja ke travel organizer pilihan Anda.

Sembari reservasi paket liburan ke Medan, Anda dapat sekaligus menanyakan waktu kunjungan terbaik untuk masing-masing destinasi wisata. Termasuk destinasi wisata Bukit Gibeon ini.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)