SalSari Resto & Coffee

Mendengar Kabupaten Gowa, pasti Anda langsung teringat sejarah Kerajaan Gowa Tallo. Tak hanya menyimpan sejarah yang kental di masa silam, kota yang berada di Selatan Makassar ini juga kaya akan wisata alamnya. Salah satu destinasi yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan adalah Wisata Kebun Gowa.

Berbeda dengan Makassar yang menawarkan wisata bahari karena dekat dengan pesisir pantai, Kabupaten Gowa punya panorama dataran tinggi yang menyejukkan pandangan.

Sehingga sangat pas bagi Anda yang sedang mencari tempat refreshing terbaik. Karena sajian alam yang hadir di kebun wisata ini siap memanjakan Anda.

Bila Anda berencana datang berombongan bisa manfaatkan rental big bus murah untuk menuju ke lokasi. Nah ada apa saja yang bisa Anda eksplor di obyek wisata ini, simak penjelasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Wisata Kebun Gowa

Wisata Kebun Gowa

Wisata Kebun Gowa sudah ada sejak tahun 2008 silam. Meski sudah lama, wisata ini masih ramai oleh pengunjung dan daya tariknya tidak pernah lekang.

Kawasan ini bukan sekedar tempat wisata Makassar, sebab kehadiran kebun wisata ini sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Apalagi banyak aneka jenis tanaman yang dibudidayakan di kebun ini.

Hal tersebut bisa menambah wisata edukasi bagi para pengunjung, khususnya anak-anak. Anda bisa mengenalkan berbagai jenis tumbuhan dan buah-buahan.

Seiring perkembangan waktu juga, taman rekreasi keluarga ini meluaskan daya tarik wisatanya. Tidak hanya wisata alam saja yang menonjol, sekarang banyak tersedia aneka wahana permainan modern.

Sehingga selain pepohonan dan panorama hijau memanjakan wisatawan, permainan modern seperti ATV dan boom-boom car akan menemani si kecil bermain.

Lelah menyusuri kebun yang luas ini atau anak-anak yang sudah jenuh bermain, saatnya Anda bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia sembari menyantap makanan khas Makassar.

Fasilitas Wisata Kebun Gowa

fasilitas Wisata Kebun Gowa

Terkait dengan fasilitas yang ada, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Karena fasilitas wisata ini siap menunjang keperluan wisatawan.

Pasca bermain basah-basahan, Anda bisa menemukan toilet dan kamar bilas dengan mudah. Area parkirnya juga cukup luas dan bisa menampung berbagai jenis kendaraan, termasuk bus pariwisata.

Tempat duduk dan gazebo tersebar di beberapa titik wisata. Warung makan atau area foodcourt juga bisa Anda jangkau tanpa harus keluar dari wisata ini. Sajian oleh-oleh khas Makassar terkenal juga bisa Anda peroleh di toko souvenir terdekat.

Kalau ingin berlama-lama di kebun wisata ini, ada banyak hotel dengan konsep villa yang bisa Anda sewa. Pengalaman alam bisa Anda saksikan langsung dari kamar penginapan.

Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Gowa

Pengunjung bisa menikmati Wisata Kebun Gowa di Sulawesi Selatan ini dengan harga yang sangat terjangkau. Terlebih anak usia di bawah 2 tahun tidak perlu membeli tiket. Sebab tarif tiket berlaku bagi pengunjung lebih dari usia 2 tahun.

Harga tiket masuk sudah include dengan wahana kolam renang atau waterboom. Untuk fasilitas gazebo juga sudah termasuk jadi Anda tak perlu membayar uang sewa gazebo lagi.

Sayangnya, beberapa wahana permainan yang belum termasuk dengan biaya tiket masuk. Sehingga Anda masih harus membayar tiket wahana lagi. Tenang saja, harga tiket masuk wahananya juga masih relatif murah dan terjangkau.

Supaya Anda bisa menyiapkan budget liburan di kebun wisata ini, berikut informasi daftar harga tiket masuk wisata yang sedang viral di Gowa ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp15.000,00
Tiket Masuk Weekend Rp25.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00

Rute Menuju Lokasi Wisata Kebun Gowa

spot foto Wisata Kebun Gowa

Taman wisata populer ini dapat Anda temukan di Jalan Malino, Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jarak tempuhnya sekitar 19 km dari pusat Kota Makassar.

Kalau Anda berangkat dari Makassar bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Tetapi beruntungnya, keberadaan wisata ini cukup strategis sehingga wisatawan bisa mudah menemukannya.

Lokasinya memang cukup jauh dari Kota Makassar. Tenang saja, Anda tetap bisa menjangkau obyek wisata ini meski tidak memiliki kendaraan pribadi. Pengunjung bisa mengambil layanan rental mobil Makassar lengkap dengan sopir dari Salsa Wisata.

Daya Tarik Wisata Kebun Gowa

Berwisata ke kebun wisata yang berada di Gowa ini berbeda dari kebun wisata pada umumnya. Wisatawan tidak hanya mendapat suguhan panorama alam yang menyejukkan mata, tetapi ada segudang permainan yang siap membuat si kecil gembira. Selengkapnya langsung saja simak daya tariknya.

Kolam Renang

waterboom Wisata Kebun Gowa

Daya tarik di kebun wisata ini sangat beragam. Salah satu wisata modern yang meramaikan destinasi ini adalah wisata waterboom. Jadi Anda tak harus pergi ke waterpark Makassar lainnya untuk bisa bermain waterboom.

Kolam renang yang tersaji memang ditujukan untuk anak-anak.

Kedalaman kolam renang tidak begitu tinggi dan aman untuk anak-anak bermain. Pengalaman liburan anak-anak semakin asyik bersama orang tuanya dengan kehadiran wahana seluncuran yang berkelok-kelok lintasannya.

Pengunjung juga bisa menyewa pelampung karet untuk menambah keseruan bermain di air. Apalagi berendam di kolam renang sambil menikmati panorama alam yang tenang dan menyejukkan.

Pasca berenang, jangan lupa mampir ke wisata kuliner khas Makassar yang tersedia di dekat kolam renang ini. Lelah berenang pasti membuat Anda lapar. Isi kembali energi dengan santapan lezat supaya bisa melanjutkan liburan dengan wahana permainan berikutnya.

Agrowisata Ramah Keluarga

Gowa memang punya tanah yang subur, sehingga tak heran kalau hasil pertanian di area ini begitu melimpah. Aneka jenis tanaman bisa tumbuh subur di kawasan ini.

Hal tersebut membuatnya sangat potensial sebagai kawasan agrowisata yang ramah keluarga. Anda tidak perlu bingung dengan nama tumbuhan yang aneh dan asing.

Karena hasil perkebunan di obyek wisata ini masih seputar buah-buahan. Sehingga Anda akan banyak menjumpai kebun dengan aneka buah. Buah yang dihasilkan juga sering kali jadi konsumsi masyarakat sehari-hari.

Sebut saja seperti mangga, jeruk, durian, rambutan, dan buah jenis lainnya. Bahkan Anda bisa menikmati wisata petik buah langsung dari pohonnya. Pastinya ruang terbuka ini bisa sekaligus menjadi sarana belajar anak-anak.

Wahana Permainan

playground Wisata Kebun Gowa

Area yang jadi favorit wisatawan berikutnya adalah playground. Pasca berenang, pengunjung masih terhipnotis untuk bermain dengan aneka wahana permainan modern super seru.

Misalnya seperti menyusuri kebun wisata dengan mengendarai mobil ATV. Berkendara boom-boom car bersama si kecil juga jadi permainan incaran para orang tua. Tak sedikit anak-anak berlomba-lomba untuk menaiki permainan kereta.

Kolam Pancing

pemancingan Wisata Kebun Gowa

Tak hanya anak-anak saja yang bisa puas bermain di wisata ini, tetapi orang dewasa juga menghabiskan akhir pekan di area wisata ini. Salah satu spot yang menjadi buruan para bapak-bapak adalah kolam pemancingan.

Anda bisa memancing sambil menikmati alam sekitar yang mempesona. Kolam berukuran 4×4 meter ini menampung aneka jenis ikan yang siap Anda tangkap. Kalau tidak membawa alat pancing, Anda bisa menyewanya dengan harga terjangkau.

Jam Operasional Wisata Kebun Gowa

Wisata Kebun Gowa bisa wisatawan datangi setiap hari dari hari Senin sampai hari Minggu. Bahkan ketika hari libur Nasional atau hari raya tiba, destinasi wisata ini tetap beroperasi.

Jam bukanya dari pagi sampai sore hari. Tepatnya buka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kami sarankan untuk berkunjung saat hari weekday karena biasanya ketika akhir pekan tiba, taman wisata ini ramai pengunjung.

Sebenarnya masih ada banyak lagi obyek wisata yang bisa Anda kunjungi di Gowa. Untuk detail informasi perjalanan travelling, Anda bisa menghubungi Salsa Wisata. Mumpung ada paket promo wisata Sulawesi Selatan, mungkin Anda tertarik untuk mengambil kesempatan tersebut!



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)