SalSari Resto & Coffee

Malang memiliki sejumlah tempat wisata yang mampu menjadi magnet para pengunjung. Wisata Wendit adalah salah satu tempat wisata di Malang yang lagi hits untuk liburan bersama keluarga di akhir pekan.

Objek wisata ini berupa mata air yang kemudian dijadikan sebagai kolam pemandian dan kolam renang berwahana. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung yang pastinya membuat para pengunjung nyaman dan betah.

Di sini, tak hanya anak-anak saja yang dapat seru-seruan bermain wahana. Ada cukup banyak wahana permainan yang bisa dimainkan oleh pengunjung dewasa dan juga anak-anak. Contohnya adalah bebek air dan waterpark.

Sejarah Pemandian Wendit Malang

taman wisata wendit

Taman Wisata Wendit Malang merupakan taman air yang dulunya, konon menjadi tempat pemandian para selir dan raja Majapahit. Bukan hanya untuk mandi biasa, melainkan juga untuk menjalani prosesi ritual.

Tidak sedikit pula yang meyakini bahwa sumber air ini dapat membebaskan diri dari penyakit dan awet muda. Hingga ada juga yang beranggapan bahwa sumber air ini akan membuat enteng jodoh.

Wendit sendiri berasal dari kata ‘wendito’ yang berarti pendeta. Konon, ada seorang pendeta yang bersemedi di Mangliawan pada saat kekeringan sedang melanda. Kemudian, tiba-tiba muncullah sumber mata air ini.

Kemudian di masa kolonial, area Wendit ini menjadi tempat pemandian dengan berbagai fasilitas seperti golf. Saat ini, objek wisata yang hanya berjarak 8 KM dari Alun-Alun Kota Malang ini berada di bawah arahan BUMD.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit

Untuk bisa merasakan keseruan di taman wisata air ini, pengunjung harus membeli tiket yang harganya cukup murah. Harga tiket masuk Wisata Wendit Malang berbeda untuk pengunjung anak dan dewasa. Begitu juga saat weekday dan weekend.

Berikut adalah info harga tiket wisata Wendit terbaru. Silahkan jadikan ini referensi sebelum memutuskan untuk berkunjung ke sini.

Retribusi Tarif Weekday Tarif Weekend
Tiket Masuk – Anak Rp10.500,00 Rp12.500,00
Tiket Masuk – Dewasa Rp15.500,00 Rp18.500,00

Tarif di atas tidak termasuk tiket bermain wahana dan biaya sewa pelampung, pakaian renang, dll. Jadi, sebaiknya siapkan budget lebih bila Anda ingin bermain banyak wahana.

Akan lebih hemat lagi bila Anda menggunakan layanan paket liburan ke Malang untuk 2 orang atau lebih dari Salsa Wisata. Sebab, paket wisata ini akan mengakomodir biaya tiket masuk dan juga biaya tiket wahana.

Rute Menuju Lokasi Taman Wisata Wendit

gambar wisata wendit malang

Lokasi wisata Wendit Malang berada di di Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang. Dari pusat kota, jaraknya hanya sekitar 8 KM atau setara 20 menit perjalananan normal.

Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Malang 24 jam untuk pergi wisata bersama keluarga. Sedangkan jika bersama rombongan, bisa memilih Hiace, Elf atau, bahkan big bus kapasitas 60 orang.

Untuk rute, cukup mudah. Arahkan kendaraan melalui Jln. Raya Malang ke arah Gempol. Kemudian belok di pertigaan ke arah Jln. Adi Sucipto.

Lurus saja sampai di Jln. Raya Wendit Timur. Selanjutnya belok ke kanan ke Gang Anoman. Jika cukup sulit, bisa langsung mengikuti arah dari Google Maps agar tahu rute tercepat dari lokasi Anda.

Daya Tarik Taman Wisata Wendit Malang

Masyarakat meyakini jika Wisata Wendit sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram abad 10 Masehi. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk, juga kabarnya pernah mengunjungi telaga ini.

Selain daya tarik sejarah, tentu masih banyak daya tarik lainnya yang juga tak kalah menarik untuk Anda ketahui. Berikut daftar dan ulasannya.

Waterpark yang Seru

wisata wendit malang

Berikutnya, wisata Malang ini juga memiliki waterpark. Di sini wisatawan bisa berenang di kolam atau main wahana air. Anak-anak bisa mencoba bermain ember tumpah yang seru sekaligus menyenangkan.

Sedangkan orang dewasa dapat bermain seluncuran air yang cukup tinggi. Ada juga water slide atau seluncuran air untuk anak-anak yang lebih pendek. Tapi tetap saja menyenangkan bagi anak-anak.

Selesai berenang bisa mampir ke area warung atau foodcourt untuk menikmati makanan Malang dan minuman hangat. Biasanya, setelah bermain air perut akan terasa lapar sehingga makanan hangat adalah opsi terbaik.

Kolam Pemandian Alami

Pemandian alami di sini berupa kolam yang terbentuk secara alami. Raja Hayam Wuruk juga pernah datang ke area pemandian alami ini untuk beristirahat. Ukuran kolamnya cukup besar tapi tidak terlalu dalam.

Layaknya Umbul Ponggok Klaten, kolam alami ini memilih air yang bersih dan jernih. Airnya juga segar cenderung dingin dan pastinya dapat memberikan efek relaksasi.

Menariknya, ketika berenang di kolam alami ini, Anda akan berjumpa dengan ikan-ikan kecil yang hidup di kolam ini. Mungkin Anda membutuhkan kacamata renang untuk melihat di dalam air dan bisa berfoto atau video underwater juga.

Kolam Buatan

htm wisata wendit

Kolam buatan sumber airnya berasal dari sungai. Warga sekitar membendung sungai sehingga air berkumpul dan memenuhi area kolam buatan. Tempat ini menjadi salah satu yang paling favorit.

Di sini pengunjung dapat menaiki perahu motor kapasitas 16 orang. Ada pula becak air dan beberapa wahana air lainnya. Tentunya, di dekat kolam ini juga terdapat berbagai pusat wisata kuliner Malang viral.

Jadi, saat lelah setelah puas bermain wahana air, pengunjung bisa mampir untuk makan siang di warung-warung wisata terdekat.

Kolam Spa untuk Relaksasi

Ketika mendengar kata kolam spa, tentu yang ada di bayangan kita adalah mandi dengan air hangat. Tapi di sini berbeda karena airnya tetap menggunakan air dari mata air pegunungan yang segar dan jernih.

Walau demikian, karena ada taburan bunga mawar, membuat area kolam terlihat mewah dan indah. Aroma airnya juga wangi bunga, membuat pikiran dan badan menjadi rileks saat berendam.

Arena Bermain Anak

wisata air wendit Malang

Selain yang bertema air, tempat wisata di Malang ini juga menyediakan berbagai permainan darat yang tak kalah seru. Ada komedi putar, bom-bom car, jungkat-jungkit, ayunan, dan banyak lainnya yang bisa anak-anak mainkan.

Kemudian untuk anak-anak yang lebih besar bisa memilih flying fox atau ada juga naik kuda. Untuk naik kuda, anak kecil juga boleh karena ada pemandunya. Semuanya menyenangkan, seru, dan pastinya memorable.

Sendang Widodaren

Di salah satu sudut kawasan taman pemandian Wendit terdapat bangunan dengan relief Hindu. Ternyata di dalam bangunan inilah sumber air Wendit berada. Nama mata air tersebut adalah Sendang Widodaren.

Masyarakat Tengger dari Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang secara rutin mengadakan Grebeg Tirto Aji. Acara ini setiap hari Kamis Pahing di bulan Rajab.

Ritual lain di kawasan mata air ini adalah Bersih Desa oleh warga Desa Mangliawan. Ada juga Ritual Jamasan, yakni mencuci keris bagi para pecinta keris. Selain itu, ada Grebeg Suro di setiap tanggal 1 Suro.

Masyarakat mengistimewakan mata air ini sebab merupakan pertemuan air dari 4 gunung. Yakni Gunung Kawi, Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan Gunung Arjuno.

Berjumpa dan Berfoto Bersama Kera Ekor Panjang

berfoto bersama kera

Pengunjung yang datang ke objek wisata ini akan menjumpai maskot patung berupa kera. Bukan tanpa alasan, maskot kera ini sesuai penghuni hutang kecil di kawasan Wendit.

Oleh sebab itu, Anda dapat menjumpai kera ekor panjang yang berkeliaran di area wisata. Tenang, mereka sudah jinak dan warga sekitar menganggap kera-kera tersebut sebagai utusan dari kerajaan di Tengger.

Tugasnya adalah untuk melindungi area sumber mata air Wendit. Kera ekor panjang ini tinggal di pohon jati dan Sonokeling yang merupakan hutan kecil dan menjadi habitat mereka.

Fasilitas di Taman Wisata Wendit

Sebagai salah satu tujuan wisata favorit, selain pantai di Malang, fasilitas taman pemandian Wendit sudah memadai. Pengunjung bisa menggunakan fasilitas seperti tempat parkir, mushola, gazebo, pendopo, toilet, dan lain-lain.

Bahkan ada juga toko oleh-oleh khas Malang yang bisa pengunjung datangi. Mereka menjual berbagai jenis oleh-oleh khas Malang dan souvenir. Pastinya, di area wisata ini juga terdapat warung makan untuk para pecinta kuliner.

Jam Buka Taman Wisata Wendit

sejarah pemandian wendit malang

Wisata pemandian dan waterpark Wendit beroperasi setiap hari. Hari libur tetap buka dengan jam buka yang sama. Setiap harinya, jam buka Wisata Wendit ini dimulai pada pukul 08.00 dan tutup pada pukul 15.00 WIB.

Jika ingin benar-benar menikmati waktu santai yang nyaman, sebaiknya berkunjung saat weekday di mana jumlah pengunjungnya lebih sedikit. Kondisinya akan jauh lebih ramai saat libur akhir pekan dan musim liburan.

Mari agendakan liburan ke wisata air Wendit Malang ini. Ajak serta si buah hati dan anggota keluarga lainnya untuk nikmati kebersamaan di sini. Gunakan layanan paket wisata dari kami, Salsa Wisata, agar liburan semakin menyenangkan karena hemat, mudah, dan terencana.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)