SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Soal potensi wisata, Kabupaten Karo memang pantas mendapat julukan sebagai surga bagi wisatawan. Daerah ini rupanya memiliki banyak objek wisata alam yang sangat populer. Salah satunya adalah Air Terjun Sikulikap.

Air terjun ini terlihat ditata dengan sangat baik oleh pihak pengelola wisata setempat. Pengunjung dapat melihatnya dari properti-properti pendukung yang ditambahkan di lokasi wisata ini.

Sekilas tempat wisata alam ini mirip dengan Air Terjun Tegenungan, Bali. Dilihat dari tambahan properti yang digunakan, misalnya. Kemudian landskap alam yang disuguhkan juga sedikit mirip.

Sekilas Tentang Air Terjun Sikulikap

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini sebenarnya berada di antara dua wilayah administratif, yaitu Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Karo.

Namun sebagian besar masyarakat Medan menyebut air terjun ini adalah milik masyarakat Karo, khususnya Berastagi.

Air terjun ini berada di bawah jurang Panatapan. Meskipun letaknya ada di bawah sebuah jurang, akses untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup baik.

Pasalnya, pihak pengelola tempat wisata ini telah menyediakan akses berupa jalan setapak yang memadai untuk para wisatawan. Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika akan liburan di sini.

Di sepanjang jalur, telah terpasang pembatas berupa pagar yang terbuat dari besi yang kuat. Selain itu, terdapat juga sebuah pintu masuk yang lokasinya dekat dengan sebuah gapura perbatasan.

Sumber air pada air terjun favorit masyarakat Berastagi ini berasal dari Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan. Sedang hutan yang mengelilingi air terjun ini merupakan bagian dari KEL (Kawasan Ekosistem Leuser) Taman Nasional Gunung Leuser.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sikulikap

Tempat wisata Medan ini masuk dalam kategori tempat wisata murah karena harga tiket yang dijual kepada wisatawan sangat terjangkau. Namun tidak dengan biaya parkir.
Untuk kendaraan jenis sepeda motor dan mobil dikenai biaya parkir dengan nominal yang berbeda.

Besaran nominalnya pun cukup tinggi bila dibandingkan dengan tarif parkir di Air Terjun Sekumpul, Bali, dan air terjun lainnya.

Berikut kami cantumkan info harga tiket masuk dan tarif parkir 2022 sebagai referensi untuk Anda:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00/ orang
Parkir Motor Rp20.000,00
Parkir Mobil Rp60.000,00

Tarif parkir dan harga tiket di atas berpotensi mengalami kenaikan selama liburan akhir pekan atau saat puncak musim liburan nasional.

Jadi, Anda bisa siapkan budget lebih jika Anda berencana akan mengunjungi tempat ini di akhir pekan ini.

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Air Terjun Sikulikap

air terjun sikulikap berastagi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Air terjun ini mempunyai daya tarik yang sanggup memikat para wisatawan. Daya tarik utamanya ada pada landskap alamnya yang masih sangat alami.

Selain daya tarik alam, Anda dan wisatawan lainnya juga dapat menikmati ragam kegiatan alam yang menarik di sini.

Apa saja daya tarik alam dan aktivitas yang bisa dilakukan di tempat indah ini? Berikut informasi singkatnya.

View Air Terjun dan Alam Sekitarnya

Jika berbicara soal air terjun, gambaran umum yang tersirat di benak sebagian besar orang adalah air terjun dengan bebatuan besar di sekitarnya.

Kemudian ada juga vegetasi liar yang tumbuh di sekitarnya. Lalu udara dingin yang terasa dan batu-batu yang licin akibat ditumbuhi lumut. Gambaran ini benar-benar ada di dunia nyata, tepatnya di objek wisata ini.

Namun, pengunjung akan mendapati beberapa properti tambahan di sini, yaitu jembatan kayu lengkap dengan pagar.

Saat malam hari, pagar dan tepian jembatan ini akan terlihat bercahaya karena telah dipasangi lampu neon dekoratif.

Pada bagian pintu masuk, pengunjung juga dapat menjumpai ornamen lampu yang sama. Pemandangan semacam ini tentu tak dapat dijumpai di wisata air terjun lain.

Trekking Santai

Sebagian besar wisatawan air terjun ini berasal dari mahasiswa pecinta alam dan komunitas pecinta alam. Namun saat akhir pekan, tak sedikit wisatawan umum rela melakukan trekking santai untuk menuju ke pusat lokasi wisata  air terjun.

Namun tidak ada jalur khusus untuk trekking. Artinya, wisatawan yang ingin melakukan trekking harus menggunakan jalur yang sama dengan jalur utama.

Meski begitu jalurnya sendiri sangat memadai. Pada bagian dasar jalur, telah dilapisi dengan beton, sedang tanah yang berkontur curam telah diganti dengan anak tangga.

Kemudian di bagian samping jalur yang langsung berbatasan dengan jurang, telah diberi pagar besi yang kuat.

Merasakan Kesegaran Air Langsung dari Sumber Alami

Meski tidak disarankan untuk merasakan kesegaran air terjun secara langsung, pengunjung tetap bisa merasakannya dari tepi air terjun. Telah tersedia spot khusus bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman ini.

Spot ini dibangun tak jauh dari lokasi jatuhnya air terjun. Nah, dari spot ini, Anda masih bisa merasakan dingin dan segarnya air terjun di Berastagi ini.

Bersantai dan Berfoto

foto air terjun sikulikap

Air terjun ini berada di kawasan dataran tinggi yang identik dengan udara bersih dan sejuk. Suasana tenang, hanya suara alam yang dihadirkan juga sangat cocok untuk bersantai.

Suasana santai semacam ini akan semakin nikmat apabila ‘ditemani’ dengan Cimpa, makanan khas Medan daerah Berastagi, dan secangkir kopi pahit hangat. Sudah pasti akan membuat Anda semakin betah di sini.

Atau bagi Anda yang hobi berfoto, Anda wajib mengabadikan momen liburan di sini di album-album foto Anda.

Terdapat beberapa spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Spot foto di sepanjang jalur dan sebuah spot foto paling dekat dengan air terjun adalah spot favorit.

Selain itu, ada 2 spot foto menarik lainnya yang pasti akan membuat hasil jepretan Anda sangat instagramable. Kedua spot ini adalah sebuah pondok bergaya etnik Karo dan rumah Hobbit.

Nongkrong Santai di Elsierra alias Sikulikap Cafe

Tak jauh dari air terjun, terdapat sebuah cafe yang siap menjadi tempat nongkrong santai bersama sahabat atau pasangan. Bangunan cafe yang serba kayu tentu sangat cocok dengan objek wisata yang ada.

Pengunjung cafe dapat menyeruput kopi sambil menikmati jajanan ala cafe di sini.

Masih seputar cafe ini, pengunjung juga akan mendapati berbagai merk Kopi Sidikalang yang tersusun rapi di rak. Jika Anda berminat, Anda boleh membelinya sebagai oleh-oleh khas Medan.

Anda bisa jadikan Kopi Sidikalang ini untuk konsumsi pribadi Anda atau memberikannya kepada keluarga atau sahabat sebagai oleh-oleh.

Fasilitas Air Terjun Sikulikap

wisata air terjun sikulikap berastagi

Soal fasilitas, rasanya fasilitas-fasilitas yang tersedia di kawasan wisata air terjun ini sudah lengkap. Mulai dari area parkir yang terletak di area dataran yang lebih tinggi hingga toilet umum.

Di dekat air terjun juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman ringan.

Ada juga pemilik warung yang menjual aneka mie instan yang sangat nikmat Anda santap hangat-hangat.

Pengalaman semacam ini mengingatkan kita akan kenikmatan menyantap mie instan hangat pasca lelah mengikuti aktivitas cave tubing di Goa Pindul.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sikulikap

Wisata air terjun ini terletak di Desa Doulu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Waktu tempuh yang Anda butuhkan untuk sampai di lokasi ini sekitar 2-3 jam dari Kota Medan.

Rute paling mudah menuju objek wisata ini adalah via Jalan Jamin Ginting, tepatnya melalui jalan Lintas Sumatera-Karo.

Jika Anda dari luar Kota Medan, ada baiknya gunakan jasa rental mobil yang menyediakan layanan antar jemput dari Bandara Kualanamu. Salsa Wisata, misalnya.

Paket sewa mobil Innova Reborn Medan dari Salsa Wisata menyertakan layanan antar-jemput bandara bagi Anda yang membutuhkannya.

Cukup hubungi kontak yang tercantum pada situs resmi kami apabila Anda ingin reservasi.

Jam Operasional

Terkait dengan jam operasional, ada yang mengatakan bahwa wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun sumber lain menyebutkan bahwa objek wisata air terjun ini buka dari pukul 06.00 sampai pukul 20.00 WIB.

Air Terjun Sikulikap memang menjadi salah satu referensi tempat wisata untuk agenda liburan mendatang. Jika Anda berminat ke sini, pastikan Anda mulai menyiapkan seluruh kebutuhan liburan Anda dari sekarang.

Memilih Salsa Wisata Travel Organizer akan menjadi keputusan yang bijak. Karena, melalui paket tour yang kami tawarkan, acara liburan pun akan terasa lebih menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Medan



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)