SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Membicarakan objek wisata di Sumatera Utara memang tak pernah ada matinya. Selalu saja bermunculan tempat wisata Instagramable yang masih terlihat begitu asli dan alami, seperti Air Terjun Sipiso Piso ini.

Wisata air terjun ini secara visual sangat memukau dan seratus persen masih sangat alami. Siapapun yang melihatnya akan langsung berdecak kagum.

Berbeda dengan sederet tempat wisata di Medan kota, air terjun ini memamerkan keindahan air terjun dengan air yang bersih dan jernih. Sedang di sekitarnya, masih terdapat rerimbunan pohon dan juga tanaman liar yang menghijau.

Batu-batu besar nampak dihujani derasnya air terjun dari hulu – mengeluarkan suara gemericik air yang sangat khas. Suara kicauan burung pun menjadi penyempurna pesona alam ini.

Anda yang belum pernah ke sini tentu sangat penasaran bukan dengan wisata air terjun ini? Lantas, apa saja daya tariknya? Langsung saja simak informasi detailnya berikut ini.

Lihat tempat populer destinasi wisata di Berastagi yang hits, beberapa diantaranya belum banyak orang tahu.

Sekilas Tentang Wisata Air Terjun Sipiso Piso

Wisata Air Terjun Sipiso-piso

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Air Terjun Sipiso Piso merupakan sebuah objek wisata air terjun yang terletak di Dusun Hutabaringin, Kabupaten Karo. Dengan tinggi 120 meter ini, air terjun ini diklaim sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, khususnya di Tanah Sumatera Utara.

Air terjunnya tampak seperti mata pisau yang tajam, yaitu putih mengkilat jika Anda lihat dari bawah ke arah vertikal. Tak heran jika air terjun ini masuk dalam kategori air terjun tipe Plunge.

Nama Sipiso Piso ini sendiri terinspirasi dari kata ‘piso’ yang memiliki arti pisau. Penamaan ini rupanya mengacu pada tipe air terjun yang tampak sangat tajam setajam mata pisau.

Udara di sini tentu sangat sejuk. Apalagi air terjun ini berada di kawasan perbukitan. Hutan pinus yang lebat nan subur juga terlihat menumbuhi area punggung perbukitan ini.

Pemandangan Danau Toba juga terlihat jelas meski dari kejauhan semakin menambah keelokan alam di sekitar air terjun ini.

Sipiso Piso Waterfall ini terbentuk akibat adanya Sungai Pajanabolon yang mengalir deras di area tebing. Sedang tujuan akhir muaranya adalah jatuh di Danau Toba.

Daya Tarik Air Terjun Sipiso Piso

Ada daya tarik utama yang dimiliki oleh air terjun ini, yaitu keelokan alamnya. Jarang ada sebuah objek wisata air terjun yang mengikutsertakan view danau cantik sebagai ‘bonus’-nya. Hanya Sipiso Piso yang dapat menghadirkanya.

Untuk melihat keindahan ini, pihak pengelola telah menyediakan sebuah gardu pandang di puncak bukit dekat air terjun. Dari titik inilah, Anda juga bisa menyaksikan gagahnya Gunung Sibayak, gunung raja yang sangat dihormati oleh masyarakat Karo.

Kemudian beralih ke air terjun di mana Anda akan melihat deburan air terjun yang sangat deras. Dari atas bukit, air terjun ini tampak berwarna putih akibat riak air yang sangat deras.

Tampak pula tebing batu kapur yang putih kecokelatan akibat ditumbuhi tumbuhan paku. Warna putih kecokelatan pada dinding tebing ini menjadi aksen yang sangat indah di antara hijaunya vegetasi yang ada di sekitarnya.

Secara keseluruhan visual, objek wisata air terjun ini menampilkan tone-tone alami yang kontras tapi indah. Benar-benar sangat memanjakan mata para pengunjungnya.

Fasilitas di Kawasan Wisata Air Terjun Sipiso Piso

Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sipiso-piso

Objek wisata air terjun ini berada di tengah perbukitan yang notabene sulit untuk dijangkau. Akan tetapi, tempat ini memiliki fasilitas yang tergolong cukup lengkap.

Area parkir, misalnya, tetap tersedia hanya saja lokasinya cukup jauh dari sentra wisata ini. Pengunjung harus berjalan kaki dengan trek menanjak untuk bisa sampai di fasilitas yang kedua, yaitu loket tiket.

Selain area parkir dan loket, terdapat fasilitas gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai, duduk, atau menyantap perbekalan yang telah Anda bawa.

Anda bisa bayangkan betapa nikmatnya duduk santai dengan orang terkasih sambil meneguk kopi asli Medan. Apalagi di hadapan Anda telah tersaji potongan-potongan oleh-oleh khas Medan Bolu Meranti.

Sungguh sebuah kenikmatan yang paripurna. Pahit berpadu dengan si legit. Cocok sekali untuk suasana sejuk dan dingin di sekitar air terjun.

Fasilitas yang tak kalah pentingnya adalah gardu pandang yang siap menjadi sarana untuk memandangi lukisan alam di Tanah Karo. Anda juga dapat mampir ke penjual souvenir yang menggelar dagangannya di sekitar gazebo.

Masih di sekitar gazebo, ada sejumlah warung makan kecil yang menjual camilan, aneka merk mie instan, dan juga minuman kemasan. Dan jika beruntung, ada beberapa pilihan menu makanan khas Medan halal yang dijual dengan harga murah di warung-warung ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso Piso

Objek wisata air terjun ini termasuk tempat wisata yang sangat murah. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati keindahannya. Pengunjung hanya perlu membayar biaya tambahan untuk parkir kendaraan khusus untuk mereka yang membawa kendaraan.

Harga makanan dan minuman di sekitar objek wisata alam ini juga cukup murah. Demikian juga dengan tarif menginap di homestay yang terletak di Desa Kabanjahe dan Tongging.

Di sekitar homestay ada sebuah pusat wisata kuliner Medan terdekat yang bisa Anda sambangi ketika Anda merasa bosan di penginapan. Berikut adalah info HTM terbaru dan biaya-biaya lainnya di Sipiso Piso Waterfall:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Biaya Parkir Rp5.000,00 per kendaraan

Tarif yang tertera di atas dapat berubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Kenaikan tarif juga dapat terjadi saat musim liburan atau libur akhir pekan.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sipiso Piso

Lokasi Wisata Air Terjun Sipiso-piso

Wisata alam air terjun ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Anda dapat menjangkau lokasi ini dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Apabila Anda berangkat dari Kota Medan dengan menggunakan bus, pilih bus jurusan Medan-Kabanjahe.

Waktu tempuhnya cukup lama, yaitu 2 jam. Sesampainya di Kabanjahe, Anda masih harus menggunakan angkutan umum dengan jurusan Merek, lalu naik ojek atau bentor ke lokasi tujuan.

Jika Anda merasa kurang efisien, solusi terbaiknya yaitu menyewa mobil dari jasa paket sewa hiace premio di Medan. Jasa rental mobil ini tentu akan cocok untuk Anda. Terlebih jika Anda datang bersama rombongan.

Jam Operasional Air Terjun Sipiso Piso

Sipiso Piso Waterfall ini buka setiap hari dan juga hari libur nasional dengan jam operasional 24 jam. Untuk mendapatkan view alam yang masih asri tanpa ada kehadiran dari pengunjung lain, datanglah lebih pagi.

Dengan datang lebih pagi, Anda juga akan memiliki waktu yang lebih lama untuk menikmati keindahan alam air terjun ini. Anda juga masih memiliki waktu untuk menyambangi tempat wisata terdekat seperti Air Terjun Dua Warna Sibolangit.

Sipiso Piso memang tak boleh terlewat untuk Anda masukan ke dalam list kunjungan Anda. Panorama alamnya tentu menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Anda boleh mengusulkan nama air terjun ini kepada crew travel organizer kami, salsawisata.com. Kami akan siap memasukan nama air terjun ini ke dalam list bersamaan dengan sejumlah tempat wisata lainnya.

Tentu dengan dukungan layanan paket tour Medan 1 hari dari kami, perjalanan wisata ke Air Terjun Sipiso Piso ini akan lebih fun.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Medan



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)