SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pulau Samosir, Gunung Toba, Danau Toba, dan Air Terjun Dua Warna nampaknya tak cukup untuk mewakili keindahan tanah Sumatera Utara. Untuk melengkapinya, silahkan simak info wisata Gunung Sibayak yang akan menjadi topik utama kali ini.

Gunung ini akan menjadi pilihan destinasi liburan yang sangat tepat untuk Anda yang menyukai panorama pegunungan. Sebab, gunung ini memiliki daya tarik yang sangat lengkap.

Selain itu, Anda juga dapat berkesempatan untuk mencoba berbagai aktivitas seru di alam pegunungan yang sejuk nan asri ini. Contohnya saja outbound, hiking, trekking, atau sekedar berwisata di tempat wisata di Berastagi terdekat.

Lalu, pesona alam seperti apa yang dipamerkan oleh gunung ini? Dan ada info wisata apa saja yang bisa Anda dapatkan dari wisata gunung yang satu ini? Mari kita simak info selengkapnya.

Sekilas Tentang Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara. Hingga saat ini, status gunung ini masih aktif dan bahkan di atas kawahnya terdapat uap panas yang terus mengepul.

Nama ‘Sibayak’ sendiri memiliki arti ‘raja’ dalam bahasa Karo. Jadi, secara harfiah, gunung ini memiliki arti gunung raja.

Bagi masyarakat Karo sendiri, gunung ini adalah tempat yang suci layaknya Gunung Agung di mata masyarakat Bali. Jadi tak boleh sembarang orang yang dapat memasuki kawasan gunung ini kecuali dengan niat untuk berwisata dan niat baik lainnya.

Gunung setinggi 2.212 mdpl ini terakhir meletus pada tahun 1881 dan beruntungnya hingga tahun ini, gunung ini masih dalam status ‘tidur’.

Kini, gunung berapi ini telah menjadi bagian dari tren tempat wisata di Medan 2022 yang penuh dengan daya tarik yang menawan. Tercatat ada ratusan wisatawan yang berkunjung ke sini.

Sebagian penasaran dengan trek hiking dan aktivitas outdoor lainnya, dan sebagiannya lagi hanya ingin menikmati bentangan alam sekitar gunung.

Dukungan akses yang semakin mudah dan ketersediaan fasilitas yang memadai juga turut mendongkrak laju traffic pariwisata di gunung ini.

Daya Tarik Gunung Sibayak

Puncak Gunung Sibayak

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tentu Anda penasaran ada daya tarik apa di wisata alam gunung ini, bukan? Berikut daftarnya:

Trekking via Jalur Jaranguda

Yang hobi trekking, apakah sudah pernah trekking di lereng gunung ini? Sibayak memang ideal untuk menjadi sebuah lokasi trekking dengan tingkat kesulitan trek yang cenderung sedang.

Selama trekking, Anda dan peserta trekking lainnya dapat menyaksikan langsung keindahan panorama alam gunung ini. Barisan pohon dengan daun rindang, kemudian udara segar, dan suasana asri yang siap merefresh pikiran Anda.

Tapi Anda wajib berhati-hati ketika trekking saat musim hujan. Jalur trekking akan menjadi licin sehingga berbahaya bagi keselamatan Anda.

Menikmati Kesegaran Air dari Mata Air Pegunungan

Di sepanjang jalur trekking, selain akan terlihat pesona alam yang memukau, Anda juga dapat menemukan sumber air dari sela-sela bebatuan.

Air ini sangat bersih dan segar karena berasal dari mata air pegunungan. Anda dapat meminumnya langsung dan rasakan kesegarannya.

Keindahan Kawah Si Sumber Uap Panas

Gunung Lawu punya Kawah Candradimuka yang terkenal dengan uap panasnya. Gunung di Tanah Karo ini juga memiliki kawah dengan ciri yang sama, yaitu beruap panas.

Kawah ini berada tepat di puncak gunung. Menurut Wikipedia, kawah ini memiliki luas 40.000 meter persegi.

Di dalamnya terdapat kandungan Solfatara, penghasil mineral belerang, dengan suhu 119 derajat Celcius. Sementara itu, suhu di sekitar kawah bisa capai 21 derajat Celcius.

Pengunjung juga dapat mendengar suara lengkingan yang berasal dari dapur magma. Suara lengkingan tersebut muncul akibat adanya tekanan dari asap belerang.

Kawah ini berupa danau vulkanik dengan air bersuhu hangat. Danau ini terlihat sangat indah sehingga sering menjadi spot foto bagi para pengunjung.

Di sekitar kawah juga terdapat spot Instagramable lainnya. Spot tersebut berupa bebatuan bekas erupsi tahun 1881 silam. Bebatuan yang terlontar dari mulut kawah ini sungguh unik karena berwarna hitam dan putih sehingga tampak kontras.

Puncak Takal Kuda

Titik tertinggi gunung ini adalah Takal Kuda. Puncak ini sering menjadi destinasi kunjungan utama karena memiliki keunikan, yaitu bentuk bebatuannya yang sangat mirip dengan kepala kuda.

Anda juga dapat berfoto di titik ini. Akan tetapi tetap hati-hati karena di sekitar puncak terdapat banyak jurang.

Camping dan Sunrise

Puaskan diri Anda menginap satu malam di puncak demi menanti golden sunrise di Tanah Karo. Anda bisa ajak sobat sesama pecinta camping atau bisa juga ajak orang terkasih untuk bersama-sama menikmati sunrise.

Jangan lupa untuk siapkan bekal logistik untuk kebutuhan makan dan minum Anda selama berkemah di puncak.

Momen sunrise di Puncak Takal Kuda pastinya akan menjadi momen terbaik di hidup Anda. Abadikan momen ini dengan berfoto dan rayakan bersama sobat camping dengan secangkir Kopi Sidikalang yang nikmat.

Kopi Sidikalang adalah oleh-oleh khas Medan yang tahan lama dan terbuat dari biji kopi asli Sumatera.

Kopi ini terkenal memiliki cita rasa yang sangat khas. Terutama aftertaste-nya yang tak langsung hilang di tenggorokan menjadikan kopi ini menjadi favorit orang Medan.

Fasilitas di Kawasan Wisata Gunung Sibayak

Kawah Gunung Sibayak

Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menjumpai fasilitas yang Anda butuhkan. Pasalnya, fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan wisata di sini cukup lengkap.

Misalnya saja fasilitas tempat makan. Anda memiliki cukup banyak pilihan tempat makan di sini mengingat Sibayak sendiri terletak di Berastagi yang terkenal dengan ragam makanan khas Medan yang halal.

Anda yang ingin menginap di sekitar gunung selain berkemah, ada banyak rekomendasi penginapan yang terletak di kaki gunung. Mulai dari penginapan kelas melati hingga hotel berbintang.

Untuk fasilitas toilet dan mushola biasanya menyatu dengan fasilitas lainnya seperti penginapan dan tempat makan. Namun ada juga fasilitas toilet yang tersedia di beberapa basecamp pendakian.

Selain toilet, Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di basecamp, penginapan, tempat wisata, atau pusat wisata kuliner Medan terdekat – tergantung kemana tujuan Anda.

Masing-masing fasilitas di atas umumnya menyediakan fasilitas area parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Gunung Sibayak

Pendaki Gunung Sibayak

Tiap pengunjung wisata gunung ini wajib membayar retribusi masuk dengan nominal yang sangat murah, yaitu hanya Rp2.000,00 saja per orang. Jadi, siapkan uang pas untuk memudahkan Anda.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Sibayak

Gunung berapi ini terletak di Jaranguda, Merdeka Karo, Sumatera Utara. Dari Kota Medan, jaraknya capai 77 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam untuk tiba di Kota Berastagi.

Untuk sampai di lokasi tersebut, terdapat dua opsi rute, yaitu vi Berastagi dan via Desa Semangat Gunung. Keduanya memiliki akses yang bagus dan juga layak.

Namun perlu berhati-hati untuk Anda yang baru pertama kali melewati kedua rute di atas karena jalurnya penuh dengan tanjakan dan belokan. Pastikan performa mobil Anda bagus.

Jika kurang yakin dengan performa mobil Anda, kami sarankan untuk menyewa mobil dari agen terpercaya dan berpengalaman. Salsa Wisata, misalnya, sangat recommended karena menawarkan pilihan paket sewa mobil super lengkap.

Ingin sewa mobil yang cocok untuk tipe jalur khas pegunungan atau perbukitan? Paket sewa mobil Hiace Premio Medan Berastagi adalah rekomendasi terbaik.

Jam Operasional Gunung Sibayak

Sama dengan wisata gunung pada umumnya, gunung ini siap menyambut para pengunjung setiap hari selama 24 jam. Anda bebas datang kapan saja Anda mau.

Namun jika Anda ingin berkunjung di waktu yang terbaik, sebaiknya pilih waktu kunjungan di pagi hari. Sebab, udara di sekitar gunung saat pagi hari masih bersih dan segar. Jumlah pengunjung pun cenderung sedikit.

Itulah sedikit ulasan tentang wisata gunung di Karo ini. Selain bisa menambah referensi baru, semoga info ini dapat menjadi panduan sebelum Anda memutuskan liburan di sini.

Gunung Sibayak memiliki pesona keindahan yang paripurna. Banyak atraksi wisata yang ditawarkan di kaki dan lereng gunungnya. Permudah liburan Anda dengan hanya reservasi paket wisata Medan 1 hari dari Salsa Wisata sekarang juga.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Medan



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)