SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Rupanya alam Danau Toba itu menyimpan banyak pesona alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Air Terjun Situmurun.

Sebetulnya, ada banyak pulau dan air terjun yang mengelilingi kawasan Danau Toba. Masing-masing suguhkan keindahan yang khas dan juga memikat hati para wisatawan.

Air terjun yang terkenal ini juga disebut dengan nama Binagalom. Nama ini merupakan pemberian dari masyarakat setempat.

Yang menarik, air terjun ini langsung jatuh mengalir ke perairan Danau Toba. Bayangkan, betapa cantiknya menyaksikan air terjun yang jatuh langsung ke danau super luas ini.

Agar bisa membayangkan gambaran keindahan air terjun ini, silahkan simak info singkat mengenai tempat wisata alam di Medan ini beserta daya tariknya.

Sekilas Tentang Air Terjun Situmurun

Wisata Air Terjun Situmurun

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Dalam bahasa Batak sendiri, Binangalom itu berarti air penyejuk yang berada di sungai. Kata “Binaga” berarti sungai, dan “Lom” yang berarti air penyejuk.

Dari pemberian nama tersebut, memang pantas Air Terjun Situmurun Toba Sumatera Utara ini mendapat julukan Binangalom karena suasana di sana benar-benar sejuk.

Bukan hanya itu saja, air terjun ini juga terlihat megah dengan panorama perbukitan hijau di sekitarnya. Air terjun alami ini menjulang tinggi dengan tinggi 70 meter di atas permukaan air.

Tampilannya sangat anggun dengan 7 buah tingkatan air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Saat air jatuh di atas danau, terlihat buih-buih berwarna putih memenuhi area perairan di bawah air terjun. Sungguh sebuah pemandangan yang eksotik.

Meski sangat indah, wisatawan wajib berhati-hati dan sebaiknya menjaga jarak dengan air terjun karena debit airnya cukup deras.

Namun dengan berdiri di dek kapal khusus, Anda dapat swafoto berlatar air terjun dengan aman. Setiap harinya ada kapal khusus yang membawa para wisatawan keliling Danau Toba dan singgah di air terjun ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Situmurun

Daya Tarik Air Terjun Situmurun

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata air terjun cantik ini. Sebut saja berenang, naik kapal, keliling danau, berfoto-foto, dan memancing.

Berenang

Meski kedalaman air Danau Toba mencapai lima ratus meter, Anda bisa berenang di sini. Tentu saja Anda harus memakai pelampung. Unit pelampung yang memadai akan membantu Anda dalam menikmati Binagalom dari jarak cukup dekat.

Meskipun begitu, Anda harus tetap hati-hati untuk menjauhi area jatuhnya air terjun. Sebab, arus di sekitar titik jatuhnya air cukup kencang.

Agar aman, Anda dapat memilih spot berenang di sekitar kapal. Untuk pelampung, biasanya sudah ada yang tersedia di atas kapal yang Anda sewa.

Naik Kapal

Satu-satunya akses untuk bisa melihat Binagalom dari dekat adalah dengan menggunakan kapal. Kapal akan berangkat dari Pelabuhan Ajibata.

Anda dan wisatawan lainnya dapat menyewa salah satu kapal yang terparkir rapi di area pelabuhan.

Semua kapal sudah bersertifikat dan mengantongi izin beroperasi. Unit-unit kapal di sini juga telah memenuhi standard keamanan.

Semua wisatawan yang menaiki kapal wajib memakai live vest berupa pakaian pelampung untuk alasan keselamatan.

Dengan begitu, selama berkeliling menjelajahi danau, Anda bebas mobile ke area dek kapal untuk menikmati view alam yang menakjubkan ini.

Menikmati Fasilitas di Atas Kapal

Naik Kapal ke Air Terjun Situmurun

Berbeda dengan perahu, kapal di sini memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Selain dapat memuat wisatawan dalam jumlah besar, Anda juga akan menemui banyak fasilitas di dalam kapal.

Bahkan ada sejumlah fasilitas mewah di dalam kapal. Misalnya saja ruang karaoke dan spot untuk barbeque. Tentu ini sangat menarik.

Karena wisatawan selain akan mendapat suguhan panorama alam, mereka juga akan mendapat hiburan dan bahkan kulineran.

Khusus yang ingin BBQ, Anda bisa langsung memesan menu saat akan lakukan reservasi kapal. Berbeda dengan menu masakan Medan sehari-hari yang berempah, menu BBQ lebih simpel.

Bayangkan Anda bersama keluarga dan teman-teman menikmati pemandangan Danau Toba sambil bernyanyi atau memanggang barbeque. Tentu akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Memancing

Anda para mancing mania, sesekali miliki pengalaman memancing di atas kapal yang singgah di dekat air terjun ini. Baiknya Anda membawa peralatan memancing sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakan fasilitas sewa alat pancing.

Ikan-ikan yang Anda dapatkan tentu boleh Anda bawa pulang. Kapan lagi Anda mendapatkan oleh-oleh Medan berupa ikan segar dari Danau Toba. Anda tentu tidak akan menemukannya di toko oleh-oleh khas Medan manapun.

Keliling Jelajah Danau Toba

Jelajah danau adalah aktivitas utama dari trip dengan menggunakan kapal ini. Biasanya rute yang terpilih yaitu dari Tomak, lalu ke Batu Gantung, dan terakhir di Air Terjun Binagalom.

Rute ini juga panjang dan memerlukan durasi perjalanan kurang lebih 45 menit. Selama trip ini, kapal akan bersandar ke beberapa spot wisata cantik. Salah satunya adalah spot air terjun ini.

Saat bersandar di dekat air terjun, Anda bebas berfoto ria dengan background air terjun yang eksotis. Terdengar sangat menggiurkan, bukan?

Fasilitas di Kawasan Wisata Air Terjun Situmurun

Jangan khawatir, meski air terjun ini cukup jauh dari pusat kota dan alamnya masih sangat alami, fasilitasnya cukup lengkap. Ada toilet yang bersih yang juga berfungsi sebagai ruang bilas dan ruang ganti.

Selain itu, penjual makanan dengan harga yang terjangkau juga ada di sekitar pelabuhan. Anda bisa membeli camilan untuk bekal di dalam kapal.

Meski tak selengkap pusat wisata kuliner Medan murah dan enak, kios-kios di sini menjual aneka makanan dan minuman ringan yang cukup lengkap.

Fasilitas yang utama tentu saja adalah kapal. Untuk pemesanan kapal, memang harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Akan lebih murah jika Anda bepergian dengan rombongan menggunakan jasa travel organizer seperti Salsa Wisata.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot memesan kapal karena reservasi kapal ini sudah menjadi bagian dari layanan paket wisata.

Anda juga bisa memesan tour keliling Danau Toba dengan paket wisata lengkap. Paket lengkap ini sudah meliputi food and beverage, musik, pemandu wisata, dan pemberhentian di tempat membeli oleh-oleh khas Medan.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Situmurun

Tidak ada tarif biaya ke Air Terjun Situmurun. Anda dapat mengunjungi objek wisata alam ini secara gratis.

Namun Anda harus reservasi kapal lengkap dengan fasilitasnya. Tarif sewa kapal bervariasi, sesuai dengan jenis fasilitas yang akan Anda gunakan.

Berikut kami akan cantumkan tarif sewa kapal yang terupdate:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Air Terjun Gratis
Sewa Kapal Rp650.000,00 – Rp4.500.000,00

Tarif sewa kapal di atas memang sangat fantastis. Namun, tarif tersebut sepadan dengan pengalaman yang akan Anda rasakan. Terlebih, jika Anda pergi dengan rombongan, harga tersebut bisa lebih murah.

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Situmurun

Lokasi Air Terjun Situmurun

Lokasi Air Terjun Situmurun berada di Desa Situmurun, Lumban, Jalu, Kabupaten Toba Samosir, Sumut. Akses ke Air Terjun Situmurun mudah.

Apabila berangkat dari Medan, Anda bisa rental mobil Medan murah. Kemudian menuju Kota Parapat. Dari Parapat, bisa langsung ke Danau Toba.

Namun, kini Medan – Danau Toba bisa Anda tempuh via tol dan hanya memakan waktu dua jam saja. Tentu jauh lebih praktis jika Anda berkendara via tol.

Akan tetapi Anda tidak memiliki kesempatan untuk melihat bukit-bukit dan pegunungan khas Sumatera Utara bila lewat tol.

Jam Operasional Wisata Air Terjun Situmurun

Wisata air terjun di kawasan perairan Danau Toba ini beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Alias tidak ada jam operasional Air Terjun Sitimurun layaknya objek wisata kekinian.

Namun Anda tidak bisa mengunjungi air terjun ini sewaktu-waktu. Karena Anda harus menyesuaikan dengan jadwal operasional kapal yang akan membawa Anda ke tempat ini.

Sementara itu, untuk jadwal operasional rata-rata kapal di kawasan wisata Toba ini dari pagi hingga siang. Tepatnya dari pukul 08.30-14.00 WIB.

Memang, mengurus perjalanan sendirian itu tidak mudah. Anda harus memikirkan sewa kendaraan, tiket masuk objek wisata, hotel, dan itinerary dengan matang.

Namun dengan reservasi paket wisata dari Salsa Wisata, semua akan menjadi mudah. Cukup reservasi sekian menit, semua urusan diatas akan ditangani oleh tim Salsa Wisata secara profesional.

Anda juga dapat reservasi paket wisata custom bila ingin berlibur ke sejumlah destinasi idaman Anda.

Dengan jenis paket custom ini, Anda bebas tentukan destinasi wisata. Termasuk destinasi wisata makanan khas Indonesia dan asalnya (kuliner daerah) yang dekat dengan wisata Air Terjun Situmurun Danau Toba ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)