SalSari Resto & Coffee

Membicarakan tentang tempat wisata alam di Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Negara kepulauan ini memiliki sejuta destinasi yang menakjubkan dan menawan, tak terkecuali Air Terjun Way Lalaan.

Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Lampung. Di sini, Anda tidak hanya bisa berenang dan bermain air, tetapi juga menyantap buah durian.

Nah, sebelum Anda bertolak ke Lampung untuk melihat keindahan tempat wisata ini, mari simak ulasan lengkap kami berikut!

Sekilas Tentang Air Terjun Way Lalaan

komplek Air Terjun Way Lalaan

Way Lalaan terletak di kaki Gunung Tanggamus, gunung tertinggi kedua di daerah Lampung. Sebenarnya, air terjun ini sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda.

Pada tahun 1937, pemerintah Belanda pernah membangun tangga-tangga semen yang menuju ke lembah air terjun ini. Sekarang, air terjun ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Tanggamus.

Namanya berasal dari bahasa Lampung, yaitu “Way” (“sungai”) dan Lalaan (“yang bermuara ke Teluk Semangka”).

Ada dua air terjun yang masing-masing memiliki ketinggian sekitar 11 meter. Keduanya hanya berjarak sekitar 200 meter, jadi Anda bisa mencapai keduanya dalam satu waktu.

Aliran kedua air terjun tersebut deras dan airnya dingin serta sejuk. Para wisatawan bisa bebas berenang, bermain dan berfoto asalkan tetap berhati-hati.

Lokasi Air Terjun Way Lalaan

Untuk mengunjungi air terjun yang indah ini, Anda bisa pergi ke lokasinya di Kampung Baru, Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jaraknya sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Agung.

Anda bisa mencapainya dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Bagi para wisatawan yang datang dari luar pulau bisa menggunakan  layanan sewa mobil Lampung harian plus driver murah dari agen terpercaya, seperti Salsa Wisata. Dengan begitu, perjalanan akan lebih nyaman dan efisien.

Jam Buka Air Terjun Way Lalaan

Jam Buka Pukul
Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah di pagi hari. Dengan begitu, Anda bisa puas menjelajahi kedua air terjun dan berenang-renang di kolamnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Way Lalaan

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk melihat keindahan air terjun ini. Berikut ini beberapa tarif retribusi yang perlu Anda perhatikan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Fasilitas di Air Terjun Way Lalaan

fasilitas Air Terjun Way Lalaan

Walau masih sangat asri dan alami, Air Terjun Way Lalaan memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap dan mampu menunjang puluhan wisatawan setiap harinya. Berikut ini beberapa fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan.

  • Parkiran
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo

Daya Tarik di Air Terjun Way Lalaan

berenang di Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun 1 dan Columnar Jointing

Setelah memasuki gerbang masuk air terjun, Anda harus berjalan selama beberapa menit dengan menaiki anak-anak tangga yang menuju ke lokasi air terjun pertama.

Di sepanjang perjalanan, Anda juga akan menemukan beberapa spot foto menarik dan tempat bermain khusus anak-anak. Di sini juga terdapat beberapa gerai yang menjual makanan dan minuman kecil.

Bahkan, ada pula yang menjual beberapa produk oleh-oleh khas Lampung kekinian. Area ini biasanya disebut sebagai taman rekreasi, walau rupanya tidak seperti taman rekreasi pada umumnya.

Setelah itu, Anda dapat berjalan terus hingga tiba di lokasi air terjun pertama. Air terjun ini cukup deras dan di bagian bawahnya terdapat sebuah kolam yang dikelilingi pagar rendah. Airnya sangat sejuk dan jernih, sehingga Anda bisa melihat dasar kolam.

Walau tidak memiliki wahana permainan air yang menantang dan seru layaknya di waterpark yang terkenal di Lampung, para wisatawan tetap saja tertarik untuk menceburkan diri ke dalam kolam air yang sejuk itu.

Tapi, yang membuat lokasi air terjun ini sangat menarik adalah tebing unik yang mengapit air terjun ini. Tebing tersebut terdiri dari susunan vertikal bebatuan berbentuk persegi panjang.

Sangat geometris dan rapi, seolah memang sengaja diukir oleh manusia hingga berbentuk demikian. Padahal, struktur tersebut adalah columnar jointing, suatu fenomena saat bebatuan membentuk susunan yang geometris.

Fenomena ini memang terbilang sangat langka. Jadi, tak heran bisa para wisatawan yang datang pasti berlomba-lomba untuk berfoto dengan latar belakang tebing dan air terjun ini.

Air Terjun 2

Sekitar 200 – 300 meter di bawah air terjun pertama, Anda akan menemukan air terjun kedua. Anda hanya perlu menuruni anak-anak tangga menuju lokasi ini. Tapi Anda harus menyeberangi sungai kecil terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Air terjun kedua ini, merupakan aliran lanjutan dari air terjun pertama. Tak kalah indah, air terjun ini juga memiliki kolam dengan air jernih nan sejuk.

Aliran air terjun di sini lebih deras dibandingkan air terjun yang pertama. Oleh sebab itu, para wisatawan yang hendak berenang dan bermain air harus selalu waspada terhadap pusaran air.

Kebun Durian

Di sepanjang jalan antara air terjun pertama dan kedua, Anda akan menemukan perkebunan durian dan manggis yang menghiasi sekeliling.

Perkebunan ini terbuka bagi umum, jadi Anda tentu diperbolehkan memetik buah-buahan tersebut dan menyantapnya di tempat. Jika ingin meminta bantuan pemandu wisata juga boleh.

Biasanya, kawasan ini ramai saat musim durian. Karena, para wisatawan pasti tidak ingin melewatkan kesempatan berwisata kuliner di Lampung dengan menyantap raja buah tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Way Lalaan, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua agar perjalanan lebih cepat. Selain itu, pastikan Anda membawa barang-barang yang dibutuhkan sebab tidak ada tempat penyewaan ban pelampung atau alat renang lainnya.

Datanglah di pagi hari agar keadaan belum terlalu terik dan Anda memiliki cukup banyak waktu untuk menjelajahi daerah sekitar. Ajak pemandu wisata berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk menemanimu liburan di Lampung.

Manfaatkan paket wisata murah dari Salsa Wisata untuk memenuhi segala kebutuhan terkait perjalanan wisata, mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi hingga tiket masuk wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (11 votes)