earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sempurnakan jalan-jalan keliling Anda ke Lampung dengan membeli oleh-oleh khas untuk orang tercinta. Ada banyak sekali pilihan buah tangan atau souvenir yang bisa Anda beli di sini.

Mulai dari yang berbentuk makanan, oleh-oleh kekinian, hingga pakaian serta pernak-pernik lain. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Lampung yang bisa jadi pilihan Anda, berikut ini rekomendasinya:

Daftar Oleh-oleh Khas Lampung Kekinian

Keripik Pisang

Keripik Pisang Lampung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Lampung sangat terkenal dengan keripik pisang sebagai oleh-oleh wajib. Hal yang membuat keripik khas Lampung ini istimewa terletak pada baluran bubuk rasa yang menutupi pisang.

Ada beberapa pilihan rasa yang bisa Anda beli sesuai selera. Seperti misalnya rasa cokelat, balado, keju, strawberry, durian serta rasa lainnya. Namun di antara semua rasa tersebut, cokelat jadi favorit banyak orang.

Selain rasanya yang beragam, tekstur keripik pisang khas Lampung ini juga berbeda. Sebab bahan pisangnya menggunakan pisang ambon, bukan pisang kepok seperti pada umumnya.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah sebab tersedia di setiap toko oleh-oleh yang ada. Bahkan Anda bisa menemukan keripik pisang khas Lampung ini daerah-daerah lain atau di sejumlah tempat wisata Lampung.

Bubuk Kopi Durian

Bubuk Kopi Durian Lampung

Selain menjadi kota penghasil pisang, Lampung juga memiliki banyak olahan durian unik, salah satunya kopi durian. Campuran antara kopi dan durian yang sama-sama beraroma kuat ini jadi incaran banyak orang.

Rasa kopi robusta yang kuat berpadu sempurna dengan aroma buah durian yang khas. Sensasi baru menikmati durian ini bisa jadi pengalaman baru apalagi untuk Anda yang juga penikmat kopi.

Kemasannya juga sudah sangat praktis sehingga mudah untuk Anda bawa-bawa. Ada ukuran 250 gram, 100 gram, hingga sachetan 15 gram yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Harganya juga tidak terlalu mahal mulai dari Rp3.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung ukuran kemasan. Kopi ini bisa jadi teman sempurna menikmati pancake durian, oleh-oleh khas Medan.

Pie Pisang

Pie Pisang

Olahan pisang yang juga dapat Anda bawa pulang dari Lampung adalah pie pisang. Oleh-oleh kekinian satu ini jadi kegemaran banyak orang karena bentuknya yang berbeda dari pie biasanya.

Selain menggunakan pisang sebagai campuran bahan, pie ini juga berbentuk seperti potongan pisang dengan toping di atasnya. Ada beberapa opsi toping yang bisa Anda pilih seperti cokelat, almond, keju, oreo, atau kismis.

Untuk urusan rasa, pie pisang ini tidak kalah dari pie susu oleh-oleh khas Bali yang terkenal. Rasa manis dari pisang dan topingnya terasa nikmat di setiap gigitan pie yang berukuran besar.

Satu kemasan pie ini biasanya berisi 5 potong pie dengan kombinasi 3 rasa berbeda. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp8.500,00 per buah sesuai ukurannya.

Sambal Lampung

Sambal Lampung

Makanan khas Lampung terkenal dengan aneka sambalnya yang pedas dan segar. Rasanya yang khas dan lezat pasti membuat Anda ketagihan dan ingin terus tambah nasi.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk membawa pulang sambal dari Lampung ini. Beberapa yang cukup populer di antaranya seperti sambal tempoyak, sambal goreng udang, sambal bawang, dan terasi.

Pilihan kemasannya juga bervariasi, ada yang botol, toples, hingga bungkus tupperware. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah menikmati sambal-sambal lezat ini.

Harganya pun tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp25.000,00 per kemasan tergantung rasa dan ukurannya. Sambal-sambal khas Lampung ini sudah pasti akan menambah nafsu makan Anda di rumah.

Kain Tapis

Kain Tapis

Selain makanan, oleh-oleh lain yang bisa Anda bawa pulang adalah kain tapis khas Lampung. Kain ini terbuat dari kain katun dengan tenunan benang emas atau perak sebagai hiasannya.

Motif kain tapis ini sangat khas dengan bentuk hewan atau tumbuhan dan juga cucuk andak. Menurut sejarahnya, kain tapis dulunya menjadi pakaian wajib para bangsawan Lampung.

Namun kini banyak warga lokal yang mengenakan kain ini saat upacara adat atau pernikahan adatnya. Anda juga bisa mendapatkan kain tapis di toko-toko kain di Lampung seperti halnya kain songket oleh-oleh khas Palembang.

Tapi siap-siap untuk merogoh kocek yang cukup dalam sebab harganya cukup mahal. Biasanya mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta tergantung proses serta bahan pembuatannya.

Kopi Lampung

Kopi lampung

Bagi penikmat kopi tentu saja kopi Lampung tidak boleh ketinggalan dari daftar oleh-oleh Anda. Kualitas kopi robusta dari Lampung ini sudah sangat terkenal dan jadi komoditas ekspor ke mancanegara.

Rasa serta aroma kuat kopinya yang khas tidak kalah dari kopi Kintamani oleh-oleh khas Bali terkenal. Selain itu, meski rasa, aroma serta kandungan kafein kopinya lebih kuat, kadar asam kopi ini rendah jadi aman untuk lambung.

Kopi Lampung sangat cocok untuk menjadi teman Anda selama perjalanan. Karena dapat melawan kantuk dan memberi tenaga ekstra selama berkendara.

Untuk membawa pulang kopi ini pun tidak perlu kocek yang dalam. Dengan uang Rp50.000,00 saja, Anda sudah bisa mendapatkan kopi Lampung asli berukuran 500 gram.

Dodol Pandan

Dodol Pandan

Bukan hanya Garut yang memiliki dodol, Lampung juga punya ciri khas sendiri yakni dodol pandan. Seperti namanya, dodol ini menggunakan daun pandan asli sebagai campuran adonannya.

Sehingga selain aroma pandan yang tercium, rasa pandan yang khas juga bisa Anda rasakan dengan jelas. Namun dari teksturnya sendiri dodol khas Lampung ini tidak jauh berbeda dari dodol pada umumnya yang kenyal.

Salah satu produsen dodol pandan terkenal di Lampung adalah dodol pandan produksi Ny. Wie. Ukuran dodol pandan Ny. Wie ini lebih besar dari dodol Garut hingga 3 kali lipatnya.

Satu kemasannya sendiri bisa Anda Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp20.00,00 hingga Rp27.000,00. Jika Anda tertarik, bisa minta sopir rental mobil terdekat yang Anda gunakan untuk mengantar ke toko yang menjual dodol ini.

Lempok Durian

Lempok Durian

Bukan hanya dodol pandan, dodol atau lempok durian juga wajib Anda bawa pulang dari Lampung. Teksturnya kenyal dan lebih lengket dari dodol biasa dengan rasa serta aroma durian yang pekat.

Rasa dan aroma ini berasal dari daging durian asli yang menjadi bahan utama pembuatan lempok. Agar rasanya semakin manis, dalam adonan dodol juga diberi tambahan gula dan garam.

Anda bisa mendapatkan lempok durian ini di banyak toko oleh-oleh seperti Yen-Yen. Bahkan lempok durian juga bisa Anda temukan di toko oleh-oleh khas Pekanbaru dengan nama lempuk durian.

Meski tiap toko bisa memiliki harga berbeda, kisaran harga lempok durian ini antara Rp35.000,00 hingga Rp40.000,00. Harga tersebut berlaku untuk lempok berukuran 200 gram.

Pempek Lampung

Pempek Lampung

Meski terkenal sebagai makanan khas Palembang, Lampung ternyata juga memiliki versi pempeknya sendiri. Perbedaan keduanya terletak pada bahan pembuatan pempek Lampung yang menggunakan ikan tenggiri.

Selain itu bahan pembuatan cuka pempek Lampung ini berbeda dengan yang ada di Palembang. Sehingga rasa cuka pempek dari Lampung lebih pekat dan memiliki aroma tajam.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba pempek Lampung dengan rasa keju hasil kreasi dari Pempek Nori. Variasi baru ini membuat Pempek Nori Lampung selalu jadi incaran wisatawan sebagai buah tangan.

Dengan uang Rp100.000,00 Anda sudah bisa membawa pulang satu kardus pempek beraneka rasa isi 20 buah. Ada pula pilihan isi 40 dengan 4 varian rasa yang bisa Anda beli seharga Rp175.000,00 per kemasan.

Manisan Buah

Manisan Buah

Salah satu oleh-oleh yang tahan lama dan jadi favorit dari Lampung adalah manisan buah. Di sini, berbagai macam buah bisa Anda dapatkan dalam bentuk manisan.

Sebut saja misalnya buah pepaya, salak, pala, mangga dan kedondong seperti halnya manisan carica yang jadi oleh-oleh khas Wonosobo. Rasa manis dari buah dan cairan gula yang meresap cocok jadi santapan Anda bersantai.

Manisan ini juga bisa bertahan lebih dari 10 hari dengan harga yang ramah di kantong. Satu kemasan ukuran 500 gram bisa Anda dapatkan dengan harga Rp13.000,00 tergantung jenis buahnya.

Kemplang

Kemplang

Jika di Palembang ada kerupuk amplang, di Lampung Anda bisa mencoba kemplang. Meski sama-sama kerupuk ikan, kemplang memiliki bentuk dan proses pembuatan yang berbeda.

Ukuran kemplang lebih besar dan tidak berminyak, karena proses memasaknya tidak menggunakan minyak goreng. Kerupuk ini biasanya disangrai menggunakan pasir sehingga teksturnya kering dan renyah.

Kemplang biasanya dinikmati bersama kuah sambal pedas di atasnya. Camilan ini sangat cocok saat Anda bersantai atau sebagai teman makan nasi pengganti kerupuk.

Kerupuk Cumi

Kerupuk Cumi

Satu lagi kerupuk lain yang bisa Anda jadikan buah tangan dari Lampung yakni kerupuk cumi. Sesuai namanya kerupuk ini terbuat dari cumi asli sehingga memberi rasa yang khas.

Rasa gurihnya tidak kalah dari oleh-oleh khas Surabaya kerupuk ikan Kenjeran. Kerupuk cumi ini semakin enak jika Anda cocol ke dalam sambal atau saus pedas.

Satu kemasan matang berukuran sedangnya bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp26.000,00. Sedangkan untuk kemasan mentahnya bisa lebih murah tergantung toko dan mereknya.

Sambal Lingkung

Sambal Lingkung

Meski bernama sambal, hidangan satu ini bisa disebut sebagai abon ikan khas Lampung. Ciri khas utamanya terletak pada campuran bumbu serta serat ikan yang lebih kecil dari abon biasanya.

Rasanya juga lebih pedas dengan sedikit gurih dari daging ikan sehingga wajar bila mendapat sebutan sambal. Ikan yang jadi bahannya sendiri biasanya ikan tenggiri.

Seperti halnya abon pada umumnya, sambal lingkung ini sangat awet dan mampu bertahan lama. Abon ikan ukuran 200 gram bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah sekitar Rp25.000,00.

Abon Jamur

Abon Jamur

Bosan dengan abon biasa dari daging hewan, coba saja abon jamur dari Lampung ini. Jamurnya berasal dari jamur tiram yang memiliki tekstur seperti daging ayam dan melewati proses khusus.

Untuk urusan rasa, abon jamur ini tidak kalah dari abon sapi raos oleh-oleh khas Makassar terkenal. Anda bisa merasakan gurih dari rempah serta bahan lain yang jadi campuran abon.

Abon ini sangat cocok menjadi lauk tambahan Anda saat makan berkat kandungan gizi di dalamnya. Jika Anda penasaran ingin mencoba, satu bungkus ukuran 80 gram bisa Anda dapatkan dengan harga Rp25.000,00.

Bolu Tape

Bolu Tape

Oleh-oleh unik lain yang bisa Anda jadikan buah tangan dari Lampung adalah bolu tape. Sensasi rasa dan aroma tape yang khas sangat terasa di setiap potongan bolu satu ini.

Varian rasa bolu ini juga beragam seperti halnya bolu amanda, oleh-oleh khas Bandung. Sebut saja misalnya rasa cokelat yang manis dan berpadu nikmat dengan tape.

Anda bisa mendapatkan bolu ini di sejumlah pusat oleh-oleh khas Lampung terkenal. Harganya berkisar antara Rp30.000,00 hingga Rp60.000,00 tergantung ukuran serta rasanya.

Browkis

Browkis

Brownies kulit pisang atau browkis jadi salah satu tanda mata unik dan kekinian dari Lampung. Kulit pisang yang bisa dibuang kini diolah menjadi brownies manis yang enak.

Rasa khas dari pisang dan tekstur lembut browniesnya pasti buat Anda jatuh hati. Proses pembuatannya pun khusus sehingga Anda tidak perlu khawatir melihat potongan kulit pisang yang masih utuh.

Harganya juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp20.000,00 per kotak tergantung varian rasanya. Jika Anda tertarik bisa kunjungi Toko Browkis House di Bandar Lampung yang selalu ramai kendaraan dari tempat rental bus murah yang berkunjung.

Dodol Sirsak

Dodol Sirsak

Selain dodol pandan Anda juga wajib mencoba dan membawa dodol sirsak Lampung ini sebagai buah tangan. Bentuknya sama persis dengan dodol biasa namun lebih lengket dan manis asam.

Rasa ini berasal dari buah sirsak segar yang jadi bahan utamanya bersama campuran lain. Anda bisa menemukan camilan satu ini di banyak pusat souvenir atau pasar.

Satu kemasannya juga tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp25.000,00 dengan isi 30 buah. Dodol sirsak ini sangat pas jadi camilan Anda saat menikmati kopi Lampung.

Lapis Legit

Lapis Legit

Banyak yang mengenal lapis legit sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang, padahal di Lampung juga ada versinya sendiri. Spekuk Lampung ini memiliki ciri kuenya lebih basah dan memiliki lapisan lebih banyak.

Satu loyang kue ini biasanya berisi 21 hingga 24 lapisan yang beratnya bisa mencapai 4 kg. Bahan pembuatannya juga cukup banyak yakni telur 30 butir dan gula 1 kg.

Sehingga wajar bila satu loyang lapis legit ini bisa mencapai harga Rp300.000,00. Meski begitu pilihan rasa yang beragam serta kenikmatan rasanya sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda bawa di Lampung. Ada juga banyak barang dan makanan menarik lain untuk dipilih di kota ini.

Agar Anda punya lebih banyak kebebasan memilih, layanan dari agen perjalanan seperti Salsa Wisata bisa jadi pilihan. Semua paket seperti paket pesta, field trip atau bulan madu bisa Anda dapatkan.

Jadi tunggu apa lagi, rencanakan liburan Anda dengan layanan Salsa Wisata hari ini. Karena hidup hanya sekali, maka sesekali harus Anda nikmati.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)