SalSari Resto & Coffee

Apa yang ada di dalam benak Anda ketika mendengar nama Kota Lamongan? Sebagian besar menjawab Soto Lamongan. Tapi, Alun-Alun Lamongan juga tak kalah populer dengan sotonya.

Area terbuka ini bukan hanya sebatas fasilitas umum untuk masyarakat beraktivitas. Melainkan sudah menjadi tempat rekreasi keluarga. Setiap hari, terutama malam hari, banyak warga Lamongan yang datang ke sini.

Sekilas Tentang Alun-Alun Lamongan

foto alun alun lamongan

Alun-Alun Lamongan merupakan salah satu destinasi tempat wisata Lamongan kota yang sangat populer. Area seluas 2,3 hektar ini menjadi pusat kegiatan masyarakat setempat untuk melakukan berbagai aktivitas.

Di kawasan alun-alun banyak terdapat wahana permainan untuk anak-anak. Ada juga beragam spot foto estetik yang layak untuk Anda bagikan di media sosial. Fasilitas alun-alunnya juga sangat lengkap.

Jika akhir pekan Anda belum menentukan hendak pergi ke mana, datang ke alun-alun adalah pilihan tepat. Di sini, anak-anak bisa bermain sepuasnya begitu juga dengan orang tua yang bisa berbelanja murah dan kulineran.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Lamongan

Bagi yang ingin berkunjung ke alun-alun, baik di hari biasa maupun akhir pekan, tidak perlu membayar tiket masuk. Tiket masuk Alun-Alun Lamongan gratis.

Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan. Berikut biaya parkirnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Bianglala Gratis

Rute Menuju Lokasi Alun-Alun Lamongan

luas alun alun lamongan

Lokasi Alun-Alun Lamongan berada tepat di Jalan Lamongrejo, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. Letaknya berada di tengah kota sehingga mudah untuk Anda jangkau.

Rutenya sangat mudah. Silahkan arahkan kendaraan menuju pusat Kota Lamongan. Setelah itu ikuti papan petunjuk yang mengarahkan ke lokasi tujuan.

Untuk mempermudah trip Anda, Anda bisa manfaatkan aplikasi Google Maps di smartphone Anda. Anda bisa langsung tunjukan map tersebut ke driver dari jasa rental mobil terdekat yang Anda sewa.

Daya Tarik Wisata Alun-Alun Lamongan

Alun-alun kota ini dengan mudah menjadi magnet wisatawan dari dalam maupun luar kota. Sebab, ada banyak daya tarik dan kegiatan seru yang bisa mereka lakukan di alun-alun ini.

Berburu Foto Instagenik

Selain menaiki bianglala, alun-alun di Jawa Timur ini juga memiliki berbagai spot foto instagramable. Anda bisa menjelajahi setiap sudut alun-alun yang memiliki taman indah dan asri.

Bisa juga dengan berfoto di depan pesawat TNI yang menjadi monumen. Monumen pesawat ini juga menjadi salah satu ciri unik dari alun-alun. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang berfoto dengan latar pesawat tersebut.

Spot foto lain berada di area kolam mancur yang berbentuk menarik. Di sudut lain, ada tanaman yang merambat ke tulangan besi berbentuk semacam terowongan. Kawasan ini dapat menjadi latar foto instagramable.

Di malam hari, saat lampu mulai menyala, suasananya semakin romantis. Nuansanya syahdu dengan banyak lampu, Anda bisa mendapatkan foto eye catching dan layak Anda pamerkan di media sosial.

Bermain Bianglala yang Ikonik

gambar alun alun lamongan malam hari

Di dalam kawasan alun-alun terdapat banyak wahana permainan gratis yang bisa Anda gunakan. Tapi, yang paling ikonik adalah wahana bianglala yang menjulang tinggi. Bianglala ini cukup menantang sekaligus seru.

Sejak tahun 2019, tahun di mana bianglala ini berdiri, wahana ini tidak pernah sepi pengunjung. Saat berada di atas, Anda dapat menyaksikan keindahan Kota Lamongan.

Bianglala ini memiliki ukuran yang besar dan ketinggiannya mencapai puluhan meter di atas tanah. Oleh sebab itu, siapapun yang naik wahana ini harus berhati-hati. Apalagi yang phobia terhadap ketinggian.

Sebaiknya, dalam satu gondola hanya untuk dua orang. Anda dapat merasakan sensasi luar biasa ketika berada di puncak bianglala.

Berolahraga dan Bermain di Playground

Alun-alun kota ini memang sangat cocok untuk berolahraga terutama di pagi hari dan di akhir pekan. Di sini ada area jogging. Jalur jogging ini akan memudahkan pengunjung berolahraga sambil menikmati suasana kota.

Alun-alun memiliki sejumlah lapangan yang bermanfaat untuk masyarakat bersenang-senang sekaligus berolahraga. Ada lapangan bola basket dan lapangan untuk bermain sepak bola secara gratis.

Selain tempat olahraga, ada playground untuk anak-anak. Playground ini memiliki banyak permainan termasuk perosotan berjumlah 4 sisi. Ada yang berbentuk spiral dan lurus. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di sini.

Masjid Agung Lamongan

masjid agung lamongan

Daya tarik berikutnya dari alun-alun adalah adanya masjid agung yang megah dan mewah. Masjid ini berukuran besar dan menjadi salah satu tujuan tempat wisata Jawa Timur terbaik, terutama wisata religi.

Masjid Agung Lamongan memiliki dua menara kembar yang ikonik. Arsitektur bangunannya begitu mewah dan berkelas. Di malam hari saat lampu masjid mulai menyala, bahkan pemandangannya lebih menakjubkan.

Anda bisa berfoto di depan masjid yang memiliki desain eksterior modern dan artistik. Di akhir pekan, area masjid ini cukup ramai dengan banyak wisatawan yang berkunjung atau sekedar istirahat.

Wisata di Hari Minggu

Setiap akhir pekan, suasana di alun-alun sangat ramai akan pengunjung dan pedagang. Ada yang menjual mainan, pakaian, aksesoris, hingga jajanan dan makanan berat. Semuanya lengkap.

Bahkan Anda bisa menemukan makanan khas Jawa Timur Soto Lamongan di antara pada pedagang makanan tersebut. Oleh sebab itu, lokasi alun-alun ini juga menjadi tujuan wisata kuliner di Lamongan.

Sedangkan di minggu pagi, suasananya juga ramai. Ada senam pagi, perpustakaan keliling, dan berbagai kegiatan lain termasuk pasar kaget. Inilah yang menjadi daya tarik ketika hari Minggu.

Belum lagi banyak yang menyewakan wahana permainan anak-anak. Sehingga alun-alun ini juga menjadi tujuan wisata keluarga di akhir pekan. Untuk wahana permainan ini pengunjung harus membayar.

Fasilitas di Alun-Alun Lamongan

fasilitas alun alun lamongan

Untuk menunjang kegiatan masyarakat, pihak pemda juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas alun-alun. Misalnya sudah tersedia tempat parkir dan toilet.

Ada pendopo yang bisa masyarakat fungsikan untuk berbagai kegiatan. Contohnya area bermain anak gratis, tempat wisata kuliner, hingga tempat ibadah di masjid agung.

Anda bisa belanja jajanan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Jawa Timur.

Jam Buka Alun-Alun Lamongan

Pengunjung yang ingin berkunjung ke alun-alun bisa datang kapan saja dan jam berapa saja. Sebab tidak ada jam operasional untuk kawasan alun-alun.

Sedangkan khusus wahana bianglala, ada jadwal tersendiri. Hari Senin sampai Sabtu, bianglala akan mulai beroperasi mulai dari jam 19.00 sampai jam 22.00 WIB.

Sementara di hari Minggu dan hari libur, wahana bianglala mulai beroperasi dari jam 09.00 sampai jam 11.00 WIB, dan mulai beroperasi lagi dari jam 15.00 sampai jam 17.00 WIB.

Agar perjalanan menuju Alun-Alun Lamongan, Anda bisa menggunakan jasa dari Salsa Wisata. Layanan Salsa Wisata di antaranya paket wisata dan rental kendaraan dengan berbagai tipe mobil, bus, dan sepeda motor.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)