SalSari Resto & Coffee

Alun alun Madiun menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi selama berada di Kota Pecel ini. Selain karena tiket masuknya yang gratis, taman sekaligus ruang terbuka umum ini juga memiliki banyak daya tarik serta hal menarik yang bisa Anda nikmati.

Mulai dari sekedar bersantai hingga berolahraga serta berfoto semua bisa Anda lakukan di tempat wisata hits Madiun ini. Mau tahu keseruan apalagi yang bisa Anda coba lakukan bersama teman atau keluarga di sini? Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini:

Sekilas Tentang Alun Alun Madiun

Sekilas Tentang Alun Alun Madiun

Alun alun Madiun merupakan taman di pusat kota yang menjadi tempat berkumpul favorit warga Madiun dan sekitarnya. Berbagai fasilitas serta hal menarik bisa Anda nikmati selama mengunjungi taman ini.

Luasnya sendiri sekitar 28.900 meter persegi di lokasi yang sangat strategis. Suasananya pun sangat asri dan sejuk berkat berbagai vegetasi lebat yang mengelilingi kawasan alun alun ini sehingga cocok untuk aktivitas olahraga maupun bersantai.

Apalagi fasilitas pendukung kegiatan tersebut juga sudah tersedia dengan lengkap. Anda yang ingin belajar, bersantai, berolahraga, atau sekedar berfoto di spot-spot menarik bisa langsung saja mengunjungi alun alun ini.

Namun tempat ini akan semakin ramai terutama saat akhir pekan. Bahkan semakin malam, semakin banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan di sini seperti kuliner maupun wahan permainan.

Alamat

Lokasi alun alun ini berada di Pangongangan, Jl. Kolonel Marhadi No.12, Nambangan Lor, Manguharjo, Kota Madiun. Rute menuju lokasi bisa Anda lihat di Google Maps.

Jam Buka

Tempat wisata di Jawa Timur ini buka setiap hari selama 24 jam jadi Anda bisa bebas datang kapan saja ke tempat ini. Namun waktu terbaik berkunjung biasanya saat sore hari atau pagi hari di akhir pekan.

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 24 Jam

Harga Tiket Masuk Alun Alun Madiun

Tiket masuk Alun Alun Madiun ini gratis, Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar parkir atau membeli makanan. Jadi tempat ini termasuk wisata murah dan gratis di Madiun yang bisa Anda nikmati.

Retibusi Tarif
Tiket Masuk Gratis

Biayanya yang gratis ini juga menjadi salah satu alasan banyak tempat rental mobil terdekat menjadikan tempat ini sebagai destinasi. Selain itu lokasinya yang strategis juga membuat kunjungan Anda menggunakan mobil ke tempat ini bisa jadi lebih praktis.

Daya Tarik Alun Alun Madiun

Daya Tarik Alun Alun Madiun

Layaknya alun-alun lain di kota-kota lain di Indonesia, alun-alun ini berfungsi sebagai tempat beristirahat dan singgah masyarakat sekitar. Namun di luar itu ada berbagai hal menarik yang bisa Anda nikmati hanya di sini seperti misalnya berikut ini:

Taman Pintar

Salah satu fasilitas terbaru yang menjadi daya tarik dari alun-alun ini adalah kehadiran Taman Pintar. Taman ini mengusung konsep tempat belajar dan berdiskusi yang nyaman di tengah alam yang hijau dan asri.

Fasilitasnya dilengkapi wifi corner gratis, perpustakaan mini, juga meja dan kursi. Jika Anda merasa suntuk dan ingin merasakan suasana belajar yang baru bisa sekali mengajak teman atau anak-anak belajar di taman pintar ini.

Taman Lampion

Saat malam hari, Anda juga bisa mengunjungi kawasan Taman Lampion yang sangat menarik dan cantik. Area ini penuh dengan lampu beraneka bentuk dan warna yang menghiasi area sekitarnya dengan sangat apik.

Tak hanya itu saja, bangku-bangku taman di area ini pun dibuat sedemikian rupa agar tampak semakin instagramable. Sehingga wajar jika banyak pengunjung terutama anak muda yang memadati area ini saat malam hari tibu untuk berfoto.

Tempat Berolahraga

Pagi hari juga bisa menjadi waktu terbaik untuk Anda berolahraga di kawasan ini. Area alun-alun yang penuh dengan taman yang cantik serta pepohondan rindang membarikan suasana sejuk yang nyaman untuk berolahraga di pagi hari.

Area jogging track yang ada pun cukup panjang karena mengitari kawasan sekitar alun alun yang luas. Selain itu Anda juga bisa bersepeda mengeliling jalanan sekitar alun alun yang cukup aman untuk Anda dan teman-teman berkendara.

Pasar Malam Seru

Selain taman lampion, saat malam hari tertama di akhir pekan, Anda bisa menikmati pasar malam seru di sini. Berbagai macam stand pedagang bisa Anda jumpai mulai dari pedagang makanan khas Jawa Timur hingga pakaian dan aksesrois pun ada.

Tak hanya itu saja wahana permainan seru untuk anak-anak juga seperti bianglala atau pancing-pancingan. Semakin lengkap lagi jika Anda berkeliling dan menikmati pasar malam ini dengan mencoba berbagai macam makanan ringan maupun makanan berat yang ada di sini.

Wisata Kuliner

Tidak perlu menunggu malam hari jika Anda ingin menikmati sejumlah kuliner yang ada di sini. Warung-warung pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Jawa sudah bisa Anda jumpai sejak pagi hari.

Menu yang tersedia tentu saja berbeda seperti misalnya pecel Madiun yang khas jadi menu sarapan. Tak hanya itu saja berbagai jajanan dan makanan dari nusantara pun bisa Anda nikmati terlebih lagi saat istirahat makan siang.

Mengunjungi Tempat Menarik Lain

Satu hal lagi yang bisa Anda lakukan selama berada di sini tentu saja mengunjungi berbagai destinasi menarik lainnya. Sebab lokasi dari alun alun ini sangat strategis dan dekat dengan tempat-tempat seru lain.

Contohnya seperti Masjid Agung Madiun yang cantik, Taman Bantaran di tepi sungai, hingga beberapa pusat perbelanjaan pun bisa Anda kunjungi dengan mudah. Jadi sempatkan pula untuk mengunjungi destinasi tersebut agar liburan Anda di tempat ini semakin berkesan.

Fasilitas di Alun Alun Madiun

Fasilitas Alun Alun Madiun

Alun-alun ini dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup lengkap, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Area parkir
  • Toilet umum
  • Area bermain anak
  • Warung dan rumah makan
  • Masjid
  • Wahana permanan anak

Nikmati pula liburan seru di Alun Alun Madiun serta berbagai tempat menarik lain di Jawa Timur bersama Salsa Wisata. Layanan paket wisata, rental mobil dan bus pariwisata serta layanan lainnya siap membantu Anda mendapatkan liburan yang mudah dan nyaman.

Sebab segala sesuatu yang Anda butuhkan selama perjalanan pasti akan terpenuhi sesuai keinginan dan kemampuan. Jadi langsung saja hubungi Salsa Wisata sekarang untuk bisa mendapaktan momen liburan seru yang tidak terlupakan.



By Categories: Destinasi, Madiun

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)